Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishINDONESIAN LANGUAGE TEACHING IN ELEMENTARY SCHOOL
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS50 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Sikap (S)

S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam

Pengetahuan (P)

P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;

P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;

Ketrampilan Umum (KU)

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni;

Ketrampilan Khusus (KK)

KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;

KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

CPMK

 

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK1

Menganalisis pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia dan melaksanakan praktik pendekatan pembelajaran bahasa di SD dengan penuh tanggungjawab dan mandiri (S9, P5, KU5, KK6)

CPMK2

Menguasai pembelajaran keterampilan menyimak dan mempraktekkannya dalam pembelajaran bahasa di SD dengan mandiri dan penuh tanggungjawab (S9, P6, KU5, KK7)

CPMK3

Menguasai pembelajaran keterampilan berbicara dan mempraktekkannya dalam pembelajaran bahasa di SD dengan mandiri dan penuh tanggungjawab (S9, P6, KU5, KK7)

CPMK4

Menguasai pembelajaran keterampilan membaca dan mempraktekkannya dalam pembelajaran bahasa di SD dengan penuh tanggungjawab dan mandiri (S9, P6, KU5, KK7)

CPMK5

Menguasai pembelajaran keterampilan menulis dan mempraktekkannya dalam pembelajaran bahasa di SD dengan penuh tanggungjawab dan mandiri (S9, P6, KU5, KK7)

CPMK6

Menguasai pembelajaran apresiasi sastra anak dan mempraktekkannya dalam pembelajaran bahasa di SD dengan mandiri dan penuh tanggungjawab (S9, P6, KU5, KK7)

CPMK7

Mengidentifikasi permasalahan dan problematika pembelajaran bahasa dan alternatif pemecahannya di SD dengan menunjukkan sikap keteladanan (S11, P10, KU10, KK7)

 

 

References

Utama

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press.

Pendukung

 

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  3. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  4. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang hakikat pendekatan pembelajaran bahasa, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD melalui pembelajaran keterampilan berbahasa, dan memahami pembelajaran sastra di SD seingga membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

CPL -1            : Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber

belajar di sekolah dasar

CPL -2            : Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

CPL -3            : Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri,

dan profesi lain

SIKAP:

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11. Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar;
  12. Menunjukkan karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS  sebagai sarjana pendidikan dan peneliti pemula bidang pendidikan di sekolah dasar.

KETRAMPILAM UMUM:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  4. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  5. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  6. Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS sebagai sarjana pendidikan, dan peneliti pemula bidang pendidikan  di sekolah dasar.

KETRAMPULAN KHUSUS:

  1. Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
  3. Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar;
  4. Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar;
  5. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
  6. Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
  7. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik;
  8. Mampu menerapkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran;
  9. Mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran;

PENGETAHUAN:

  1. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Memahami karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosinal, dan intelektual;
  3. Memahami penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar;
  4. Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar;
  5. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
  6. Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
  7. Menguasai komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik;
  8. Memahami pemanfaatan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran;
  9. Menguasai tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran;
  10. Memahami komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan  dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar;
  11. Memahami karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik  di sekolah dasar;

CP-MK

 

CPMK-1

 

 

CPMK-2

 

 

 

 

CPMK-3

Capaian Sikap:

Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.

Capaian Pengetahuan:

Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-  cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman dan           keterampilan   pengembangan dan penerapan ilmu/teknologi/seni dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik/profesi yang dipelajari.

Capaian Keterampilan:

Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar

References

Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press.

            Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT

            Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT

            Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.

Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Learning Outcomes

1. Sip UPGRIS

2. Spada UPGRIS

References

Utama

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press.

Pendukung

 

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  3. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  4. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Learning Outcomes

1. Sip UPGRIS

2. Spada UPGRIS

References

Utama

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press.

Pendukung

 

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  3. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  4. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Learning Outcomes

1. Sip UPGRIS

2. Spada UPGRIS

References

Utama

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press.

Pendukung

 

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  3. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  4. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Learning Outcomes

1. Sip UPGRIS

2. Spada UPGRIS

References

Utama

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press.

Pendukung

 

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  3. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  4. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Learning Outcomes

1. Sip UPGRIS

2. Spada UPGRIS

References

Utama

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press.

Pendukung

 

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  3. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  4. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Learning Outcomes

1. Sip UPGRIS

2. Spada UPGRIS

References

Utama

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press.

Pendukung

 

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  3. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  4. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Learning Outcomes

1. Sip UPGRIS

2. Spada UPGRIS

References

Utama

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press.

Pendukung

 

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  3. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  4. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Learning Outcomes

1. Sip UPGRIS

2. Spada UPGRIS

References

Utama

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press.

Pendukung

 

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  3. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  4. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Learning Outcomes

1. Sip UPGRIS

2. Spada UPGRIS

References

Utama

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press.

Pendukung

 

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  3. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  4. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Learning Outcomes

1. Sip UPGRIS

2. Spada UPGRIS

References

Utama

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press.

Pendukung

 

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  3. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  4. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.


Details ...