Courser in English | INDONESIAN LANGUAGE TEACHING IN ELEMENTARY SCHOOL |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 50 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.
Learning Outcomes
Sikap (S) |
S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam |
|
Pengetahuan (P) |
P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar; P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar. P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional; |
|
Ketrampilan Umum (KU) |
KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni; |
|
Ketrampilan Khusus (KK) |
KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar; KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; |
|
CPMK |
|
|
Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu: |
||
CPMK1 |
Menganalisis pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia dan melaksanakan praktik pendekatan pembelajaran bahasa di SD dengan penuh tanggungjawab dan mandiri (S9, P5, KU5, KK6) |
|
CPMK2 |
Menguasai pembelajaran keterampilan menyimak dan mempraktekkannya dalam pembelajaran bahasa di SD dengan mandiri dan penuh tanggungjawab (S9, P6, KU5, KK7) |
|
CPMK3 |
Menguasai pembelajaran keterampilan berbicara dan mempraktekkannya dalam pembelajaran bahasa di SD dengan mandiri dan penuh tanggungjawab (S9, P6, KU5, KK7) |
|
CPMK4 |
Menguasai pembelajaran keterampilan membaca dan mempraktekkannya dalam pembelajaran bahasa di SD dengan penuh tanggungjawab dan mandiri (S9, P6, KU5, KK7) |
|
CPMK5 |
Menguasai pembelajaran keterampilan menulis dan mempraktekkannya dalam pembelajaran bahasa di SD dengan penuh tanggungjawab dan mandiri (S9, P6, KU5, KK7) |
|
CPMK6 |
Menguasai pembelajaran apresiasi sastra anak dan mempraktekkannya dalam pembelajaran bahasa di SD dengan mandiri dan penuh tanggungjawab (S9, P6, KU5, KK7) |
|
CPMK7 |
Mengidentifikasi permasalahan dan problematika pembelajaran bahasa dan alternatif pemecahannya di SD dengan menunjukkan sikap keteladanan (S11, P10, KU10, KK7) |
|
|
|
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang hakikat pendekatan pembelajaran bahasa, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD melalui pembelajaran keterampilan berbahasa, dan memahami pembelajaran sastra di SD seingga membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.
Learning Outcomes
CPL -1 : Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar CPL -2 : Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu CPL -3 : Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain |
||
SIKAP:
KETRAMPILAM UMUM:
KETRAMPULAN KHUSUS:
PENGETAHUAN:
|
||
CP-MK |
|
|
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3 |
Capaian Sikap: Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar. Capaian Pengetahuan: Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara- cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman dan keterampilan pengembangan dan penerapan ilmu/teknologi/seni dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik/profesi yang dipelajari. Capaian Keterampilan: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar |
Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press. |
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.
Learning Outcomes1. Sip UPGRIS
2. Spada UPGRIS
References
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.
Learning Outcomes1. Sip UPGRIS
2. Spada UPGRIS
References
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.
Learning Outcomes1. Sip UPGRIS
2. Spada UPGRIS
References
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.
Learning Outcomes1. Sip UPGRIS
2. Spada UPGRIS
References
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.
Learning Outcomes1. Sip UPGRIS
2. Spada UPGRIS
References
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.
Learning Outcomes1. Sip UPGRIS
2. Spada UPGRIS
References
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.
Learning Outcomes1. Sip UPGRIS
2. Spada UPGRIS
References
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.
Learning Outcomes1. Sip UPGRIS
2. Spada UPGRIS
References
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.
Learning Outcomes1. Sip UPGRIS
2. Spada UPGRIS
References
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Dosen : 1. Mei Fita Asri Untari S.Pd., M.Pd
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.
Learning Outcomes1. Sip UPGRIS
2. Spada UPGRIS
References
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...