Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishINDONESIAN LANGUAGE TEACHING IN ELEMENTARY SCHOOL
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS50 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan dapat merencanakan dan mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD

References

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT

 

  1. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

 

  1. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press
  2. Sumber-sumber lain yang relevan.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan dapat merencanakan dan mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD

References

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT

 

  1. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

 

  1. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press
  2. Sumber-sumber lain yang relevan.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi materi bahasa indonesia di sekolah dasar dan strategi pembelajarannya serta membahas problematika pembelajaran bahasa dan sastra indonesia di sekolah dasar. Setelah mampu mengidentifikasi permasalahan yang terdapat dalam pembelajaran mahasiswa diharapkan mampu menganalisis strategi atau model pembelajaran yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan dapat menyusun desain pembelajaran sesuai dengan materi, media, dan strategi mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar serta mampu mengidentifikasi problematika pembelajaran dan pemecahannya.

References

Novi Resmini. 2009. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung:UPI Press


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi materi bahasa indonesia di sekolah dasar dan strategi pembelajarannya serta membahas problematika pembelajaran bahasa dan sastra indonesia di sekolah dasar. Setelah mampu mengidentifikasi permasalahan yang terdapat dalam pembelajaran mahasiswa diharapkan mampu menganalisis strategi atau model pembelajaran yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan dapat menyusun desain pembelajaran sesuai dengan materi, media, dan strategi mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar serta mampu mengidentifikasi problematika pembelajaran dan pemecahannya.

References

Novi Resmini. 2009. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung:UPI Press


Details ...