Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishINDONESIAN LANGUAGE TEACHING IN ELEMENTARY SCHOOL
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS50 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Sikap (S)

S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam

Pengetahuan (P)

P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;

P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;

Ketrampilan Umum (KU)

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni;

Ketrampilan Khusus (KK)

KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;

KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

References

Utama

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press.

Pendukung

 

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  3. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  4. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Sikap (S)

S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam

Pengetahuan (P)

P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;

P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;

Ketrampilan Umum (KU)

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni;

Ketrampilan Khusus (KK)

KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;

KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

References

Utama

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press.

Pendukung

 

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  3. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  4. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Sikap (S)

S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam

Pengetahuan (P)

P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;

P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;

Ketrampilan Umum (KU)

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni;

Ketrampilan Khusus (KK)

KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;

KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

References

Utama

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press.

Pendukung

 

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  3. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  4. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Sikap (S)

S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam

Pengetahuan (P)

P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;

P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;

Ketrampilan Umum (KU)

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni;

Ketrampilan Khusus (KK)

KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;

KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

References

Utama

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press.

Pendukung

 

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  3. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  4. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Sikap (S)

S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam

Pengetahuan (P)

P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;

P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;

Ketrampilan Umum (KU)

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni;

Ketrampilan Khusus (KK)

KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;

KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

References

Utama

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press.

Pendukung

 

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  3. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  4. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Sikap (S)

S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam

Pengetahuan (P)

P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;

P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;

Ketrampilan Umum (KU)

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni;

Ketrampilan Khusus (KK)

KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;

KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

References

Utama

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press.

Pendukung

 

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  3. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  4. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang teori pendekatan pembelajaran bahasa, pembelajaran keterampilan berbahasa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, pembelajaran apresiasi sastra anak, serta problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD dan alternatif pemecahan masalahnya. Luaran dari mata kuliah ini adalah video praktek pembelajaran keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra, jurnal permasalahan dan pemecahan problematika pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Sikap (S)

S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam

Pengetahuan (P)

P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;

P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;

Ketrampilan Umum (KU)

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni;

Ketrampilan Khusus (KK)

KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;

KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

References

Utama

 

  1. Utari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRIS Press.

Pendukung

 

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT.
  3. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra   Indonesia. Bandung: UPI Press.
  4. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang hakikat pendekatan pembelajaran bahasa, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD melalui pembelajaran keterampilan berbahasa, dan memahami pembelajaran sastra di SD seingga membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memanfaatkan IPTEKS untuk memecahkan berbagai permasalahan dan mengimplementasikan konsep dan teori terkini dalam bidang ilmu bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.

CPMK

  1. Menganalisis prinsip-prinsip dan pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  2. Mensimulasikan pembelajaran berbahasa di SD
  3. Mensimulasikan pembelajaran sastra di SD
  4. Mengembangkan RPP pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  5. Mengevaluasi problematika pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  6. Menyusun alternatif pemecahan masalah pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD melalui PTK

References

Untari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Berbahasa dan Bersastra Indonesia di SD. Semarang: UPGRIS Press.

 


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang hakikat pendekatan pembelajaran bahasa, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD melalui pembelajaran keterampilan berbahasa, dan memahami pembelajaran sastra di SD seingga membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memanfaatkan IPTEKS untuk memecahkan berbagai permasalahan dan mengimplementasikan konsep dan teori terkini dalam bidang ilmu bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.

CPMK

  1. Menganalisis prinsip-prinsip dan pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  2. Mensimulasikan pembelajaran berbahasa di SD
  3. Mensimulasikan pembelajaran sastra di SD
  4. Mengembangkan RPP pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  5. Mengevaluasi problematika pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  6. Menyusun alternatif pemecahan masalah pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD melalui PTK

References

Untari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Berbahasa dan Bersastra Indonesia di SD. Semarang: UPGRIS Press.

 


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang hakikat pendekatan pembelajaran bahasa, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD melalui pembelajaran keterampilan berbahasa, dan memahami pembelajaran sastra di SD seingga membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memanfaatkan IPTEKS untuk memecahkan berbagai permasalahan dan mengimplementasikan konsep dan teori terkini dalam bidang ilmu bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.

CPMK

  1. Menganalisis prinsip-prinsip dan pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  2. Mensimulasikan pembelajaran berbahasa di SD
  3. Mensimulasikan pembelajaran sastra di SD
  4. Mengembangkan RPP pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  5. Mengevaluasi problematika pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  6. Menyusun alternatif pemecahan masalah pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD melalui PTK

References

Untari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Berbahasa dan Bersastra Indonesia di SD. Semarang: UPGRIS Press.

 


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang hakikat pendekatan pembelajaran bahasa, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD melalui pembelajaran keterampilan berbahasa, dan memahami pembelajaran sastra di SD seingga membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memanfaatkan IPTEKS untuk memecahkan berbagai permasalahan dan mengimplementasikan konsep dan teori terkini dalam bidang ilmu bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.

CPMK

  1. Menganalisis prinsip-prinsip dan pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  2. Mensimulasikan pembelajaran berbahasa di SD
  3. Mensimulasikan pembelajaran sastra di SD
  4. Mengembangkan RPP pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  5. Mengevaluasi problematika pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  6. Menyusun alternatif pemecahan masalah pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD melalui PTK

References

Untari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Berbahasa dan Bersastra Indonesia di SD. Semarang: UPGRIS Press.

 


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang hakikat pendekatan pembelajaran bahasa, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD melalui pembelajaran keterampilan berbahasa, dan memahami pembelajaran sastra di SD seingga membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memanfaatkan IPTEKS untuk memecahkan berbagai permasalahan dan mengimplementasikan konsep dan teori terkini dalam bidang ilmu bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.

CPMK

  1. Menganalisis prinsip-prinsip dan pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  2. Mensimulasikan pembelajaran berbahasa di SD
  3. Mensimulasikan pembelajaran sastra di SD
  4. Mengembangkan RPP pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  5. Mengevaluasi problematika pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  6. Menyusun alternatif pemecahan masalah pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD melalui PTK

References

Untari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Berbahasa dan Bersastra Indonesia di SD. Semarang: UPGRIS Press.

 


Details ...