Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishINDONESIAN LANGUAGE TEACHING IN ELEMENTARY SCHOOL
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS50 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

Learning Outcomes

mahasiswa mampu memahami hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

References

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT

 

  1. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

 

  1. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press
  2. Sumber-sumber lain yang relevan.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

Learning Outcomes

mahasiswa mampu memahami hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

References

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT

 

  1. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

 

  1. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press
  2. Sumber-sumber lain yang relevan.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

Learning Outcomes

mahasiswa mampu memahami hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

References

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT

 

  1. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

 

  1. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press
  2. Sumber-sumber lain yang relevan.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

References

1. H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jaka

2.  Iskandarwassid dan Dadang Suhendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya.

3.  Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.

4.    Henry Guntur Tarigan. 1991. Strategi  Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

5.    Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.

6.    Isah Cahyani dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

 

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

References

1. H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jaka

2.  Iskandarwassid dan Dadang Suhendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya.

3.  Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.

4.    Henry Guntur Tarigan. 1991. Strategi  Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

5.    Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.

6.    Isah Cahyani dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

 

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.

References

1. H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jaka

2.  Iskandarwassid dan Dadang Suhendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya.

3.  Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.

4.    Henry Guntur Tarigan. 1991. Strategi  Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

5.    Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.

6.    Isah Cahyani dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

 

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

1.    Menjelaskan pembelajaran menyimak, berbicara, membaca, dan menulis di SD

2.    Mempraktikkan teknik-teknik menyimak, berbicara, membaca, dan menulis di SD

3.    Menjelaskan dan mempraktikkan pembelajaran sastra di SD

4.    Merancang evaluasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD

5.    Merancang PTK berdasarkan permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD

References

1. H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jaka

2.  Iskandarwassid dan Dadang Suhendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya.

3.  Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.

4.    Henry Guntur Tarigan. 1991. Strategi  Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

5.    Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.

6.    Isah Cahyani dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

 

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan problematika  pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu menguasai berbagai materi dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD yang meliputi:

  1. Hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia,
  2. Pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia,
  3. Pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD,
  4. Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD,
  5. Problematika  pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD,
  6. Peningkatan kualitas pembelajaran

References

  1. H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.
  2. Tim. 2015. Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: USAID PRIORITAS.
  3. Iskandarwassid dan Dadang Suhendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya.
  4. Henry Guntur Tarigan. 1991. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.
  5. Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
  6. Isah Cahyani dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

1.    Menjelaskan pembelajaran menyimak, berbicara, membaca, dan menulis di SD

2.    Mempraktikkan teknik-teknik menyimak, berbicara, membaca, dan menulis di SD

3.    Menjelaskan dan mempraktikkan pembelajaran sastra di SD

4.    Merancang evaluasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD

5.    Merancang PTK berdasarkan permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD

References

1. H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jaka

2.  Iskandarwassid dan Dadang Suhendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya.

3.  Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.

4.    Henry Guntur Tarigan. 1991. Strategi  Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

5.    Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.

6.    Isah Cahyani dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

 

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

1.    Menjelaskan pembelajaran menyimak, berbicara, membaca, dan menulis di SD

2.    Mempraktikkan teknik-teknik menyimak, berbicara, membaca, dan menulis di SD

3.    Menjelaskan dan mempraktikkan pembelajaran sastra di SD

4.    Merancang evaluasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD

5.    Merancang PTK berdasarkan permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD

References

1. H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jaka

2.  Iskandarwassid dan Dadang Suhendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya.

3.  Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.

4.    Henry Guntur Tarigan. 1991. Strategi  Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

5.    Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.

6.    Isah Cahyani dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

 

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan problematika  pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu menguasai berbagai materi dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD yang meliputi:

  1. Hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia,
  2. Pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia,
  3. Pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD,
  4. Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD,
  5. Problematika  pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD,
  6. Peningkatan kualitas pembelajaran

References

  1. H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.
  2. Tim. 2015. Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: USAID PRIORITAS.
  3. Iskandarwassid dan Dadang Suhendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya.
  4. Henry Guntur Tarigan. 1991. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.
  5. Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
  6. Isah Cahyani dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan dapat merencanakan dan mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD

References

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT

 

  1. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

 

  1. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press
  2. Sumber-sumber lain yang relevan.

 


Details ...