Courser in English | INDONESIAN LANGUAGE TEACHING IN ELEMENTARY SCHOOL |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 50 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
References
|
|
|
Details ...
Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
References
|
|
|
Details ...
Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
References
|
|
|
Details ...
Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References1. H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jaka
2. Iskandarwassid dan Dadang Suhendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya.
3. Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
4. Henry Guntur Tarigan. 1991. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.
5. Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
6. Isah Cahyani dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.
Details ...
Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References1. H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jaka
2. Iskandarwassid dan Dadang Suhendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya.
3. Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
4. Henry Guntur Tarigan. 1991. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.
5. Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
6. Isah Cahyani dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.
Details ...
Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References1. H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jaka
2. Iskandarwassid dan Dadang Suhendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya.
3. Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
4. Henry Guntur Tarigan. 1991. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.
5. Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
6. Isah Cahyani dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.
Details ...
Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Menjelaskan pembelajaran menyimak, berbicara, membaca, dan menulis di SD
2. Mempraktikkan teknik-teknik menyimak, berbicara, membaca, dan menulis di SD
3. Menjelaskan dan mempraktikkan pembelajaran sastra di SD
4. Merancang evaluasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD
5. Merancang PTK berdasarkan permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD
References1. H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jaka
2. Iskandarwassid dan Dadang Suhendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya.
3. Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
4. Henry Guntur Tarigan. 1991. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.
5. Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
6. Isah Cahyani dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.
Details ...
Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan problematika pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.
Learning Outcomesmahasiswa mampu menguasai berbagai materi dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD yang meliputi:
- Hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia,
- Pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia,
- Pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD,
- Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD,
- Problematika pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD,
- Peningkatan kualitas pembelajaran
- H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.
- Tim. 2015. Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: USAID PRIORITAS.
- Iskandarwassid dan Dadang Suhendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya.
- Henry Guntur Tarigan. 1991. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.
- Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
- Isah Cahyani dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.
Details ...
Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Menjelaskan pembelajaran menyimak, berbicara, membaca, dan menulis di SD
2. Mempraktikkan teknik-teknik menyimak, berbicara, membaca, dan menulis di SD
3. Menjelaskan dan mempraktikkan pembelajaran sastra di SD
4. Merancang evaluasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD
5. Merancang PTK berdasarkan permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD
References1. H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jaka
2. Iskandarwassid dan Dadang Suhendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya.
3. Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
4. Henry Guntur Tarigan. 1991. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.
5. Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
6. Isah Cahyani dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.
Details ...
Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, analisis kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di SD, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD, kajian problematika pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia di SD, dan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Menjelaskan pembelajaran menyimak, berbicara, membaca, dan menulis di SD
2. Mempraktikkan teknik-teknik menyimak, berbicara, membaca, dan menulis di SD
3. Menjelaskan dan mempraktikkan pembelajaran sastra di SD
4. Merancang evaluasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD
5. Merancang PTK berdasarkan permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD
References1. H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jaka
2. Iskandarwassid dan Dadang Suhendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya.
3. Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
4. Henry Guntur Tarigan. 1991. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.
5. Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
6. Isah Cahyani dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.
Details ...
Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan problematika pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.
Learning Outcomesmahasiswa mampu menguasai berbagai materi dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD yang meliputi:
- Hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia,
- Pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia,
- Pengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD,
- Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD,
- Problematika pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD,
- Peningkatan kualitas pembelajaran
- H. Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.
- Tim. 2015. Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: USAID PRIORITAS.
- Iskandarwassid dan Dadang Suhendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya.
- Henry Guntur Tarigan. 1991. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.
- Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka.
- Isah Cahyani dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.
Details ...
Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan dapat merencanakan dan mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
References
|
|
|
Details ...