Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishINDONESIAN LANGUAGE TEACHING IN ELEMENTARY SCHOOL
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS50 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang hakikat pendekatan pembelajaran bahasa, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD melalui pembelajaran keterampilan berbahasa, dan memahami pembelajaran sastra di SD seingga membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memanfaatkan IPTEKS untuk memecahkan berbagai permasalahan dan mengimplementasikan konsep dan teori terkini dalam bidang ilmu bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.

CPMK

  1. Menganalisis prinsip-prinsip dan pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  2. Mensimulasikan pembelajaran berbahasa di SD
  3. Mensimulasikan pembelajaran sastra di SD
  4. Mengembangkan RPP pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  5. Mengevaluasi problematika pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  6. Menyusun alternatif pemecahan masalah pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD melalui PTK

References

Untari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Berbahasa dan Bersastra Indonesia di SD. Semarang: UPGRIS Press.

 


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang hakikat pendekatan pembelajaran bahasa, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD melalui pembelajaran keterampilan berbahasa, dan memahami pembelajaran sastra di SD seingga membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memanfaatkan IPTEKS untuk memecahkan berbagai permasalahan dan mengimplementasikan konsep dan teori terkini dalam bidang ilmu bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.

CPMK

  1. Menganalisis prinsip-prinsip dan pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  2. Mensimulasikan pembelajaran berbahasa di SD
  3. Mensimulasikan pembelajaran sastra di SD
  4. Mengembangkan RPP pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  5. Mengevaluasi problematika pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  6. Menyusun alternatif pemecahan masalah pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD melalui PTK

References

Untari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Berbahasa dan Bersastra Indonesia di SD. Semarang: UPGRIS Press.

 


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang hakikat pendekatan pembelajaran bahasa, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD melalui pembelajaran keterampilan berbahasa, dan memahami pembelajaran sastra di SD seingga membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memanfaatkan IPTEKS untuk memecahkan berbagai permasalahan dan mengimplementasikan konsep dan teori terkini dalam bidang ilmu bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.

CPMK

  1. Menganalisis prinsip-prinsip dan pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  2. Mensimulasikan pembelajaran berbahasa di SD
  3. Mensimulasikan pembelajaran sastra di SD
  4. Mengembangkan RPP pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  5. Mengevaluasi problematika pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  6. Menyusun alternatif pemecahan masalah pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD melalui PTK

References

Untari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Berbahasa dan Bersastra Indonesia di SD. Semarang: UPGRIS Press.

 


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang hakikat pendekatan pembelajaran bahasa, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD melalui pembelajaran keterampilan berbahasa, dan memahami pembelajaran sastra di SD seingga membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memanfaatkan IPTEKS untuk memecahkan berbagai permasalahan dan mengimplementasikan konsep dan teori terkini dalam bidang ilmu bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.

CPMK

  1. Menganalisis prinsip-prinsip dan pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  2. Mensimulasikan pembelajaran berbahasa di SD
  3. Mensimulasikan pembelajaran sastra di SD
  4. Mengembangkan RPP pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  5. Mengevaluasi problematika pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD
  6. Menyusun alternatif pemecahan masalah pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD melalui PTK

References

Untari, Mei Fita Asri, dkk. 2019. Pembelajaran Berbahasa dan Bersastra Indonesia di SD. Semarang: UPGRIS Press.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

Learning Outcomes

mahasiswa mampu memahami hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

References

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT

 

  1. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

 

  1. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press
  2. Sumber-sumber lain yang relevan.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

Learning Outcomes

mahasiswa mampu memahami hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

References

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT

 

  1. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

 

  1. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press
  2. Sumber-sumber lain yang relevan.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

Learning Outcomes

mahasiswa mampu memahami hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

References

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT

 

  1. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

 

  1. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press
  2. Sumber-sumber lain yang relevan.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

Learning Outcomes

mahasiswa mampu memahami hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

References

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT

 

  1. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

 

  1. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press
  2. Sumber-sumber lain yang relevan.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

Learning Outcomes

mahasiswa mampu memahami hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

References

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT

 

  1. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

 

  1. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press
  2. Sumber-sumber lain yang relevan.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

Learning Outcomes

mahasiswa mampu memahami hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

References

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT

 

  1. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

 

  1. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press
  2. Sumber-sumber lain yang relevan.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

Learning Outcomes

mahasiswa mampu memahami hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

References

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT

 

  1. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

 

  1. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press
  2. Sumber-sumber lain yang relevan.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

Learning Outcomes

mahasiswa mampu memahami hakikat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia, mengembangkan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia siswa SD, evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk membekali mahasiswa dalam mengelola pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

References

  1. Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
  2. Solchan T. W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: UT

 

  1. Novi Resmini, dkk. 2006. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

 

  1. Burhan Nurgiyantoro. 2005. Sastra Anak-anak. Yogyakarta: Gadjahmada University Press
  2. Sumber-sumber lain yang relevan.

 


Details ...