Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia, Curriculum : 2015


Courser in EnglishCOMPETENCE OF INDONESIAN LANGUAGE SKILLS AND LITERATURE
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS49 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa

Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa

Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa

Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa

Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa

Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa

Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  2. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  3. Keterampilan Umum
  4. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  5. Penguasaan pengetahuan

a. Merencanakan pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya

  1. Keterampilan Khusus
  2. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar

References

Isah Cahyani dan Hodijah. 2008. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menyimak. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Hasan Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Gramedia.

Yeti Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: UT


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  2. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  3. Keterampilan Umum
  4. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  5. Penguasaan pengetahuan

a. Merencanakan pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya

  1. Keterampilan Khusus
  2. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar

References

Isah Cahyani dan Hodijah. 2008. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menyimak. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Hasan Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Gramedia.

Yeti Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: UT


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  2. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  3. Keterampilan Umum
  4. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  5. Penguasaan pengetahuan

a. Merencanakan pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya

  1. Keterampilan Khusus
  2. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar

References

Isah Cahyani dan Hodijah. 2008. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menyimak. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Hasan Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Gramedia.

Yeti Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: UT


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  2. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  3. Keterampilan Umum
  4. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  5. Penguasaan pengetahuan

a. Merencanakan pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya

  1. Keterampilan Khusus
  2. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar

References

Isah Cahyani dan Hodijah. 2008. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menyimak. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Hasan Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Gramedia.

Yeti Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: UT


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  2. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  3. Keterampilan Umum
  4. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  5. Penguasaan pengetahuan

a. Merencanakan pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya

  1. Keterampilan Khusus
  2. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar

References

Isah Cahyani dan Hodijah. 2008. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menyimak. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Hasan Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Gramedia.

Yeti Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: UT


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia melalui kegiatan bercerita.

References

Cahyani, Isah. dkk. 2008. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

Tarigan, Henry Guntur. 2002. Keterampilan Menyimak. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2002. Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2002. Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2002. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.


Details ...