Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia, Curriculum : 2015


Courser in EnglishCOMPETENCE OF INDONESIAN LANGUAGE SKILLS AND LITERATURE
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS49 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa

Henry Guntu Tarigan. 2008. Berbicara. Bandung: Angkasa

Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa

Henry Guntur Tarugan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu.

References

Isah Cahyani dan Hodijah. 2008. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menyimak. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Hasan Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Gramedia.

Yeti Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: UT

Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu.

References

Isah Cahyani dan Hodijah. 2008. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menyimak. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Hasan Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Gramedia.

Yeti Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: UT

Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

Cahyani, Isah. 2012. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press

Tarigan, Henry Guntur. 2002. Menyimak Sebuah Keterampilan. Bandung: Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 2002. Berbicara Sebuah Keterampilan. Bandung: Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 2002. Membaca Sebuah Keterampilan. Bandung: Angkasa

Tarigan, Hanry Guntur. 2002. Menulis Sebuah Keterampilan. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

Cahyani, Isah. 2012. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press

Tarigan, Henry Guntur. 2002. Menyimak Sebuah Keterampilan. Bandung: Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 2002. Berbicara Sebuah Keterampilan. Bandung: Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 2002. Membaca Sebuah Keterampilan. Bandung: Angkasa

Tarigan, Hanry Guntur. 2002. Menulis Sebuah Keterampilan. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

Cahyani, Isah. 2012. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press

Tarigan, Henry Guntur. 2002. Menyimak Sebuah Keterampilan. Bandung: Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 2002. Berbicara Sebuah Keterampilan. Bandung: Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 2002. Membaca Sebuah Keterampilan. Bandung: Angkasa

Tarigan, Hanry Guntur. 2002. Menulis Sebuah Keterampilan. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

Cahyani, Isah. 2012. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press

Tarigan, Henry Guntur. 2002. Menyimak Sebuah Keterampilan. Bandung: Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 2002. Berbicara Sebuah Keterampilan. Bandung: Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 2002. Membaca Sebuah Keterampilan. Bandung: Angkasa

Tarigan, Hanry Guntur. 2002. Menulis Sebuah Keterampilan. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu.

References

Isah Cahyani dan Hodijah. 2008. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menyimak. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Hasan Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Gramedia.

Yeti Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: UT


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu.

References

Isah Cahyani dan Hodijah. 2008. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menyimak. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Hasan Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Gramedia.

Yeti Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: UT


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu.

References

Isah Cahyani dan Hodijah. 2008. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menyimak. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Hasan Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Gramedia.

Yeti Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: UT


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melakukan penelitian yang dapat mengembangkan pembelajaran di sekolah dasar secara inter dan multi-disiplin dan mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional.

References

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

 

 

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melakukan penelitian yang dapat mengembangkan pembelajaran di sekolah dasar secara inter dan multi-disiplin dan mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional.

References

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

 

 

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa

 


Details ...