Courser in English | COMPETENCE OF INDONESIAN LANGUAGE SKILLS AND LITERATURE |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 49 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu
References
Isah Cahyani dan Hodijah. 2008. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menyimak. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Hasan Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Gramedia.
Yeti Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu
References
Isah Cahyani dan Hodijah. 2008. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menyimak. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Hasan Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Gramedia.
Yeti Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu
References
Isah Cahyani dan Hodijah. 2008. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menyimak. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Hasan Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Gramedia.
Yeti Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu
References
Isah Cahyani dan Hodijah. 2008. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menyimak. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Hasan Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Gramedia.
Yeti Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu
References
Isah Cahyani dan Hodijah. 2008. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menyimak. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Hasan Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Gramedia.
Yeti Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu
References
Isah Cahyani dan Hodijah. 2008. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menyimak. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Hasan Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Gramedia.
Yeti Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu
References
Isah Cahyani dan Hodijah. 2008. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menyimak. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Hasan Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Gramedia.
Yeti Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu
References
Isah Cahyani dan Hodijah. 2008. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menyimak. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Hasan Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Gramedia.
Yeti Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu
References
Isah Cahyani dan Hodijah. 2008. Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: UPI Press.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menyimak. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.
Henry Guntur Tarigan. 1995. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Hasan Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Gramedia.
Yeti Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: UT
Di samping itu mahasiswa dapat mencari sumber lain yang relevan.
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu
ReferencesIsah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press
Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa
Henry Guntu Tarigan. 2008. Berbicara. Bandung: Angkasa
Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
Henry Guntur Tarugan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu
ReferencesIsah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press
Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa
Henry Guntu Tarigan. 2008. Berbicara. Bandung: Angkasa
Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
Henry Guntur Tarugan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa
Details ...
Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu
ReferencesIsah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press
Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa
Henry Guntu Tarigan. 2008. Berbicara. Bandung: Angkasa
Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
Henry Guntur Tarugan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa
Details ...