Pendidikan Olahraga di SD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSPORTS EDUCATION AT ELEMENTARY SCHOOL
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS49 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Olahraga di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman serta ruang lingkup tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Capaian Sikap:

  1. Memiliki ketaqwaan kepada Tuhan YME dan menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan secara mandiri
  5. Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk peningkatan mutu pembelajaran di SD.

Capaian  Pengetahuan: 

  1. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar
  3. Memahami keprofesionalan secara berkelanjuan dengan melakukan tindakan reflektif
  4. Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

Capaian Keterampilan:

  1. Menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama padapendidikan jasmani di sekolah dasar
  3. Membangun keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif;
  4. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
  5. Merancang pembelajaran di sekolah dasar dan mengembangkan model, pendekatan, strategi, metode, teknik serta media pembelajaran yang inovatif
  6. mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan senam irama

References

  1. Asep, A, dkk (2018). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press.
  2. Rahayu, E. T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
  3. Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
  4. Ardiwinata A.A, Suherman, & Dinata, M. (2006). Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya.
  5. Sukintaka. (1982). Permainan bola kecil. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  6. Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliah dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
  7. Dwijowinoto, Kasiyo. (1979). Renang, metoda, pola dan teknik. IKIP Semarang.
  8. Agus, mahendra. (2001). Pembelajaran senam di sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
  9. Field Lab FK UNS. (2013). PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). UNS.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Olahraga di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman serta ruang lingkup tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Capaian Sikap:

  1. Memiliki ketaqwaan kepada Tuhan YME dan menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan secara mandiri
  5. Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk peningkatan mutu pembelajaran di SD.

Capaian  Pengetahuan: 

  1. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar
  3. Memahami keprofesionalan secara berkelanjuan dengan melakukan tindakan reflektif
  4. Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

Capaian Keterampilan:

  1. Menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama padapendidikan jasmani di sekolah dasar
  3. Membangun keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif;
  4. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
  5. Merancang pembelajaran di sekolah dasar dan mengembangkan model, pendekatan, strategi, metode, teknik serta media pembelajaran yang inovatif
  6. mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan senam irama

References

  1. Asep, A, dkk (2018). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press.
  2. Rahayu, E. T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
  3. Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
  4. Ardiwinata A.A, Suherman, & Dinata, M. (2006). Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya.
  5. Sukintaka. (1982). Permainan bola kecil. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  6. Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliah dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
  7. Dwijowinoto, Kasiyo. (1979). Renang, metoda, pola dan teknik. IKIP Semarang.
  8. Agus, mahendra. (2001). Pembelajaran senam di sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
  9. Field Lab FK UNS. (2013). PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). UNS.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Olahraga di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman serta ruang lingkup tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Capaian Sikap:

  1. Memiliki ketaqwaan kepada Tuhan YME dan menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan secara mandiri
  5. Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk peningkatan mutu pembelajaran di SD.

Capaian  Pengetahuan: 

  1. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar
  3. Memahami keprofesionalan secara berkelanjuan dengan melakukan tindakan reflektif
  4. Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

Capaian Keterampilan:

  1. Menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama padapendidikan jasmani di sekolah dasar
  3. Membangun keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif;
  4. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
  5. Merancang pembelajaran di sekolah dasar dan mengembangkan model, pendekatan, strategi, metode, teknik serta media pembelajaran yang inovatif
  6. mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan senam irama

References

  1. Asep, A, dkk (2018). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press.
  2. Rahayu, E. T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
  3. Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
  4. Ardiwinata A.A, Suherman, & Dinata, M. (2006). Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya.
  5. Sukintaka. (1982). Permainan bola kecil. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  6. Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliah dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
  7. Dwijowinoto, Kasiyo. (1979). Renang, metoda, pola dan teknik. IKIP Semarang.
  8. Agus, mahendra. (2001). Pembelajaran senam di sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
  9. Field Lab FK UNS. (2013). PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). UNS.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Olahraga di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman serta ruang lingkup tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Capaian Sikap:

  1. Memiliki ketaqwaan kepada Tuhan YME dan menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan secara mandiri
  5. Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk peningkatan mutu pembelajaran di SD.

Capaian  Pengetahuan: 

  1. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar
  3. Memahami keprofesionalan secara berkelanjuan dengan melakukan tindakan reflektif
  4. Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

Capaian Keterampilan:

  1. Menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama padapendidikan jasmani di sekolah dasar
  3. Membangun keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif;
  4. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
  5. Merancang pembelajaran di sekolah dasar dan mengembangkan model, pendekatan, strategi, metode, teknik serta media pembelajaran yang inovatif
  6. mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan senam irama

References

  1. Asep, A, dkk (2018). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press.
  2. Rahayu, E. T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
  3. Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
  4. Ardiwinata A.A, Suherman, & Dinata, M. (2006). Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya.
  5. Sukintaka. (1982). Permainan bola kecil. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  6. Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliah dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
  7. Dwijowinoto, Kasiyo. (1979). Renang, metoda, pola dan teknik. IKIP Semarang.
  8. Agus, mahendra. (2001). Pembelajaran senam di sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
  9. Field Lab FK UNS. (2013). PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). UNS.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Olahraga di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman serta ruang lingkup tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Capaian Sikap:

  1. Memiliki ketaqwaan kepada Tuhan YME dan menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan secara mandiri
  5. Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk peningkatan mutu pembelajaran di SD.

Capaian  Pengetahuan: 

  1. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar
  3. Memahami keprofesionalan secara berkelanjuan dengan melakukan tindakan reflektif
  4. Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

Capaian Keterampilan:

  1. Menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama padapendidikan jasmani di sekolah dasar
  3. Membangun keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif;
  4. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
  5. Merancang pembelajaran di sekolah dasar dan mengembangkan model, pendekatan, strategi, metode, teknik serta media pembelajaran yang inovatif
  6. mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan senam irama

References

  1. Asep, A, dkk (2018). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press.
  2. Rahayu, E. T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
  3. Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
  4. Ardiwinata A.A, Suherman, & Dinata, M. (2006). Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya.
  5. Sukintaka. (1982). Permainan bola kecil. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  6. Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliah dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
  7. Dwijowinoto, Kasiyo. (1979). Renang, metoda, pola dan teknik. IKIP Semarang.
  8. Agus, mahendra. (2001). Pembelajaran senam di sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
  9. Field Lab FK UNS. (2013). PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). UNS.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Olahraga di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman serta ruang lingkup tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Capaian Sikap:

  1. Memiliki ketaqwaan kepada Tuhan YME dan menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan secara mandiri
  5. Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk peningkatan mutu pembelajaran di SD.

Capaian  Pengetahuan: 

  1. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar
  3. Memahami keprofesionalan secara berkelanjuan dengan melakukan tindakan reflektif
  4. Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

Capaian Keterampilan:

  1. Menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama padapendidikan jasmani di sekolah dasar
  3. Membangun keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif;
  4. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
  5. Merancang pembelajaran di sekolah dasar dan mengembangkan model, pendekatan, strategi, metode, teknik serta media pembelajaran yang inovatif
  6. mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan senam irama

References

  1. Asep, A, dkk (2018). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press.
  2. Rahayu, E. T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
  3. Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
  4. Ardiwinata A.A, Suherman, & Dinata, M. (2006). Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya.
  5. Sukintaka. (1982). Permainan bola kecil. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  6. Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliah dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
  7. Dwijowinoto, Kasiyo. (1979). Renang, metoda, pola dan teknik. IKIP Semarang.
  8. Agus, mahendra. (2001). Pembelajaran senam di sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
  9. Field Lab FK UNS. (2013). PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). UNS.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Olahraga di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman serta ruang lingkup tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Capaian Sikap:

  1. Memiliki ketaqwaan kepada Tuhan YME dan menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan secara mandiri
  5. Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk peningkatan mutu pembelajaran di SD.

Capaian  Pengetahuan: 

  1. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar
  3. Memahami keprofesionalan secara berkelanjuan dengan melakukan tindakan reflektif
  4. Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

Capaian Keterampilan:

  1. Menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama padapendidikan jasmani di sekolah dasar
  3. Membangun keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif;
  4. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
  5. Merancang pembelajaran di sekolah dasar dan mengembangkan model, pendekatan, strategi, metode, teknik serta media pembelajaran yang inovatif
  6. mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan senam irama

References

  1. Asep, A, dkk (2018). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press.
  2. Rahayu, E. T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
  3. Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
  4. Ardiwinata A.A, Suherman, & Dinata, M. (2006). Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya.
  5. Sukintaka. (1982). Permainan bola kecil. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  6. Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliah dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
  7. Dwijowinoto, Kasiyo. (1979). Renang, metoda, pola dan teknik. IKIP Semarang.
  8. Agus, mahendra. (2001). Pembelajaran senam di sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
  9. Field Lab FK UNS. (2013). PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). UNS.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Olahraga di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman serta ruang lingkup tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Capaian Sikap:

  1. Memiliki ketaqwaan kepada Tuhan YME dan menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan secara mandiri
  5. Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk peningkatan mutu pembelajaran di SD.

Capaian  Pengetahuan: 

  1. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar
  3. Memahami keprofesionalan secara berkelanjuan dengan melakukan tindakan reflektif
  4. Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

Capaian Keterampilan:

  1. Menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama padapendidikan jasmani di sekolah dasar
  3. Membangun keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif;
  4. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
  5. Merancang pembelajaran di sekolah dasar dan mengembangkan model, pendekatan, strategi, metode, teknik serta media pembelajaran yang inovatif
  6. mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan senam irama

References

  1. Asep, A, dkk (2018). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press.
  2. Rahayu, E. T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
  3. Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
  4. Ardiwinata A.A, Suherman, & Dinata, M. (2006). Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya.
  5. Sukintaka. (1982). Permainan bola kecil. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  6. Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliah dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
  7. Dwijowinoto, Kasiyo. (1979). Renang, metoda, pola dan teknik. IKIP Semarang.
  8. Agus, mahendra. (2001). Pembelajaran senam di sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
  9. Field Lab FK UNS. (2013). PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). UNS.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Olahraga di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman serta ruang lingkup tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Capaian Sikap:

  1. Memiliki ketaqwaan kepada Tuhan YME dan menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan secara mandiri
  5. Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk peningkatan mutu pembelajaran di SD.

Capaian  Pengetahuan: 

  1. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar
  3. Memahami keprofesionalan secara berkelanjuan dengan melakukan tindakan reflektif
  4. Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

Capaian Keterampilan:

  1. Menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama padapendidikan jasmani di sekolah dasar
  3. Membangun keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif;
  4. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
  5. Merancang pembelajaran di sekolah dasar dan mengembangkan model, pendekatan, strategi, metode, teknik serta media pembelajaran yang inovatif
  6. mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan senam irama

References

  1. Asep, A, dkk (2018). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press.
  2. Rahayu, E. T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
  3. Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
  4. Ardiwinata A.A, Suherman, & Dinata, M. (2006). Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya.
  5. Sukintaka. (1982). Permainan bola kecil. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  6. Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliah dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
  7. Dwijowinoto, Kasiyo. (1979). Renang, metoda, pola dan teknik. IKIP Semarang.
  8. Agus, mahendra. (2001). Pembelajaran senam di sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
  9. Field Lab FK UNS. (2013). PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). UNS.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Olahraga di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman serta ruang lingkup tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Capaian Sikap:

  1. Memiliki ketaqwaan kepada Tuhan YME dan menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan secara mandiri
  5. Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk peningkatan mutu pembelajaran di SD.

Capaian  Pengetahuan: 

  1. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar
  3. Memahami keprofesionalan secara berkelanjuan dengan melakukan tindakan reflektif
  4. Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

Capaian Keterampilan:

  1. Menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama padapendidikan jasmani di sekolah dasar
  3. Membangun keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif;
  4. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
  5. Merancang pembelajaran di sekolah dasar dan mengembangkan model, pendekatan, strategi, metode, teknik serta media pembelajaran yang inovatif
  6. mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan senam irama

References

  1. Asep, A, dkk (2018). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press.
  2. Rahayu, E. T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
  3. Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
  4. Ardiwinata A.A, Suherman, & Dinata, M. (2006). Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya.
  5. Sukintaka. (1982). Permainan bola kecil. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  6. Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliah dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
  7. Dwijowinoto, Kasiyo. (1979). Renang, metoda, pola dan teknik. IKIP Semarang.
  8. Agus, mahendra. (2001). Pembelajaran senam di sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
  9. Field Lab FK UNS. (2013). PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). UNS.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Pendidikan Olahraga di SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman serta ruang lingkup tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Capaian Sikap:

  1. Memiliki ketaqwaan kepada Tuhan YME dan menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan secara mandiri
  5. Menunjukkan komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk peningkatan mutu pembelajaran di SD.

Capaian  Pengetahuan: 

  1. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama pada lima mata pelajaran di sekolah dasar
  3. Memahami keprofesionalan secara berkelanjuan dengan melakukan tindakan reflektif
  4. Menguasai penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

Capaian Keterampilan:

  1. Menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
  2. Menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, terutama padapendidikan jasmani di sekolah dasar
  3. Membangun keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif;
  4. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
  5. Merancang pembelajaran di sekolah dasar dan mengembangkan model, pendekatan, strategi, metode, teknik serta media pembelajaran yang inovatif
  6. mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mempublikasikan berbagai kegiatan senam irama

References

  1. Asep, A, dkk (2018). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press.
  2. Rahayu, E. T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
  3. Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
  4. Ardiwinata A.A, Suherman, & Dinata, M. (2006). Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya.
  5. Sukintaka. (1982). Permainan bola kecil. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  6. Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliah dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
  7. Dwijowinoto, Kasiyo. (1979). Renang, metoda, pola dan teknik. IKIP Semarang.
  8. Agus, mahendra. (2001). Pembelajaran senam di sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
  9. Field Lab FK UNS. (2013). PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). UNS.


Details ...
Course Descriptions

Mata  Kuliah  Penjasorkes  merupakan  proses  pembelajaran  melalui  aktivitas  jasmani  yang  didesain  untuk  meningkatkan  kebugaran  jasmani,
mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi, hubungan antara olahraga dengan kebugaran dan kesehatan.

Learning Outcomes

Mahasiswa  diharapkan  mengetahui,  memahami  penjasorkes  serta  menumbuhkan  rasa  sportifitas  dan  menjaga  kebugaran  jasmani  yang  dicapai
melalui kegiatan dan muatan penjasorkes serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

References

 Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD. Jakarta: PT.Fajar Putra Grafika


Details ...