Courser in English | SPORTS EDUCATION AT ELEMENTARY SCHOOL |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 49 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman serta ruang lingkup tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar. |
Memiliki pengetahuan, pemahaman serta ruang lingkup tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
ReferencesLumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta
Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP.
Ardiwinata A.A, Suherman, &Dinata, M. Kumpulan permainanrakyatolahragatradisional. Tangerang: PenerbitCerdas Jaya.
Agus, mahendra. (2001). Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas
Timo Scheunemann, dkk. (2014). Ayo Indonesia, kurikulumdanpedomandasarsepak bola Indonesia untukusiadini (U5-U12), usiamuda (U13-U20) dan senior. Jakarta: PT. GramediaPustakaUtama.
Details ...
Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran
jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah
ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan
rekreasi di Sekolah Dasar.
Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga
kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
Ruslilutan. (2001).Mengajarpendidikanjasmanipendekatanpendidikangerak di SD. Depdiknas
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta.
Agus,mahendra. (2001).Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas.
Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP
Details ...
Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran
jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah
ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan
rekreasi di Sekolah Dasar.
Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga
kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
Ruslilutan. (2001).Mengajarpendidikanjasmanipendekatanpendidikangerak di SD. Depdiknas
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta.
Agus,mahendra. (2001).Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas.
Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP
Details ...
Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran
jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah
ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan
rekreasi di Sekolah Dasar.
Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga
kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
Ruslilutan. (2001).Mengajarpendidikanjasmanipendekatanpendidikangerak di SD. Depdiknas
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta.
Agus,mahendra. (2001).Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas.
Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP
Details ...
Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar. |
Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
ReferencesRuslilutan. (2001).Mengajarpendidikanjasmanipendekatanpendidikangerak di SD. Depdiknas
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta.
Agus,mahendra. (2001).Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas.
Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP.
Details ...
Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar. |
Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
ReferencesRuslilutan. (2001).Mengajarpendidikanjasmanipendekatanpendidikangerak di SD. Depdiknas
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta.
Agus,mahendra. (2001).Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas.
Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP.
Details ...
Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar. |
Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
ReferencesRuslilutan. (2001).Mengajarpendidikanjasmanipendekatanpendidikangerak di SD. Depdiknas
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta.
Agus,mahendra. (2001).Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas.
Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP.
Details ...
Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar. |
Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
ReferencesRuslilutan. (2001).Mengajarpendidikanjasmanipendekatanpendidikangerak di SD. Depdiknas
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta.
Agus,mahendra. (2001).Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas.
Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP.
Details ...
Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar. |
Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
ReferencesRuslilutan. (2001).Mengajarpendidikanjasmanipendekatanpendidikangerak di SD. Depdiknas
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta.
Agus,mahendra. (2001).Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas.
Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP.
Details ...
Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.
Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar
Ruslilutan. (2001).Mengajarpendidikanjasmanipendekatanpendidikangerak di SD. Depdiknas
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta.
Agus,mahendra. (2001).Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas.
Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP.
Details ...
Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.
Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar
Ruslilutan. (2001).Mengajarpendidikanjasmanipendekatanpendidikangerak di SD. Depdiknas
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta.
Agus,mahendra. (2001).Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas.
Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP.
Details ...
Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.
Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar
Ruslilutan. (2001).Mengajarpendidikanjasmanipendekatanpendidikangerak di SD. Depdiknas
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta.
Agus,mahendra. (2001).Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas.
Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP.
Details ...