Pendidikan Olahraga di SD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSPORTS EDUCATION AT ELEMENTARY SCHOOL
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS49 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman serta ruang lingkup tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan, pemahaman serta ruang lingkup tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.

References

Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.

Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta

Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP.

Ardiwinata A.A, Suherman, &Dinata, M. Kumpulan permainanrakyatolahragatradisional. Tangerang: PenerbitCerdas Jaya.

Agus, mahendra. (2001). Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas

Timo Scheunemann, dkk. (2014). Ayo Indonesia, kurikulumdanpedomandasarsepak bola Indonesia untukusiadini (U5-U12), usiamuda (U13-U20) dan senior. Jakarta: PT. GramediaPustakaUtama.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran
jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah
ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan
rekreasi di Sekolah Dasar.
 

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga
kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
 

References

Ruslilutan. (2001).Mengajarpendidikanjasmanipendekatanpendidikangerak di SD. Depdiknas
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta.
Agus,mahendra. (2001).Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas.
Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP
 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran
jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah
ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan
rekreasi di Sekolah Dasar.
 

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga
kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
 

References

Ruslilutan. (2001).Mengajarpendidikanjasmanipendekatanpendidikangerak di SD. Depdiknas
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta.
Agus,mahendra. (2001).Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas.
Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP
 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran
jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah
ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan
rekreasi di Sekolah Dasar.
 

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga
kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
 

References

Ruslilutan. (2001).Mengajarpendidikanjasmanipendekatanpendidikangerak di SD. Depdiknas
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta.
Agus,mahendra. (2001).Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas.
Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP
 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.

References

Ruslilutan. (2001).Mengajarpendidikanjasmanipendekatanpendidikangerak di SD. Depdiknas

Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta.

Agus,mahendra. (2001).Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas.

Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.

References

Ruslilutan. (2001).Mengajarpendidikanjasmanipendekatanpendidikangerak di SD. Depdiknas

Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta.

Agus,mahendra. (2001).Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas.

Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.

References

Ruslilutan. (2001).Mengajarpendidikanjasmanipendekatanpendidikangerak di SD. Depdiknas

Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta.

Agus,mahendra. (2001).Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas.

Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.

References

Ruslilutan. (2001).Mengajarpendidikanjasmanipendekatanpendidikangerak di SD. Depdiknas

Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta.

Agus,mahendra. (2001).Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas.

Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.

References

Ruslilutan. (2001).Mengajarpendidikanjasmanipendekatanpendidikangerak di SD. Depdiknas

Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta.

Agus,mahendra. (2001).Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas.

Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.
 

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar
 

References

Ruslilutan. (2001).Mengajarpendidikanjasmanipendekatanpendidikangerak di SD. Depdiknas
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta.
Agus,mahendra. (2001).Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas.
Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP.
 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.
 

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar
 

References

Ruslilutan. (2001).Mengajarpendidikanjasmanipendekatanpendidikangerak di SD. Depdiknas
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta.
Agus,mahendra. (2001).Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas.
Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP.
 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.
 

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar
 

References

Ruslilutan. (2001).Mengajarpendidikanjasmanipendekatanpendidikangerak di SD. Depdiknas
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.
Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta.
Agus,mahendra. (2001).Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas.
Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP.
 


Details ...