Courser in English | SPORTS EDUCATION IN ELEMENTARY SCHOOL |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 49 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.
Learning OutcomesMemiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
ReferencesRuslilutan. (2001).Mengajar pendidikan jasmani pendekatan pendidikan gerak di SD. Depdiknas
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagi atlet pemula pedoman latihan dasar bagi atlet muda berbakat. Yogyakarta: UNY Press. Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliah dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta. |
Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, pola dan teknik. Semarang: IKIP. Ardiwinata A.A, Suherman, & Dinata, M. Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya. Agus, mahendra. (2001). Pembelajaransenam di sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas. |
Details ...
Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.
Learning OutcomesMemiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
ReferencesRuslilutan. (2001).Mengajar pendidikan jasmani pendekatan pendidikan gerak di SD. Depdiknas
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagi atlet pemula pedoman latihan dasar bagi atlet muda berbakat. Yogyakarta: UNY Press. Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliah dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta. |
Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, pola dan teknik. Semarang: IKIP. Ardiwinata A.A, Suherman, & Dinata, M. Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya. Agus, mahendra. (2001). Pembelajaransenam di sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas. |
Details ...
Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.
Learning OutcomesMemiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
ReferencesRuslilutan. (2001).Mengajar pendidikan jasmani pendekatan pendidikan gerak di SD. Depdiknas
Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagi atlet pemula pedoman latihan dasar bagi atlet muda berbakat. Yogyakarta: UNY Press. Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliah dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta. |
Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, pola dan teknik. Semarang: IKIP. Ardiwinata A.A, Suherman, & Dinata, M. Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya. Agus, mahendra. (2001). Pembelajaransenam di sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas. |
Details ...
Mata Kuliah Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai teori, praktik dan konsep jasmani, olahraga, dan kesehatan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
Learning OutcomesMemiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan dan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
References- Rahayu, E. T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
- Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
- Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
- Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
- Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company
- Ardiwinata A.A, Suherman, & Dinata, M. (2006). Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya.
- Sukintaka. (1982). Permainan bola kecil. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
- Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliah dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
- Mochamad Djumidar. (2004). Belajar berlatih gerak-gerak dasar atletik dalam bermain. Jakarta: PT. Raja Gafindo Persada.
- Tumm, Hans-Peter. (2009). Athletics I, primarri and lower secondary school. Munich: Germany.
- Dwijowinoto, Kasiyo. (1979). Renang, metoda, pola dan teknik. IKIP Semarang.
- Agus, mahendra. (2001). Pembelajaran senam di sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
- Field Lab FK UNS. (2013). PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). UNS
- Ega trisna. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran PJOK. Alfabeta.
Details ...
Mata Kuliah Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai teori, praktik dan konsep jasmani, olahraga, dan kesehatan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
Learning OutcomesMemiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan dan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
References- Rahayu, E. T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
- Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
- Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
- Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
- Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company
- Ardiwinata A.A, Suherman, & Dinata, M. (2006). Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya.
- Sukintaka. (1982). Permainan bola kecil. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
- Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliah dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
- Mochamad Djumidar. (2004). Belajar berlatih gerak-gerak dasar atletik dalam bermain. Jakarta: PT. Raja Gafindo Persada.
- Tumm, Hans-Peter. (2009). Athletics I, primarri and lower secondary school. Munich: Germany.
- Dwijowinoto, Kasiyo. (1979). Renang, metoda, pola dan teknik. IKIP Semarang.
- Agus, mahendra. (2001). Pembelajaran senam di sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
- Field Lab FK UNS. (2013). PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). UNS
- Ega trisna. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran PJOK. Alfabeta.
Details ...
Mata Kuliah Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai teori, praktik dan konsep jasmani, olahraga, dan kesehatan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
Learning OutcomesMemiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan dan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
References- Rahayu, E. T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
- Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
- Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
- Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
- Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company
- Ardiwinata A.A, Suherman, & Dinata, M. (2006). Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya.
- Sukintaka. (1982). Permainan bola kecil. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
- Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliah dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
- Mochamad Djumidar. (2004). Belajar berlatih gerak-gerak dasar atletik dalam bermain. Jakarta: PT. Raja Gafindo Persada.
- Tumm, Hans-Peter. (2009). Athletics I, primarri and lower secondary school. Munich: Germany.
- Dwijowinoto, Kasiyo. (1979). Renang, metoda, pola dan teknik. IKIP Semarang.
- Agus, mahendra. (2001). Pembelajaran senam di sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
- Field Lab FK UNS. (2013). PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). UNS
- Ega trisna. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran PJOK. Alfabeta.
Details ...
Mata Kuliah Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai teori, praktik dan konsep jasmani, olahraga, dan kesehatan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
Learning OutcomesMemiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan dan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
References- Rahayu, E. T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
- Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
- Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
- Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
- Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company
- Ardiwinata A.A, Suherman, & Dinata, M. (2006). Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya.
- Sukintaka. (1982). Permainan bola kecil. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
- Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliah dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
- Mochamad Djumidar. (2004). Belajar berlatih gerak-gerak dasar atletik dalam bermain. Jakarta: PT. Raja Gafindo Persada.
- Tumm, Hans-Peter. (2009). Athletics I, primarri and lower secondary school. Munich: Germany.
- Dwijowinoto, Kasiyo. (1979). Renang, metoda, pola dan teknik. IKIP Semarang.
- Agus, mahendra. (2001). Pembelajaran senam di sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
- Field Lab FK UNS. (2013). PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). UNS
- Ega trisna. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran PJOK. Alfabeta.
Details ...
Mata Kuliah Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai teori, praktik dan konsep jasmani, olahraga, dan kesehatan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
Learning OutcomesMemiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan dan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
References- Rahayu, E. T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
- Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
- Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
- Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
- Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company
- Ardiwinata A.A, Suherman, & Dinata, M. (2006). Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya.
- Sukintaka. (1982). Permainan bola kecil. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
- Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliah dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
- Mochamad Djumidar. (2004). Belajar berlatih gerak-gerak dasar atletik dalam bermain. Jakarta: PT. Raja Gafindo Persada.
- Tumm, Hans-Peter. (2009). Athletics I, primarri and lower secondary school. Munich: Germany.
- Dwijowinoto, Kasiyo. (1979). Renang, metoda, pola dan teknik. IKIP Semarang.
- Agus, mahendra. (2001). Pembelajaran senam di sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
- Field Lab FK UNS. (2013). PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). UNS
- Ega trisna. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran PJOK. Alfabeta.
Details ...
Mata Kuliah Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai teori, praktik dan konsep jasmani, olahraga, dan kesehatan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
Learning OutcomesMemiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan dan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
References- Rahayu, E. T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
- Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
- Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
- Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
- Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company
- Ardiwinata A.A, Suherman, & Dinata, M. (2006). Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya.
- Sukintaka. (1982). Permainan bola kecil. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
- Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliah dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
- Mochamad Djumidar. (2004). Belajar berlatih gerak-gerak dasar atletik dalam bermain. Jakarta: PT. Raja Gafindo Persada.
- Tumm, Hans-Peter. (2009). Athletics I, primarri and lower secondary school. Munich: Germany.
- Dwijowinoto, Kasiyo. (1979). Renang, metoda, pola dan teknik. IKIP Semarang.
- Agus, mahendra. (2001). Pembelajaran senam di sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
- Field Lab FK UNS. (2013). PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). UNS
- Ega trisna. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran PJOK. Alfabeta.
Details ...
Mata Kuliah Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai teori, praktik dan konsep jasmani, olahraga, dan kesehatan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
Learning OutcomesMemiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan dan menguasai keterampilan dasar dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.
References- Rahayu, E. T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.
- Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani, pendekatan pendidikan gerak di SD. Jakarta: Depdiknas.
- Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development (4th ed.). New York: Sage Publications.
- Suyanto & Asep, J. (2013). Menjadi guru professional, strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Penerbit Erlangga
- Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training (4th ed.). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company
- Ardiwinata A.A, Suherman, & Dinata, M. (2006). Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Penerbit Cerdas Jaya.
- Sukintaka. (1982). Permainan bola kecil. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
- Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliah dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
- Mochamad Djumidar. (2004). Belajar berlatih gerak-gerak dasar atletik dalam bermain. Jakarta: PT. Raja Gafindo Persada.
- Tumm, Hans-Peter. (2009). Athletics I, primarri and lower secondary school. Munich: Germany.
- Dwijowinoto, Kasiyo. (1979). Renang, metoda, pola dan teknik. IKIP Semarang.
- Agus, mahendra. (2001). Pembelajaran senam di sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
- Field Lab FK UNS. (2013). PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). UNS
- Ega trisna. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani, implementasi pada pembelajaran PJOK. Alfabeta.
Details ...
Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa S1 PGSD untuk mampu mengkaji materi tentang kemampuan dan mempraktikkan keterampilan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga serta dapat menilai dan mengevaluasi. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan mengkaji pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai yang berhubungan dengan pengembangan proses pendidikan melalui aktivitas jasmani melalui senam, permainan kecil, permainan besar dan aktivitas air/renang. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui penugasan dan tes tertulis (objektif), UTS, UAS dan tes keterampilan.
Learning OutcomesPengalaman yang didapat mahasiswa adalah memiliki pengetahuan, sikap dan nilai serta keterampilan yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan jasmani serta mampu mengaplikasikan penddikan jasmani di SD.
References- Rahayu, E.T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Giriwijoyo, S & Sidik, D. Z. (2012). Ilmu faal olahraga (fisiologi olahraga) fungsi tubuh manusia pada olahraga untuk kesehatan dan prestasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development, (4th edition). USA: Sage Publications.
- Lutan, R. (2001). Asas-asas pendidikan jasmani pendekatan pendidikan gerak di sekolah dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
- Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagi atlet pemula pedoman latihan dasar bagi atlet muda berbakat. Yogyakarta: UNY Press.
- Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training, (4th edition). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company.
- Sukadiyanto & Muluk, D. (2011). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Bandung: CV. Lubuk Agung.
- Rahayu, E.T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Giriwijoyo, S & Sidik, D. Z. (2012). Ilmu faal olahraga (fisiologi olahraga) fungsi tubuh manusia pada olahraga untuk kesehatan dan prestasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development, (4th edition). USA: Sage Publications.
- Lutan, R. (2001). Asas-asas pendidikan jasmani pendekatan pendidikan gerak di sekolah dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
- Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagi atlet pemula pedoman latihan dasar bagi atlet muda berbakat. Yogyakarta: UNY Press.
- Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training, (4th edition). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company.
- Sukadiyanto & Muluk, D. (2011). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Bandung: CV. Lubuk Agung.
Details ...
Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa S1 PGSD untuk mampu mengkaji materi tentang kemampuan dan mempraktikkan keterampilan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga serta dapat menilai dan mengevaluasi. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan mengkaji pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai yang berhubungan dengan pengembangan proses pendidikan melalui aktivitas jasmani melalui senam, permainan kecil, permainan besar dan aktivitas air/renang. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui penugasan dan tes tertulis (objektif), UTS, UAS dan tes keterampilan.
Learning OutcomesPengalaman yang didapat mahasiswa adalah memiliki pengetahuan, sikap dan nilai serta keterampilan yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan jasmani serta mampu mengaplikasikan penddikan jasmani di SD.
References- Rahayu, E.T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Giriwijoyo, S & Sidik, D. Z. (2012). Ilmu faal olahraga (fisiologi olahraga) fungsi tubuh manusia pada olahraga untuk kesehatan dan prestasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development, (4th edition). USA: Sage Publications.
- Lutan, R. (2001). Asas-asas pendidikan jasmani pendekatan pendidikan gerak di sekolah dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
- Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagi atlet pemula pedoman latihan dasar bagi atlet muda berbakat. Yogyakarta: UNY Press.
- Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training, (4th edition). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company.
- Sukadiyanto & Muluk, D. (2011). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Bandung: CV. Lubuk Agung.
- Rahayu, E.T. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Giriwijoyo, S & Sidik, D. Z. (2012). Ilmu faal olahraga (fisiologi olahraga) fungsi tubuh manusia pada olahraga untuk kesehatan dan prestasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Hughes, F.P. (2010). Children, play, and development, (4th edition). USA: Sage Publications.
- Lutan, R. (2001). Asas-asas pendidikan jasmani pendekatan pendidikan gerak di sekolah dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
- Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagi atlet pemula pedoman latihan dasar bagi atlet muda berbakat. Yogyakarta: UNY Press.
- Bompa, Tudor O. (1999). Periodization: theory and methodology of training, (4th edition). Dubuque, Iowa: Kendal/Hunt Publishing Company.
- Sukadiyanto & Muluk, D. (2011). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Bandung: CV. Lubuk Agung.
Details ...