Pendidikan Olahraga di SD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSPORTS EDUCATION AT ELEMENTARY SCHOOL
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS49 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata  Kuliah  Penjasorkes  merupakan  proses  pembelajaran  melalui  aktivitas  jasmani  yang  didesain  untuk  meningkatkan  kebugaran  jasmani,
mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi, hubungan antara olahraga dengan kebugaran dan kesehatan.

Learning Outcomes

Mahasiswa  diharapkan  mengetahui,  memahami  penjasorkes  serta  menumbuhkan  rasa  sportifitas  dan  menjaga  kebugaran  jasmani  yang  dicapai
melalui kegiatan dan muatan penjasorkes serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

References

 Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD. Jakarta: PT.Fajar Putra Grafika


Details ...
Course Descriptions

Mata  Kuliah  Penjasorkes  merupakan  proses  pembelajaran  melalui  aktivitas  jasmani  yang  didesain  untuk  meningkatkan  kebugaran  jasmani,
mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi, hubungan antara olahraga dengan kebugaran dan kesehatan.

Learning Outcomes

Mahasiswa  diharapkan  mengetahui,  memahami  penjasorkes  serta  menumbuhkan  rasa  sportifitas  dan  menjaga  kebugaran  jasmani  yang  dicapai
melalui kegiatan dan muatan penjasorkes serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

References

 Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD. Jakarta: PT.Fajar Putra Grafika


Details ...
Course Descriptions

Mata  Kuliah  Penjasorkes  merupakan  proses  pembelajaran  melalui  aktivitas  jasmani  yang  didesain  untuk  meningkatkan  kebugaran  jasmani,
mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi, hubungan antara olahraga dengan kebugaran dan kesehatan.

Learning Outcomes

Mahasiswa  diharapkan  mengetahui,  memahami  penjasorkes  serta  menumbuhkan  rasa  sportifitas  dan  menjaga  kebugaran  jasmani  yang  dicapai
melalui kegiatan dan muatan penjasorkes serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

References

 Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD. Jakarta: PT.Fajar Putra Grafika


Details ...
Course Descriptions

Mata  Kuliah  Penjasorkes  merupakan  proses  pembelajaran  melalui  aktivitas  jasmani  yang  didesain  untuk  meningkatkan  kebugaran  jasmani,
mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi, hubungan antara olahraga dengan kebugaran dan kesehatan.

Learning Outcomes

Mahasiswa  diharapkan  mengetahui,  memahami  penjasorkes  serta  menumbuhkan  rasa  sportifitas  dan  menjaga  kebugaran  jasmani  yang  dicapai
melalui kegiatan dan muatan penjasorkes serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

References

 Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD. Jakarta: PT.Fajar Putra Grafika


Details ...
Course Descriptions

Mata  Kuliah  Penjasorkes  merupakan  proses  pembelajaran  melalui  aktivitas  jasmani  yang  didesain  untuk  meningkatkan  kebugaran  jasmani,
mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi, hubungan antara olahraga dengan kebugaran dan kesehatan.

Learning Outcomes

Mahasiswa  diharapkan  mengetahui,  memahami  penjasorkes  serta  menumbuhkan  rasa  sportifitas  dan  menjaga  kebugaran  jasmani  yang  dicapai
melalui kegiatan dan muatan penjasorkes serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

References

 Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD. Jakarta: PT.Fajar Putra Grafika


Details ...
Course Descriptions

Mata  Kuliah  Penjasorkes  merupakan  proses  pembelajaran  melalui  aktivitas  jasmani  yang  didesain  untuk  meningkatkan  kebugaran  jasmani,
mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi, hubungan antara olahraga dengan kebugaran dan kesehatan.

Learning Outcomes

Mahasiswa  diharapkan  mengetahui,  memahami  penjasorkes  serta  menumbuhkan  rasa  sportifitas  dan  menjaga  kebugaran  jasmani  yang  dicapai
melalui kegiatan dan muatan penjasorkes serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

References

 Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD. Jakarta: PT.Fajar Putra Grafika


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.

References

Rusli lutan. (2001).Mengajar pendidikan jasmani pendekatan pendidikan gerak di SD. Depdiknas.

Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagi atlet pemula pedoman latihan dasar bagi atlet muda berbakat. Yogyakarta: UNY Press.

Sukintaka. (1982). Permainan bola kecil. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.

References

Rusli lutan. (2001).Mengajar pendidikan jasmani pendekatan pendidikan gerak di SD. Depdiknas.

Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagi atlet pemula pedoman latihan dasar bagi atlet muda berbakat. Yogyakarta: UNY Press.

Sukintaka. (1982). Permainan bola kecil. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan, pemahaman tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.

References

Rusli lutan. (2001).Mengajar pendidikan jasmani pendekatan pendidikan gerak di SD. Depdiknas.

Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagi atlet pemula pedoman latihan dasar bagi atlet muda berbakat. Yogyakarta: UNY Press.

Sukintaka. (1982). Permainan bola kecil. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman serta ruang lingkup tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan, pemahaman serta ruang lingkup tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.

References

Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.

Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta

Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP.

Ardiwinata A.A, Suherman, &Dinata, M. Kumpulan permainanrakyatolahragatradisional. Tangerang: PenerbitCerdas Jaya.

Agus, mahendra. (2001). Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas

Timo Scheunemann, dkk. (2014). Ayo Indonesia, kurikulumdanpedomandasarsepak bola Indonesia untukusiadini (U5-U12), usiamuda (U13-U20) dan senior. Jakarta: PT. GramediaPustakaUtama.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman serta ruang lingkup tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan, pemahaman serta ruang lingkup tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.

References

Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.

Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta

Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP.

Ardiwinata A.A, Suherman, &Dinata, M. Kumpulan permainanrakyatolahragatradisional. Tangerang: PenerbitCerdas Jaya.

Agus, mahendra. (2001). Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas

Timo Scheunemann, dkk. (2014). Ayo Indonesia, kurikulumdanpedomandasarsepak bola Indonesia untukusiadini (U5-U12), usiamuda (U13-U20) dan senior. Jakarta: PT. GramediaPustakaUtama.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Konsep Dasar Penjas SD merupakan proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Mata Kuliah ini berisi tentang pemahaman serta ruang lingkup tentang kedudukan, fungsi, jenis serta esensi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta permainan dan rekreasi di Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Memiliki pengetahuan, pemahaman serta ruang lingkup tentang konsep pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan serta menumbuhkan rasa sportifiitas dan menjaga kebugaran jasmani dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.

References

Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagiatletpemulapedomanlatihandasarbagiatletmudaberbakat. Yogyakarta: UNY Press.

Eddy Purnomo. (2006). Diktat matakuliahdasar-dasargerakatletik. Yogyakarta: FIK UniversitasNegeri Yogyakarta

Dwijowinoto. (1979). Renang, metode, poladanteknik. Semarang: IKIP.

Ardiwinata A.A, Suherman, &Dinata, M. Kumpulan permainanrakyatolahragatradisional. Tangerang: PenerbitCerdas Jaya.

Agus, mahendra. (2001). Pembelajaransenam di sekolahdasar. Jakarta: Depdiknas

Timo Scheunemann, dkk. (2014). Ayo Indonesia, kurikulumdanpedomandasarsepak bola Indonesia untukusiadini (U5-U12), usiamuda (U13-U20) dan senior. Jakarta: PT. GramediaPustakaUtama.


Details ...