Courser in English | DEVELOPMENT OF NATURAL SCIENCE EDUCATION IN ELEM. SCHOOLS |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 51 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhanaMahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana
Learning Outcomes
- Sikap dan Tata Nilai
-
-
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
-
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
- Penguasaan Pengetahuan
- Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
- Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
- Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.
- Menerapkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C3)
- menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C4)
- Merancang layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran. (C5)
- Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran. (C5)
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
- Memiliki kemampuan melakukan dan mengembangkan kepribadian, bakat, minat siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler.(C5)
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
- Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
References
Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.
Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya
Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhanaMahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana
Learning Outcomes
- Sikap dan Tata Nilai
-
-
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
-
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
- Penguasaan Pengetahuan
- Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
- Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
- Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.
- Menerapkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C3)
- menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C4)
- Merancang layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran. (C5)
- Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran. (C5)
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
- Memiliki kemampuan melakukan dan mengembangkan kepribadian, bakat, minat siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler.(C5)
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
- Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
References
Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.
Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya
Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhanaMahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana
Learning Outcomes
- Sikap dan Tata Nilai
-
-
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
-
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
- Penguasaan Pengetahuan
- Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
- Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
- Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.
- Menerapkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C3)
- menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C4)
- Merancang layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran. (C5)
- Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran. (C5)
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
- Memiliki kemampuan melakukan dan mengembangkan kepribadian, bakat, minat siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler.(C5)
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
- Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
References
Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.
Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya
Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhanaMahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana
Learning Outcomes
- Sikap dan Tata Nilai
-
-
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
-
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
- Penguasaan Pengetahuan
- Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
- Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
- Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.
- Menerapkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C3)
- menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C4)
- Merancang layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran. (C5)
- Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran. (C5)
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
- Memiliki kemampuan melakukan dan mengembangkan kepribadian, bakat, minat siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler.(C5)
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
- Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
References
Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.
Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya
Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhanaMahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana
Learning Outcomes
- Sikap dan Tata Nilai
-
-
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
-
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
- Penguasaan Pengetahuan
- Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
- Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
- Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.
- Menerapkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C3)
- menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C4)
- Merancang layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran. (C5)
- Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran. (C5)
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
- Memiliki kemampuan melakukan dan mengembangkan kepribadian, bakat, minat siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler.(C5)
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
- Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
References
Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.
Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya
Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta
Details ...
Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum IPA di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Sikap
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD
- Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.
Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya
Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta
Details ...
Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum IPA di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Sikap
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD
- Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.
Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya
Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta
Details ...
Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum IPA di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Sikap
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD
- Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.
Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya
Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
- Penguasaan Pengetahuan
- Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
- Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
- Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.
- Menerapkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C3)
- menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C4)
- Merancang layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran. (C5)
- Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran. (C5)
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
- Memiliki kemampuan melakukan dan mengembangkan kepribadian, bakat, minat siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler.(C5)
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
- Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.
Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas
Tim pengampu mata kuliah. Suplemen Pengembangan Pendidikan IPA SD.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya
Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
- Penguasaan Pengetahuan
- Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
- Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
- Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.
- Menerapkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C3)
- menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C4)
- Merancang layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran. (C5)
- Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran. (C5)
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
- Memiliki kemampuan melakukan dan mengembangkan kepribadian, bakat, minat siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler.(C5)
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
- Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.
Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas
Tim pengampu mata kuliah. Suplemen Pengembangan Pendidikan IPA SD.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya
Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
- Penguasaan Pengetahuan
- Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
- Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
- Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.
- Menerapkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C3)
- menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C4)
- Merancang layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran. (C5)
- Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran. (C5)
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
- Memiliki kemampuan melakukan dan mengembangkan kepribadian, bakat, minat siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler.(C5)
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
- Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.
Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas
Tim pengampu mata kuliah. Suplemen Pengembangan Pendidikan IPA SD.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya
Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
- Penguasaan Pengetahuan
- Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
- Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
- Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.
- Menerapkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C3)
- menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C4)
- Merancang layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran. (C5)
- Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran. (C5)
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar(C5)
- Memiliki kemampuan melakukan dan mengembangkan kepribadian, bakat, minat siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler.(C5)
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
- Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
- Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
- Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah dasar
Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.
Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas
Tim pengampu mata kuliah. Suplemen Pengembangan Pendidikan IPA SD.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya
Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta
Details ...