Pengembangan Pendidikan IPA SD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishDEVELOPMENT OF NATURAL SCIENCE EDUCATION IN ELEM. SCHOOLS
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS51 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi

 

Learning Outcomes

Sub-CPMK-1 Mahasiswa mampu mengkaji kurikulum IPA di SD berdasar kurikulum yang berlaku

Sub-CPMK-2 Mahasiswa mampu memahami pendekatan pembelajaran IPA di kelas rendah dan kelas tinggi

Sub-CPMK-3 Mahasiswa mampu memahami silabus dan membuat RPP IPA di SD

Sub-CPMK-4 Mahasiswa mampu memahami dan membuat bahan ajar IPA SD

Sub-CPMK-5 Mahasiswa mampu memahami dan membuat media / alat peraga beserta LKPD IPA di SD

Sub-CPMK-6 Mahasiswa mampu memahami dan membuat penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan

Sub-CPMK-7 Mahasiswa mampu praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah

References

Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.

Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.

Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu

Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi

 

Learning Outcomes

Sub-CPMK-1 Mahasiswa mampu mengkaji kurikulum IPA di SD berdasar kurikulum yang berlaku

Sub-CPMK-2 Mahasiswa mampu memahami pendekatan pembelajaran IPA di kelas rendah dan kelas tinggi

Sub-CPMK-3 Mahasiswa mampu memahami silabus dan membuat RPP IPA di SD

Sub-CPMK-4 Mahasiswa mampu memahami dan membuat bahan ajar IPA SD

Sub-CPMK-5 Mahasiswa mampu memahami dan membuat media / alat peraga beserta LKPD IPA di SD

Sub-CPMK-6 Mahasiswa mampu memahami dan membuat penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan

Sub-CPMK-7 Mahasiswa mampu praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah

References

Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.

Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.

Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu

Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi

 

Learning Outcomes

Sub-CPMK-1 Mahasiswa mampu mengkaji kurikulum IPA di SD berdasar kurikulum yang berlaku

Sub-CPMK-2 Mahasiswa mampu memahami pendekatan pembelajaran IPA di kelas rendah dan kelas tinggi

Sub-CPMK-3 Mahasiswa mampu memahami silabus dan membuat RPP IPA di SD

Sub-CPMK-4 Mahasiswa mampu memahami dan membuat bahan ajar IPA SD

Sub-CPMK-5 Mahasiswa mampu memahami dan membuat media / alat peraga beserta LKPD IPA di SD

Sub-CPMK-6 Mahasiswa mampu memahami dan membuat penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan

Sub-CPMK-7 Mahasiswa mampu praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah

References

Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.

Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.

Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu

Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi

 

Learning Outcomes

Sub-CPMK-1 Mahasiswa mampu mengkaji kurikulum IPA di SD berdasar kurikulum yang berlaku

Sub-CPMK-2 Mahasiswa mampu memahami pendekatan pembelajaran IPA di kelas rendah dan kelas tinggi

Sub-CPMK-3 Mahasiswa mampu memahami silabus dan membuat RPP IPA di SD

Sub-CPMK-4 Mahasiswa mampu memahami dan membuat bahan ajar IPA SD

Sub-CPMK-5 Mahasiswa mampu memahami dan membuat media / alat peraga beserta LKPD IPA di SD

Sub-CPMK-6 Mahasiswa mampu memahami dan membuat penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan

Sub-CPMK-7 Mahasiswa mampu praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah

References

Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.

Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.

Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu

Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi

 

Learning Outcomes

Sub-CPMK-1 Mahasiswa mampu mengkaji kurikulum IPA di SD berdasar kurikulum yang berlaku

Sub-CPMK-2 Mahasiswa mampu memahami pendekatan pembelajaran IPA di kelas rendah dan kelas tinggi

Sub-CPMK-3 Mahasiswa mampu memahami silabus dan membuat RPP IPA di SD

Sub-CPMK-4 Mahasiswa mampu memahami dan membuat bahan ajar IPA SD

Sub-CPMK-5 Mahasiswa mampu memahami dan membuat media / alat peraga beserta LKPD IPA di SD

Sub-CPMK-6 Mahasiswa mampu memahami dan membuat penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan

Sub-CPMK-7 Mahasiswa mampu praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah

References

Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.

Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.

Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu

Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi

 

Learning Outcomes

Sub-CPMK-1 Mahasiswa mampu mengkaji kurikulum IPA di SD berdasar kurikulum yang berlaku

Sub-CPMK-2 Mahasiswa mampu memahami pendekatan pembelajaran IPA di kelas rendah dan kelas tinggi

Sub-CPMK-3 Mahasiswa mampu memahami silabus dan membuat RPP IPA di SD

Sub-CPMK-4 Mahasiswa mampu memahami dan membuat bahan ajar IPA SD

Sub-CPMK-5 Mahasiswa mampu memahami dan membuat media / alat peraga beserta LKPD IPA di SD

Sub-CPMK-6 Mahasiswa mampu memahami dan membuat penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan

Sub-CPMK-7 Mahasiswa mampu praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah

References

Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.

Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.

Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu

Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi

 

Learning Outcomes

Sub-CPMK-1 Mahasiswa mampu mengkaji kurikulum IPA di SD berdasar kurikulum yang berlaku

Sub-CPMK-2 Mahasiswa mampu memahami pendekatan pembelajaran IPA di kelas rendah dan kelas tinggi

Sub-CPMK-3 Mahasiswa mampu memahami silabus dan membuat RPP IPA di SD

Sub-CPMK-4 Mahasiswa mampu memahami dan membuat bahan ajar IPA SD

Sub-CPMK-5 Mahasiswa mampu memahami dan membuat media / alat peraga beserta LKPD IPA di SD

Sub-CPMK-6 Mahasiswa mampu memahami dan membuat penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan

Sub-CPMK-7 Mahasiswa mampu praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah

References

Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.

Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.

Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu

Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi

 

Learning Outcomes

Sub-CPMK-1 Mahasiswa mampu mengkaji kurikulum IPA di SD berdasar kurikulum yang berlaku

Sub-CPMK-2 Mahasiswa mampu memahami pendekatan pembelajaran IPA di kelas rendah dan kelas tinggi

Sub-CPMK-3 Mahasiswa mampu memahami silabus dan membuat RPP IPA di SD

Sub-CPMK-4 Mahasiswa mampu memahami dan membuat bahan ajar IPA SD

Sub-CPMK-5 Mahasiswa mampu memahami dan membuat media / alat peraga beserta LKPD IPA di SD

Sub-CPMK-6 Mahasiswa mampu memahami dan membuat penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan

Sub-CPMK-7 Mahasiswa mampu praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah

References

Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.

Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.

Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu

Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhanaMahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana

Learning Outcomes

 

  1. Sikap dan Tata Nilai

 

      1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
      2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
      3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
      4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
      5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
      6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
      7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
      8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
      9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
      10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
      11. Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
      12. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
      13. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat

 

 

  1. Keterampilan Umum

 

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

 

  1. Penguasaan Pengetahuan

 

  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
  2. Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
  3. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  4. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  5. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  6. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.
  7.  Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C3)
  8.  menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C4)
  9. Merancang layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran. (C5)
  10. Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran. (C5)
  11. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
  12. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5)
  13. Memiliki kemampuan melakukan dan mengembangkan kepribadian, bakat, minat siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler.(C5)

 

  1. Keterampilan Khusus

 

  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
  5. Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran
  6. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  7. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

 

References

Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.  

Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya

 

Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhanaMahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana

Learning Outcomes

 

  1. Sikap dan Tata Nilai

 

      1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
      2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
      3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
      4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
      5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
      6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
      7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
      8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
      9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
      10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
      11. Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
      12. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
      13. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat

 

 

  1. Keterampilan Umum

 

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

 

  1. Penguasaan Pengetahuan

 

  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
  2. Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
  3. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  4. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  5. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  6. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.
  7.  Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C3)
  8.  menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C4)
  9. Merancang layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran. (C5)
  10. Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran. (C5)
  11. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
  12. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5)
  13. Memiliki kemampuan melakukan dan mengembangkan kepribadian, bakat, minat siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler.(C5)

 

  1. Keterampilan Khusus

 

  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
  5. Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran
  6. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  7. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

 

References

Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.  

Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya

 

Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhanaMahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana

Learning Outcomes

 

  1. Sikap dan Tata Nilai

 

      1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
      2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
      3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
      4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
      5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
      6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
      7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
      8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
      9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
      10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
      11. Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
      12. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
      13. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat

 

 

  1. Keterampilan Umum

 

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

 

  1. Penguasaan Pengetahuan

 

  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
  2. Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
  3. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  4. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  5. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  6. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.
  7.  Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C3)
  8.  menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C4)
  9. Merancang layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran. (C5)
  10. Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran. (C5)
  11. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
  12. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5)
  13. Memiliki kemampuan melakukan dan mengembangkan kepribadian, bakat, minat siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler.(C5)

 

  1. Keterampilan Khusus

 

  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
  5. Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran
  6. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  7. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

 

References

Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.  

Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya

 

Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhanaMahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana

Learning Outcomes

 

  1. Sikap dan Tata Nilai

 

      1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
      2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
      3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
      4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
      5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
      6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
      7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
      8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
      9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
      10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
      11. Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
      12. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
      13. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat

 

 

  1. Keterampilan Umum

 

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

 

  1. Penguasaan Pengetahuan

 

  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
  2. Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
  3. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  4. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  5. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  6. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.
  7.  Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C3)
  8.  menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C4)
  9. Merancang layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran. (C5)
  10. Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran. (C5)
  11. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
  12. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5)
  13. Memiliki kemampuan melakukan dan mengembangkan kepribadian, bakat, minat siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler.(C5)

 

  1. Keterampilan Khusus

 

  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
  5. Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran
  6. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  7. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

 

References

Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.  

Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya

 

Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta


Details ...