Pengembangan Pendidikan IPA SD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishDEVELOPMENT OF NATURAL SCIENCE EDUCATION IN ELEM. SCHOOLS
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS51 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

 

  1. Sikap dan Tata Nilai

 

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
  12. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  13. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat

 

 

  1. Keterampilan Umum

 

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
  1. Penguasaan pengetahuan

 

  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
  2. Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
  3. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  4. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  5. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  6. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.
  7.  Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C3)
  8.  menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C4)
  9. Merancang layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran. (C5)
  10. Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran. (C5)
  11. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
  12. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5)
  13. Memiliki kemampuan melakukan dan mengembangkan kepribadian, bakat, minat siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler.(C5)

 

  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
  5. Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran
  6. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  7. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

 

 

References

Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.  

Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya

 

Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

 

  1. Sikap dan Tata Nilai

 

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
  12. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  13. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat

 

 

  1. Keterampilan Umum

 

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
  1. Penguasaan pengetahuan

 

  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
  2. Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
  3. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  4. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  5. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  6. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.
  7.  Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C3)
  8.  menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C4)
  9. Merancang layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran. (C5)
  10. Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran. (C5)
  11. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
  12. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5)
  13. Memiliki kemampuan melakukan dan mengembangkan kepribadian, bakat, minat siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler.(C5)

 

  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
  5. Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran
  6. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  7. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

 

 

References

Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.  

Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya

 

Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

 

  1. Sikap dan Tata Nilai

 

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
  12. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  13. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat

 

 

  1. Keterampilan Umum

 

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
  1. Penguasaan pengetahuan

 

  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
  2. Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
  3. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  4. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  5. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  6. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.
  7.  Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C3)
  8.  menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C4)
  9. Merancang layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran. (C5)
  10. Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran. (C5)
  11. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
  12. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5)
  13. Memiliki kemampuan melakukan dan mengembangkan kepribadian, bakat, minat siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler.(C5)

 

  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
  5. Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran
  6. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  7. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

 

 

References

Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.  

Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya

 

Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

 

  1. Sikap dan Tata Nilai

 

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
  12. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  13. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat

 

 

  1. Keterampilan Umum

 

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
  1. Penguasaan pengetahuan

 

  1. Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
  2. Menyesuaikan karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
  3. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  4. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  5. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  6. Menganalisis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.
  7.  Menerapkan  kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C3)
  8.  menyusun kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar. (C4)
  9. Merancang layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran. (C5)
  10. Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran. (C5)
  11. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)
  12. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5)
  13. Memiliki kemampuan melakukan dan mengembangkan kepribadian, bakat, minat siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler.(C5)

 

  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar
  5. Melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran
  6. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  7. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

 

 

References

Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.  

Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya

 

Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD

  1. Mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  2. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.

References

Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.  

Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD

  1. Mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  2. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.

References

Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.  

Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD

  1. Mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  2. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.

References

Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.  

Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD

  1. Mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  2. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.

References

Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.  

Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD

  1. Mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  2. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.

References

Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.  

Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampumenegathui hakikat IPA, melaksanakan ketarmpilan proses, mengetahui dimensi pengetahuan-sikap dan ketrampilan, mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, mengetahui misskonsepsi dalam IPAD serta dapat membuat, RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
  12. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  13. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD

  1. Mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  2. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.

 

References

Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.  

 

Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education

 

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

 

Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas

 

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya

 

Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta

 


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampumenegathui hakikat IPA, melaksanakan ketarmpilan proses, mengetahui dimensi pengetahuan-sikap dan ketrampilan, mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, mengetahui misskonsepsi dalam IPAD serta dapat membuat, RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
  12. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  13. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD

  1. Mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  2. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.

 

References

Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.  

 

Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education

 

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

 

Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas

 

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya

 

Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta

 


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampumenegathui hakikat IPA, melaksanakan ketarmpilan proses, mengetahui dimensi pengetahuan-sikap dan ketrampilan, mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, mengetahui misskonsepsi dalam IPAD serta dapat membuat, RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
  12. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  13. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD

  1. Mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  2. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.

 

References

Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.  

 

Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education

 

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

 

Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas

 

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya

 

Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta

 


Details ...