Pengembangan Pendidikan IPA SD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishDEVELOPMENT OF NATURAL SCIENCE EDUCATION IN ELEM. SCHOOLS
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS51 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
  12. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  13. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD

  1. Mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  2. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.

References

Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.  

Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif  Berorientasi  Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya

Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
  12. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  13. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD

  1. Mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  2. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.

References

Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.  

Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif  Berorientasi  Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya

Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi dan kurikulum di SD, serta dapat membuat silabus , RPP karakter kelas rendah dan tinggi, alat evaluasi, LKS dan alat peraga dalam bentuk sederhana

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Menginternalisasi semangat perjuangan dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat
  12. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  13. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD

  1. Mampu  menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD

  1. Mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  2. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.

References

Anonim. 2007. Modul Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Ketenagaan Dikti Jakarta : Jakarta.  

Anonim. 2006. Asyik Belajar dengan PAKEM : IPA. Jakarta : USAID Program Managing Basic Education

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Jenny RE Kali dan Partgis.1993. Pendididikan IPA. Jakarta : Depdiknas

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif  Berorientasi  Kontruktivistik. : Jakarta : Prestasi Pustaka Raya

Udin Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka : Jakarta


Details ...