Pengembangan Pendidikan IPA SD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishDEVELOPMENT OF NATURAL SCIENCE EDUCATION IN ELEM. SCHOOLS
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS51 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD berdasarkan kurikulum yang berlaku, peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relevan.

Mahasiswa mampu menentukan pendekatan, model, metode, sumber belajar, lembar kerja peserta didik, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi IPA di SD serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

Mahasiswa mampu mempraktikkan pembelajaran IPA di SD pada kelas rendah dan kelas tinggi.

References

Pustaka Utama :

Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.

Pustaka Pendukung :

  1. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  2. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  3. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  4. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  6. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  7. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  8. Reffiane, Fine. 2021. Model Pembelajaran ETNO-STEM. Pekalongan. NEM
  9. Tim Pendidikan IPA SD. 2018. Bahan Ajar mata kuliah Pendidikan IPA SD. Semarang. UPGRIS PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD berdasarkan kurikulum yang berlaku, peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relevan.

Mahasiswa mampu menentukan pendekatan, model, metode, sumber belajar, lembar kerja peserta didik, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi IPA di SD serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

Mahasiswa mampu mempraktikkan pembelajaran IPA di SD pada kelas rendah dan kelas tinggi.

References

Pustaka Utama :

Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.

Pustaka Pendukung :

  1. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  2. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  3. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  4. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  6. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  7. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  8. Reffiane, Fine. 2021. Model Pembelajaran ETNO-STEM. Pekalongan. NEM
  9. Tim Pendidikan IPA SD. 2018. Bahan Ajar mata kuliah Pendidikan IPA SD. Semarang. UPGRIS PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD berdasarkan kurikulum yang berlaku, peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relevan.

Mahasiswa mampu menentukan pendekatan, model, metode, sumber belajar, lembar kerja peserta didik, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi IPA di SD serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

Mahasiswa mampu mempraktikkan pembelajaran IPA di SD pada kelas rendah dan kelas tinggi.

References

Pustaka Utama :

Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.

Pustaka Pendukung :

  1. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  2. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  3. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  4. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  6. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  7. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  8. Reffiane, Fine. 2021. Model Pembelajaran ETNO-STEM. Pekalongan. NEM
  9. Tim Pendidikan IPA SD. 2018. Bahan Ajar mata kuliah Pendidikan IPA SD. Semarang. UPGRIS PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD berdasarkan kurikulum yang berlaku, peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relevan.

Mahasiswa mampu menentukan pendekatan, model, metode, sumber belajar, lembar kerja peserta didik, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi IPA di SD serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

Mahasiswa mampu mempraktikkan pembelajaran IPA di SD pada kelas rendah dan kelas tinggi.

References

Pustaka Utama :

Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.

Pustaka Pendukung :

  1. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  2. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  3. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  4. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  6. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  7. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  8. Reffiane, Fine. 2021. Model Pembelajaran ETNO-STEM. Pekalongan. NEM
  9. Tim Pendidikan IPA SD. 2018. Bahan Ajar mata kuliah Pendidikan IPA SD. Semarang. UPGRIS PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD berdasarkan kurikulum yang berlaku, peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relevan.

Mahasiswa mampu menentukan pendekatan, model, metode, sumber belajar, lembar kerja peserta didik, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi IPA di SD serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

Mahasiswa mampu mempraktikkan pembelajaran IPA di SD pada kelas rendah dan kelas tinggi.

References

Pustaka Utama :

Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.

Pustaka Pendukung :

  1. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  2. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  3. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  4. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  6. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  7. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  8. Reffiane, Fine. 2021. Model Pembelajaran ETNO-STEM. Pekalongan. NEM
  9. Tim Pendidikan IPA SD. 2018. Bahan Ajar mata kuliah Pendidikan IPA SD. Semarang. UPGRIS PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD berdasarkan kurikulum yang berlaku, peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relevan.

Mahasiswa mampu menentukan pendekatan, model, metode, sumber belajar, lembar kerja peserta didik, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi IPA di SD serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

Mahasiswa mampu mempraktikkan pembelajaran IPA di SD pada kelas rendah dan kelas tinggi.

References

Pustaka Utama :

Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.

Pustaka Pendukung :

  1. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  2. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  3. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  4. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  6. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  7. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  8. Reffiane, Fine. 2021. Model Pembelajaran ETNO-STEM. Pekalongan. NEM
  9. Tim Pendidikan IPA SD. 2018. Bahan Ajar mata kuliah Pendidikan IPA SD. Semarang. UPGRIS PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD berdasarkan kurikulum yang berlaku, peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relevan.

Mahasiswa mampu menentukan pendekatan, model, metode, sumber belajar, lembar kerja peserta didik, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi IPA di SD serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

Mahasiswa mampu mempraktikkan pembelajaran IPA di SD pada kelas rendah dan kelas tinggi.

References

Pustaka Utama :

Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.

Pustaka Pendukung :

  1. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  2. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  3. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  4. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  6. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  7. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  8. Reffiane, Fine. 2021. Model Pembelajaran ETNO-STEM. Pekalongan. NEM
  9. Tim Pendidikan IPA SD. 2018. Bahan Ajar mata kuliah Pendidikan IPA SD. Semarang. UPGRIS PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD berdasarkan kurikulum yang berlaku, peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relevan.

Mahasiswa mampu menentukan pendekatan, model, metode, sumber belajar, lembar kerja peserta didik, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi IPA di SD serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

Mahasiswa mampu mempraktikkan pembelajaran IPA di SD pada kelas rendah dan kelas tinggi.

References

Pustaka Utama :

Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.

Pustaka Pendukung :

  1. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  2. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  3. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  4. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  6. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  7. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  8. Reffiane, Fine. 2021. Model Pembelajaran ETNO-STEM. Pekalongan. NEM
  9. Tim Pendidikan IPA SD. 2018. Bahan Ajar mata kuliah Pendidikan IPA SD. Semarang. UPGRIS PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD berdasarkan kurikulum yang berlaku, peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relevan.

Mahasiswa mampu menentukan pendekatan, model, metode, sumber belajar, lembar kerja peserta didik, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi IPA di SD serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

Mahasiswa mampu mempraktikkan pembelajaran IPA di SD pada kelas rendah dan kelas tinggi.

References

Pustaka Utama :

Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.

Pustaka Pendukung :

  1. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  2. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  3. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  4. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  6. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  7. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  8. Reffiane, Fine. 2021. Model Pembelajaran ETNO-STEM. Pekalongan. NEM
  9. Tim Pendidikan IPA SD. 2018. Bahan Ajar mata kuliah Pendidikan IPA SD. Semarang. UPGRIS PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD berdasarkan kurikulum yang berlaku, peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relevan.

Mahasiswa mampu menentukan pendekatan, model, metode, sumber belajar, lembar kerja peserta didik, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi IPA di SD serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

Mahasiswa mampu mempraktikkan pembelajaran IPA di SD pada kelas rendah dan kelas tinggi.

References

Pustaka Utama :

Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.

Pustaka Pendukung :

  1. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  2. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  3. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  4. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  6. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  7. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  8. Reffiane, Fine. 2021. Model Pembelajaran ETNO-STEM. Pekalongan. NEM
  9. Tim Pendidikan IPA SD. 2018. Bahan Ajar mata kuliah Pendidikan IPA SD. Semarang. UPGRIS PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD berdasarkan kurikulum yang berlaku, peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relevan.

Mahasiswa mampu menentukan pendekatan, model, metode, sumber belajar, lembar kerja peserta didik, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi IPA di SD serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

Mahasiswa mampu mempraktikkan pembelajaran IPA di SD pada kelas rendah dan kelas tinggi.

References

Pustaka Utama :

Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.

Pustaka Pendukung :

  1. Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
  2. Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
  3. Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
  4. Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  6. Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
  7. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
  8. Reffiane, Fine. 2021. Model Pembelajaran ETNO-STEM. Pekalongan. NEM
  9. Tim Pendidikan IPA SD. 2018. Bahan Ajar mata kuliah Pendidikan IPA SD. Semarang. UPGRIS PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi

 

Learning Outcomes

Sub-CPMK-1 Mahasiswa mampu mengkaji kurikulum IPA di SD berdasar kurikulum yang berlaku

Sub-CPMK-2 Mahasiswa mampu memahami pendekatan pembelajaran IPA di kelas rendah dan kelas tinggi

Sub-CPMK-3 Mahasiswa mampu memahami silabus dan membuat RPP IPA di SD

Sub-CPMK-4 Mahasiswa mampu memahami dan membuat bahan ajar IPA SD

Sub-CPMK-5 Mahasiswa mampu memahami dan membuat media / alat peraga beserta LKPD IPA di SD

Sub-CPMK-6 Mahasiswa mampu memahami dan membuat penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan

Sub-CPMK-7 Mahasiswa mampu praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah

References

Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.

Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.

Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu

Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Details ...