Courser in English | DEVELOPMENT OF NATURAL SCIENCE EDUCATION IN ELEM. SCHOOLS |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 51 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi
Learning OutcomesMahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD berdasarkan kurikulum yang berlaku, peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relevan.
Mahasiswa mampu menentukan pendekatan, model, metode, sumber belajar, lembar kerja peserta didik, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi IPA di SD serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.
Mahasiswa mampu mempraktikkan pembelajaran IPA di SD pada kelas rendah dan kelas tinggi.
ReferencesPustaka Utama :
Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Pustaka Pendukung :
- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Reffiane, Fine. 2021. Model Pembelajaran ETNO-STEM. Pekalongan. NEM
- Tim Pendidikan IPA SD. 2018. Bahan Ajar mata kuliah Pendidikan IPA SD. Semarang. UPGRIS PRESS
Details ...
Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi
Learning OutcomesMahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD berdasarkan kurikulum yang berlaku, peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relevan.
Mahasiswa mampu menentukan pendekatan, model, metode, sumber belajar, lembar kerja peserta didik, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi IPA di SD serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.
Mahasiswa mampu mempraktikkan pembelajaran IPA di SD pada kelas rendah dan kelas tinggi.
ReferencesPustaka Utama :
Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Pustaka Pendukung :
- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Reffiane, Fine. 2021. Model Pembelajaran ETNO-STEM. Pekalongan. NEM
- Tim Pendidikan IPA SD. 2018. Bahan Ajar mata kuliah Pendidikan IPA SD. Semarang. UPGRIS PRESS
Details ...
Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi
Learning OutcomesMahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD berdasarkan kurikulum yang berlaku, peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relevan.
Mahasiswa mampu menentukan pendekatan, model, metode, sumber belajar, lembar kerja peserta didik, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi IPA di SD serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.
Mahasiswa mampu mempraktikkan pembelajaran IPA di SD pada kelas rendah dan kelas tinggi.
ReferencesPustaka Utama :
Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Pustaka Pendukung :
- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Reffiane, Fine. 2021. Model Pembelajaran ETNO-STEM. Pekalongan. NEM
- Tim Pendidikan IPA SD. 2018. Bahan Ajar mata kuliah Pendidikan IPA SD. Semarang. UPGRIS PRESS
Details ...
Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi
Learning OutcomesMahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD berdasarkan kurikulum yang berlaku, peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relevan.
Mahasiswa mampu menentukan pendekatan, model, metode, sumber belajar, lembar kerja peserta didik, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi IPA di SD serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.
Mahasiswa mampu mempraktikkan pembelajaran IPA di SD pada kelas rendah dan kelas tinggi.
ReferencesPustaka Utama :
Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Pustaka Pendukung :
- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Reffiane, Fine. 2021. Model Pembelajaran ETNO-STEM. Pekalongan. NEM
- Tim Pendidikan IPA SD. 2018. Bahan Ajar mata kuliah Pendidikan IPA SD. Semarang. UPGRIS PRESS
Details ...
Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi
Learning OutcomesMahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD berdasarkan kurikulum yang berlaku, peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relevan.
Mahasiswa mampu menentukan pendekatan, model, metode, sumber belajar, lembar kerja peserta didik, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi IPA di SD serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.
Mahasiswa mampu mempraktikkan pembelajaran IPA di SD pada kelas rendah dan kelas tinggi.
ReferencesPustaka Utama :
Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Pustaka Pendukung :
- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Reffiane, Fine. 2021. Model Pembelajaran ETNO-STEM. Pekalongan. NEM
- Tim Pendidikan IPA SD. 2018. Bahan Ajar mata kuliah Pendidikan IPA SD. Semarang. UPGRIS PRESS
Details ...
Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi
Learning OutcomesMahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD berdasarkan kurikulum yang berlaku, peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relevan.
Mahasiswa mampu menentukan pendekatan, model, metode, sumber belajar, lembar kerja peserta didik, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi IPA di SD serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.
Mahasiswa mampu mempraktikkan pembelajaran IPA di SD pada kelas rendah dan kelas tinggi.
ReferencesPustaka Utama :
Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Pustaka Pendukung :
- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Reffiane, Fine. 2021. Model Pembelajaran ETNO-STEM. Pekalongan. NEM
- Tim Pendidikan IPA SD. 2018. Bahan Ajar mata kuliah Pendidikan IPA SD. Semarang. UPGRIS PRESS
Details ...
Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi
Learning OutcomesMahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD berdasarkan kurikulum yang berlaku, peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relevan.
Mahasiswa mampu menentukan pendekatan, model, metode, sumber belajar, lembar kerja peserta didik, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi IPA di SD serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.
Mahasiswa mampu mempraktikkan pembelajaran IPA di SD pada kelas rendah dan kelas tinggi.
ReferencesPustaka Utama :
Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Pustaka Pendukung :
- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Reffiane, Fine. 2021. Model Pembelajaran ETNO-STEM. Pekalongan. NEM
- Tim Pendidikan IPA SD. 2018. Bahan Ajar mata kuliah Pendidikan IPA SD. Semarang. UPGRIS PRESS
Details ...
Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi
Learning OutcomesMahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD berdasarkan kurikulum yang berlaku, peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relevan.
Mahasiswa mampu menentukan pendekatan, model, metode, sumber belajar, lembar kerja peserta didik, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi IPA di SD serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.
Mahasiswa mampu mempraktikkan pembelajaran IPA di SD pada kelas rendah dan kelas tinggi.
ReferencesPustaka Utama :
Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Pustaka Pendukung :
- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Reffiane, Fine. 2021. Model Pembelajaran ETNO-STEM. Pekalongan. NEM
- Tim Pendidikan IPA SD. 2018. Bahan Ajar mata kuliah Pendidikan IPA SD. Semarang. UPGRIS PRESS
Details ...
Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi
Learning OutcomesMahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD berdasarkan kurikulum yang berlaku, peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relevan.
Mahasiswa mampu menentukan pendekatan, model, metode, sumber belajar, lembar kerja peserta didik, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi IPA di SD serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.
Mahasiswa mampu mempraktikkan pembelajaran IPA di SD pada kelas rendah dan kelas tinggi.
ReferencesPustaka Utama :
Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Pustaka Pendukung :
- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Reffiane, Fine. 2021. Model Pembelajaran ETNO-STEM. Pekalongan. NEM
- Tim Pendidikan IPA SD. 2018. Bahan Ajar mata kuliah Pendidikan IPA SD. Semarang. UPGRIS PRESS
Details ...
Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi
Learning OutcomesMahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD berdasarkan kurikulum yang berlaku, peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relevan.
Mahasiswa mampu menentukan pendekatan, model, metode, sumber belajar, lembar kerja peserta didik, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi IPA di SD serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.
Mahasiswa mampu mempraktikkan pembelajaran IPA di SD pada kelas rendah dan kelas tinggi.
ReferencesPustaka Utama :
Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Pustaka Pendukung :
- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Reffiane, Fine. 2021. Model Pembelajaran ETNO-STEM. Pekalongan. NEM
- Tim Pendidikan IPA SD. 2018. Bahan Ajar mata kuliah Pendidikan IPA SD. Semarang. UPGRIS PRESS
Details ...
Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi
Learning OutcomesMahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran IPA di SD berdasarkan kurikulum yang berlaku, peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relevan.
Mahasiswa mampu menentukan pendekatan, model, metode, sumber belajar, lembar kerja peserta didik, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi IPA di SD serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.
Mahasiswa mampu mempraktikkan pembelajaran IPA di SD pada kelas rendah dan kelas tinggi.
ReferencesPustaka Utama :
Tim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Pustaka Pendukung :
- Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
- Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
- Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
- Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
- Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
- Reffiane, Fine. 2021. Model Pembelajaran ETNO-STEM. Pekalongan. NEM
- Tim Pendidikan IPA SD. 2018. Bahan Ajar mata kuliah Pendidikan IPA SD. Semarang. UPGRIS PRESS
Details ...
Mahasiswa mampu menelaah materi IPA, kurikulum dan pendekatan pembelajaran IPA di SD, serta dapat memahami silabus, membuat RPP, bahan ajar, LKPD, alat peraga/media, dan penilaian (evaluasi) materi IPA di SD kelas rendah dan tinggi
Learning Outcomes
Sub-CPMK-1 Mahasiswa mampu mengkaji kurikulum IPA di SD berdasar kurikulum yang berlaku
Sub-CPMK-2 Mahasiswa mampu memahami pendekatan pembelajaran IPA di kelas rendah dan kelas tinggi
Sub-CPMK-3 Mahasiswa mampu memahami silabus dan membuat RPP IPA di SD
Sub-CPMK-4 Mahasiswa mampu memahami dan membuat bahan ajar IPA SD
Sub-CPMK-5 Mahasiswa mampu memahami dan membuat media / alat peraga beserta LKPD IPA di SD
Sub-CPMK-6 Mahasiswa mampu memahami dan membuat penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan
Sub-CPMK-7 Mahasiswa mampu praktik mengajar IPA di SD pada kelas tinggi dan kelas rendah
ReferencesTim Penyusun. 2019. Suplemen Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS Press.
Devi, Poppy Kamalia. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu.
Kokom Komalasari.2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Mariana, Made Alit. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. PPPPTK IPA Program Bermutu
Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Tim Penyusun. 2008. Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press.
Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Details ...