Pendidikan Berbahasa Indonesia Kelas Tinggi, Curriculum : 2015


Courser in EnglishINDONESIAN LANGUAGE EDUCATION FOR HIGH-CLASSES
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS52 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam  Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
  2. Mahasiswa  mampu menguasai memahami konsep pembelajaran   bahasa.
  3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir  pembelajaran   bahasa.
  4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
  5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
  6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif  dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
  7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
  8. Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

References

  1. Cahyani, Isah dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia Di SD. Bandung. UPI Press.
  2. IskandarwassiddanSunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  3. Kemedikbud RI. 2013. KonsepPendekatanSaintifik
  4. ........., 2013. PembelajaranTematikTerpadu.
  5. Mulyati, Yeti. dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka.
  6. Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, SebuahPengantar. Semarang: UNNES PRESS.
  7. Tim. 2012. Himpunan Perundang-undangan RI tentang Sistem Peendidikan Nasional (Sisdiknas). Bandung: Nuansa Aulia.

 

  1. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
  2. ............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, danLambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
  3. Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
  4. Ismawati, Esti &Uamay, Faras. 2012.BelajarBahasa di KelasAwal. Yogyakarta.Ombak
  5. Kadir,Abd&Asrohah, Hanun.2014. BelajarTematik. Depok. Rajawalipers
  6. Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja grafindoPersada.
  7. Nurhadi. 2005. BagaimanameningkatkanKemampuanMembaca. Bandung. Sinar BaruArgesindo
  8. Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di SekolahDasar.Jakarta.BumiAksara
  9. Sugiyanto. 2010. Model-model PembelajaranInovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
  10. Sumantri, Mulyani&PermanaJohar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana.
  11. Tarigan, Djago dan H.G. Tarigan. 1990. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam  Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
  2. Mahasiswa  mampu menguasai memahami konsep pembelajaran   bahasa.
  3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir  pembelajaran   bahasa.
  4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
  5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
  6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif  dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
  7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
  8. Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

References

  1. Cahyani, Isah dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia Di SD. Bandung. UPI Press.
  2. IskandarwassiddanSunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  3. Kemedikbud RI. 2013. KonsepPendekatanSaintifik
  4. ........., 2013. PembelajaranTematikTerpadu.
  5. Mulyati, Yeti. dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka.
  6. Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, SebuahPengantar. Semarang: UNNES PRESS.
  7. Tim. 2012. Himpunan Perundang-undangan RI tentang Sistem Peendidikan Nasional (Sisdiknas). Bandung: Nuansa Aulia.

 

  1. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
  2. ............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, danLambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
  3. Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
  4. Ismawati, Esti &Uamay, Faras. 2012.BelajarBahasa di KelasAwal. Yogyakarta.Ombak
  5. Kadir,Abd&Asrohah, Hanun.2014. BelajarTematik. Depok. Rajawalipers
  6. Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja grafindoPersada.
  7. Nurhadi. 2005. BagaimanameningkatkanKemampuanMembaca. Bandung. Sinar BaruArgesindo
  8. Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di SekolahDasar.Jakarta.BumiAksara
  9. Sugiyanto. 2010. Model-model PembelajaranInovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
  10. Sumantri, Mulyani&PermanaJohar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana.
  11. Tarigan, Djago dan H.G. Tarigan. 1990. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam  Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
  2. Mahasiswa  mampu menguasai memahami konsep pembelajaran   bahasa.
  3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir  pembelajaran   bahasa.
  4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
  5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
  6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif  dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
  7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
  8. Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

References

  1. Cahyani, Isah dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia Di SD. Bandung. UPI Press.
  2. IskandarwassiddanSunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  3. Kemedikbud RI. 2013. KonsepPendekatanSaintifik
  4. ........., 2013. PembelajaranTematikTerpadu.
  5. Mulyati, Yeti. dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka.
  6. Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, SebuahPengantar. Semarang: UNNES PRESS.
  7. Tim. 2012. Himpunan Perundang-undangan RI tentang Sistem Peendidikan Nasional (Sisdiknas). Bandung: Nuansa Aulia.

 

  1. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
  2. ............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, danLambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
  3. Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
  4. Ismawati, Esti &Uamay, Faras. 2012.BelajarBahasa di KelasAwal. Yogyakarta.Ombak
  5. Kadir,Abd&Asrohah, Hanun.2014. BelajarTematik. Depok. Rajawalipers
  6. Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja grafindoPersada.
  7. Nurhadi. 2005. BagaimanameningkatkanKemampuanMembaca. Bandung. Sinar BaruArgesindo
  8. Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di SekolahDasar.Jakarta.BumiAksara
  9. Sugiyanto. 2010. Model-model PembelajaranInovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
  10. Sumantri, Mulyani&PermanaJohar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana.
  11. Tarigan, Djago dan H.G. Tarigan. 1990. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam  Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
  2. Mahasiswa  mampu menguasai memahami konsep pembelajaran   bahasa.
  3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir  pembelajaran   bahasa.
  4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
  5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
  6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif  dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
  7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
  8. Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

References

  1. Cahyani, Isah dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia Di SD. Bandung. UPI Press.
  2. IskandarwassiddanSunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  3. Kemedikbud RI. 2013. KonsepPendekatanSaintifik
  4. ........., 2013. PembelajaranTematikTerpadu.
  5. Mulyati, Yeti. dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka.
  6. Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, SebuahPengantar. Semarang: UNNES PRESS.
  7. Tim. 2012. Himpunan Perundang-undangan RI tentang Sistem Peendidikan Nasional (Sisdiknas). Bandung: Nuansa Aulia.

 

  1. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
  2. ............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, danLambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
  3. Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
  4. Ismawati, Esti &Uamay, Faras. 2012.BelajarBahasa di KelasAwal. Yogyakarta.Ombak
  5. Kadir,Abd&Asrohah, Hanun.2014. BelajarTematik. Depok. Rajawalipers
  6. Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja grafindoPersada.
  7. Nurhadi. 2005. BagaimanameningkatkanKemampuanMembaca. Bandung. Sinar BaruArgesindo
  8. Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di SekolahDasar.Jakarta.BumiAksara
  9. Sugiyanto. 2010. Model-model PembelajaranInovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
  10. Sumantri, Mulyani&PermanaJohar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana.
  11. Tarigan, Djago dan H.G. Tarigan. 1990. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam  Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
  2. Mahasiswa  mampu menguasai memahami konsep pembelajaran   bahasa.
  3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir  pembelajaran   bahasa.
  4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
  5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
  6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif  dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
  7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
  8. Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

References

  1. Cahyani, Isah dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia Di SD. Bandung. UPI Press.
  2. IskandarwassiddanSunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  3. Kemedikbud RI. 2013. KonsepPendekatanSaintifik
  4. ........., 2013. PembelajaranTematikTerpadu.
  5. Mulyati, Yeti. dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka.
  6. Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, SebuahPengantar. Semarang: UNNES PRESS.
  7. Tim. 2012. Himpunan Perundang-undangan RI tentang Sistem Peendidikan Nasional (Sisdiknas). Bandung: Nuansa Aulia.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam  Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
  2. Mahasiswa  mampu menguasai memahami konsep pembelajaran   bahasa.
  3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir  pembelajaran   bahasa.
  4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
  5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
  6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif  dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
  7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
  8. Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

References

  1. Cahyani, Isah dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia Di SD. Bandung. UPI Press.
  2. IskandarwassiddanSunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  3. Kemedikbud RI. 2013. KonsepPendekatanSaintifik
  4. ........., 2013. PembelajaranTematikTerpadu.
  5. Mulyati, Yeti. dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka.
  6. Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, SebuahPengantar. Semarang: UNNES PRESS.
  7. Tim. 2012. Himpunan Perundang-undangan RI tentang Sistem Peendidikan Nasional (Sisdiknas). Bandung: Nuansa Aulia.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam  Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
  2. Mahasiswa  mampu menguasai memahami konsep pembelajaran   bahasa.
  3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir  pembelajaran   bahasa.
  4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
  5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
  6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif  dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
  7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
  8. Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

References

  1. Cahyani, Isah dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia Di SD. Bandung. UPI Press.
  2. IskandarwassiddanSunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  3. Kemedikbud RI. 2013. KonsepPendekatanSaintifik
  4. ........., 2013. PembelajaranTematikTerpadu.
  5. Mulyati, Yeti. dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka.
  6. Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, SebuahPengantar. Semarang: UNNES PRESS.
  7. Tim. 2012. Himpunan Perundang-undangan RI tentang Sistem Peendidikan Nasional (Sisdiknas). Bandung: Nuansa Aulia.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam  Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
  2. Mahasiswa  mampu menguasai memahami konsep pembelajaran   bahasa.
  3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir  pembelajaran   bahasa.
  4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
  5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
  6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif  dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
  7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
  8. Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

References

  1. Cahyani, Isah dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia Di SD. Bandung. UPI Press.
  2. IskandarwassiddanSunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  3. Kemedikbud RI. 2013. KonsepPendekatanSaintifik
  4. ........., 2013. PembelajaranTematikTerpadu.
  5. Mulyati, Yeti. dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka.
  6. Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, SebuahPengantar. Semarang: UNNES PRESS.
  7. Tim. 2012. Himpunan Perundang-undangan RI tentang Sistem Peendidikan Nasional (Sisdiknas). Bandung: Nuansa Aulia.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam  Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
  2. Mahasiswa  mampu menguasai memahami konsep pembelajaran   bahasa.
  3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir  pembelajaran   bahasa.
  4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
  5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
  6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif  dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
  7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
  8. Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

References

  1. Cahyani, Isah dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia Di SD. Bandung. UPI Press.
  2. IskandarwassiddanSunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  3. Kemedikbud RI. 2013. KonsepPendekatanSaintifik
  4. ........., 2013. PembelajaranTematikTerpadu.
  5. Mulyati, Yeti. dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka.
  6. Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, SebuahPengantar. Semarang: UNNES PRESS.
  7. Tim. 2012. Himpunan Perundang-undangan RI tentang Sistem Peendidikan Nasional (Sisdiknas). Bandung: Nuansa Aulia.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas secara mendalam konsep pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi di sekolah dasar yang diorientasikan pada pendidikan karakter. Isi pokok mata kuliah ini meliputi (1) pemerolehan bahasa (2) pendekatan, metode dan teknik pembelajaran bahasa; (3) Kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia, tujuan dan harapan pembelajaran bahasa Indonesia, ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia, perkembangan kurikulum bahasa Indonesia; (4) prinsip-prinsip  pengajaran  bahasa; (5) keterampilan berbahasa Indonesia; (6) pembelajaran tematik terpadu; (7) merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi yang aktif inovatif dan  menyenangkan.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
  2. Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
  3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
  4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
  5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
  6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
  7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

References

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.

............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud.

Cahyani, Isah. 2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press.

Endraswara, Suwardi .2003. Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetens.Yogyakarta: Kota Kembang.

Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kadir,Abd & Asrohah, Hanun. 2014. Belajar Tematik. Depok: Rajawali Pers.

Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifi.

........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka.

Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru Argesindo.

Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Subyantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.

Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Maulana.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas secara mendalam konsep pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi di sekolah dasar yang diorientasikan pada pendidikan karakter. Isi pokok mata kuliah ini meliputi (1) pemerolehan bahasa (2) pendekatan, metode dan teknik pembelajaran bahasa; (3) Kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia, tujuan dan harapan pembelajaran bahasa Indonesia, ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia, perkembangan kurikulum bahasa Indonesia; (4) prinsip-prinsip  pengajaran  bahasa; (5) keterampilan berbahasa Indonesia; (6) pembelajaran tematik terpadu; (7) merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi yang aktif inovatif dan  menyenangkan.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
  2. Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
  3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
  4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
  5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
  6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
  7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

References

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.

............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud.

Cahyani, Isah. 2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press.

Endraswara, Suwardi .2003. Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetens.Yogyakarta: Kota Kembang.

Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kadir,Abd & Asrohah, Hanun. 2014. Belajar Tematik. Depok: Rajawali Pers.

Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifi.

........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka.

Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru Argesindo.

Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Subyantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.

Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Maulana.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas secara mendalam konsep pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi di sekolah dasar yang diorientasikan pada pendidikan karakter. Isi pokok mata kuliah ini meliputi (1) pemerolehan bahasa (2) pendekatan, metode dan teknik pembelajaran bahasa; (3) Kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia, tujuan dan harapan pembelajaran bahasa Indonesia, ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia, perkembangan kurikulum bahasa Indonesia; (4) prinsip-prinsip  pengajaran  bahasa; (5) keterampilan berbahasa Indonesia; (6) pembelajaran tematik terpadu; (7) merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi yang aktif inovatif dan  menyenangkan.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
  2. Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
  3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
  4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
  5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
  6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
  7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

References

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.

............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud.

Cahyani, Isah. 2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press.

Endraswara, Suwardi .2003. Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetens.Yogyakarta: Kota Kembang.

Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kadir,Abd & Asrohah, Hanun. 2014. Belajar Tematik. Depok: Rajawali Pers.

Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifi.

........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka.

Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru Argesindo.

Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Subyantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.

Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Maulana.


Details ...