Courser in English | INDONESIAN LANGUAGE EDUCATION FOR HIGH-CLASSES |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 52 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
References
|
|
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
References
|
|
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
References
|
|
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
References
|
|
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
References
|
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
References
|
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
References
|
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
References
|
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
References
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas secara mendalam konsep pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi di sekolah dasar yang diorientasikan pada pendidikan karakter. Isi pokok mata kuliah ini meliputi (1) pemerolehan bahasa (2) pendekatan, metode dan teknik pembelajaran bahasa; (3) Kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia, tujuan dan harapan pembelajaran bahasa Indonesia, ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia, perkembangan kurikulum bahasa Indonesia; (4) prinsip-prinsip pengajaran bahasa; (5) keterampilan berbahasa Indonesia; (6) pembelajaran tematik terpadu; (7) merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi yang aktif inovatif dan menyenangkan.
Learning Outcomes- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
ReferencesBadan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud.
Cahyani, Isah. 2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press.
Endraswara, Suwardi .2003. Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetens.Yogyakarta: Kota Kembang.
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun. 2014. Belajar Tematik. Depok: Rajawali Pers.
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifi.
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka.
Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru Argesindo.
Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Subyantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Maulana.
Details ...
Mata kuliah ini membahas secara mendalam konsep pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi di sekolah dasar yang diorientasikan pada pendidikan karakter. Isi pokok mata kuliah ini meliputi (1) pemerolehan bahasa (2) pendekatan, metode dan teknik pembelajaran bahasa; (3) Kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia, tujuan dan harapan pembelajaran bahasa Indonesia, ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia, perkembangan kurikulum bahasa Indonesia; (4) prinsip-prinsip pengajaran bahasa; (5) keterampilan berbahasa Indonesia; (6) pembelajaran tematik terpadu; (7) merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi yang aktif inovatif dan menyenangkan.
Learning Outcomes- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
ReferencesBadan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud.
Cahyani, Isah. 2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press.
Endraswara, Suwardi .2003. Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetens.Yogyakarta: Kota Kembang.
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun. 2014. Belajar Tematik. Depok: Rajawali Pers.
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifi.
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka.
Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru Argesindo.
Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Subyantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Maulana.
Details ...
Mata kuliah ini membahas secara mendalam konsep pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi di sekolah dasar yang diorientasikan pada pendidikan karakter. Isi pokok mata kuliah ini meliputi (1) pemerolehan bahasa (2) pendekatan, metode dan teknik pembelajaran bahasa; (3) Kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia, tujuan dan harapan pembelajaran bahasa Indonesia, ruang lingkup pembelajaran bahasa Indonesia, perkembangan kurikulum bahasa Indonesia; (4) prinsip-prinsip pengajaran bahasa; (5) keterampilan berbahasa Indonesia; (6) pembelajaran tematik terpadu; (7) merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi yang aktif inovatif dan menyenangkan.
Learning Outcomes- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
ReferencesBadan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud.
Cahyani, Isah. 2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press.
Endraswara, Suwardi .2003. Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetens.Yogyakarta: Kota Kembang.
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun. 2014. Belajar Tematik. Depok: Rajawali Pers.
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifi.
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka.
Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru Argesindo.
Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Subyantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Maulana.
Details ...