Pendidikan Berbahasa Indonesia Kelas Tinggi, Curriculum : 2015


Courser in EnglishINDONESIAN LANGUAGE EDUCATION FOR HIGH-CLASSES
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS52 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

matakuliah ini berisi tentang komitmen dan bertanggung jawab pengembangan pembelajaran bahasa indonesia, ,konsep pembelajaran bahasa, pendekatan mutahir pembelajaran bahasa, kurikulum bahasa indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar, identifikasi materi bahasa dan sastra indonesia dalam kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sasra indonesia menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa sastra Indonesia kelas tinggi

Learning Outcomes

1. mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggung jawab untuk mengembangkan pembelajaran 

2. mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa

3. mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutahir pembelajaran bahasa

4. mahasiswa mampu mengusai empat keterampilan berbahasa

5. mahasiswa mampu menguasai kurikulum bahasa indonesia di SD

6. mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dan pembelajaran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi

7. mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi

8 mahasiswa mampu memerankan diri proses pembelajaran bahasa sastra indonesia kelas tinggi

References

subyantoro. 2013. teori pembelajran bahasa, sebuah pengantar. semarang .UNNES PREES

Cahyani, isah dan hodijah. 

permen nomor 14 tahun 2019 tentang pembuatan perangkat pembelajaran 

standar proses

standar peniliaan 


Details ...
Course Descriptions

matakuliah ini berisi tentang komitmen dan bertanggung jawab pengembangan pembelajaran bahasa indonesia, ,konsep pembelajaran bahasa, pendekatan mutahir pembelajaran bahasa, kurikulum bahasa indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar, identifikasi materi bahasa dan sastra indonesia dalam kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sasra indonesia menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa sastra Indonesia kelas tinggi

Learning Outcomes

1. mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggung jawab untuk mengembangkan pembelajaran 

2. mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa

3. mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutahir pembelajaran bahasa

4. mahasiswa mampu mengusai empat keterampilan berbahasa

5. mahasiswa mampu menguasai kurikulum bahasa indonesia di SD

6. mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dan pembelajaran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi

7. mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi

8 mahasiswa mampu memerankan diri proses pembelajaran bahasa sastra indonesia kelas tinggi

References

subyantoro. 2013. teori pembelajran bahasa, sebuah pengantar. semarang .UNNES PREES

Cahyani, isah dan hodijah. 

permen nomor 14 tahun 2019 tentang pembuatan perangkat pembelajaran 

standar proses

standar peniliaan 


Details ...
Course Descriptions

matakuliah ini berisi tentang komitmen dan bertanggung jawab pengembangan pembelajaran bahasa indonesia, ,konsep pembelajaran bahasa, pendekatan mutahir pembelajaran bahasa, kurikulum bahasa indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar, identifikasi materi bahasa dan sastra indonesia dalam kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sasra indonesia menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa sastra Indonesia kelas tinggi

Learning Outcomes

1. mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggung jawab untuk mengembangkan pembelajaran 

2. mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa

3. mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutahir pembelajaran bahasa

4. mahasiswa mampu mengusai empat keterampilan berbahasa

5. mahasiswa mampu menguasai kurikulum bahasa indonesia di SD

6. mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dan pembelajaran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi

7. mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi

8 mahasiswa mampu memerankan diri proses pembelajaran bahasa sastra indonesia kelas tinggi

References

subyantoro. 2013. teori pembelajran bahasa, sebuah pengantar. semarang .UNNES PREES

Cahyani, isah dan hodijah. 

permen nomor 14 tahun 2019 tentang pembuatan perangkat pembelajaran 

standar proses

standar peniliaan 


Details ...
Course Descriptions

matakuliah ini berisi tentang komitmen dan bertanggung jawab pengembangan pembelajaran bahasa indonesia, ,konsep pembelajaran bahasa, pendekatan mutahir pembelajaran bahasa, kurikulum bahasa indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar, identifikasi materi bahasa dan sastra indonesia dalam kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sasra indonesia menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa sastra Indonesia kelas tinggi

Learning Outcomes

1. mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggung jawab untuk mengembangkan pembelajaran 

2. mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa

3. mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutahir pembelajaran bahasa

4. mahasiswa mampu mengusai empat keterampilan berbahasa

5. mahasiswa mampu menguasai kurikulum bahasa indonesia di SD

6. mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dan pembelajaran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi

7. mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi

8 mahasiswa mampu memerankan diri proses pembelajaran bahasa sastra indonesia kelas tinggi

References

subyantoro. 2013. teori pembelajran bahasa, sebuah pengantar. semarang .UNNES PREES

Cahyani, isah dan hodijah. 

permen nomor 14 tahun 2019 tentang pembuatan perangkat pembelajaran 

standar proses

standar peniliaan 


Details ...
Course Descriptions

matakuliah ini berisi tentang komitmen dan bertanggung jawab pengembangan pembelajaran bahasa indonesia, ,konsep pembelajaran bahasa, pendekatan mutahir pembelajaran bahasa, kurikulum bahasa indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar, identifikasi materi bahasa dan sastra indonesia dalam kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sasra indonesia menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa sastra Indonesia kelas tinggi

Learning Outcomes

1. mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggung jawab untuk mengembangkan pembelajaran 

2. mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa

3. mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutahir pembelajaran bahasa

4. mahasiswa mampu mengusai empat keterampilan berbahasa

5. mahasiswa mampu menguasai kurikulum bahasa indonesia di SD

6. mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dan pembelajaran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi

7. mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi

8 mahasiswa mampu memerankan diri proses pembelajaran bahasa sastra indonesia kelas tinggi

References

subyantoro. 2013. teori pembelajran bahasa, sebuah pengantar. semarang .UNNES PREES

Cahyani, isah dan hodijah. 

permen nomor 14 tahun 2019 tentang pembuatan perangkat pembelajaran 

standar proses

standar peniliaan 


Details ...
Course Descriptions

matakuliah ini berisi tentang komitmen dan bertanggung jawab pengembangan pembelajaran bahasa indonesia, ,konsep pembelajaran bahasa, pendekatan mutahir pembelajaran bahasa, kurikulum bahasa indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar, identifikasi materi bahasa dan sastra indonesia dalam kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sasra indonesia menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa sastra Indonesia kelas tinggi

Learning Outcomes

1. mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggung jawab untuk mengembangkan pembelajaran 

2. mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa

3. mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutahir pembelajaran bahasa

4. mahasiswa mampu mengusai empat keterampilan berbahasa

5. mahasiswa mampu menguasai kurikulum bahasa indonesia di SD

6. mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dan pembelajaran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi

7. mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi

8 mahasiswa mampu memerankan diri proses pembelajaran bahasa sastra indonesia kelas tinggi

References

subyantoro. 2013. teori pembelajran bahasa, sebuah pengantar. semarang .UNNES PREES

Cahyani, isah dan hodijah. 

permen nomor 14 tahun 2019 tentang pembuatan perangkat pembelajaran 

standar proses

standar peniliaan 


Details ...
Course Descriptions

matakuliah ini berisi tentang komitmen dan bertanggung jawab pengembangan pembelajaran bahasa indonesia, ,konsep pembelajaran bahasa, pendekatan mutahir pembelajaran bahasa, kurikulum bahasa indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar, identifikasi materi bahasa dan sastra indonesia dalam kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sasra indonesia menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa sastra Indonesia kelas tinggi

Learning Outcomes

1. mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggung jawab untuk mengembangkan pembelajaran 

2. mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa

3. mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutahir pembelajaran bahasa

4. mahasiswa mampu mengusai empat keterampilan berbahasa

5. mahasiswa mampu menguasai kurikulum bahasa indonesia di SD

6. mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dan pembelajaran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi

7. mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi

8 mahasiswa mampu memerankan diri proses pembelajaran bahasa sastra indonesia kelas tinggi

References

subyantoro. 2013. teori pembelajran bahasa, sebuah pengantar. semarang .UNNES PREES

Cahyani, isah dan hodijah. 

permen nomor 14 tahun 2019 tentang pembuatan perangkat pembelajaran 

standar proses

standar peniliaan 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam  Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
  2. Mahasiswa  mampu menguasai memahami konsep pembelajaran   bahasa.
  3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir  pembelajaran   bahasa.
  4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
  5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
  6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif  dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
  7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
  8. Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

References

  1. Cahyani, Isah dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia Di SD. Bandung. UPI Press.
  2. IskandarwassiddanSunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  3. Kemedikbud RI. 2013. KonsepPendekatanSaintifik
  4. ........., 2013. PembelajaranTematikTerpadu.
  5. Mulyati, Yeti. dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka.
  6. Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, SebuahPengantar. Semarang: UNNES PRESS.
  7. Tim. 2012. Himpunan Perundang-undangan RI tentang Sistem Peendidikan Nasional (Sisdiknas). Bandung: Nuansa Aulia.

 

  1. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
  2. ............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, danLambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
  3. Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
  4. Ismawati, Esti &Uamay, Faras. 2012.BelajarBahasa di KelasAwal. Yogyakarta.Ombak
  5. Kadir,Abd&Asrohah, Hanun.2014. BelajarTematik. Depok. Rajawalipers
  6. Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja grafindoPersada.
  7. Nurhadi. 2005. BagaimanameningkatkanKemampuanMembaca. Bandung. Sinar BaruArgesindo
  8. Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di SekolahDasar.Jakarta.BumiAksara
  9. Sugiyanto. 2010. Model-model PembelajaranInovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
  10. Sumantri, Mulyani&PermanaJohar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana.
  11. Tarigan, Djago dan H.G. Tarigan. 1990. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam  Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
  2. Mahasiswa  mampu menguasai memahami konsep pembelajaran   bahasa.
  3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir  pembelajaran   bahasa.
  4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
  5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
  6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif  dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
  7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
  8. Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

References

  1. Cahyani, Isah dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia Di SD. Bandung. UPI Press.
  2. IskandarwassiddanSunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  3. Kemedikbud RI. 2013. KonsepPendekatanSaintifik
  4. ........., 2013. PembelajaranTematikTerpadu.
  5. Mulyati, Yeti. dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka.
  6. Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, SebuahPengantar. Semarang: UNNES PRESS.
  7. Tim. 2012. Himpunan Perundang-undangan RI tentang Sistem Peendidikan Nasional (Sisdiknas). Bandung: Nuansa Aulia.

 

  1. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
  2. ............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, danLambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
  3. Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
  4. Ismawati, Esti &Uamay, Faras. 2012.BelajarBahasa di KelasAwal. Yogyakarta.Ombak
  5. Kadir,Abd&Asrohah, Hanun.2014. BelajarTematik. Depok. Rajawalipers
  6. Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja grafindoPersada.
  7. Nurhadi. 2005. BagaimanameningkatkanKemampuanMembaca. Bandung. Sinar BaruArgesindo
  8. Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di SekolahDasar.Jakarta.BumiAksara
  9. Sugiyanto. 2010. Model-model PembelajaranInovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
  10. Sumantri, Mulyani&PermanaJohar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana.
  11. Tarigan, Djago dan H.G. Tarigan. 1990. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam  Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
  2. Mahasiswa  mampu menguasai memahami konsep pembelajaran   bahasa.
  3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir  pembelajaran   bahasa.
  4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
  5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
  6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif  dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
  7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
  8. Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

References

  1. Cahyani, Isah dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia Di SD. Bandung. UPI Press.
  2. IskandarwassiddanSunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  3. Kemedikbud RI. 2013. KonsepPendekatanSaintifik
  4. ........., 2013. PembelajaranTematikTerpadu.
  5. Mulyati, Yeti. dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka.
  6. Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, SebuahPengantar. Semarang: UNNES PRESS.
  7. Tim. 2012. Himpunan Perundang-undangan RI tentang Sistem Peendidikan Nasional (Sisdiknas). Bandung: Nuansa Aulia.

 

  1. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
  2. ............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, danLambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
  3. Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
  4. Ismawati, Esti &Uamay, Faras. 2012.BelajarBahasa di KelasAwal. Yogyakarta.Ombak
  5. Kadir,Abd&Asrohah, Hanun.2014. BelajarTematik. Depok. Rajawalipers
  6. Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja grafindoPersada.
  7. Nurhadi. 2005. BagaimanameningkatkanKemampuanMembaca. Bandung. Sinar BaruArgesindo
  8. Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di SekolahDasar.Jakarta.BumiAksara
  9. Sugiyanto. 2010. Model-model PembelajaranInovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
  10. Sumantri, Mulyani&PermanaJohar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana.
  11. Tarigan, Djago dan H.G. Tarigan. 1990. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam  Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
  2. Mahasiswa  mampu menguasai memahami konsep pembelajaran   bahasa.
  3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir  pembelajaran   bahasa.
  4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
  5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
  6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif  dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
  7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
  8. Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

References

  1. Cahyani, Isah dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia Di SD. Bandung. UPI Press.
  2. IskandarwassiddanSunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  3. Kemedikbud RI. 2013. KonsepPendekatanSaintifik
  4. ........., 2013. PembelajaranTematikTerpadu.
  5. Mulyati, Yeti. dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka.
  6. Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, SebuahPengantar. Semarang: UNNES PRESS.
  7. Tim. 2012. Himpunan Perundang-undangan RI tentang Sistem Peendidikan Nasional (Sisdiknas). Bandung: Nuansa Aulia.

 

  1. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
  2. ............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, danLambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
  3. Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
  4. Ismawati, Esti &Uamay, Faras. 2012.BelajarBahasa di KelasAwal. Yogyakarta.Ombak
  5. Kadir,Abd&Asrohah, Hanun.2014. BelajarTematik. Depok. Rajawalipers
  6. Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja grafindoPersada.
  7. Nurhadi. 2005. BagaimanameningkatkanKemampuanMembaca. Bandung. Sinar BaruArgesindo
  8. Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di SekolahDasar.Jakarta.BumiAksara
  9. Sugiyanto. 2010. Model-model PembelajaranInovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
  10. Sumantri, Mulyani&PermanaJohar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana.
  11. Tarigan, Djago dan H.G. Tarigan. 1990. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam  Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
  2. Mahasiswa  mampu menguasai memahami konsep pembelajaran   bahasa.
  3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir  pembelajaran   bahasa.
  4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
  5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
  6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif  dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
  7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
  8. Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

References

  1. Cahyani, Isah dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia Di SD. Bandung. UPI Press.
  2. IskandarwassiddanSunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  3. Kemedikbud RI. 2013. KonsepPendekatanSaintifik
  4. ........., 2013. PembelajaranTematikTerpadu.
  5. Mulyati, Yeti. dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka.
  6. Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, SebuahPengantar. Semarang: UNNES PRESS.
  7. Tim. 2012. Himpunan Perundang-undangan RI tentang Sistem Peendidikan Nasional (Sisdiknas). Bandung: Nuansa Aulia.

 

  1. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
  2. ............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, danLambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
  3. Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
  4. Ismawati, Esti &Uamay, Faras. 2012.BelajarBahasa di KelasAwal. Yogyakarta.Ombak
  5. Kadir,Abd&Asrohah, Hanun.2014. BelajarTematik. Depok. Rajawalipers
  6. Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja grafindoPersada.
  7. Nurhadi. 2005. BagaimanameningkatkanKemampuanMembaca. Bandung. Sinar BaruArgesindo
  8. Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di SekolahDasar.Jakarta.BumiAksara
  9. Sugiyanto. 2010. Model-model PembelajaranInovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
  10. Sumantri, Mulyani&PermanaJohar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana.
  11. Tarigan, Djago dan H.G. Tarigan. 1990. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

 


Details ...