Courser in English | INDONESIAN LANGUAGE EDUCATION FOR HIGH-CLASSES |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 52 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
matakuliah ini berisi tentang komitmen dan bertanggung jawab pengembangan pembelajaran bahasa indonesia, ,konsep pembelajaran bahasa, pendekatan mutahir pembelajaran bahasa, kurikulum bahasa indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar, identifikasi materi bahasa dan sastra indonesia dalam kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sasra indonesia menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa sastra Indonesia kelas tinggi
Learning Outcomes1. mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggung jawab untuk mengembangkan pembelajaran
2. mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa
3. mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutahir pembelajaran bahasa
4. mahasiswa mampu mengusai empat keterampilan berbahasa
5. mahasiswa mampu menguasai kurikulum bahasa indonesia di SD
6. mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dan pembelajaran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi
7. mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi
8 mahasiswa mampu memerankan diri proses pembelajaran bahasa sastra indonesia kelas tinggi
Referencessubyantoro. 2013. teori pembelajran bahasa, sebuah pengantar. semarang .UNNES PREES
Cahyani, isah dan hodijah.
permen nomor 14 tahun 2019 tentang pembuatan perangkat pembelajaran
standar proses
standar peniliaan
Details ...
matakuliah ini berisi tentang komitmen dan bertanggung jawab pengembangan pembelajaran bahasa indonesia, ,konsep pembelajaran bahasa, pendekatan mutahir pembelajaran bahasa, kurikulum bahasa indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar, identifikasi materi bahasa dan sastra indonesia dalam kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sasra indonesia menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa sastra Indonesia kelas tinggi
Learning Outcomes1. mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggung jawab untuk mengembangkan pembelajaran
2. mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa
3. mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutahir pembelajaran bahasa
4. mahasiswa mampu mengusai empat keterampilan berbahasa
5. mahasiswa mampu menguasai kurikulum bahasa indonesia di SD
6. mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dan pembelajaran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi
7. mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi
8 mahasiswa mampu memerankan diri proses pembelajaran bahasa sastra indonesia kelas tinggi
Referencessubyantoro. 2013. teori pembelajran bahasa, sebuah pengantar. semarang .UNNES PREES
Cahyani, isah dan hodijah.
permen nomor 14 tahun 2019 tentang pembuatan perangkat pembelajaran
standar proses
standar peniliaan
Details ...
matakuliah ini berisi tentang komitmen dan bertanggung jawab pengembangan pembelajaran bahasa indonesia, ,konsep pembelajaran bahasa, pendekatan mutahir pembelajaran bahasa, kurikulum bahasa indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar, identifikasi materi bahasa dan sastra indonesia dalam kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sasra indonesia menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa sastra Indonesia kelas tinggi
Learning Outcomes1. mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggung jawab untuk mengembangkan pembelajaran
2. mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa
3. mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutahir pembelajaran bahasa
4. mahasiswa mampu mengusai empat keterampilan berbahasa
5. mahasiswa mampu menguasai kurikulum bahasa indonesia di SD
6. mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dan pembelajaran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi
7. mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi
8 mahasiswa mampu memerankan diri proses pembelajaran bahasa sastra indonesia kelas tinggi
Referencessubyantoro. 2013. teori pembelajran bahasa, sebuah pengantar. semarang .UNNES PREES
Cahyani, isah dan hodijah.
permen nomor 14 tahun 2019 tentang pembuatan perangkat pembelajaran
standar proses
standar peniliaan
Details ...
matakuliah ini berisi tentang komitmen dan bertanggung jawab pengembangan pembelajaran bahasa indonesia, ,konsep pembelajaran bahasa, pendekatan mutahir pembelajaran bahasa, kurikulum bahasa indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar, identifikasi materi bahasa dan sastra indonesia dalam kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sasra indonesia menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa sastra Indonesia kelas tinggi
Learning Outcomes1. mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggung jawab untuk mengembangkan pembelajaran
2. mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa
3. mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutahir pembelajaran bahasa
4. mahasiswa mampu mengusai empat keterampilan berbahasa
5. mahasiswa mampu menguasai kurikulum bahasa indonesia di SD
6. mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dan pembelajaran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi
7. mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi
8 mahasiswa mampu memerankan diri proses pembelajaran bahasa sastra indonesia kelas tinggi
Referencessubyantoro. 2013. teori pembelajran bahasa, sebuah pengantar. semarang .UNNES PREES
Cahyani, isah dan hodijah.
permen nomor 14 tahun 2019 tentang pembuatan perangkat pembelajaran
standar proses
standar peniliaan
Details ...
matakuliah ini berisi tentang komitmen dan bertanggung jawab pengembangan pembelajaran bahasa indonesia, ,konsep pembelajaran bahasa, pendekatan mutahir pembelajaran bahasa, kurikulum bahasa indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar, identifikasi materi bahasa dan sastra indonesia dalam kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sasra indonesia menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa sastra Indonesia kelas tinggi
Learning Outcomes1. mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggung jawab untuk mengembangkan pembelajaran
2. mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa
3. mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutahir pembelajaran bahasa
4. mahasiswa mampu mengusai empat keterampilan berbahasa
5. mahasiswa mampu menguasai kurikulum bahasa indonesia di SD
6. mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dan pembelajaran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi
7. mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi
8 mahasiswa mampu memerankan diri proses pembelajaran bahasa sastra indonesia kelas tinggi
Referencessubyantoro. 2013. teori pembelajran bahasa, sebuah pengantar. semarang .UNNES PREES
Cahyani, isah dan hodijah.
permen nomor 14 tahun 2019 tentang pembuatan perangkat pembelajaran
standar proses
standar peniliaan
Details ...
matakuliah ini berisi tentang komitmen dan bertanggung jawab pengembangan pembelajaran bahasa indonesia, ,konsep pembelajaran bahasa, pendekatan mutahir pembelajaran bahasa, kurikulum bahasa indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar, identifikasi materi bahasa dan sastra indonesia dalam kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sasra indonesia menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa sastra Indonesia kelas tinggi
Learning Outcomes1. mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggung jawab untuk mengembangkan pembelajaran
2. mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa
3. mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutahir pembelajaran bahasa
4. mahasiswa mampu mengusai empat keterampilan berbahasa
5. mahasiswa mampu menguasai kurikulum bahasa indonesia di SD
6. mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dan pembelajaran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi
7. mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi
8 mahasiswa mampu memerankan diri proses pembelajaran bahasa sastra indonesia kelas tinggi
Referencessubyantoro. 2013. teori pembelajran bahasa, sebuah pengantar. semarang .UNNES PREES
Cahyani, isah dan hodijah.
permen nomor 14 tahun 2019 tentang pembuatan perangkat pembelajaran
standar proses
standar peniliaan
Details ...
matakuliah ini berisi tentang komitmen dan bertanggung jawab pengembangan pembelajaran bahasa indonesia, ,konsep pembelajaran bahasa, pendekatan mutahir pembelajaran bahasa, kurikulum bahasa indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar, identifikasi materi bahasa dan sastra indonesia dalam kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sasra indonesia menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa sastra Indonesia kelas tinggi
Learning Outcomes1. mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggung jawab untuk mengembangkan pembelajaran
2. mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa
3. mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutahir pembelajaran bahasa
4. mahasiswa mampu mengusai empat keterampilan berbahasa
5. mahasiswa mampu menguasai kurikulum bahasa indonesia di SD
6. mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dan pembelajaran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi
7. mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajran bahasa dan sastra indonesia kelas tinggi
8 mahasiswa mampu memerankan diri proses pembelajaran bahasa sastra indonesia kelas tinggi
Referencessubyantoro. 2013. teori pembelajran bahasa, sebuah pengantar. semarang .UNNES PREES
Cahyani, isah dan hodijah.
permen nomor 14 tahun 2019 tentang pembuatan perangkat pembelajaran
standar proses
standar peniliaan
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
References
|
|
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
References
|
|
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
References
|
|
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
References
|
|
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
References
|
|
Details ...