Courser in English | INDONESIAN LANGUAGE EDUCATION FOR HIGH-CLASSES |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 52 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi
Learning Outcomes
|
|
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi
Learning Outcomes
|
|
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerankan diri rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi
Learning Outcomes
|
|
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam KTSP dan Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerakan diri rancancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
DAFTAR PUSTAKA
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung. Sinar Baru Argesindo
Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam KTSP dan Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerakan diri rancancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
DAFTAR PUSTAKA
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung. Sinar Baru Argesindo
Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam KTSP dan Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerakan diri rancancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
DAFTAR PUSTAKA
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung. Sinar Baru Argesindo
Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam KTSP dan Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerakan diri rancancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
DAFTAR PUSTAKA
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung. Sinar Baru Argesindo
Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam KTSP dan Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerakan diri rancancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
DAFTAR PUSTAKA
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung. Sinar Baru Argesindo
Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam KTSP dan Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerakan diri rancancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
DAFTAR PUSTAKA
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung. Sinar Baru Argesindo
Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam KTSP dan Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerakan diri rancancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
DAFTAR PUSTAKA
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung. Sinar Baru Argesindo
Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam KTSP dan Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerakan diri rancancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran:
- Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
- Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
- Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
- Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
DAFTAR PUSTAKA
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung. Sinar Baru Argesindo
Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
mata kuliah Pendidikan Berbahasa Indonesia di SD Kelas Tinggi membahas tentang konsep pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD Kelas Tinggi yang di orientasikan pada pendidikan karakter dan keterampilan berbahasa yg meliputi 4 aspek oleh sebab itu, materi mata kuliah ini pada dasarnya adalah kelanjutan , pendalaman, dan pengembangan darimata kuliah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di SD Kelas Rendah.Isi pokok materi ini meliputi Konsep Pembelajaran Bahasa,Pendekatan Mutakhir Pembelajaran Bahasa,Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar,Pengertian, metode, dan jenis pembelajaran (Menyimak, Berbicara,Membaca,Menulis dan Sastra) di SD kelas tinggi, Pembelajaran Tematik Terpadu materi Bahasa Indonesia di kelas tinggi Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013
Learning Outcomes1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggung jawab untuk mengembangkan pembelajaran. 2. Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa. 3.Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa. 4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa. 5.Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar. 6.Mahasiswamampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi. 7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi. 8. Mahasiswa mampu memernkan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
ReferencesCahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press Endraswara, Suwarddi.2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi, Yogyakarta, Kota Kembang Nurhadi. 2005. Bagaimana Meningkatkan Membaca.Bandung. Sinar Baru Argesindo Mulyani Yeti. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka Mahsun. 2014. Teks salam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Kemendikbud RI.2013.Konsep Pendekatan Saintifik Kadir, Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok.Rajawali pers ........, 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu. Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Penganta. Semaran: UNNES PRESS. Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovati. Surakarta: Yuma Pustaka Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Maulana
Details ...