Courser in English | Educational Foundation |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 41 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan memahami, menganalisis, menyimpulkan, menentukan model, strategi, dan metode yang digunakan satuan pendidikan sebagai landasan manajemennya untuk mencapai kondisi yang ideal.
Materi Pembelajaran:
- Konsep, konteks, sistem Pendidikan dan kebudayaan
- Model, strategi, metode mengembangkan satuan Pendidikan yang ideal;
Efektivitas Pendidikan kompetitif berbasis masyarakat.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pendidikan Nasional, mahasiswa mampu: |
||
CPMK 1 |
Memiliki etika moral, etika kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa (S1,S4, P1). |
|
CPMK 2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan (P2). |
|
CPMK 3 |
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2). |
|
- Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan
- Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.
Yogyakarta: FIP-IKIP.
- . 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar.
Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan
- Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
- https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/adi_raga/article/view/6064
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/view/11001
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan memahami, menganalisis, menyimpulkan, menentukan model, strategi, dan metode yang digunakan satuan pendidikan sebagai landasan manajemennya untuk mencapai kondisi yang ideal.
Materi Pembelajaran:
- Konsep, konteks, sistem Pendidikan dan kebudayaan
- Model, strategi, metode mengembangkan satuan Pendidikan yang ideal;
Efektivitas Pendidikan kompetitif berbasis masyarakat.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pendidikan Nasional, mahasiswa mampu: |
||
CPMK 1 |
Memiliki etika moral, etika kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa (S1,S4, P1). |
|
CPMK 2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan (P2). |
|
CPMK 3 |
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2). |
|
- Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan
- Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.
Yogyakarta: FIP-IKIP.
- . 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar.
Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan
- Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
- https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/adi_raga/article/view/6064
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/view/11001
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan memahami, menganalisis, menyimpulkan, menentukan model, strategi, dan metode yang digunakan satuan pendidikan sebagai landasan manajemennya untuk mencapai kondisi yang ideal.
Materi Pembelajaran:
- Konsep, konteks, sistem Pendidikan dan kebudayaan
- Model, strategi, metode mengembangkan satuan Pendidikan yang ideal;
Efektivitas Pendidikan kompetitif berbasis masyarakat.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pendidikan Nasional, mahasiswa mampu: |
||
CPMK 1 |
Memiliki etika moral, etika kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa (S1,S4, P1). |
|
CPMK 2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan (P2). |
|
CPMK 3 |
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2). |
|
- Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan
- Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.
Yogyakarta: FIP-IKIP.
- . 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar.
Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan
- Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
- https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/adi_raga/article/view/6064
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/view/11001
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan memahami, menganalisis, menyimpulkan, menentukan model, strategi, dan metode yang digunakan satuan pendidikan sebagai landasan manajemennya untuk mencapai kondisi yang ideal.
Materi Pembelajaran:
- Konsep, konteks, sistem Pendidikan dan kebudayaan
- Model, strategi, metode mengembangkan satuan Pendidikan yang ideal;
Efektivitas Pendidikan kompetitif berbasis masyarakat.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pendidikan Nasional, mahasiswa mampu: |
||
CPMK 1 |
Memiliki etika moral, etika kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa (S1,S4, P1). |
|
CPMK 2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan (P2). |
|
CPMK 3 |
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2). |
|
- Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan
- Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.
Yogyakarta: FIP-IKIP.
- . 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar.
Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan
- Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
- https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/adi_raga/article/view/6064
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/view/11001
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan memahami, menganalisis, menyimpulkan, menentukan model, strategi, dan metode yang digunakan satuan pendidikan sebagai landasan manajemennya untuk mencapai kondisi yang ideal.
Materi Pembelajaran:
- Konsep, konteks, sistem Pendidikan dan kebudayaan
- Model, strategi, metode mengembangkan satuan Pendidikan yang ideal;
Efektivitas Pendidikan kompetitif berbasis masyarakat.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pendidikan Nasional, mahasiswa mampu: |
||
CPMK 1 |
Memiliki etika moral, etika kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa (S1,S4, P1). |
|
CPMK 2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan (P2). |
|
CPMK 3 |
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2). |
|
- Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan
- Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.
Yogyakarta: FIP-IKIP.
- . 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar.
Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan
- Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
- https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/adi_raga/article/view/6064
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/view/11001
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan memahami, menganalisis, menyimpulkan, menentukan model, strategi, dan metode yang digunakan satuan pendidikan sebagai landasan manajemennya untuk mencapai kondisi yang ideal.
Materi Pembelajaran:
- Konsep, konteks, sistem Pendidikan dan kebudayaan
- Model, strategi, metode mengembangkan satuan Pendidikan yang ideal;
Efektivitas Pendidikan kompetitif berbasis masyarakat.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pendidikan Nasional, mahasiswa mampu: |
||
CPMK 1 |
Memiliki etika moral, etika kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa (S1,S4, P1). |
|
CPMK 2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan (P2). |
|
CPMK 3 |
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2). |
|
- Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan
- Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.
Yogyakarta: FIP-IKIP.
- . 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar.
Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan
- Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
- https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/adi_raga/article/view/6064
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/view/11001
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan memahami, menganalisis, menyimpulkan, menentukan model, strategi, dan metode yang digunakan satuan pendidikan sebagai landasan manajemennya untuk mencapai kondisi yang ideal.
Materi Pembelajaran:
- Konsep, konteks, sistem Pendidikan dan kebudayaan
- Model, strategi, metode mengembangkan satuan Pendidikan yang ideal;
Efektivitas Pendidikan kompetitif berbasis masyarakat.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pendidikan Nasional, mahasiswa mampu: |
||
CPMK 1 |
Memiliki etika moral, etika kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa (S1,S4, P1). |
|
CPMK 2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan (P2). |
|
CPMK 3 |
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2). |
|
- Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan
- Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.
Yogyakarta: FIP-IKIP.
- . 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar.
Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan
- Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
- https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/adi_raga/article/view/6064
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/view/11001
Details ...
Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep pendidikan dan kebudayaan; pendidikan sebagai Ilmu dan landasan keilmuandi bidang pendidikan; tujuan dan harapan pendidikan; subyek dan obyek lingkungan dan lembaga pendidikan; alat, isi serta metode pendidikan; pendidikan sebagai sistem dan pendidikan dalam praksis serta masalah-masalahnya; pendidikan dan pengajaran, mendidik dan mengajar;aliran-aliran pendidikan; filsafat pendidikan; pendidikan nilai pembentuk karakter,kepribadian budi pekerti dan pendidikan karakter; moral seksual, moral perkawinan dan moral hidup; serta etika keberagamaan.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa mampu:
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional sebagai bentuk tanggungjawab dan nasionalisme pada negara dan bangsa (S4, P1) |
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan (P2) |
CPMK3 |
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2) |
Referensi: |
Daftar Buku Wajib: Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan II. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama. Daftar Buku Anjuran Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.Yogyakarta: FIP-IKIP. _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita. Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius. Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia. Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius. Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya. Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin. Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta. Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia. |
Details ...
Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep pendidikan dan kebudayaan; pendidikan sebagai Ilmu dan landasan keilmuandi bidang pendidikan; tujuan dan harapan pendidikan; subyek dan obyek lingkungan dan lembaga pendidikan; alat, isi serta metode pendidikan; pendidikan sebagai sistem dan pendidikan dalam praksis serta masalah-masalahnya; pendidikan dan pengajaran, mendidik dan mengajar;aliran-aliran pendidikan; filsafat pendidikan; pendidikan nilai pembentuk karakter,kepribadian budi pekerti dan pendidikan karakter; moral seksual, moral perkawinan dan moral hidup; serta etika keberagamaan.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa mampu:
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional sebagai bentuk tanggungjawab dan nasionalisme pada negara dan bangsa (S4, P1) |
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan (P2) |
CPMK3 |
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2) |
Referensi: |
Daftar Buku Wajib: Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan II. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama. Daftar Buku Anjuran Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.Yogyakarta: FIP-IKIP. _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita. Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius. Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia. Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius. Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya. Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin. Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta. Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia. |
Details ...
Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep pendidikan dan kebudayaan; pendidikan sebagai Ilmu dan landasan keilmuandi bidang pendidikan; tujuan dan harapan pendidikan; subyek dan obyek lingkungan dan lembaga pendidikan; alat, isi serta metode pendidikan; pendidikan sebagai sistem dan pendidikan dalam praksis serta masalah-masalahnya; pendidikan dan pengajaran, mendidik dan mengajar;aliran-aliran pendidikan; filsafat pendidikan; pendidikan nilai pembentuk karakter,kepribadian budi pekerti dan pendidikan karakter; moral seksual, moral perkawinan dan moral hidup; serta etika keberagamaan.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa mampu:
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional sebagai bentuk tanggungjawab dan nasionalisme pada negara dan bangsa (S4, P1) |
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan (P2) |
CPMK3 |
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2) |
Referensi: |
Daftar Buku Wajib: Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan II. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama. Daftar Buku Anjuran Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.Yogyakarta: FIP-IKIP. _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita. Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius. Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia. Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius. Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya. Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin. Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta. Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia. |
Details ...
Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep pendidikan dan kebudayaan; pendidikan sebagai Ilmu dan landasan keilmuandi bidang pendidikan; tujuan dan harapan pendidikan; subyek dan obyek lingkungan dan lembaga pendidikan; alat, isi serta metode pendidikan; pendidikan sebagai sistem dan pendidikan dalam praksis serta masalah-masalahnya; pendidikan dan pengajaran, mendidik dan mengajar;aliran-aliran pendidikan; filsafat pendidikan; pendidikan nilai pembentuk karakter,kepribadian budi pekerti dan pendidikan karakter; moral seksual, moral perkawinan dan moral hidup; serta etika keberagamaan.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa mampu:
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional sebagai bentuk tanggungjawab dan nasionalisme pada negara dan bangsa (S4, P1) |
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan (P2) |
CPMK3 |
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2) |
Referensi: |
Daftar Buku Wajib: Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan II. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama. Daftar Buku Anjuran Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.Yogyakarta: FIP-IKIP. _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita. Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius. Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia. Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius. Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya. Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin. Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta. Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia. |
Details ...
Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep pendidikan dan kebudayaan; pendidikan sebagai Ilmu dan landasan keilmuandi bidang pendidikan; tujuan dan harapan pendidikan; subyek dan obyek lingkungan dan lembaga pendidikan; alat, isi serta metode pendidikan; pendidikan sebagai sistem dan pendidikan dalam praksis serta masalah-masalahnya; pendidikan dan pengajaran, mendidik dan mengajar;aliran-aliran pendidikan; filsafat pendidikan; pendidikan nilai pembentuk karakter,kepribadian budi pekerti dan pendidikan karakter; moral seksual, moral perkawinan dan moral hidup; serta etika keberagamaan.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa mampu:
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional sebagai bentuk tanggungjawab dan nasionalisme pada negara dan bangsa (S4, P1) |
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan (P2) |
CPMK3 |
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2) |
Referensi: |
Daftar Buku Wajib: Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan II. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama. Daftar Buku Anjuran Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.Yogyakarta: FIP-IKIP. _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita. Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius. Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia. Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius. Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya. Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin. Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta. Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia. |
Details ...