Landasan Kependidikan, Curriculum : 2016


Courser in EnglishEducational Foundation
ProgramManajemen Pendidikan
SKS2 SKS
RPS41 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa  program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep pendidikan dan kebudayaan; pendidikan sebagai Ilmu dan landasan keilmuandi bidang pendidikan; tujuan dan harapan pendidikan; subyek dan obyek lingkungan dan lembaga pendidikan; alat, isi serta metode pendidikan; pendidikan sebagai sistem dan pendidikan dalam praksis serta masalah-masalahnya; pendidikan dan pengajaran, mendidik dan mengajar;aliran-aliran pendidikan; filsafat pendidikan; pendidikan nilai pembentuk karakter,kepribadian budi pekerti dan pendidikan karakter; moral seksual, moral perkawinan dan moral hidup; serta etika keberagamaan.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliaLandasan Kependidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional sebagai bentuk tanggungjawab dan nasionalisme pada negara dan bangsa (S4, P1)

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan (P2)

CPMK3

Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2)

References

Daftar Buku Wajib:

Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan II. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Daftar Buku Anjuran

Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.  2001.  Ilmu Pendidikan.  Jakarta:  Rineka Cipta.

Barnadib, Sutari Imam.  1986.  Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.Yogyakarta:  FIP-IKIP.

_______________.  2002.  Filsafat Pendidikan.  Yogyakarta: Adi Cita.

Drijarkara.  1980.  Drijarkara Tentang Pendidikan.  Yogyakarta:  Yayasan Kanisius.

Komar,  H. Oong.  2006.  Filsafat Pendidikan Nonformal.  Bandung:  Pustaka Setia.

Morin, Edgar.  2005.  Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan.  Yogyakrta:  Kanisius.

Mudyahardjo, Redja.  2002.  Filsafat Ilmu Pendidikan:  Suatu Pengantar.  Bandung:  PT Remaja Risdakarya.

Muhadjir, H. Noeng.  2003.  Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.  Yogyakarta: Rake Sarasin.

Purwanto, M. Ngalim.  2004.  Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.  Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadulloh, Uyoh.  2006.  Pengantar Filsafat Pendidikan.  Bandung:  Penerbit Alfabeta.

Tanlain, Wens dkk.  1989.  Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.  Jakarta:  APTIK – Penerbit PT Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa  program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep pendidikan dan kebudayaan; pendidikan sebagai Ilmu dan landasan keilmuandi bidang pendidikan; tujuan dan harapan pendidikan; subyek dan obyek lingkungan dan lembaga pendidikan; alat, isi serta metode pendidikan; pendidikan sebagai sistem dan pendidikan dalam praksis serta masalah-masalahnya; pendidikan dan pengajaran, mendidik dan mengajar;aliran-aliran pendidikan; filsafat pendidikan; pendidikan nilai pembentuk karakter,kepribadian budi pekerti dan pendidikan karakter; moral seksual, moral perkawinan dan moral hidup; serta etika keberagamaan.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliaLandasan Kependidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional sebagai bentuk tanggungjawab dan nasionalisme pada negara dan bangsa (S4, P1)

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan (P2)

CPMK3

Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2)

References

Daftar Buku Wajib:

Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan II. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Daftar Buku Anjuran

Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.  2001.  Ilmu Pendidikan.  Jakarta:  Rineka Cipta.

Barnadib, Sutari Imam.  1986.  Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.Yogyakarta:  FIP-IKIP.

_______________.  2002.  Filsafat Pendidikan.  Yogyakarta: Adi Cita.

Drijarkara.  1980.  Drijarkara Tentang Pendidikan.  Yogyakarta:  Yayasan Kanisius.

Komar,  H. Oong.  2006.  Filsafat Pendidikan Nonformal.  Bandung:  Pustaka Setia.

Morin, Edgar.  2005.  Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan.  Yogyakrta:  Kanisius.

Mudyahardjo, Redja.  2002.  Filsafat Ilmu Pendidikan:  Suatu Pengantar.  Bandung:  PT Remaja Risdakarya.

Muhadjir, H. Noeng.  2003.  Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.  Yogyakarta: Rake Sarasin.

Purwanto, M. Ngalim.  2004.  Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.  Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadulloh, Uyoh.  2006.  Pengantar Filsafat Pendidikan.  Bandung:  Penerbit Alfabeta.

Tanlain, Wens dkk.  1989.  Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.  Jakarta:  APTIK – Penerbit PT Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa  program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep pendidikan dan kebudayaan; pendidikan sebagai Ilmu dan landasan keilmuandi bidang pendidikan; tujuan dan harapan pendidikan; subyek dan obyek lingkungan dan lembaga pendidikan; alat, isi serta metode pendidikan; pendidikan sebagai sistem dan pendidikan dalam praksis serta masalah-masalahnya; pendidikan dan pengajaran, mendidik dan mengajar;aliran-aliran pendidikan; filsafat pendidikan; pendidikan nilai pembentuk karakter,kepribadian budi pekerti dan pendidikan karakter; moral seksual, moral perkawinan dan moral hidup; serta etika keberagamaan.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliaLandasan Kependidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional sebagai bentuk tanggungjawab dan nasionalisme pada negara dan bangsa (S4, P1)

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan (P2)

CPMK3

Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2)

References

Daftar Buku Wajib:

Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan II. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Daftar Buku Anjuran

Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.  2001.  Ilmu Pendidikan.  Jakarta:  Rineka Cipta.

Barnadib, Sutari Imam.  1986.  Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.Yogyakarta:  FIP-IKIP.

_______________.  2002.  Filsafat Pendidikan.  Yogyakarta: Adi Cita.

Drijarkara.  1980.  Drijarkara Tentang Pendidikan.  Yogyakarta:  Yayasan Kanisius.

Komar,  H. Oong.  2006.  Filsafat Pendidikan Nonformal.  Bandung:  Pustaka Setia.

Morin, Edgar.  2005.  Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan.  Yogyakrta:  Kanisius.

Mudyahardjo, Redja.  2002.  Filsafat Ilmu Pendidikan:  Suatu Pengantar.  Bandung:  PT Remaja Risdakarya.

Muhadjir, H. Noeng.  2003.  Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.  Yogyakarta: Rake Sarasin.

Purwanto, M. Ngalim.  2004.  Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.  Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadulloh, Uyoh.  2006.  Pengantar Filsafat Pendidikan.  Bandung:  Penerbit Alfabeta.

Tanlain, Wens dkk.  1989.  Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.  Jakarta:  APTIK – Penerbit PT Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa  program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep pendidikan dan kebudayaan; pendidikan sebagai Ilmu dan landasan keilmuandi bidang pendidikan; tujuan dan harapan pendidikan; subyek dan obyek lingkungan dan lembaga pendidikan; alat, isi serta metode pendidikan; pendidikan sebagai sistem dan pendidikan dalam praksis serta masalah-masalahnya; pendidikan dan pengajaran, mendidik dan mengajar;aliran-aliran pendidikan; filsafat pendidikan; pendidikan nilai pembentuk karakter,kepribadian budi pekerti dan pendidikan karakter; moral seksual, moral perkawinan dan moral hidup; serta etika keberagamaan.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliaLandasan Kependidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional sebagai bentuk tanggungjawab dan nasionalisme pada negara dan bangsa (S4, P1)

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan (P2)

CPMK3

Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2)

References

Daftar Buku Wajib:

Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan II. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Daftar Buku Anjuran

Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.  2001.  Ilmu Pendidikan.  Jakarta:  Rineka Cipta.

Barnadib, Sutari Imam.  1986.  Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.Yogyakarta:  FIP-IKIP.

_______________.  2002.  Filsafat Pendidikan.  Yogyakarta: Adi Cita.

Drijarkara.  1980.  Drijarkara Tentang Pendidikan.  Yogyakarta:  Yayasan Kanisius.

Komar,  H. Oong.  2006.  Filsafat Pendidikan Nonformal.  Bandung:  Pustaka Setia.

Morin, Edgar.  2005.  Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan.  Yogyakrta:  Kanisius.

Mudyahardjo, Redja.  2002.  Filsafat Ilmu Pendidikan:  Suatu Pengantar.  Bandung:  PT Remaja Risdakarya.

Muhadjir, H. Noeng.  2003.  Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.  Yogyakarta: Rake Sarasin.

Purwanto, M. Ngalim.  2004.  Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.  Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadulloh, Uyoh.  2006.  Pengantar Filsafat Pendidikan.  Bandung:  Penerbit Alfabeta.

Tanlain, Wens dkk.  1989.  Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.  Jakarta:  APTIK – Penerbit PT Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa  program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep pendidikan dan kebudayaan; pendidikan sebagai Ilmu dan landasan keilmuandi bidang pendidikan; tujuan dan harapan pendidikan; subyek dan obyek lingkungan dan lembaga pendidikan; alat, isi serta metode pendidikan; pendidikan sebagai sistem dan pendidikan dalam praksis serta masalah-masalahnya; pendidikan dan pengajaran, mendidik dan mengajar;aliran-aliran pendidikan; filsafat pendidikan; pendidikan nilai pembentuk karakter,kepribadian budi pekerti dan pendidikan karakter; moral seksual, moral perkawinan dan moral hidup; serta etika keberagamaan

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional sebagai bentuk tanggungjawab dan nasionalisme pada negara dan bangsa (S4, P1)

 

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan (P2)

 

CPMK3

Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2)

 

 

 

 

References

Daftar Buku Wajib:

Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan II. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Daftar Buku Anjuran

Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.  2001.  Ilmu Pendidikan.  Jakarta:  Rineka Cipta.

Barnadib, Sutari Imam.  1986.  Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.Yogyakarta:  FIP-IKIP.

_______________.  2002.  Filsafat Pendidikan.  Yogyakarta: Adi Cita.

Drijarkara.  1980.  Drijarkara Tentang Pendidikan.  Yogyakarta:  Yayasan Kanisius.

Komar,  H. Oong.  2006.  Filsafat Pendidikan Nonformal.  Bandung:  Pustaka Setia.

Morin, Edgar.  2005.  Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan.  Yogyakrta:  Kanisius.

Mudyahardjo, Redja.  2002.  Filsafat Ilmu Pendidikan:  Suatu Pengantar.  Bandung:  PT Remaja Risdakarya.

Muhadjir, H. Noeng.  2003.  Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.  Yogyakarta: Rake Sarasin.

Purwanto, M. Ngalim.  2004.  Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.  Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadulloh, Uyoh.  2006.  Pengantar Filsafat Pendidikan.  Bandung:  Penerbit Alfabeta.

Tanlain, Wens dkk.  1989.  Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.  Jakarta:  APTIK – Penerbit PT Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa  program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep pendidikan dan kebudayaan; pendidikan sebagai Ilmu dan landasan keilmuandi bidang pendidikan; tujuan dan harapan pendidikan; subyek dan obyek lingkungan dan lembaga pendidikan; alat, isi serta metode pendidikan; pendidikan sebagai sistem dan pendidikan dalam praksis serta masalah-masalahnya; pendidikan dan pengajaran, mendidik dan mengajar;aliran-aliran pendidikan; filsafat pendidikan; pendidikan nilai pembentuk karakter,kepribadian budi pekerti dan pendidikan karakter; moral seksual, moral perkawinan dan moral hidup; serta etika keberagamaan

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional sebagai bentuk tanggungjawab dan nasionalisme pada negara dan bangsa (S4, P1)

 

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan (P2)

 

CPMK3

Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2)

 

 

 

 

References

Daftar Buku Wajib:

Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan II. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Daftar Buku Anjuran

Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.  2001.  Ilmu Pendidikan.  Jakarta:  Rineka Cipta.

Barnadib, Sutari Imam.  1986.  Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.Yogyakarta:  FIP-IKIP.

_______________.  2002.  Filsafat Pendidikan.  Yogyakarta: Adi Cita.

Drijarkara.  1980.  Drijarkara Tentang Pendidikan.  Yogyakarta:  Yayasan Kanisius.

Komar,  H. Oong.  2006.  Filsafat Pendidikan Nonformal.  Bandung:  Pustaka Setia.

Morin, Edgar.  2005.  Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan.  Yogyakrta:  Kanisius.

Mudyahardjo, Redja.  2002.  Filsafat Ilmu Pendidikan:  Suatu Pengantar.  Bandung:  PT Remaja Risdakarya.

Muhadjir, H. Noeng.  2003.  Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.  Yogyakarta: Rake Sarasin.

Purwanto, M. Ngalim.  2004.  Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.  Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadulloh, Uyoh.  2006.  Pengantar Filsafat Pendidikan.  Bandung:  Penerbit Alfabeta.

Tanlain, Wens dkk.  1989.  Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.  Jakarta:  APTIK – Penerbit PT Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa  program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep pendidikan dan kebudayaan; pendidikan sebagai Ilmu dan landasan keilmuandi bidang pendidikan; tujuan dan harapan pendidikan; subyek dan obyek lingkungan dan lembaga pendidikan; alat, isi serta metode pendidikan; pendidikan sebagai sistem dan pendidikan dalam praksis serta masalah-masalahnya; pendidikan dan pengajaran, mendidik dan mengajar;aliran-aliran pendidikan; filsafat pendidikan; pendidikan nilai pembentuk karakter,kepribadian budi pekerti dan pendidikan karakter; moral seksual, moral perkawinan dan moral hidup; serta etika keberagamaan

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional sebagai bentuk tanggungjawab dan nasionalisme pada negara dan bangsa (S4, P1)

 

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan (P2)

 

CPMK3

Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2)

 

 

 

 

References

Daftar Buku Wajib:

Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan II. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Daftar Buku Anjuran

Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.  2001.  Ilmu Pendidikan.  Jakarta:  Rineka Cipta.

Barnadib, Sutari Imam.  1986.  Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.Yogyakarta:  FIP-IKIP.

_______________.  2002.  Filsafat Pendidikan.  Yogyakarta: Adi Cita.

Drijarkara.  1980.  Drijarkara Tentang Pendidikan.  Yogyakarta:  Yayasan Kanisius.

Komar,  H. Oong.  2006.  Filsafat Pendidikan Nonformal.  Bandung:  Pustaka Setia.

Morin, Edgar.  2005.  Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan.  Yogyakrta:  Kanisius.

Mudyahardjo, Redja.  2002.  Filsafat Ilmu Pendidikan:  Suatu Pengantar.  Bandung:  PT Remaja Risdakarya.

Muhadjir, H. Noeng.  2003.  Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.  Yogyakarta: Rake Sarasin.

Purwanto, M. Ngalim.  2004.  Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.  Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadulloh, Uyoh.  2006.  Pengantar Filsafat Pendidikan.  Bandung:  Penerbit Alfabeta.

Tanlain, Wens dkk.  1989.  Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.  Jakarta:  APTIK – Penerbit PT Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa  program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep pendidikan dan kebudayaan; pendidikan sebagai Ilmu dan landasan keilmuandi bidang pendidikan; tujuan dan harapan pendidikan; subyek dan obyek lingkungan dan lembaga pendidikan; alat, isi serta metode pendidikan; pendidikan sebagai sistem dan pendidikan dalam praksis serta masalah-masalahnya; pendidikan dan pengajaran, mendidik dan mengajar;aliran-aliran pendidikan; filsafat pendidikan; pendidikan nilai pembentuk karakter,kepribadian budi pekerti dan pendidikan karakter; moral seksual, moral perkawinan dan moral hidup; serta etika keberagamaan

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional sebagai bentuk tanggungjawab dan nasionalisme pada negara dan bangsa (S4, P1)

 

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan (P2)

 

CPMK3

Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2)

 

 

 

 

References

Daftar Buku Wajib:

Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan II. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Daftar Buku Anjuran

Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.  2001.  Ilmu Pendidikan.  Jakarta:  Rineka Cipta.

Barnadib, Sutari Imam.  1986.  Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.Yogyakarta:  FIP-IKIP.

_______________.  2002.  Filsafat Pendidikan.  Yogyakarta: Adi Cita.

Drijarkara.  1980.  Drijarkara Tentang Pendidikan.  Yogyakarta:  Yayasan Kanisius.

Komar,  H. Oong.  2006.  Filsafat Pendidikan Nonformal.  Bandung:  Pustaka Setia.

Morin, Edgar.  2005.  Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan.  Yogyakrta:  Kanisius.

Mudyahardjo, Redja.  2002.  Filsafat Ilmu Pendidikan:  Suatu Pengantar.  Bandung:  PT Remaja Risdakarya.

Muhadjir, H. Noeng.  2003.  Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.  Yogyakarta: Rake Sarasin.

Purwanto, M. Ngalim.  2004.  Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.  Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadulloh, Uyoh.  2006.  Pengantar Filsafat Pendidikan.  Bandung:  Penerbit Alfabeta.

Tanlain, Wens dkk.  1989.  Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.  Jakarta:  APTIK – Penerbit PT Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa  program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep pendidikan dan kebudayaan; pendidikan sebagai Ilmu dan landasan keilmuandi bidang pendidikan; tujuan dan harapan pendidikan; subyek dan obyek lingkungan dan lembaga pendidikan; alat, isi serta metode pendidikan; pendidikan sebagai sistem dan pendidikan dalam praksis serta masalah-masalahnya; pendidikan dan pengajaran, mendidik dan mengajar;aliran-aliran pendidikan; filsafat pendidikan; pendidikan nilai pembentuk karakter,kepribadian budi pekerti dan pendidikan karakter; moral seksual, moral perkawinan dan moral hidup; serta etika keberagamaan

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional sebagai bentuk tanggungjawab dan nasionalisme pada negara dan bangsa (S4, P1)

 

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan (P2)

 

CPMK3

Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2)

 

 

 

 

References

Daftar Buku Wajib:

Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron. 2020. Landasan Kependidikan jilid I dan II. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Daftar Buku Anjuran

Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.  2001.  Ilmu Pendidikan.  Jakarta:  Rineka Cipta.

Barnadib, Sutari Imam.  1986.  Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.Yogyakarta:  FIP-IKIP.

_______________.  2002.  Filsafat Pendidikan.  Yogyakarta: Adi Cita.

Drijarkara.  1980.  Drijarkara Tentang Pendidikan.  Yogyakarta:  Yayasan Kanisius.

Komar,  H. Oong.  2006.  Filsafat Pendidikan Nonformal.  Bandung:  Pustaka Setia.

Morin, Edgar.  2005.  Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan.  Yogyakrta:  Kanisius.

Mudyahardjo, Redja.  2002.  Filsafat Ilmu Pendidikan:  Suatu Pengantar.  Bandung:  PT Remaja Risdakarya.

Muhadjir, H. Noeng.  2003.  Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.  Yogyakarta: Rake Sarasin.

Purwanto, M. Ngalim.  2004.  Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.  Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadulloh, Uyoh.  2006.  Pengantar Filsafat Pendidikan.  Bandung:  Penerbit Alfabeta.

Tanlain, Wens dkk.  1989.  Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.  Jakarta:  APTIK – Penerbit PT Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2
sks. Mata kuliah ini mengkaji konseppendidikan dankebudayaan; pendidikan sebagai Ilmu danlandasankeilmuandi bidang pendidikan; tujuan
danharapanpendidikan; subyek danobyeklingkungan danlembagapendidikan;alat, isi sertametodependidikan; pendidikan sebagaisistem
danpendidikan dalampraksis sertamasalah-masalahnya; pendidikan danpengajaran,mendidik danmengajar;aliran-aliranpendidikan; filsafatpendidikan;
pendidikannilaipembentukkarakter,kepribadianbudipekerti danpendidikankarakter; moralseksual,moralperkawinan danmoralhidup; serta
etikakeberagamaan
 

Learning Outcomes

  • Mampu menganalisishakikat, prinsip, serta kedudukan asesmen dan evaluasi di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul (CPMK1)
  • Mengklasifikasikan berbagai jenis asesmen dan menerapkannya dalam pembelajaran dengan dilandasi nilai-nilai akademik (CPMK2)
  • Menganalisis berbagai parameter yang dapat diukur dengan jenis assessmen tesdengan memperhatikan etika ilmiah dan penuh tanggungjawab (CPMK 3)

References

Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron.2020.Landasan Kependidikan jilid I dan II.Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.2001.Ilmu Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.

Barnadib, Sutari Imam. 1986.Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.Yogyakarta: FIP-IKIP.

_______________. 2002.Filsafat Pendidikan.Yogyakarta: Adi Cita.

Drijarkara. 1980.Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Komar, H. Oong. 2006.Filsafat Pendidikan Nonformal.Bandung: Pustaka Setia.

Morin, Edgar. 2005.Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan.Yogyakrta: Kanisius.

Mudyahardjo, Redja. 2002.Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar.Bandung: PT Remaja Risdakarya.

Muhadjir, H. Noeng. 2003.Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.Yogyakarta: Rake Sarasin.

Purwanto, M. Ngalim. 2004.Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadulloh, Uyoh. 2006.Pengantar Filsafat Pendidikan.Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tanlain, Wens dkk. 1989.Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2
sks. Mata kuliah ini mengkaji konseppendidikan dankebudayaan; pendidikan sebagai Ilmu danlandasankeilmuandi bidang pendidikan; tujuan
danharapanpendidikan; subyek danobyeklingkungan danlembagapendidikan;alat, isi sertametodependidikan; pendidikan sebagaisistem
danpendidikan dalampraksis sertamasalah-masalahnya; pendidikan danpengajaran,mendidik danmengajar;aliran-aliranpendidikan; filsafatpendidikan;
pendidikannilaipembentukkarakter,kepribadianbudipekerti danpendidikankarakter; moralseksual,moralperkawinan danmoralhidup; serta
etikakeberagamaan
 

Learning Outcomes

  • Mampu menganalisishakikat, prinsip, serta kedudukan asesmen dan evaluasi di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul (CPMK1)
  • Mengklasifikasikan berbagai jenis asesmen dan menerapkannya dalam pembelajaran dengan dilandasi nilai-nilai akademik (CPMK2)
  • Menganalisis berbagai parameter yang dapat diukur dengan jenis assessmen tesdengan memperhatikan etika ilmiah dan penuh tanggungjawab (CPMK 3)

References

Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron.2020.Landasan Kependidikan jilid I dan II.Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.2001.Ilmu Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.

Barnadib, Sutari Imam. 1986.Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.Yogyakarta: FIP-IKIP.

_______________. 2002.Filsafat Pendidikan.Yogyakarta: Adi Cita.

Drijarkara. 1980.Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Komar, H. Oong. 2006.Filsafat Pendidikan Nonformal.Bandung: Pustaka Setia.

Morin, Edgar. 2005.Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan.Yogyakrta: Kanisius.

Mudyahardjo, Redja. 2002.Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar.Bandung: PT Remaja Risdakarya.

Muhadjir, H. Noeng. 2003.Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.Yogyakarta: Rake Sarasin.

Purwanto, M. Ngalim. 2004.Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadulloh, Uyoh. 2006.Pengantar Filsafat Pendidikan.Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tanlain, Wens dkk. 1989.Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2
sks. Mata kuliah ini mengkaji konseppendidikan dankebudayaan; pendidikan sebagai Ilmu danlandasankeilmuandi bidang pendidikan; tujuan
danharapanpendidikan; subyek danobyeklingkungan danlembagapendidikan;alat, isi sertametodependidikan; pendidikan sebagaisistem
danpendidikan dalampraksis sertamasalah-masalahnya; pendidikan danpengajaran,mendidik danmengajar;aliran-aliranpendidikan; filsafatpendidikan;
pendidikannilaipembentukkarakter,kepribadianbudipekerti danpendidikankarakter; moralseksual,moralperkawinan danmoralhidup; serta
etikakeberagamaan
 

Learning Outcomes

  • Mampu menganalisishakikat, prinsip, serta kedudukan asesmen dan evaluasi di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul (CPMK1)
  • Mengklasifikasikan berbagai jenis asesmen dan menerapkannya dalam pembelajaran dengan dilandasi nilai-nilai akademik (CPMK2)
  • Menganalisis berbagai parameter yang dapat diukur dengan jenis assessmen tesdengan memperhatikan etika ilmiah dan penuh tanggungjawab (CPMK 3)

References

Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron.2020.Landasan Kependidikan jilid I dan II.Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.2001.Ilmu Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.

Barnadib, Sutari Imam. 1986.Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.Yogyakarta: FIP-IKIP.

_______________. 2002.Filsafat Pendidikan.Yogyakarta: Adi Cita.

Drijarkara. 1980.Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.

Komar, H. Oong. 2006.Filsafat Pendidikan Nonformal.Bandung: Pustaka Setia.

Morin, Edgar. 2005.Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan.Yogyakrta: Kanisius.

Mudyahardjo, Redja. 2002.Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar.Bandung: PT Remaja Risdakarya.

Muhadjir, H. Noeng. 2003.Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.Yogyakarta: Rake Sarasin.

Purwanto, M. Ngalim. 2004.Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadulloh, Uyoh. 2006.Pengantar Filsafat Pendidikan.Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tanlain, Wens dkk. 1989.Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia


Details ...