Courser in English | Educational Foundation |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 41 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2
sks. Mata kuliah ini mengkaji konseppendidikan dankebudayaan; pendidikan sebagai Ilmu danlandasankeilmuandi bidang pendidikan; tujuan
danharapanpendidikan; subyek danobyeklingkungan danlembagapendidikan;alat, isi sertametodependidikan; pendidikan sebagaisistem
danpendidikan dalampraksis sertamasalah-masalahnya; pendidikan danpengajaran,mendidik danmengajar;aliran-aliranpendidikan; filsafatpendidikan;
pendidikannilaipembentukkarakter,kepribadianbudipekerti danpendidikankarakter; moralseksual,moralperkawinan danmoralhidup; serta
etikakeberagamaan
- Mampu menganalisishakikat, prinsip, serta kedudukan asesmen dan evaluasi di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul (CPMK1)
- Mengklasifikasikan berbagai jenis asesmen dan menerapkannya dalam pembelajaran dengan dilandasi nilai-nilai akademik (CPMK2)
- Menganalisis berbagai parameter yang dapat diukur dengan jenis assessmen tesdengan memperhatikan etika ilmiah dan penuh tanggungjawab (CPMK 3)
Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron.2020.Landasan Kependidikan jilid I dan II.Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.2001.Ilmu Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.
Barnadib, Sutari Imam. 1986.Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.Yogyakarta: FIP-IKIP.
_______________. 2002.Filsafat Pendidikan.Yogyakarta: Adi Cita.
Drijarkara. 1980.Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Komar, H. Oong. 2006.Filsafat Pendidikan Nonformal.Bandung: Pustaka Setia.
Morin, Edgar. 2005.Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan.Yogyakrta: Kanisius.
Mudyahardjo, Redja. 2002.Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar.Bandung: PT Remaja Risdakarya.
Muhadjir, H. Noeng. 2003.Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.Yogyakarta: Rake Sarasin.
Purwanto, M. Ngalim. 2004.Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sadulloh, Uyoh. 2006.Pengantar Filsafat Pendidikan.Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tanlain, Wens dkk. 1989.Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia
Details ...
Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2
sks. Mata kuliah ini mengkaji konseppendidikan dankebudayaan; pendidikan sebagai Ilmu danlandasankeilmuandi bidang pendidikan; tujuan
danharapanpendidikan; subyek danobyeklingkungan danlembagapendidikan;alat, isi sertametodependidikan; pendidikan sebagaisistem
danpendidikan dalampraksis sertamasalah-masalahnya; pendidikan danpengajaran,mendidik danmengajar;aliran-aliranpendidikan; filsafatpendidikan;
pendidikannilaipembentukkarakter,kepribadianbudipekerti danpendidikankarakter; moralseksual,moralperkawinan danmoralhidup; serta
etikakeberagamaan
- Mampu menganalisishakikat, prinsip, serta kedudukan asesmen dan evaluasi di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul (CPMK1)
- Mengklasifikasikan berbagai jenis asesmen dan menerapkannya dalam pembelajaran dengan dilandasi nilai-nilai akademik (CPMK2)
- Menganalisis berbagai parameter yang dapat diukur dengan jenis assessmen tesdengan memperhatikan etika ilmiah dan penuh tanggungjawab (CPMK 3)
Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron.2020.Landasan Kependidikan jilid I dan II.Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.2001.Ilmu Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.
Barnadib, Sutari Imam. 1986.Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.Yogyakarta: FIP-IKIP.
_______________. 2002.Filsafat Pendidikan.Yogyakarta: Adi Cita.
Drijarkara. 1980.Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Komar, H. Oong. 2006.Filsafat Pendidikan Nonformal.Bandung: Pustaka Setia.
Morin, Edgar. 2005.Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan.Yogyakrta: Kanisius.
Mudyahardjo, Redja. 2002.Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar.Bandung: PT Remaja Risdakarya.
Muhadjir, H. Noeng. 2003.Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.Yogyakarta: Rake Sarasin.
Purwanto, M. Ngalim. 2004.Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sadulloh, Uyoh. 2006.Pengantar Filsafat Pendidikan.Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tanlain, Wens dkk. 1989.Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia
Details ...
Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2
sks. Mata kuliah ini mengkaji konseppendidikan dankebudayaan; pendidikan sebagai Ilmu danlandasankeilmuandi bidang pendidikan; tujuan
danharapanpendidikan; subyek danobyeklingkungan danlembagapendidikan;alat, isi sertametodependidikan; pendidikan sebagaisistem
danpendidikan dalampraksis sertamasalah-masalahnya; pendidikan danpengajaran,mendidik danmengajar;aliran-aliranpendidikan; filsafatpendidikan;
pendidikannilaipembentukkarakter,kepribadianbudipekerti danpendidikankarakter; moralseksual,moralperkawinan danmoralhidup; serta
etikakeberagamaan
- Mampu menganalisishakikat, prinsip, serta kedudukan asesmen dan evaluasi di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul (CPMK1)
- Mengklasifikasikan berbagai jenis asesmen dan menerapkannya dalam pembelajaran dengan dilandasi nilai-nilai akademik (CPMK2)
- Menganalisis berbagai parameter yang dapat diukur dengan jenis assessmen tesdengan memperhatikan etika ilmiah dan penuh tanggungjawab (CPMK 3)
Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron.2020.Landasan Kependidikan jilid I dan II.Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.2001.Ilmu Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.
Barnadib, Sutari Imam. 1986.Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.Yogyakarta: FIP-IKIP.
_______________. 2002.Filsafat Pendidikan.Yogyakarta: Adi Cita.
Drijarkara. 1980.Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Komar, H. Oong. 2006.Filsafat Pendidikan Nonformal.Bandung: Pustaka Setia.
Morin, Edgar. 2005.Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan.Yogyakrta: Kanisius.
Mudyahardjo, Redja. 2002.Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar.Bandung: PT Remaja Risdakarya.
Muhadjir, H. Noeng. 2003.Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.Yogyakarta: Rake Sarasin.
Purwanto, M. Ngalim. 2004.Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sadulloh, Uyoh. 2006.Pengantar Filsafat Pendidikan.Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tanlain, Wens dkk. 1989.Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia
Details ...
Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2
sks. Mata kuliah ini mengkaji konseppendidikan dankebudayaan; pendidikan sebagai Ilmu danlandasankeilmuandi bidang pendidikan; tujuan
danharapanpendidikan; subyek danobyeklingkungan danlembagapendidikan;alat, isi sertametodependidikan; pendidikan sebagaisistem
danpendidikan dalampraksis sertamasalah-masalahnya; pendidikan danpengajaran,mendidik danmengajar;aliran-aliranpendidikan; filsafatpendidikan;
pendidikannilaipembentukkarakter,kepribadianbudipekerti danpendidikankarakter; moralseksual,moralperkawinan danmoralhidup; serta
etikakeberagamaan
- Mampu menganalisishakikat, prinsip, serta kedudukan asesmen dan evaluasi di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul (CPMK1)
- Mengklasifikasikan berbagai jenis asesmen dan menerapkannya dalam pembelajaran dengan dilandasi nilai-nilai akademik (CPMK2)
- Menganalisis berbagai parameter yang dapat diukur dengan jenis assessmen tesdengan memperhatikan etika ilmiah dan penuh tanggungjawab (CPMK 3)
Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron.2020.Landasan Kependidikan jilid I dan II.Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.2001.Ilmu Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.
Barnadib, Sutari Imam. 1986.Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.Yogyakarta: FIP-IKIP.
_______________. 2002.Filsafat Pendidikan.Yogyakarta: Adi Cita.
Drijarkara. 1980.Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Komar, H. Oong. 2006.Filsafat Pendidikan Nonformal.Bandung: Pustaka Setia.
Morin, Edgar. 2005.Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan.Yogyakrta: Kanisius.
Mudyahardjo, Redja. 2002.Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar.Bandung: PT Remaja Risdakarya.
Muhadjir, H. Noeng. 2003.Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.Yogyakarta: Rake Sarasin.
Purwanto, M. Ngalim. 2004.Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sadulloh, Uyoh. 2006.Pengantar Filsafat Pendidikan.Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tanlain, Wens dkk. 1989.Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia
Details ...
Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2
sks. Mata kuliah ini mengkaji konseppendidikan dankebudayaan; pendidikan sebagai Ilmu danlandasankeilmuandi bidang pendidikan; tujuan
danharapanpendidikan; subyek danobyeklingkungan danlembagapendidikan;alat, isi sertametodependidikan; pendidikan sebagaisistem
danpendidikan dalampraksis sertamasalah-masalahnya; pendidikan danpengajaran,mendidik danmengajar;aliran-aliranpendidikan; filsafatpendidikan;
pendidikannilaipembentukkarakter,kepribadianbudipekerti danpendidikankarakter; moralseksual,moralperkawinan danmoralhidup; serta
etikakeberagamaan
- Mampu menganalisishakikat, prinsip, serta kedudukan asesmen dan evaluasi di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul (CPMK1)
- Mengklasifikasikan berbagai jenis asesmen dan menerapkannya dalam pembelajaran dengan dilandasi nilai-nilai akademik (CPMK2)
- Menganalisis berbagai parameter yang dapat diukur dengan jenis assessmen tesdengan memperhatikan etika ilmiah dan penuh tanggungjawab (CPMK 3)
Soegeng Ysh., A.Y.– Abdullah, Ghufron.2020.Landasan Kependidikan jilid I dan II.Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.2001.Ilmu Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.
Barnadib, Sutari Imam. 1986.Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.Yogyakarta: FIP-IKIP.
_______________. 2002.Filsafat Pendidikan.Yogyakarta: Adi Cita.
Drijarkara. 1980.Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Komar, H. Oong. 2006.Filsafat Pendidikan Nonformal.Bandung: Pustaka Setia.
Morin, Edgar. 2005.Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan.Yogyakrta: Kanisius.
Mudyahardjo, Redja. 2002.Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar.Bandung: PT Remaja Risdakarya.
Muhadjir, H. Noeng. 2003.Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.Yogyakarta: Rake Sarasin.
Purwanto, M. Ngalim. 2004.Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sadulloh, Uyoh. 2006.Pengantar Filsafat Pendidikan.Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tanlain, Wens dkk. 1989.Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia
Details ...
Mata Kuliah |
Landasan Kependidikan |
Kode Mata Kuliah |
MKP 112 |
Nama Dosen |
Dr. Ghufron Abdullah, M.Pd & Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh. M.Pd |
Semester/sks |
1/2 |
|
|
Status Mata Kuliah |
Wajib |
|
|
Sikap |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
|
Keterampilan Umum |
|
Keterampilan Khusus |
|
Penguasaan Pengetahuan |
|
Kompt. Inti |
Mampu memahami Dasar-dasar Ilmu Pendidikan dan menerapkannya di dalam praksis. |
Tujuan MK |
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan teori pendidikan serta meneraspkannya di dalam praksis pendidikan. |
Deskripsi MK |
Pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu8; landasan dan ilmi bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan obyek pendidikan; leingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metodependidikan; masalah-masalah pendidikan; pendidikan karakter. |
Buku Teks/Wajib |
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press. |
BukuAcuan/Anjur. |
|
Alat Bantu Pengaj. |
Laptop, LCD. Alat tulis. |
Cara Evaluasi |
Skor presentasi, diskusi, tanya jawab; tugus; UTS; dan UAS. |
Tugas Mahasiswa |
Menyiapkan materi secara kelompok dan mempresentasikan secara individual; menyusun paper. |
|
Pertemuan |
Kemampuan Akhir yang Diharapkan |
Pokok Bahasan |
Sub Pokok Bahasan |
Estimasi Waktu |
Sumber Kepustakaan |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
I |
Memahami mendidik dan ilmu pendidikan. |
Mendidik dan Ilmu Pendidikan. |
Pengertian pendidikan. Pendidikan sebagai ilmu |
2 x 50 menit |
Sudharto dkk. (2009: 1-24). Drijarkara, N. (1961). Drost S.J., J. (2000: 1-21) Moore, T.W. (1982: 1-20). Tanlain, Wens, dkk. (1989: 3-11). Tirtarahardja, Umar & S.L. La Sulo (2005: 32-80).
|
II |
Memahami landasan dan ilmu bantu pendidikan |
Landasan dan Ilmu bantu pendidikan. |
Landasan: filsafat, psikologi, hukum, sejarah, ekonomi, dan sosial budaya |
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 25-56). Drijarkara (1961: 239-262). Hassan, Fuad (2004: 52-66). Tilaar, H.A.R. (2005: 59-171). Widiastono, Tonny D. (2004: xv-xxv).
|
III |
Memahami tujuan pendidikan. |
Tujuan pendidikan. |
Macam tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan arti umum. Tujuan pendidikan arti khusus. |
2 x 50 menit |
Sudharto (2009: 57-80). Ahmadi, H. Abu & Nur Uhbiyati (2001: 98-139). Koesoemo, D. Doni (2006: 62-68). Moore, T.W. (1982: 21-30). Tanlain, Wens, dkk. (1989: 17-26) Dll.
|
IV |
Memahami subyek dan obyek pendidikan. |
Subyek dan obyek pendidikan. |
Pendidik. Anak didik. |
2 x 50 menit |
Sudharto (2009: 81-100). Ahmadi, H.Abu & Nur Uhbiyati (2001; 162-187). Buchori, Mochtar (1994: 33-44). Dll.
|
V |
Memahami libn gkungan dan lembaga pendidikan. |
Lingkungan dan lembaga pendidikan. |
Pengaruh lingkungan. Tripusat pendidikan. Pendidikan formal, nonfromal, infromal.
|
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 101-134). Ahmadi, H.Abu & Uhbiyati, Nur (2001: 164-169). Drijarkara , N. (1980: 70-128). Dll. |
VI |
Memahami alat pendidikan. |
Alat pendidikan. |
Pembiasaan, peneladanan, perintah-larangan, teguran-ancaman, hukuman-ganjaran, kewibawaan-motivasi.
|
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 135- 160). Ahmadi, H.Abu & Uhbiyati, Nur (2001: 140-161). Koesoemo, A. Doni (2006: 62-68). Dll. |
VII |
Memahami isi dan metode pendidikan. |
Isi dan metode pendidikan. |
Isi pendidikan. Kurikulum. Metode pendidikan. |
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 161- 196). Drijarkara, N. (1980: 77-126). Moore, T.W. (1982: 40-65). Dll.
|
VIII |
Memahami masalah pendidikan. |
Masalah pendidikan |
Pemerataan, efisiensi, relevansi, mutu pendidikan |
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 197-221). Arcaro, jerome S. (2006: 75-89). Drost S.J., J. (w2006: 3-8). Koesoemo A, Doni (2004: 198-216). Dll.
|
IX
|
UTS |
||||
X |
Memahami nilai sebagai isi pendidikan karakter. |
Nilai sebagai isi pendidikan karakter. |
Pengertian, peremasalahan, tingkatan, peranan dan tipe-tipe nilai. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 1-26). Bertens, K. (2002: 139-232). Magnis-Suseno, Franz (2006: 15-34). Dll.
|
XI |
Memahami agama sebagai asal dan tujuan pendidikan karakter. |
Agama asal dan tujuan pendidikan klarakter. |
Pendidikan agama; beragama inklusif; hubungan moral-agama. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 27-52). Moore, T.W. (1982: 90-114). Pipps, William E. (2000: 305). Dll.
|
XII
|
Memahami etika sebagai landasan pendidikan karakter. |
Etika sebagai landasan pendidikan karakter. |
Tujuan akhir; perbuatan manusia; kehendak merdeka; pedoman kesusilaan; hukum dan moral; suara hati; kebajikan. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 53-80). Drijarkara S.J., N. (S.d.: 85-102). Pakubuwono IV (1977). Setiardja, A. Gunawan (1995).
|
XIII
|
Memahami Pansaila sebagai landasan pendidikan karakter. |
Pancasila sebagai landasan pendidikan karakter. |
Nilai-nilai sila-sila Pancasila |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 81-110). Drijarkara S.J., N. (S.d.: 133-162). Setiardja, A. Gunawan (1995: 39-65). Zoetmulder, P.J. (1991: 213-247).
|
XIV |
Memahami kepribadian dan budi pekerti. |
Kepribadian dan karaktedr serta budi pekerti. |
Kepribadian. Pendidikan budi pekerti. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 111-136) Drijarkara, N. (1960). Hardjana, A.M. (1992). Dll.
|
XV |
Memahami nilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. |
Nilai-nilai pembentuk karakter. kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. |
Nilai kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 161-236). Bertens, K. (2002: 211-232). Rachels, James (2004: 306-337). Dll.
|
XVI |
Memahami prinsip dan kekuatan moral. |
Tindakan, prinsip, dan kekuatan moral. |
Tindakan manusia. Prinsip dasar moral. Kekuatan moral. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 237- 266). Magnis-Suseno, Franz (1987: 129-150). Ramly, H. Mansyur, dkk. (2011: 1-4).
|
XVII |
Memahami moral seksual, perkawinan, dan hidup. |
Moral seksual, perkawinan, dan hidup. |
Moral seksual. Moral perkawinan. Moral hidup. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013:267-312). Akbar, H.Ali (1986: 9-96). Hadiwardoyo, Al. Purwa (1990: 23-73). Partakusuma, H . Karkono Kamajaya (1992: 51-55).
|
XVIII
|
UAS |
||||
|
Daftar Buku Wajib:
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Press.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
Daftar Buku Anjuran
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis. Yogyakarta: FIP-IKIP.
- _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Saifullah H.A., Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Details ...
Mata Kuliah |
Landasan Kependidikan |
Kode Mata Kuliah |
MKP 112 |
Nama Dosen |
Dr. Ghufron Abdullah, M.Pd & Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh. M.Pd |
Semester/sks |
1/2 |
|
|
Status Mata Kuliah |
Wajib |
|
|
Sikap |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
|
Keterampilan Umum |
|
Keterampilan Khusus |
|
Penguasaan Pengetahuan |
|
Kompt. Inti |
Mampu memahami Dasar-dasar Ilmu Pendidikan dan menerapkannya di dalam praksis. |
Tujuan MK |
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan teori pendidikan serta meneraspkannya di dalam praksis pendidikan. |
Deskripsi MK |
Pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu8; landasan dan ilmi bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan obyek pendidikan; leingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metodependidikan; masalah-masalah pendidikan; pendidikan karakter. |
Buku Teks/Wajib |
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press. |
BukuAcuan/Anjur. |
|
Alat Bantu Pengaj. |
Laptop, LCD. Alat tulis. |
Cara Evaluasi |
Skor presentasi, diskusi, tanya jawab; tugus; UTS; dan UAS. |
Tugas Mahasiswa |
Menyiapkan materi secara kelompok dan mempresentasikan secara individual; menyusun paper. |
|
Pertemuan |
Kemampuan Akhir yang Diharapkan |
Pokok Bahasan |
Sub Pokok Bahasan |
Estimasi Waktu |
Sumber Kepustakaan |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
I |
Memahami mendidik dan ilmu pendidikan. |
Mendidik dan Ilmu Pendidikan. |
Pengertian pendidikan. Pendidikan sebagai ilmu |
2 x 50 menit |
Sudharto dkk. (2009: 1-24). Drijarkara, N. (1961). Drost S.J., J. (2000: 1-21) Moore, T.W. (1982: 1-20). Tanlain, Wens, dkk. (1989: 3-11). Tirtarahardja, Umar & S.L. La Sulo (2005: 32-80).
|
II |
Memahami landasan dan ilmu bantu pendidikan |
Landasan dan Ilmu bantu pendidikan. |
Landasan: filsafat, psikologi, hukum, sejarah, ekonomi, dan sosial budaya |
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 25-56). Drijarkara (1961: 239-262). Hassan, Fuad (2004: 52-66). Tilaar, H.A.R. (2005: 59-171). Widiastono, Tonny D. (2004: xv-xxv).
|
III |
Memahami tujuan pendidikan. |
Tujuan pendidikan. |
Macam tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan arti umum. Tujuan pendidikan arti khusus. |
2 x 50 menit |
Sudharto (2009: 57-80). Ahmadi, H. Abu & Nur Uhbiyati (2001: 98-139). Koesoemo, D. Doni (2006: 62-68). Moore, T.W. (1982: 21-30). Tanlain, Wens, dkk. (1989: 17-26) Dll.
|
IV |
Memahami subyek dan obyek pendidikan. |
Subyek dan obyek pendidikan. |
Pendidik. Anak didik. |
2 x 50 menit |
Sudharto (2009: 81-100). Ahmadi, H.Abu & Nur Uhbiyati (2001; 162-187). Buchori, Mochtar (1994: 33-44). Dll.
|
V |
Memahami libn gkungan dan lembaga pendidikan. |
Lingkungan dan lembaga pendidikan. |
Pengaruh lingkungan. Tripusat pendidikan. Pendidikan formal, nonfromal, infromal.
|
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 101-134). Ahmadi, H.Abu & Uhbiyati, Nur (2001: 164-169). Drijarkara , N. (1980: 70-128). Dll. |
VI |
Memahami alat pendidikan. |
Alat pendidikan. |
Pembiasaan, peneladanan, perintah-larangan, teguran-ancaman, hukuman-ganjaran, kewibawaan-motivasi.
|
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 135- 160). Ahmadi, H.Abu & Uhbiyati, Nur (2001: 140-161). Koesoemo, A. Doni (2006: 62-68). Dll. |
VII |
Memahami isi dan metode pendidikan. |
Isi dan metode pendidikan. |
Isi pendidikan. Kurikulum. Metode pendidikan. |
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 161- 196). Drijarkara, N. (1980: 77-126). Moore, T.W. (1982: 40-65). Dll.
|
VIII |
Memahami masalah pendidikan. |
Masalah pendidikan |
Pemerataan, efisiensi, relevansi, mutu pendidikan |
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 197-221). Arcaro, jerome S. (2006: 75-89). Drost S.J., J. (w2006: 3-8). Koesoemo A, Doni (2004: 198-216). Dll.
|
IX
|
UTS |
||||
X |
Memahami nilai sebagai isi pendidikan karakter. |
Nilai sebagai isi pendidikan karakter. |
Pengertian, peremasalahan, tingkatan, peranan dan tipe-tipe nilai. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 1-26). Bertens, K. (2002: 139-232). Magnis-Suseno, Franz (2006: 15-34). Dll.
|
XI |
Memahami agama sebagai asal dan tujuan pendidikan karakter. |
Agama asal dan tujuan pendidikan klarakter. |
Pendidikan agama; beragama inklusif; hubungan moral-agama. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 27-52). Moore, T.W. (1982: 90-114). Pipps, William E. (2000: 305). Dll.
|
XII
|
Memahami etika sebagai landasan pendidikan karakter. |
Etika sebagai landasan pendidikan karakter. |
Tujuan akhir; perbuatan manusia; kehendak merdeka; pedoman kesusilaan; hukum dan moral; suara hati; kebajikan. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 53-80). Drijarkara S.J., N. (S.d.: 85-102). Pakubuwono IV (1977). Setiardja, A. Gunawan (1995).
|
XIII
|
Memahami Pansaila sebagai landasan pendidikan karakter. |
Pancasila sebagai landasan pendidikan karakter. |
Nilai-nilai sila-sila Pancasila |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 81-110). Drijarkara S.J., N. (S.d.: 133-162). Setiardja, A. Gunawan (1995: 39-65). Zoetmulder, P.J. (1991: 213-247).
|
XIV |
Memahami kepribadian dan budi pekerti. |
Kepribadian dan karaktedr serta budi pekerti. |
Kepribadian. Pendidikan budi pekerti. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 111-136) Drijarkara, N. (1960). Hardjana, A.M. (1992). Dll.
|
XV |
Memahami nilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. |
Nilai-nilai pembentuk karakter. kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. |
Nilai kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 161-236). Bertens, K. (2002: 211-232). Rachels, James (2004: 306-337). Dll.
|
XVI |
Memahami prinsip dan kekuatan moral. |
Tindakan, prinsip, dan kekuatan moral. |
Tindakan manusia. Prinsip dasar moral. Kekuatan moral. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 237- 266). Magnis-Suseno, Franz (1987: 129-150). Ramly, H. Mansyur, dkk. (2011: 1-4).
|
XVII |
Memahami moral seksual, perkawinan, dan hidup. |
Moral seksual, perkawinan, dan hidup. |
Moral seksual. Moral perkawinan. Moral hidup. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013:267-312). Akbar, H.Ali (1986: 9-96). Hadiwardoyo, Al. Purwa (1990: 23-73). Partakusuma, H . Karkono Kamajaya (1992: 51-55).
|
XVIII
|
UAS |
||||
|
Daftar Buku Wajib:
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Press.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
Daftar Buku Anjuran
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis. Yogyakarta: FIP-IKIP.
- _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Saifullah H.A., Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Details ...
Mata Kuliah |
Landasan Kependidikan |
Kode Mata Kuliah |
MKP 112 |
Nama Dosen |
Dr. Ghufron Abdullah, M.Pd & Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh. M.Pd |
Semester/sks |
1/2 |
|
|
Status Mata Kuliah |
Wajib |
|
|
Sikap |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
|
Keterampilan Umum |
|
Keterampilan Khusus |
|
Penguasaan Pengetahuan |
|
Kompt. Inti |
Mampu memahami Dasar-dasar Ilmu Pendidikan dan menerapkannya di dalam praksis. |
Tujuan MK |
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan teori pendidikan serta meneraspkannya di dalam praksis pendidikan. |
Deskripsi MK |
Pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu8; landasan dan ilmi bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan obyek pendidikan; leingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metodependidikan; masalah-masalah pendidikan; pendidikan karakter. |
Buku Teks/Wajib |
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press. |
BukuAcuan/Anjur. |
|
Alat Bantu Pengaj. |
Laptop, LCD. Alat tulis. |
Cara Evaluasi |
Skor presentasi, diskusi, tanya jawab; tugus; UTS; dan UAS. |
Tugas Mahasiswa |
Menyiapkan materi secara kelompok dan mempresentasikan secara individual; menyusun paper. |
|
Pertemuan |
Kemampuan Akhir yang Diharapkan |
Pokok Bahasan |
Sub Pokok Bahasan |
Estimasi Waktu |
Sumber Kepustakaan |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
I |
Memahami mendidik dan ilmu pendidikan. |
Mendidik dan Ilmu Pendidikan. |
Pengertian pendidikan. Pendidikan sebagai ilmu |
2 x 50 menit |
Sudharto dkk. (2009: 1-24). Drijarkara, N. (1961). Drost S.J., J. (2000: 1-21) Moore, T.W. (1982: 1-20). Tanlain, Wens, dkk. (1989: 3-11). Tirtarahardja, Umar & S.L. La Sulo (2005: 32-80).
|
II |
Memahami landasan dan ilmu bantu pendidikan |
Landasan dan Ilmu bantu pendidikan. |
Landasan: filsafat, psikologi, hukum, sejarah, ekonomi, dan sosial budaya |
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 25-56). Drijarkara (1961: 239-262). Hassan, Fuad (2004: 52-66). Tilaar, H.A.R. (2005: 59-171). Widiastono, Tonny D. (2004: xv-xxv).
|
III |
Memahami tujuan pendidikan. |
Tujuan pendidikan. |
Macam tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan arti umum. Tujuan pendidikan arti khusus. |
2 x 50 menit |
Sudharto (2009: 57-80). Ahmadi, H. Abu & Nur Uhbiyati (2001: 98-139). Koesoemo, D. Doni (2006: 62-68). Moore, T.W. (1982: 21-30). Tanlain, Wens, dkk. (1989: 17-26) Dll.
|
IV |
Memahami subyek dan obyek pendidikan. |
Subyek dan obyek pendidikan. |
Pendidik. Anak didik. |
2 x 50 menit |
Sudharto (2009: 81-100). Ahmadi, H.Abu & Nur Uhbiyati (2001; 162-187). Buchori, Mochtar (1994: 33-44). Dll.
|
V |
Memahami libn gkungan dan lembaga pendidikan. |
Lingkungan dan lembaga pendidikan. |
Pengaruh lingkungan. Tripusat pendidikan. Pendidikan formal, nonfromal, infromal.
|
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 101-134). Ahmadi, H.Abu & Uhbiyati, Nur (2001: 164-169). Drijarkara , N. (1980: 70-128). Dll. |
VI |
Memahami alat pendidikan. |
Alat pendidikan. |
Pembiasaan, peneladanan, perintah-larangan, teguran-ancaman, hukuman-ganjaran, kewibawaan-motivasi.
|
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 135- 160). Ahmadi, H.Abu & Uhbiyati, Nur (2001: 140-161). Koesoemo, A. Doni (2006: 62-68). Dll. |
VII |
Memahami isi dan metode pendidikan. |
Isi dan metode pendidikan. |
Isi pendidikan. Kurikulum. Metode pendidikan. |
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 161- 196). Drijarkara, N. (1980: 77-126). Moore, T.W. (1982: 40-65). Dll.
|
VIII |
Memahami masalah pendidikan. |
Masalah pendidikan |
Pemerataan, efisiensi, relevansi, mutu pendidikan |
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 197-221). Arcaro, jerome S. (2006: 75-89). Drost S.J., J. (w2006: 3-8). Koesoemo A, Doni (2004: 198-216). Dll.
|
IX
|
UTS |
||||
X |
Memahami nilai sebagai isi pendidikan karakter. |
Nilai sebagai isi pendidikan karakter. |
Pengertian, peremasalahan, tingkatan, peranan dan tipe-tipe nilai. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 1-26). Bertens, K. (2002: 139-232). Magnis-Suseno, Franz (2006: 15-34). Dll.
|
XI |
Memahami agama sebagai asal dan tujuan pendidikan karakter. |
Agama asal dan tujuan pendidikan klarakter. |
Pendidikan agama; beragama inklusif; hubungan moral-agama. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 27-52). Moore, T.W. (1982: 90-114). Pipps, William E. (2000: 305). Dll.
|
XII
|
Memahami etika sebagai landasan pendidikan karakter. |
Etika sebagai landasan pendidikan karakter. |
Tujuan akhir; perbuatan manusia; kehendak merdeka; pedoman kesusilaan; hukum dan moral; suara hati; kebajikan. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 53-80). Drijarkara S.J., N. (S.d.: 85-102). Pakubuwono IV (1977). Setiardja, A. Gunawan (1995).
|
XIII
|
Memahami Pansaila sebagai landasan pendidikan karakter. |
Pancasila sebagai landasan pendidikan karakter. |
Nilai-nilai sila-sila Pancasila |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 81-110). Drijarkara S.J., N. (S.d.: 133-162). Setiardja, A. Gunawan (1995: 39-65). Zoetmulder, P.J. (1991: 213-247).
|
XIV |
Memahami kepribadian dan budi pekerti. |
Kepribadian dan karaktedr serta budi pekerti. |
Kepribadian. Pendidikan budi pekerti. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 111-136) Drijarkara, N. (1960). Hardjana, A.M. (1992). Dll.
|
XV |
Memahami nilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. |
Nilai-nilai pembentuk karakter. kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. |
Nilai kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 161-236). Bertens, K. (2002: 211-232). Rachels, James (2004: 306-337). Dll.
|
XVI |
Memahami prinsip dan kekuatan moral. |
Tindakan, prinsip, dan kekuatan moral. |
Tindakan manusia. Prinsip dasar moral. Kekuatan moral. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 237- 266). Magnis-Suseno, Franz (1987: 129-150). Ramly, H. Mansyur, dkk. (2011: 1-4).
|
XVII |
Memahami moral seksual, perkawinan, dan hidup. |
Moral seksual, perkawinan, dan hidup. |
Moral seksual. Moral perkawinan. Moral hidup. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013:267-312). Akbar, H.Ali (1986: 9-96). Hadiwardoyo, Al. Purwa (1990: 23-73). Partakusuma, H . Karkono Kamajaya (1992: 51-55).
|
XVIII
|
UAS |
||||
|
Daftar Buku Wajib:
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Press.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
Daftar Buku Anjuran
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis. Yogyakarta: FIP-IKIP.
- _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Saifullah H.A., Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Details ...
Mata Kuliah |
Landasan Kependidikan |
Kode Mata Kuliah |
MKP 112 |
Nama Dosen |
Dr. Ghufron Abdullah, M.Pd & Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh. M.Pd |
Semester/sks |
1/2 |
|
|
Status Mata Kuliah |
Wajib |
|
|
Sikap |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
|
Keterampilan Umum |
|
Keterampilan Khusus |
|
Penguasaan Pengetahuan |
|
Kompt. Inti |
Mampu memahami Dasar-dasar Ilmu Pendidikan dan menerapkannya di dalam praksis. |
Tujuan MK |
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan teori pendidikan serta meneraspkannya di dalam praksis pendidikan. |
Deskripsi MK |
Pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu8; landasan dan ilmi bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan obyek pendidikan; leingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metodependidikan; masalah-masalah pendidikan; pendidikan karakter. |
Buku Teks/Wajib |
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press. |
BukuAcuan/Anjur. |
|
Alat Bantu Pengaj. |
Laptop, LCD. Alat tulis. |
Cara Evaluasi |
Skor presentasi, diskusi, tanya jawab; tugus; UTS; dan UAS. |
Tugas Mahasiswa |
Menyiapkan materi secara kelompok dan mempresentasikan secara individual; menyusun paper. |
|
Pertemuan |
Kemampuan Akhir yang Diharapkan |
Pokok Bahasan |
Sub Pokok Bahasan |
Estimasi Waktu |
Sumber Kepustakaan |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
I |
Memahami mendidik dan ilmu pendidikan. |
Mendidik dan Ilmu Pendidikan. |
Pengertian pendidikan. Pendidikan sebagai ilmu |
2 x 50 menit |
Sudharto dkk. (2009: 1-24). Drijarkara, N. (1961). Drost S.J., J. (2000: 1-21) Moore, T.W. (1982: 1-20). Tanlain, Wens, dkk. (1989: 3-11). Tirtarahardja, Umar & S.L. La Sulo (2005: 32-80).
|
II |
Memahami landasan dan ilmu bantu pendidikan |
Landasan dan Ilmu bantu pendidikan. |
Landasan: filsafat, psikologi, hukum, sejarah, ekonomi, dan sosial budaya |
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 25-56). Drijarkara (1961: 239-262). Hassan, Fuad (2004: 52-66). Tilaar, H.A.R. (2005: 59-171). Widiastono, Tonny D. (2004: xv-xxv).
|
III |
Memahami tujuan pendidikan. |
Tujuan pendidikan. |
Macam tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan arti umum. Tujuan pendidikan arti khusus. |
2 x 50 menit |
Sudharto (2009: 57-80). Ahmadi, H. Abu & Nur Uhbiyati (2001: 98-139). Koesoemo, D. Doni (2006: 62-68). Moore, T.W. (1982: 21-30). Tanlain, Wens, dkk. (1989: 17-26) Dll.
|
IV |
Memahami subyek dan obyek pendidikan. |
Subyek dan obyek pendidikan. |
Pendidik. Anak didik. |
2 x 50 menit |
Sudharto (2009: 81-100). Ahmadi, H.Abu & Nur Uhbiyati (2001; 162-187). Buchori, Mochtar (1994: 33-44). Dll.
|
V |
Memahami libn gkungan dan lembaga pendidikan. |
Lingkungan dan lembaga pendidikan. |
Pengaruh lingkungan. Tripusat pendidikan. Pendidikan formal, nonfromal, infromal.
|
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 101-134). Ahmadi, H.Abu & Uhbiyati, Nur (2001: 164-169). Drijarkara , N. (1980: 70-128). Dll. |
VI |
Memahami alat pendidikan. |
Alat pendidikan. |
Pembiasaan, peneladanan, perintah-larangan, teguran-ancaman, hukuman-ganjaran, kewibawaan-motivasi.
|
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 135- 160). Ahmadi, H.Abu & Uhbiyati, Nur (2001: 140-161). Koesoemo, A. Doni (2006: 62-68). Dll. |
VII |
Memahami isi dan metode pendidikan. |
Isi dan metode pendidikan. |
Isi pendidikan. Kurikulum. Metode pendidikan. |
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 161- 196). Drijarkara, N. (1980: 77-126). Moore, T.W. (1982: 40-65). Dll.
|
VIII |
Memahami masalah pendidikan. |
Masalah pendidikan |
Pemerataan, efisiensi, relevansi, mutu pendidikan |
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 197-221). Arcaro, jerome S. (2006: 75-89). Drost S.J., J. (w2006: 3-8). Koesoemo A, Doni (2004: 198-216). Dll.
|
IX
|
UTS |
||||
X |
Memahami nilai sebagai isi pendidikan karakter. |
Nilai sebagai isi pendidikan karakter. |
Pengertian, peremasalahan, tingkatan, peranan dan tipe-tipe nilai. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 1-26). Bertens, K. (2002: 139-232). Magnis-Suseno, Franz (2006: 15-34). Dll.
|
XI |
Memahami agama sebagai asal dan tujuan pendidikan karakter. |
Agama asal dan tujuan pendidikan klarakter. |
Pendidikan agama; beragama inklusif; hubungan moral-agama. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 27-52). Moore, T.W. (1982: 90-114). Pipps, William E. (2000: 305). Dll.
|
XII
|
Memahami etika sebagai landasan pendidikan karakter. |
Etika sebagai landasan pendidikan karakter. |
Tujuan akhir; perbuatan manusia; kehendak merdeka; pedoman kesusilaan; hukum dan moral; suara hati; kebajikan. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 53-80). Drijarkara S.J., N. (S.d.: 85-102). Pakubuwono IV (1977). Setiardja, A. Gunawan (1995).
|
XIII
|
Memahami Pansaila sebagai landasan pendidikan karakter. |
Pancasila sebagai landasan pendidikan karakter. |
Nilai-nilai sila-sila Pancasila |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 81-110). Drijarkara S.J., N. (S.d.: 133-162). Setiardja, A. Gunawan (1995: 39-65). Zoetmulder, P.J. (1991: 213-247).
|
XIV |
Memahami kepribadian dan budi pekerti. |
Kepribadian dan karaktedr serta budi pekerti. |
Kepribadian. Pendidikan budi pekerti. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 111-136) Drijarkara, N. (1960). Hardjana, A.M. (1992). Dll.
|
XV |
Memahami nilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. |
Nilai-nilai pembentuk karakter. kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. |
Nilai kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 161-236). Bertens, K. (2002: 211-232). Rachels, James (2004: 306-337). Dll.
|
XVI |
Memahami prinsip dan kekuatan moral. |
Tindakan, prinsip, dan kekuatan moral. |
Tindakan manusia. Prinsip dasar moral. Kekuatan moral. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 237- 266). Magnis-Suseno, Franz (1987: 129-150). Ramly, H. Mansyur, dkk. (2011: 1-4).
|
XVII |
Memahami moral seksual, perkawinan, dan hidup. |
Moral seksual, perkawinan, dan hidup. |
Moral seksual. Moral perkawinan. Moral hidup. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013:267-312). Akbar, H.Ali (1986: 9-96). Hadiwardoyo, Al. Purwa (1990: 23-73). Partakusuma, H . Karkono Kamajaya (1992: 51-55).
|
XVIII
|
UAS |
||||
|
Daftar Buku Wajib:
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Press.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
Daftar Buku Anjuran
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis. Yogyakarta: FIP-IKIP.
- _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Saifullah H.A., Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Details ...
Mata Kuliah |
Landasan Kependidikan |
Kode Mata Kuliah |
MKP 112 |
Nama Dosen |
Dr. Ghufron Abdullah, M.Pd & Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh. M.Pd |
Semester/sks |
1/2 |
|
|
Status Mata Kuliah |
Wajib |
|
|
Sikap |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
|
Keterampilan Umum |
|
Keterampilan Khusus |
|
Penguasaan Pengetahuan |
|
Kompt. Inti |
Mampu memahami Dasar-dasar Ilmu Pendidikan dan menerapkannya di dalam praksis. |
Tujuan MK |
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan teori pendidikan serta meneraspkannya di dalam praksis pendidikan. |
Deskripsi MK |
Pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu8; landasan dan ilmi bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan obyek pendidikan; leingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metodependidikan; masalah-masalah pendidikan; pendidikan karakter. |
Buku Teks/Wajib |
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press. |
BukuAcuan/Anjur. |
|
Alat Bantu Pengaj. |
Laptop, LCD. Alat tulis. |
Cara Evaluasi |
Skor presentasi, diskusi, tanya jawab; tugus; UTS; dan UAS. |
Tugas Mahasiswa |
Menyiapkan materi secara kelompok dan mempresentasikan secara individual; menyusun paper. |
|
Pertemuan |
Kemampuan Akhir yang Diharapkan |
Pokok Bahasan |
Sub Pokok Bahasan |
Estimasi Waktu |
Sumber Kepustakaan |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
I |
Memahami mendidik dan ilmu pendidikan. |
Mendidik dan Ilmu Pendidikan. |
Pengertian pendidikan. Pendidikan sebagai ilmu |
2 x 50 menit |
Sudharto dkk. (2009: 1-24). Drijarkara, N. (1961). Drost S.J., J. (2000: 1-21) Moore, T.W. (1982: 1-20). Tanlain, Wens, dkk. (1989: 3-11). Tirtarahardja, Umar & S.L. La Sulo (2005: 32-80).
|
II |
Memahami landasan dan ilmu bantu pendidikan |
Landasan dan Ilmu bantu pendidikan. |
Landasan: filsafat, psikologi, hukum, sejarah, ekonomi, dan sosial budaya |
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 25-56). Drijarkara (1961: 239-262). Hassan, Fuad (2004: 52-66). Tilaar, H.A.R. (2005: 59-171). Widiastono, Tonny D. (2004: xv-xxv).
|
III |
Memahami tujuan pendidikan. |
Tujuan pendidikan. |
Macam tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan arti umum. Tujuan pendidikan arti khusus. |
2 x 50 menit |
Sudharto (2009: 57-80). Ahmadi, H. Abu & Nur Uhbiyati (2001: 98-139). Koesoemo, D. Doni (2006: 62-68). Moore, T.W. (1982: 21-30). Tanlain, Wens, dkk. (1989: 17-26) Dll.
|
IV |
Memahami subyek dan obyek pendidikan. |
Subyek dan obyek pendidikan. |
Pendidik. Anak didik. |
2 x 50 menit |
Sudharto (2009: 81-100). Ahmadi, H.Abu & Nur Uhbiyati (2001; 162-187). Buchori, Mochtar (1994: 33-44). Dll.
|
V |
Memahami libn gkungan dan lembaga pendidikan. |
Lingkungan dan lembaga pendidikan. |
Pengaruh lingkungan. Tripusat pendidikan. Pendidikan formal, nonfromal, infromal.
|
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 101-134). Ahmadi, H.Abu & Uhbiyati, Nur (2001: 164-169). Drijarkara , N. (1980: 70-128). Dll. |
VI |
Memahami alat pendidikan. |
Alat pendidikan. |
Pembiasaan, peneladanan, perintah-larangan, teguran-ancaman, hukuman-ganjaran, kewibawaan-motivasi.
|
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 135- 160). Ahmadi, H.Abu & Uhbiyati, Nur (2001: 140-161). Koesoemo, A. Doni (2006: 62-68). Dll. |
VII |
Memahami isi dan metode pendidikan. |
Isi dan metode pendidikan. |
Isi pendidikan. Kurikulum. Metode pendidikan. |
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 161- 196). Drijarkara, N. (1980: 77-126). Moore, T.W. (1982: 40-65). Dll.
|
VIII |
Memahami masalah pendidikan. |
Masalah pendidikan |
Pemerataan, efisiensi, relevansi, mutu pendidikan |
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 197-221). Arcaro, jerome S. (2006: 75-89). Drost S.J., J. (w2006: 3-8). Koesoemo A, Doni (2004: 198-216). Dll.
|
IX
|
UTS |
||||
X |
Memahami nilai sebagai isi pendidikan karakter. |
Nilai sebagai isi pendidikan karakter. |
Pengertian, peremasalahan, tingkatan, peranan dan tipe-tipe nilai. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 1-26). Bertens, K. (2002: 139-232). Magnis-Suseno, Franz (2006: 15-34). Dll.
|
XI |
Memahami agama sebagai asal dan tujuan pendidikan karakter. |
Agama asal dan tujuan pendidikan klarakter. |
Pendidikan agama; beragama inklusif; hubungan moral-agama. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 27-52). Moore, T.W. (1982: 90-114). Pipps, William E. (2000: 305). Dll.
|
XII
|
Memahami etika sebagai landasan pendidikan karakter. |
Etika sebagai landasan pendidikan karakter. |
Tujuan akhir; perbuatan manusia; kehendak merdeka; pedoman kesusilaan; hukum dan moral; suara hati; kebajikan. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 53-80). Drijarkara S.J., N. (S.d.: 85-102). Pakubuwono IV (1977). Setiardja, A. Gunawan (1995).
|
XIII
|
Memahami Pansaila sebagai landasan pendidikan karakter. |
Pancasila sebagai landasan pendidikan karakter. |
Nilai-nilai sila-sila Pancasila |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 81-110). Drijarkara S.J., N. (S.d.: 133-162). Setiardja, A. Gunawan (1995: 39-65). Zoetmulder, P.J. (1991: 213-247).
|
XIV |
Memahami kepribadian dan budi pekerti. |
Kepribadian dan karaktedr serta budi pekerti. |
Kepribadian. Pendidikan budi pekerti. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 111-136) Drijarkara, N. (1960). Hardjana, A.M. (1992). Dll.
|
XV |
Memahami nilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. |
Nilai-nilai pembentuk karakter. kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. |
Nilai kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 161-236). Bertens, K. (2002: 211-232). Rachels, James (2004: 306-337). Dll.
|
XVI |
Memahami prinsip dan kekuatan moral. |
Tindakan, prinsip, dan kekuatan moral. |
Tindakan manusia. Prinsip dasar moral. Kekuatan moral. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 237- 266). Magnis-Suseno, Franz (1987: 129-150). Ramly, H. Mansyur, dkk. (2011: 1-4).
|
XVII |
Memahami moral seksual, perkawinan, dan hidup. |
Moral seksual, perkawinan, dan hidup. |
Moral seksual. Moral perkawinan. Moral hidup. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013:267-312). Akbar, H.Ali (1986: 9-96). Hadiwardoyo, Al. Purwa (1990: 23-73). Partakusuma, H . Karkono Kamajaya (1992: 51-55).
|
XVIII
|
UAS |
||||
|
Daftar Buku Wajib:
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Press.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
Daftar Buku Anjuran
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis. Yogyakarta: FIP-IKIP.
- _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Saifullah H.A., Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Details ...
Mata Kuliah |
Landasan Kependidikan |
Kode Mata Kuliah |
MKP 112 |
Nama Dosen |
Dr. Ghufron Abdullah, M.Pd & Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh. M.Pd |
Semester/sks |
1/2 |
|
|
Status Mata Kuliah |
Wajib |
|
|
Sikap |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
|
Keterampilan Umum |
|
Keterampilan Khusus |
|
Penguasaan Pengetahuan |
|
Kompt. Inti |
Mampu memahami Dasar-dasar Ilmu Pendidikan dan menerapkannya di dalam praksis. |
Tujuan MK |
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan teori pendidikan serta meneraspkannya di dalam praksis pendidikan. |
Deskripsi MK |
Pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu8; landasan dan ilmi bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan obyek pendidikan; leingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metodependidikan; masalah-masalah pendidikan; pendidikan karakter. |
Buku Teks/Wajib |
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press. |
BukuAcuan/Anjur. |
|
Alat Bantu Pengaj. |
Laptop, LCD. Alat tulis. |
Cara Evaluasi |
Skor presentasi, diskusi, tanya jawab; tugus; UTS; dan UAS. |
Tugas Mahasiswa |
Menyiapkan materi secara kelompok dan mempresentasikan secara individual; menyusun paper. |
|
Pertemuan |
Kemampuan Akhir yang Diharapkan |
Pokok Bahasan |
Sub Pokok Bahasan |
Estimasi Waktu |
Sumber Kepustakaan |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
I |
Memahami mendidik dan ilmu pendidikan. |
Mendidik dan Ilmu Pendidikan. |
Pengertian pendidikan. Pendidikan sebagai ilmu |
2 x 50 menit |
Sudharto dkk. (2009: 1-24). Drijarkara, N. (1961). Drost S.J., J. (2000: 1-21) Moore, T.W. (1982: 1-20). Tanlain, Wens, dkk. (1989: 3-11). Tirtarahardja, Umar & S.L. La Sulo (2005: 32-80).
|
II |
Memahami landasan dan ilmu bantu pendidikan |
Landasan dan Ilmu bantu pendidikan. |
Landasan: filsafat, psikologi, hukum, sejarah, ekonomi, dan sosial budaya |
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 25-56). Drijarkara (1961: 239-262). Hassan, Fuad (2004: 52-66). Tilaar, H.A.R. (2005: 59-171). Widiastono, Tonny D. (2004: xv-xxv).
|
III |
Memahami tujuan pendidikan. |
Tujuan pendidikan. |
Macam tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan arti umum. Tujuan pendidikan arti khusus. |
2 x 50 menit |
Sudharto (2009: 57-80). Ahmadi, H. Abu & Nur Uhbiyati (2001: 98-139). Koesoemo, D. Doni (2006: 62-68). Moore, T.W. (1982: 21-30). Tanlain, Wens, dkk. (1989: 17-26) Dll.
|
IV |
Memahami subyek dan obyek pendidikan. |
Subyek dan obyek pendidikan. |
Pendidik. Anak didik. |
2 x 50 menit |
Sudharto (2009: 81-100). Ahmadi, H.Abu & Nur Uhbiyati (2001; 162-187). Buchori, Mochtar (1994: 33-44). Dll.
|
V |
Memahami libn gkungan dan lembaga pendidikan. |
Lingkungan dan lembaga pendidikan. |
Pengaruh lingkungan. Tripusat pendidikan. Pendidikan formal, nonfromal, infromal.
|
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 101-134). Ahmadi, H.Abu & Uhbiyati, Nur (2001: 164-169). Drijarkara , N. (1980: 70-128). Dll. |
VI |
Memahami alat pendidikan. |
Alat pendidikan. |
Pembiasaan, peneladanan, perintah-larangan, teguran-ancaman, hukuman-ganjaran, kewibawaan-motivasi.
|
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 135- 160). Ahmadi, H.Abu & Uhbiyati, Nur (2001: 140-161). Koesoemo, A. Doni (2006: 62-68). Dll. |
VII |
Memahami isi dan metode pendidikan. |
Isi dan metode pendidikan. |
Isi pendidikan. Kurikulum. Metode pendidikan. |
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 161- 196). Drijarkara, N. (1980: 77-126). Moore, T.W. (1982: 40-65). Dll.
|
VIII |
Memahami masalah pendidikan. |
Masalah pendidikan |
Pemerataan, efisiensi, relevansi, mutu pendidikan |
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 197-221). Arcaro, jerome S. (2006: 75-89). Drost S.J., J. (w2006: 3-8). Koesoemo A, Doni (2004: 198-216). Dll.
|
IX
|
UTS |
||||
X |
Memahami nilai sebagai isi pendidikan karakter. |
Nilai sebagai isi pendidikan karakter. |
Pengertian, peremasalahan, tingkatan, peranan dan tipe-tipe nilai. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 1-26). Bertens, K. (2002: 139-232). Magnis-Suseno, Franz (2006: 15-34). Dll.
|
XI |
Memahami agama sebagai asal dan tujuan pendidikan karakter. |
Agama asal dan tujuan pendidikan klarakter. |
Pendidikan agama; beragama inklusif; hubungan moral-agama. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 27-52). Moore, T.W. (1982: 90-114). Pipps, William E. (2000: 305). Dll.
|
XII
|
Memahami etika sebagai landasan pendidikan karakter. |
Etika sebagai landasan pendidikan karakter. |
Tujuan akhir; perbuatan manusia; kehendak merdeka; pedoman kesusilaan; hukum dan moral; suara hati; kebajikan. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 53-80). Drijarkara S.J., N. (S.d.: 85-102). Pakubuwono IV (1977). Setiardja, A. Gunawan (1995).
|
XIII
|
Memahami Pansaila sebagai landasan pendidikan karakter. |
Pancasila sebagai landasan pendidikan karakter. |
Nilai-nilai sila-sila Pancasila |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 81-110). Drijarkara S.J., N. (S.d.: 133-162). Setiardja, A. Gunawan (1995: 39-65). Zoetmulder, P.J. (1991: 213-247).
|
XIV |
Memahami kepribadian dan budi pekerti. |
Kepribadian dan karaktedr serta budi pekerti. |
Kepribadian. Pendidikan budi pekerti. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 111-136) Drijarkara, N. (1960). Hardjana, A.M. (1992). Dll.
|
XV |
Memahami nilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. |
Nilai-nilai pembentuk karakter. kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. |
Nilai kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 161-236). Bertens, K. (2002: 211-232). Rachels, James (2004: 306-337). Dll.
|
XVI |
Memahami prinsip dan kekuatan moral. |
Tindakan, prinsip, dan kekuatan moral. |
Tindakan manusia. Prinsip dasar moral. Kekuatan moral. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 237- 266). Magnis-Suseno, Franz (1987: 129-150). Ramly, H. Mansyur, dkk. (2011: 1-4).
|
XVII |
Memahami moral seksual, perkawinan, dan hidup. |
Moral seksual, perkawinan, dan hidup. |
Moral seksual. Moral perkawinan. Moral hidup. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013:267-312). Akbar, H.Ali (1986: 9-96). Hadiwardoyo, Al. Purwa (1990: 23-73). Partakusuma, H . Karkono Kamajaya (1992: 51-55).
|
XVIII
|
UAS |
||||
|
Daftar Buku Wajib:
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Press.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
Daftar Buku Anjuran
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis. Yogyakarta: FIP-IKIP.
- _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Saifullah H.A., Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Details ...
Mata Kuliah |
Landasan Kependidikan |
Kode Mata Kuliah |
MKP 112 |
Nama Dosen |
Dr. Ghufron Abdullah, M.Pd & Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh. M.Pd |
Semester/sks |
1/2 |
|
|
Status Mata Kuliah |
Wajib |
|
|
Sikap |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
|
Keterampilan Umum |
|
Keterampilan Khusus |
|
Penguasaan Pengetahuan |
|
Kompt. Inti |
Mampu memahami Dasar-dasar Ilmu Pendidikan dan menerapkannya di dalam praksis. |
Tujuan MK |
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan teori pendidikan serta meneraspkannya di dalam praksis pendidikan. |
Deskripsi MK |
Pengertian pendidikan dan pendidikan sebagai ilmu8; landasan dan ilmi bantu pendidikan; tujuan pendidikan; subyek dan obyek pendidikan; leingkungan dan lembaga pendidikan; alat pendidikan; isi dan metodependidikan; masalah-masalah pendidikan; pendidikan karakter. |
Buku Teks/Wajib |
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press. |
BukuAcuan/Anjur. |
|
Alat Bantu Pengaj. |
Laptop, LCD. Alat tulis. |
Cara Evaluasi |
Skor presentasi, diskusi, tanya jawab; tugus; UTS; dan UAS. |
Tugas Mahasiswa |
Menyiapkan materi secara kelompok dan mempresentasikan secara individual; menyusun paper. |
|
Pertemuan |
Kemampuan Akhir yang Diharapkan |
Pokok Bahasan |
Sub Pokok Bahasan |
Estimasi Waktu |
Sumber Kepustakaan |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
I |
Memahami mendidik dan ilmu pendidikan. |
Mendidik dan Ilmu Pendidikan. |
Pengertian pendidikan. Pendidikan sebagai ilmu |
2 x 50 menit |
Sudharto dkk. (2009: 1-24). Drijarkara, N. (1961). Drost S.J., J. (2000: 1-21) Moore, T.W. (1982: 1-20). Tanlain, Wens, dkk. (1989: 3-11). Tirtarahardja, Umar & S.L. La Sulo (2005: 32-80).
|
II |
Memahami landasan dan ilmu bantu pendidikan |
Landasan dan Ilmu bantu pendidikan. |
Landasan: filsafat, psikologi, hukum, sejarah, ekonomi, dan sosial budaya |
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 25-56). Drijarkara (1961: 239-262). Hassan, Fuad (2004: 52-66). Tilaar, H.A.R. (2005: 59-171). Widiastono, Tonny D. (2004: xv-xxv).
|
III |
Memahami tujuan pendidikan. |
Tujuan pendidikan. |
Macam tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan arti umum. Tujuan pendidikan arti khusus. |
2 x 50 menit |
Sudharto (2009: 57-80). Ahmadi, H. Abu & Nur Uhbiyati (2001: 98-139). Koesoemo, D. Doni (2006: 62-68). Moore, T.W. (1982: 21-30). Tanlain, Wens, dkk. (1989: 17-26) Dll.
|
IV |
Memahami subyek dan obyek pendidikan. |
Subyek dan obyek pendidikan. |
Pendidik. Anak didik. |
2 x 50 menit |
Sudharto (2009: 81-100). Ahmadi, H.Abu & Nur Uhbiyati (2001; 162-187). Buchori, Mochtar (1994: 33-44). Dll.
|
V |
Memahami libn gkungan dan lembaga pendidikan. |
Lingkungan dan lembaga pendidikan. |
Pengaruh lingkungan. Tripusat pendidikan. Pendidikan formal, nonfromal, infromal.
|
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 101-134). Ahmadi, H.Abu & Uhbiyati, Nur (2001: 164-169). Drijarkara , N. (1980: 70-128). Dll. |
VI |
Memahami alat pendidikan. |
Alat pendidikan. |
Pembiasaan, peneladanan, perintah-larangan, teguran-ancaman, hukuman-ganjaran, kewibawaan-motivasi.
|
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 135- 160). Ahmadi, H.Abu & Uhbiyati, Nur (2001: 140-161). Koesoemo, A. Doni (2006: 62-68). Dll. |
VII |
Memahami isi dan metode pendidikan. |
Isi dan metode pendidikan. |
Isi pendidikan. Kurikulum. Metode pendidikan. |
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 161- 196). Drijarkara, N. (1980: 77-126). Moore, T.W. (1982: 40-65). Dll.
|
VIII |
Memahami masalah pendidikan. |
Masalah pendidikan |
Pemerataan, efisiensi, relevansi, mutu pendidikan |
2 x 50 menit |
Sudharto, dkk. (2009: 197-221). Arcaro, jerome S. (2006: 75-89). Drost S.J., J. (w2006: 3-8). Koesoemo A, Doni (2004: 198-216). Dll.
|
IX
|
UTS |
||||
X |
Memahami nilai sebagai isi pendidikan karakter. |
Nilai sebagai isi pendidikan karakter. |
Pengertian, peremasalahan, tingkatan, peranan dan tipe-tipe nilai. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 1-26). Bertens, K. (2002: 139-232). Magnis-Suseno, Franz (2006: 15-34). Dll.
|
XI |
Memahami agama sebagai asal dan tujuan pendidikan karakter. |
Agama asal dan tujuan pendidikan klarakter. |
Pendidikan agama; beragama inklusif; hubungan moral-agama. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 27-52). Moore, T.W. (1982: 90-114). Pipps, William E. (2000: 305). Dll.
|
XII
|
Memahami etika sebagai landasan pendidikan karakter. |
Etika sebagai landasan pendidikan karakter. |
Tujuan akhir; perbuatan manusia; kehendak merdeka; pedoman kesusilaan; hukum dan moral; suara hati; kebajikan. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 53-80). Drijarkara S.J., N. (S.d.: 85-102). Pakubuwono IV (1977). Setiardja, A. Gunawan (1995).
|
XIII
|
Memahami Pansaila sebagai landasan pendidikan karakter. |
Pancasila sebagai landasan pendidikan karakter. |
Nilai-nilai sila-sila Pancasila |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 81-110). Drijarkara S.J., N. (S.d.: 133-162). Setiardja, A. Gunawan (1995: 39-65). Zoetmulder, P.J. (1991: 213-247).
|
XIV |
Memahami kepribadian dan budi pekerti. |
Kepribadian dan karaktedr serta budi pekerti. |
Kepribadian. Pendidikan budi pekerti. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 111-136) Drijarkara, N. (1960). Hardjana, A.M. (1992). Dll.
|
XV |
Memahami nilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. |
Nilai-nilai pembentuk karakter. kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. |
Nilai kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 161-236). Bertens, K. (2002: 211-232). Rachels, James (2004: 306-337). Dll.
|
XVI |
Memahami prinsip dan kekuatan moral. |
Tindakan, prinsip, dan kekuatan moral. |
Tindakan manusia. Prinsip dasar moral. Kekuatan moral. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013: 237- 266). Magnis-Suseno, Franz (1987: 129-150). Ramly, H. Mansyur, dkk. (2011: 1-4).
|
XVII |
Memahami moral seksual, perkawinan, dan hidup. |
Moral seksual, perkawinan, dan hidup. |
Moral seksual. Moral perkawinan. Moral hidup. |
2 x 50 menit |
Soegeng Ysh., A.Y.-Abdullah, Ghufron – Kasihadi, R.B. (2013:267-312). Akbar, H.Ali (1986: 9-96). Hadiwardoyo, Al. Purwa (1990: 23-73). Partakusuma, H . Karkono Kamajaya (1992: 51-55).
|
XVIII
|
UAS |
||||
|
Daftar Buku Wajib:
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Press.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
Daftar Buku Anjuran
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis. Yogyakarta: FIP-IKIP.
- _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Saifullah H.A., Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Details ...