Kajian Kurikulum PKn SD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishREVIEW OF CIVICS CURRICULUM FOR ELEMENTARY SCHOOLS
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS48 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah kajian kurikulum Pkn merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGSD yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam memahami secara menyeluruh tentang kurikulum PKn di sekolah dasar, menganalisisnya sesuai denngan peraturan standar proses dan standar penilaian, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini sebagai berikut :

  1. Konsep umum kurikulum
  2. Hakikat kurikulum Pkn di SD
  3. Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
  4. Pengertiandan kedudukan Pancasila
  5. Norma , Hukum , HAM
  6. Sistem demokrasi di Indonesia
  7. Proklamasi Kemerdekaan, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan UUD 1945.
  8. SistemPemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, pemerintah kabupaten/Kota, dan Pemerintah Desa.
  9. Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia

Learning Outcomes

Setelah menempuh matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu :

  1. Menguasai secara komprehensif  kurikulum PKn di Sekolah Dasar
  2. Menganalisis kurikulum PKn di Sekolah Dasar berdasarkan peraturan standar nasional pendidikan
  3. Menunjukkan sikap menghargai pendapat dan bersedia bekerja sama dengan orang lain
  4. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.

References

1.  Abdullah Idi. (2011). Pengembangan Kurikulum TeoridanPraktek. Yogyakarta: ArRuzz Media

2.  Kaelan dan Achmad Zubaidi. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruantinggi. Yogyakarta. Paradigma

3.  Dokumen KTSP.

4.  Kurikulum 2013 Revisi 2017


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah kajian kurikulum Pkn merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGSD yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam memahami secara menyeluruh tentang kurikulum PKn di sekolah dasar, menganalisisnya sesuai denngan peraturan standar proses dan standar penilaian, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini sebagai berikut :

  1. Konsep umum kurikulum
  2. Hakikat kurikulum Pkn di SD
  3. Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
  4. Pengertiandan kedudukan Pancasila
  5. Norma , Hukum , HAM
  6. Sistem demokrasi di Indonesia
  7. Proklamasi Kemerdekaan, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan UUD 1945.
  8. SistemPemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, pemerintah kabupaten/Kota, dan Pemerintah Desa.
  9. Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia

Learning Outcomes

Setelah menempuh matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu :

  1. Menguasai secara komprehensif  kurikulum PKn di Sekolah Dasar
  2. Menganalisis kurikulum PKn di Sekolah Dasar berdasarkan peraturan standar nasional pendidikan
  3. Menunjukkan sikap menghargai pendapat dan bersedia bekerja sama dengan orang lain
  4. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.

References

1.  Abdullah Idi. (2011). Pengembangan Kurikulum TeoridanPraktek. Yogyakarta: ArRuzz Media

2.  Kaelan dan Achmad Zubaidi. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruantinggi. Yogyakarta. Paradigma

3.  Dokumen KTSP.

4.  Kurikulum 2013 Revisi 2017


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah kajian kurikulum Pkn merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGSD yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam memahami secara menyeluruh tentang kurikulum PKn di sekolah dasar, menganalisisnya sesuai denngan peraturan standar proses dan standar penilaian, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini sebagai berikut :

  1. Konsep umum kurikulum
  2. Hakikat kurikulum Pkn di SD
  3. Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
  4. Pengertiandan kedudukan Pancasila
  5. Norma , Hukum , HAM
  6. Sistem demokrasi di Indonesia
  7. Proklamasi Kemerdekaan, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan UUD 1945.
  8. SistemPemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, pemerintah kabupaten/Kota, dan Pemerintah Desa.
  9. Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia

Learning Outcomes

Setelah menempuh matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu :

  1. Menguasai secara komprehensif  kurikulum PKn di Sekolah Dasar
  2. Menganalisis kurikulum PKn di Sekolah Dasar berdasarkan peraturan standar nasional pendidikan
  3. Menunjukkan sikap menghargai pendapat dan bersedia bekerja sama dengan orang lain
  4. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.

References

1.  Abdullah Idi. (2011). Pengembangan Kurikulum TeoridanPraktek. Yogyakarta: ArRuzz Media

2.  Kaelan dan Achmad Zubaidi. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruantinggi. Yogyakarta. Paradigma

3.  Dokumen KTSP.

4.  Kurikulum 2013 Revisi 2017


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah kajian kurikulum Pkn merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGSD yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam memahami secara menyeluruh tentang kurikulum PKn di sekolah dasar, menganalisisnya sesuai denngan peraturan standar proses dan standar penilaian, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini sebagai berikut :

  1. Konsep umum kurikulum
  2. Hakikat kurikulum Pkn di SD
  3. Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
  4. Pengertiandan kedudukan Pancasila
  5. Norma , Hukum , HAM
  6. Sistem demokrasi di Indonesia
  7. Proklamasi Kemerdekaan, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan UUD 1945.
  8. SistemPemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, pemerintah kabupaten/Kota, dan Pemerintah Desa.
  9. Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia

Learning Outcomes

Setelah menempuh matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu :

  1. Menguasai secara komprehensif  kurikulum PKn di Sekolah Dasar
  2. Menganalisis kurikulum PKn di Sekolah Dasar berdasarkan peraturan standar nasional pendidikan
  3. Menunjukkan sikap menghargai pendapat dan bersedia bekerja sama dengan orang lain
  4. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.

References

1.  Abdullah Idi. (2011). Pengembangan Kurikulum TeoridanPraktek. Yogyakarta: ArRuzz Media

2.  Kaelan dan Achmad Zubaidi. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruantinggi. Yogyakarta. Paradigma

3.  Dokumen KTSP.

4.  Kurikulum 2013 Revisi 2017


Details ...
Course Descriptions

  1. Konsep umum kurikulum
  2. Hakekat  PKn dalam Kurikulum KTSP SD .
  3. Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
  4. Pengertian Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi Negara, Ideologi Terbuka, dan Sejarah Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
  5.  Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa
  6. Norma , Hukum , sistem hukum dan peradilan nasional, dan peradilan internasional
  7. Sistem demokrasi di Indonesia
  8. Proklamasi Kemerdekaan , Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan UUD 1945.
  9. Sistem Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, pemerintah kabupaten/Kota, dan Pemerintah Desa.
  10. Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia 
  11. Pengertian HAM, instrumen nasional dan internasional HAM, Pemajuan Penghormatan dan perlindungan HAM.

 

Learning Outcomes

Menyiapkan warga Negara yang sadar akan hak dan kewajibannya, peduli terhadap kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia diharapkan dapat menjadi warga Negara yang sadar akan hak dan kewajibannya, peduli terhadap kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 

References

1. Abdullah, 2011,Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek, Yagyakarta, Ar Ruzz Media

2. Kaelan dan APhmad Zubaidi, 2007, Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi, Yogyakarta, Paradigma.

3.Kansil, CST,1983,Pengantar Ilmu Hukum Dan Tata Hukum Indonesia, Jakarta, Balai PuMata Kuliah 2013, Mata Ajarstaka

4.Sapriya, 2012, Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) , Direktorat Jenderal ,20,Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia

5. ...............,2013,Mata Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila, Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendiddikan Nasional Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

6. Dokumen KTSP,


Details ...
Course Descriptions

  1. Konsep umum kurikulum
  2. Hakekat  PKn dalam Kurikulum KTSP SD .
  3. Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
  4. Pengertian Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi Negara, Ideologi Terbuka, dan Sejarah Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
  5.  Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa
  6. Norma , Hukum , sistem hukum dan peradilan nasional, dan peradilan internasional
  7. Sistem demokrasi di Indonesia
  8. Proklamasi Kemerdekaan , Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan UUD 1945.
  9. Sistem Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, pemerintah kabupaten/Kota, dan Pemerintah Desa.
  10. Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia 
  11. Pengertian HAM, instrumen nasional dan internasional HAM, Pemajuan Penghormatan dan perlindungan HAM.

 

Learning Outcomes

Menyiapkan warga Negara yang sadar akan hak dan kewajibannya, peduli terhadap kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia diharapkan dapat menjadi warga Negara yang sadar akan hak dan kewajibannya, peduli terhadap kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 

References

1. Abdullah, 2011,Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek, Yagyakarta, Ar Ruzz Media

2. Kaelan dan APhmad Zubaidi, 2007, Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi, Yogyakarta, Paradigma.

3.Kansil, CST,1983,Pengantar Ilmu Hukum Dan Tata Hukum Indonesia, Jakarta, Balai PuMata Kuliah 2013, Mata Ajarstaka

4.Sapriya, 2012, Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) , Direktorat Jenderal ,20,Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia

5. ...............,2013,Mata Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila, Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendiddikan Nasional Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

6. Dokumen KTSP,


Details ...
Course Descriptions

  1. Konsep umum kurikulum
  2. Hakekat  PKn dalam Kurikulum KTSP SD .
  3. Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
  4. Pengertian Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi Negara, Ideologi Terbuka, dan Sejarah Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
  5.  Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa
  6. Norma , Hukum , sistem hukum dan peradilan nasional, dan peradilan internasional
  7. Sistem demokrasi di Indonesia
  8. Proklamasi Kemerdekaan , Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan UUD 1945.
  9. Sistem Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, pemerintah kabupaten/Kota, dan Pemerintah Desa.
  10. Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia 
  11. Pengertian HAM, instrumen nasional dan internasional HAM, Pemajuan Penghormatan dan perlindungan HAM.

 

Learning Outcomes

Menyiapkan warga Negara yang sadar akan hak dan kewajibannya, peduli terhadap kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia diharapkan dapat menjadi warga Negara yang sadar akan hak dan kewajibannya, peduli terhadap kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 

References

1. Abdullah, 2011,Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek, Yagyakarta, Ar Ruzz Media

2. Kaelan dan APhmad Zubaidi, 2007, Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi, Yogyakarta, Paradigma.

3.Kansil, CST,1983,Pengantar Ilmu Hukum Dan Tata Hukum Indonesia, Jakarta, Balai PuMata Kuliah 2013, Mata Ajarstaka

4.Sapriya, 2012, Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) , Direktorat Jenderal ,20,Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia

5. ...............,2013,Mata Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila, Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendiddikan Nasional Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

6. Dokumen KTSP,


Details ...
Course Descriptions

  1. Konsep umum kurikulum
  2. Hakekat  PKn dalam Kurikulum KTSP SD .
  3. Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
  4. Pengertian Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi Negara, Ideologi Terbuka, dan Sejarah Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
  5.  Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa
  6. Norma , Hukum , sistem hukum dan peradilan nasional, dan peradilan internasional
  7. Sistem demokrasi di Indonesia
  8. Proklamasi Kemerdekaan , Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan UUD 1945.
  9. Sistem Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, pemerintah kabupaten/Kota, dan Pemerintah Desa.
  10. Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia 
  11. Pengertian HAM, instrumen nasional dan internasional HAM, Pemajuan Penghormatan dan perlindungan HAM.

 

Learning Outcomes

Menyiapkan warga Negara yang sadar akan hak dan kewajibannya, peduli terhadap kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia diharapkan dapat menjadi warga Negara yang sadar akan hak dan kewajibannya, peduli terhadap kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 

References

1. Abdullah, 2011,Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek, Yagyakarta, Ar Ruzz Media

2. Kaelan dan APhmad Zubaidi, 2007, Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi, Yogyakarta, Paradigma.

3.Kansil, CST,1983,Pengantar Ilmu Hukum Dan Tata Hukum Indonesia, Jakarta, Balai PuMata Kuliah 2013, Mata Ajarstaka

4.Sapriya, 2012, Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) , Direktorat Jenderal ,20,Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia

5. ...............,2013,Mata Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila, Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendiddikan Nasional Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

6. Dokumen KTSP,


Details ...
Course Descriptions

  1. Konsep umum kurikulum
  2. Hakekat  PKn dalam Kurikulum KTSP SD .
  3. Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
  4. Pengertian Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi Negara, Ideologi Terbuka, dan Sejarah Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
  5.  Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa
  6. Norma , Hukum , sistem hukum dan peradilan nasional, dan peradilan internasional
  7. Sistem demokrasi di Indonesia
  8. Proklamasi Kemerdekaan , Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan UUD 1945.
  9. Sistem Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, pemerintah kabupaten/Kota, dan Pemerintah Desa.
  10. Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia 
  11. Pengertian HAM, instrumen nasional dan internasional HAM, Pemajuan Penghormatan dan perlindungan HAM.

 

Learning Outcomes

Menyiapkan warga Negara yang sadar akan hak dan kewajibannya, peduli terhadap kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia diharapkan dapat menjadi warga Negara yang sadar akan hak dan kewajibannya, peduli terhadap kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 

References

1. Abdullah, 2011,Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek, Yagyakarta, Ar Ruzz Media

2. Kaelan dan APhmad Zubaidi, 2007, Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi, Yogyakarta, Paradigma.

3.Kansil, CST,1983,Pengantar Ilmu Hukum Dan Tata Hukum Indonesia, Jakarta, Balai PuMata Kuliah 2013, Mata Ajarstaka

4.Sapriya, 2012, Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) , Direktorat Jenderal ,20,Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia

5. ...............,2013,Mata Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila, Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendiddikan Nasional Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

6. Dokumen KTSP,


Details ...
Course Descriptions

  1. Konsep umum kurikulum
  2. Hakekat  PKn dalam Kurikulum KTSP SD .
  3. Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
  4. Pengertian Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi Negara, Ideologi Terbuka, dan Sejarah Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
  5.  Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa
  6. Norma , Hukum , sistem hukum dan peradilan nasional, dan peradilan internasional
  7. Sistem demokrasi di Indonesia
  8. Proklamasi Kemerdekaan , Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan UUD 1945.
  9. Sistem Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, pemerintah kabupaten/Kota, dan Pemerintah Desa.
  10. Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia 
  11. Pengertian HAM, instrumen nasional dan internasional HAM, Pemajuan Penghormatan dan perlindungan HAM.

 

Learning Outcomes

Menyiapkan warga Negara yang sadar akan hak dan kewajibannya, peduli terhadap kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia diharapkan dapat menjadi warga Negara yang sadar akan hak dan kewajibannya, peduli terhadap kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 

References

1. Abdullah, 2011,Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek, Yagyakarta, Ar Ruzz Media

2. Kaelan dan APhmad Zubaidi, 2007, Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi, Yogyakarta, Paradigma.

3.Kansil, CST,1983,Pengantar Ilmu Hukum Dan Tata Hukum Indonesia, Jakarta, Balai PuMata Kuliah 2013, Mata Ajarstaka

4.Sapriya, 2012, Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) , Direktorat Jenderal ,20,Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia

5. ...............,2013,Mata Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila, Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendiddikan Nasional Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

6. Dokumen KTSP,


Details ...
Course Descriptions

  1. Konsep umum Kurikulum.
  2. Hakikat PKn dalam Kurikulum KTSP SD.
  3. Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan.
  4. Pengertian Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Dasar Negara ; Ideologi Negara, Ideologi Terbuka dan Sejarah Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
  5. Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa.
  6. Norma, Hukum, Sistem Hukum dan Peradilan Nasional dan Peradilan Internasional.
  7. Sistem Demokrasi di Indonesia.
  8. Proklamasi Kemerekaan Indonesia ;  Hubungan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan Pancasila ; Hubungan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan UUD 1945.
  9. Sistem Pemerintahan Pusat ; Pemerintahan Provinsi dan Pemerintahan Desa.
  10. Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia.
  11. Pengertian HAM , Instrumen nasional dan internasional ; Pemajuan Penghormatan dan perlindungan HAM.

Learning Outcomes

Menyiapkan warganegara yang sadar akan hak dan kewajibannya dan peduli terhadap kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia di harapkan dapat menjadi warga negara yang sadar akan hak dan kewajibannya.

References

1. Ahbdulla Idi. (2011). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

2. Kaelan dan Achmad Zubaidi. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan  untuk Perguruan tinggi. Yogyakarta. Paradigma

3.………….., 2013, Mata Ajar  Mata Kuliah Pendidikan Pancasila, Direktorat Pembelajaran dan Kemahsiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

4. Kansil, CST,1983, Pengantar Ilmu Hukun  dan Tata Hukum Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka

5. Sapriya, 2012,Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaran (PKn),Direktorat Jenderal Pendidikan Islam kementerian Agama Republik Indonesia.

6.Dokumen KTSP ,          


Details ...
Course Descriptions

  1. Konsep umum Kurikulum.
  2. Hakikat PKn dalam Kurikulum KTSP SD.
  3. Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan.
  4. Pengertian Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Dasar Negara ; Ideologi Negara, Ideologi Terbuka dan Sejarah Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
  5. Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa.
  6. Norma, Hukum, Sistem Hukum dan Peradilan Nasional dan Peradilan Internasional.
  7. Sistem Demokrasi di Indonesia.
  8. Proklamasi Kemerekaan Indonesia ;  Hubungan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan Pancasila ; Hubungan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan UUD 1945.
  9. Sistem Pemerintahan Pusat ; Pemerintahan Provinsi dan Pemerintahan Desa.
  10. Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia.
  11. Pengertian HAM , Instrumen nasional dan internasional ; Pemajuan Penghormatan dan perlindungan HAM.

Learning Outcomes

Menyiapkan warganegara yang sadar akan hak dan kewajibannya dan peduli terhadap kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia di harapkan dapat menjadi warga negara yang sadar akan hak dan kewajibannya.

References

1. Ahbdulla Idi. (2011). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

2. Kaelan dan Achmad Zubaidi. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan  untuk Perguruan tinggi. Yogyakarta. Paradigma

3.………….., 2013, Mata Ajar  Mata Kuliah Pendidikan Pancasila, Direktorat Pembelajaran dan Kemahsiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

4. Kansil, CST,1983, Pengantar Ilmu Hukun  dan Tata Hukum Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka

5. Sapriya, 2012,Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaran (PKn),Direktorat Jenderal Pendidikan Islam kementerian Agama Republik Indonesia.

6.Dokumen KTSP ,          


Details ...