Courser in English | REVIEW OF CIVICS CURRICULUM FOR ELEMENTARY SCHOOLS |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 48 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri dari atas teori dan praktek dengan proporsi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas dan jenis kurikulum , pendekatan kurikulum, pengembangan komponen kurikulum, fungsi dan peran pengembangan kurikulum, komponen KTSP, KTSP dalam PKn, tujuan, fungsi dan evaluasi kurikulum, silabus PKn SD . Komponen praktek berkenan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, pengembangan silabus dan pengembangan materi ajar PKn SD
Learning OutcomesMahasiswa memahami pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri atas teori dan praktek dengan proporsi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas, dan jenis Kurikulum 13 dan KTSP, Pendekatan Kurikulum 13, dan KTSP, Pengembangan komponen Kurikulum 13 dan KTSP , Fungsi dan peran pengembangan Kurikulum 13 dan KTSP, Komponen KTSP dan !#, Pengertian KTSP dan K13 dalam PKn, Tujuan fungsi dan evaluasi K13 dan KTSP, Silabus PKn SD . Komponen praktik berkenan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, Pengembangan Silabus dan Pengembangan materi ajar PKn SD
References1. Oemar Hamalik (2008). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda
2. S.Hamid Hasan.(2008). Evaluasi Kurikulum. Bandung: Rosda
3. Abdullah Idi.(2009). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
4. KTSO PKn SD
5. Buku teks PKn SD
6. Buku-buku lain yang relevan
Details ...
Pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri dari atas teori dan praktek dengan proporsi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas dan jenis kurikulum , pendekatan kurikulum, pengembangan komponen kurikulum, fungsi dan peran pengembangan kurikulum, komponen KTSP, KTSP dalam PKn, tujuan, fungsi dan evaluasi kurikulum, silabus PKn SD . Komponen praktek berkenan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, pengembangan silabus dan pengembangan materi ajar PKn SD
Learning OutcomesMahasiswa memahami pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri atas teori dan praktek dengan proporsi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas, dan jenis Kurikulum 13 dan KTSP, Pendekatan Kurikulum 13, dan KTSP, Pengembangan komponen Kurikulum 13 dan KTSP , Fungsi dan peran pengembangan Kurikulum 13 dan KTSP, Komponen KTSP dan !#, Pengertian KTSP dan K13 dalam PKn, Tujuan fungsi dan evaluasi K13 dan KTSP, Silabus PKn SD . Komponen praktik berkenan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, Pengembangan Silabus dan Pengembangan materi ajar PKn SD
References1. Oemar Hamalik (2008). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda
2. S.Hamid Hasan.(2008). Evaluasi Kurikulum. Bandung: Rosda
3. Abdullah Idi.(2009). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
4. KTSO PKn SD
5. Buku teks PKn SD
6. Buku-buku lain yang relevan
Details ...
Pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri dari atas teori dan praktek dengan proporsi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas dan jenis kurikulum , pendekatan kurikulum, pengembangan komponen kurikulum, fungsi dan peran pengembangan kurikulum, komponen KTSP, KTSP dalam PKn, tujuan, fungsi dan evaluasi kurikulum, silabus PKn SD . Komponen praktek berkenan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, pengembangan silabus dan pengembangan materi ajar PKn SD
Learning OutcomesMahasiswa memahami pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri atas teori dan praktek dengan proporsi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas, dan jenis Kurikulum 13 dan KTSP, Pendekatan Kurikulum 13, dan KTSP, Pengembangan komponen Kurikulum 13 dan KTSP , Fungsi dan peran pengembangan Kurikulum 13 dan KTSP, Komponen KTSP dan !#, Pengertian KTSP dan K13 dalam PKn, Tujuan fungsi dan evaluasi K13 dan KTSP, Silabus PKn SD . Komponen praktik berkenan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, Pengembangan Silabus dan Pengembangan materi ajar PKn SD
References1. Oemar Hamalik (2008). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda
2. S.Hamid Hasan.(2008). Evaluasi Kurikulum. Bandung: Rosda
3. Abdullah Idi.(2009). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
4. KTSO PKn SD
5. Buku teks PKn SD
6. Buku-buku lain yang relevan
Details ...
Pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri dari atas teori dan praktek dengan proporsi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas dan jenis kurikulum , pendekatan kurikulum, pengembangan komponen kurikulum, fungsi dan peran pengembangan kurikulum, komponen KTSP, KTSP dalam PKn, tujuan, fungsi dan evaluasi kurikulum, silabus PKn SD . Komponen praktek berkenan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, pengembangan silabus dan pengembangan materi ajar PKn SD
Learning OutcomesMahasiswa memahami pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri atas teori dan praktek dengan proporsi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas, dan jenis Kurikulum 13 dan KTSP, Pendekatan Kurikulum 13, dan KTSP, Pengembangan komponen Kurikulum 13 dan KTSP , Fungsi dan peran pengembangan Kurikulum 13 dan KTSP, Komponen KTSP dan !#, Pengertian KTSP dan K13 dalam PKn, Tujuan fungsi dan evaluasi K13 dan KTSP, Silabus PKn SD . Komponen praktik berkenan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, Pengembangan Silabus dan Pengembangan materi ajar PKn SD
References1. Oemar Hamalik (2008). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda
2. S.Hamid Hasan.(2008). Evaluasi Kurikulum. Bandung: Rosda
3. Abdullah Idi.(2009). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
4. KTSO PKn SD
5. Buku teks PKn SD
6. Buku-buku lain yang relevan
Details ...
Pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri dari atas teori dan praktek dengan proporsi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas dan jenis kurikulum , pendekatan kurikulum, pengembangan komponen kurikulum, fungsi dan peran pengembangan kurikulum, komponen KTSP, KTSP dalam PKn, tujuan, fungsi dan evaluasi kurikulum, silabus PKn SD . Komponen praktek berkenan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, pengembangan silabus dan pengembangan materi ajar PKn SD
Learning OutcomesMahasiswa memahami pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri atas teori dan praktek dengan proporsi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas, dan jenis Kurikulum 13 dan KTSP, Pendekatan Kurikulum 13, dan KTSP, Pengembangan komponen Kurikulum 13 dan KTSP , Fungsi dan peran pengembangan Kurikulum 13 dan KTSP, Komponen KTSP dan !#, Pengertian KTSP dan K13 dalam PKn, Tujuan fungsi dan evaluasi K13 dan KTSP, Silabus PKn SD . Komponen praktik berkenan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, Pengembangan Silabus dan Pengembangan materi ajar PKn SD
References1. Oemar Hamalik (2008). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda
2. S.Hamid Hasan.(2008). Evaluasi Kurikulum. Bandung: Rosda
3. Abdullah Idi.(2009). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
4. KTSO PKn SD
5. Buku teks PKn SD
6. Buku-buku lain yang relevan
Details ...
Pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri dari atas teori dan praktek dengan proporsi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas dan jenis kurikulum , pendekatan kurikulum, pengembangan komponen kurikulum, fungsi dan peran pengembangan kurikulum, komponen KTSP, KTSP dalam PKn, tujuan, fungsi dan evaluasi kurikulum, silabus PKn SD . Komponen praktek berkenan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, pengembangan silabus dan pengembangan materi ajar PKn SD
Learning OutcomesMahasiswa memahami pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri atas teori dan praktek dengan proporsi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas, dan jenis Kurikulum 13 dan KTSP, Pendekatan Kurikulum 13, dan KTSP, Pengembangan komponen Kurikulum 13 dan KTSP , Fungsi dan peran pengembangan Kurikulum 13 dan KTSP, Komponen KTSP dan !#, Pengertian KTSP dan K13 dalam PKn, Tujuan fungsi dan evaluasi K13 dan KTSP, Silabus PKn SD . Komponen praktik berkenan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, Pengembangan Silabus dan Pengembangan materi ajar PKn SD
References1. Oemar Hamalik (2008). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda
2. S.Hamid Hasan.(2008). Evaluasi Kurikulum. Bandung: Rosda
3. Abdullah Idi.(2009). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
4. KTSO PKn SD
5. Buku teks PKn SD
6. Buku-buku lain yang relevan
Details ...
Pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri dari atas teori dan praktek dengan proporsi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas dan jenis kurikulum , pendekatan kurikulum, pengembangan komponen kurikulum, fungsi dan peran pengembangan kurikulum, komponen KTSP, KTSP dalam PKn, tujuan, fungsi dan evaluasi kurikulum, silabus PKn SD . Komponen praktek berkenan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, pengembangan silabus dan pengembangan materi ajar PKn SD
Learning OutcomesMahasiswa memahami pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri atas teori dan praktek dengan proporsi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas, dan jenis Kurikulum 13 dan KTSP, Pendekatan Kurikulum 13, dan KTSP, Pengembangan komponen Kurikulum 13 dan KTSP , Fungsi dan peran pengembangan Kurikulum 13 dan KTSP, Komponen KTSP dan !#, Pengertian KTSP dan K13 dalam PKn, Tujuan fungsi dan evaluasi K13 dan KTSP, Silabus PKn SD . Komponen praktik berkenan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, Pengembangan Silabus dan Pengembangan materi ajar PKn SD
References1. Oemar Hamalik (2008). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda
2. S.Hamid Hasan.(2008). Evaluasi Kurikulum. Bandung: Rosda
3. Abdullah Idi.(2009). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
4. KTSO PKn SD
5. Buku teks PKn SD
6. Buku-buku lain yang relevan
Details ...
Pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri dari atas teori dan praktek dengan proporsi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas dan jenis kurikulum , pendekatan kurikulum, pengembangan komponen kurikulum, fungsi dan peran pengembangan kurikulum, komponen KTSP, KTSP dalam PKn, tujuan, fungsi dan evaluasi kurikulum, silabus PKn SD . Komponen praktek berkenan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, pengembangan silabus dan pengembangan materi ajar PKn SD
Learning OutcomesMahasiswa memahami pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri atas teori dan praktek dengan proporsi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas, dan jenis Kurikulum 13 dan KTSP, Pendekatan Kurikulum 13, dan KTSP, Pengembangan komponen Kurikulum 13 dan KTSP , Fungsi dan peran pengembangan Kurikulum 13 dan KTSP, Komponen KTSP dan !#, Pengertian KTSP dan K13 dalam PKn, Tujuan fungsi dan evaluasi K13 dan KTSP, Silabus PKn SD . Komponen praktik berkenan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, Pengembangan Silabus dan Pengembangan materi ajar PKn SD
References1. Oemar Hamalik (2008). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda
2. S.Hamid Hasan.(2008). Evaluasi Kurikulum. Bandung: Rosda
3. Abdullah Idi.(2009). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
4. KTSO PKn SD
5. Buku teks PKn SD
6. Buku-buku lain yang relevan
Details ...
Pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri dari atas teori dan praktek dengan proporsi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas dan jenis kurikulum , pendekatan kurikulum, pengembangan komponen kurikulum, fungsi dan peran pengembangan kurikulum, komponen KTSP, KTSP dalam PKn, tujuan, fungsi dan evaluasi kurikulum, silabus PKn SD . Komponen praktek berkenan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, pengembangan silabus dan pengembangan materi ajar PKn SD
Learning OutcomesMahasiswa memahami pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri atas teori dan praktek dengan proporsi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas, dan jenis Kurikulum 13 dan KTSP, Pendekatan Kurikulum 13, dan KTSP, Pengembangan komponen Kurikulum 13 dan KTSP , Fungsi dan peran pengembangan Kurikulum 13 dan KTSP, Komponen KTSP dan !#, Pengertian KTSP dan K13 dalam PKn, Tujuan fungsi dan evaluasi K13 dan KTSP, Silabus PKn SD . Komponen praktik berkenan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, Pengembangan Silabus dan Pengembangan materi ajar PKn SD
References1. Oemar Hamalik (2008). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda
2. S.Hamid Hasan.(2008). Evaluasi Kurikulum. Bandung: Rosda
3. Abdullah Idi.(2009). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
4. KTSO PKn SD
5. Buku teks PKn SD
6. Buku-buku lain yang relevan
Details ...
Pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri dari atas teori dan praktek dengan proporsi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas dan jenis kurikulum , pendekatan kurikulum, pengembangan komponen kurikulum, fungsi dan peran pengembangan kurikulum, komponen KTSP, KTSP dalam PKn, tujuan, fungsi dan evaluasi kurikulum, silabus PKn SD . Komponen praktek berkenan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, pengembangan silabus dan pengembangan materi ajar PKn SD
Learning OutcomesMahasiswa memahami pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri atas teori dan praktek dengan proporsi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas, dan jenis Kurikulum 13 dan KTSP, Pendekatan Kurikulum 13, dan KTSP, Pengembangan komponen Kurikulum 13 dan KTSP , Fungsi dan peran pengembangan Kurikulum 13 dan KTSP, Komponen KTSP dan !#, Pengertian KTSP dan K13 dalam PKn, Tujuan fungsi dan evaluasi K13 dan KTSP, Silabus PKn SD . Komponen praktik berkenan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, Pengembangan Silabus dan Pengembangan materi ajar PKn SD
References1. Oemar Hamalik (2008). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda
2. S.Hamid Hasan.(2008). Evaluasi Kurikulum. Bandung: Rosda
3. Abdullah Idi.(2009). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
4. KTSO PKn SD
5. Buku teks PKn SD
6. Buku-buku lain yang relevan
Details ...
Mata kuliah Kajian Kurikulum PKn merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGSD yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dala memahami secara menyeluruh tentang Kurikulum PKn di SD, Menganalisisnya sesuai dengan peraturan Standar proses dan standar penilaian, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di SD. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini sebagai berikut:
1. Pengertian Konsep Kurikulum, Komponen Kurikulum
2. Jenis dan Pendekatan Kurikulum
3. Tujuan PKn di SD,Ruang lingkup PKn di SD
4. Standar Isi dan Standar Proses KTSP dan K13
5. Standar penilaian KTSP, K13 dan perbedaannya
6. Konsep dan kedudukan Pancasila
7. Pengertian dan jenis Norma, Hukum , HAM
8. Sistem demokrasi di Indonesia
9. Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, dan juga dengan UUD 1945
10. Sistem Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten / Kota dan Pemerintah Desa
11. Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
12. Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan mampu :
Menguasai secara komprehensif Kurikulum PKn di SD
Menganalisis Kurikulum PKn di SD berdasarkan peraturan Standar Nasional dan Pendidikan
Menunjukkan sikap menghargai pendapat dan bersedia bekerja sama dengan orang lain
Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan , dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SD
ReferencesOemar Hamalik (2008). ManajanamenPengembangan Kurikulum. Bandung.Rosda
S.Hamid Hasan(2008).Evaluasi Kurikulum.Bandung.Rosda
Abdullah Idi(2009).Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek .Yogyakarta.Ar Ruzz Media
KTSP PKn SD
Kaelan dan Achmad Zubaidi.2007.Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi.Yogyakarta.
Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan,Balitbang Dikbud 2007
Buku BSE PKn di SD
Buku Siswa
Details ...
Mata kuliah Kajian Kurikulum PKn merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGSD yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dala memahami secara menyeluruh tentang Kurikulum PKn di SD, Menganalisisnya sesuai dengan peraturan Standar proses dan standar penilaian, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di SD. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini sebagai berikut:
1. Pengertian Konsep Kurikulum, Komponen Kurikulum
2. Jenis dan Pendekatan Kurikulum
3. Tujuan PKn di SD,Ruang lingkup PKn di SD
4. Standar Isi dan Standar Proses KTSP dan K13
5. Standar penilaian KTSP, K13 dan perbedaannya
6. Konsep dan kedudukan Pancasila
7. Pengertian dan jenis Norma, Hukum , HAM
8. Sistem demokrasi di Indonesia
9. Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, dan juga dengan UUD 1945
10. Sistem Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten / Kota dan Pemerintah Desa
11. Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
12. Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan mampu :
Menguasai secara komprehensif Kurikulum PKn di SD
Menganalisis Kurikulum PKn di SD berdasarkan peraturan Standar Nasional dan Pendidikan
Menunjukkan sikap menghargai pendapat dan bersedia bekerja sama dengan orang lain
Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan , dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SD
ReferencesOemar Hamalik (2008). ManajanamenPengembangan Kurikulum. Bandung.Rosda
S.Hamid Hasan(2008).Evaluasi Kurikulum.Bandung.Rosda
Abdullah Idi(2009).Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek .Yogyakarta.Ar Ruzz Media
KTSP PKn SD
Kaelan dan Achmad Zubaidi.2007.Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi.Yogyakarta.
Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan,Balitbang Dikbud 2007
Buku BSE PKn di SD
Buku Siswa
Details ...