Courser in English | REVIEW OF CIVICS CURRICULUM FOR ELEMENTARY SCHOOLS |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 48 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Kajian Kurikulum PKn merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGSD yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dala memahami secara menyeluruh tentang Kurikulum PKn di SD, Menganalisisnya sesuai dengan peraturan Standar proses dan standar penilaian, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di SD. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini sebagai berikut:
1. Pengertian Konsep Kurikulum, Komponen Kurikulum
2. Jenis dan Pendekatan Kurikulum
3. Tujuan PKn di SD,Ruang lingkup PKn di SD
4. Standar Isi dan Standar Proses KTSP dan K13
5. Standar penilaian KTSP, K13 dan perbedaannya
6. Konsep dan kedudukan Pancasila
7. Pengertian dan jenis Norma, Hukum , HAM
8. Sistem demokrasi di Indonesia
9. Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, dan juga dengan UUD 1945
10. Sistem Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten / Kota dan Pemerintah Desa
11. Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
12. Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan mampu :
Menguasai secara komprehensif Kurikulum PKn di SD
Menganalisis Kurikulum PKn di SD berdasarkan peraturan Standar Nasional dan Pendidikan
Menunjukkan sikap menghargai pendapat dan bersedia bekerja sama dengan orang lain
Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan , dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SD
ReferencesOemar Hamalik (2008). ManajanamenPengembangan Kurikulum. Bandung.Rosda
S.Hamid Hasan(2008).Evaluasi Kurikulum.Bandung.Rosda
Abdullah Idi(2009).Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek .Yogyakarta.Ar Ruzz Media
KTSP PKn SD
Kaelan dan Achmad Zubaidi.2007.Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi.Yogyakarta.
Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan,Balitbang Dikbud 2007
Buku BSE PKn di SD
Buku Siswa
Details ...
Mata kuliah Kajian Kurikulum PKn merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGSD yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dala memahami secara menyeluruh tentang Kurikulum PKn di SD, Menganalisisnya sesuai dengan peraturan Standar proses dan standar penilaian, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di SD. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini sebagai berikut:
1. Pengertian Konsep Kurikulum, Komponen Kurikulum
2. Jenis dan Pendekatan Kurikulum
3. Tujuan PKn di SD,Ruang lingkup PKn di SD
4. Standar Isi dan Standar Proses KTSP dan K13
5. Standar penilaian KTSP, K13 dan perbedaannya
6. Konsep dan kedudukan Pancasila
7. Pengertian dan jenis Norma, Hukum , HAM
8. Sistem demokrasi di Indonesia
9. Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, dan juga dengan UUD 1945
10. Sistem Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten / Kota dan Pemerintah Desa
11. Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
12. Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan mampu :
Menguasai secara komprehensif Kurikulum PKn di SD
Menganalisis Kurikulum PKn di SD berdasarkan peraturan Standar Nasional dan Pendidikan
Menunjukkan sikap menghargai pendapat dan bersedia bekerja sama dengan orang lain
Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan , dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SD
ReferencesOemar Hamalik (2008). ManajanamenPengembangan Kurikulum. Bandung.Rosda
S.Hamid Hasan(2008).Evaluasi Kurikulum.Bandung.Rosda
Abdullah Idi(2009).Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek .Yogyakarta.Ar Ruzz Media
KTSP PKn SD
Kaelan dan Achmad Zubaidi.2007.Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi.Yogyakarta.
Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan,Balitbang Dikbud 2007
Buku BSE PKn di SD
Buku Siswa
Details ...
Mata kuliah Kajian Kurikulum PKn merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGSD yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dala memahami secara menyeluruh tentang Kurikulum PKn di SD, Menganalisisnya sesuai dengan peraturan Standar proses dan standar penilaian, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di SD. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini sebagai berikut:
1. Pengertian Konsep Kurikulum, Komponen Kurikulum
2. Jenis dan Pendekatan Kurikulum
3. Tujuan PKn di SD,Ruang lingkup PKn di SD
4. Standar Isi dan Standar Proses KTSP dan K13
5. Standar penilaian KTSP, K13 dan perbedaannya
6. Konsep dan kedudukan Pancasila
7. Pengertian dan jenis Norma, Hukum , HAM
8. Sistem demokrasi di Indonesia
9. Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, dan juga dengan UUD 1945
10. Sistem Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten / Kota dan Pemerintah Desa
11. Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
12. Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan mampu :
Menguasai secara komprehensif Kurikulum PKn di SD
Menganalisis Kurikulum PKn di SD berdasarkan peraturan Standar Nasional dan Pendidikan
Menunjukkan sikap menghargai pendapat dan bersedia bekerja sama dengan orang lain
Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan , dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SD
ReferencesOemar Hamalik (2008). ManajanamenPengembangan Kurikulum. Bandung.Rosda
S.Hamid Hasan(2008).Evaluasi Kurikulum.Bandung.Rosda
Abdullah Idi(2009).Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek .Yogyakarta.Ar Ruzz Media
KTSP PKn SD
Kaelan dan Achmad Zubaidi.2007.Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi.Yogyakarta.
Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan,Balitbang Dikbud 2007
Buku BSE PKn di SD
Buku Siswa
Details ...
Mata kuliah Kajian Kurikulum PKn merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGSD yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dala memahami secara menyeluruh tentang Kurikulum PKn di SD, Menganalisisnya sesuai dengan peraturan Standar proses dan standar penilaian, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di SD. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini sebagai berikut:
1. Pengertian Konsep Kurikulum, Komponen Kurikulum
2. Jenis dan Pendekatan Kurikulum
3. Tujuan PKn di SD,Ruang lingkup PKn di SD
4. Standar Isi dan Standar Proses KTSP dan K13
5. Standar penilaian KTSP, K13 dan perbedaannya
6. Konsep dan kedudukan Pancasila
7. Pengertian dan jenis Norma, Hukum , HAM
8. Sistem demokrasi di Indonesia
9. Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, dan juga dengan UUD 1945
10. Sistem Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten / Kota dan Pemerintah Desa
11. Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
12. Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan mampu :
Menguasai secara komprehensif Kurikulum PKn di SD
Menganalisis Kurikulum PKn di SD berdasarkan peraturan Standar Nasional dan Pendidikan
Menunjukkan sikap menghargai pendapat dan bersedia bekerja sama dengan orang lain
Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan , dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SD
ReferencesOemar Hamalik (2008). ManajanamenPengembangan Kurikulum. Bandung.Rosda
S.Hamid Hasan(2008).Evaluasi Kurikulum.Bandung.Rosda
Abdullah Idi(2009).Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek .Yogyakarta.Ar Ruzz Media
KTSP PKn SD
Kaelan dan Achmad Zubaidi.2007.Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi.Yogyakarta.
Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan,Balitbang Dikbud 2007
Buku BSE PKn di SD
Buku Siswa
Details ...
Mata kuliah Kajian Kurikulum PKn merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGSD yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dala memahami secara menyeluruh tentang Kurikulum PKn di SD, Menganalisisnya sesuai dengan peraturan Standar proses dan standar penilaian, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di SD. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini sebagai berikut:
1. Pengertian Konsep Kurikulum, Komponen Kurikulum
2. Jenis dan Pendekatan Kurikulum
3. Tujuan PKn di SD,Ruang lingkup PKn di SD
4. Standar Isi dan Standar Proses KTSP dan K13
5. Standar penilaian KTSP, K13 dan perbedaannya
6. Konsep dan kedudukan Pancasila
7. Pengertian dan jenis Norma, Hukum , HAM
8. Sistem demokrasi di Indonesia
9. Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, dan juga dengan UUD 1945
10. Sistem Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten / Kota dan Pemerintah Desa
11. Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
12. Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan mampu :
Menguasai secara komprehensif Kurikulum PKn di SD
Menganalisis Kurikulum PKn di SD berdasarkan peraturan Standar Nasional dan Pendidikan
Menunjukkan sikap menghargai pendapat dan bersedia bekerja sama dengan orang lain
Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan , dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SD
ReferencesOemar Hamalik (2008). ManajanamenPengembangan Kurikulum. Bandung.Rosda
S.Hamid Hasan(2008).Evaluasi Kurikulum.Bandung.Rosda
Abdullah Idi(2009).Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek .Yogyakarta.Ar Ruzz Media
KTSP PKn SD
Kaelan dan Achmad Zubaidi.2007.Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi.Yogyakarta.
Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan,Balitbang Dikbud 2007
Buku BSE PKn di SD
Buku Siswa
Details ...
Mata kuliah Kajian Kurikulum PKn merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGSD yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dala memahami secara menyeluruh tentang Kurikulum PKn di SD, Menganalisisnya sesuai dengan peraturan Standar proses dan standar penilaian, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di SD. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini sebagai berikut:
1. Pengertian Konsep Kurikulum, Komponen Kurikulum
2. Jenis dan Pendekatan Kurikulum
3. Tujuan PKn di SD,Ruang lingkup PKn di SD
4. Standar Isi dan Standar Proses KTSP dan K13
5. Standar penilaian KTSP, K13 dan perbedaannya
6. Konsep dan kedudukan Pancasila
7. Pengertian dan jenis Norma, Hukum , HAM
8. Sistem demokrasi di Indonesia
9. Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, dan juga dengan UUD 1945
10. Sistem Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten / Kota dan Pemerintah Desa
11. Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
12. Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan mampu :
Menguasai secara komprehensif Kurikulum PKn di SD
Menganalisis Kurikulum PKn di SD berdasarkan peraturan Standar Nasional dan Pendidikan
Menunjukkan sikap menghargai pendapat dan bersedia bekerja sama dengan orang lain
Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan , dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SD
ReferencesOemar Hamalik (2008). ManajanamenPengembangan Kurikulum. Bandung.Rosda
S.Hamid Hasan(2008).Evaluasi Kurikulum.Bandung.Rosda
Abdullah Idi(2009).Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek .Yogyakarta.Ar Ruzz Media
KTSP PKn SD
Kaelan dan Achmad Zubaidi.2007.Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi.Yogyakarta.
Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan,Balitbang Dikbud 2007
Buku BSE PKn di SD
Buku Siswa
Details ...
Mata kuliah kajian kurikulum Pkn merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGSD yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam memahami secara menyeluruh tentang kurikulum PKn di sekolah dasar, menganalisisnya sesuai denngan peraturan standar proses dan standar penilaian, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini sebagai berikut :
- Konsep umum kurikulum
- Hakikat kurikulum Pkn di SD
- Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
- Pengertiandan kedudukan Pancasila
- Norma , Hukum , HAM
- Sistem demokrasi di Indonesia
- Proklamasi Kemerdekaan, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan UUD 1945.
- SistemPemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, pemerintah kabupaten/Kota, dan Pemerintah Desa.
- Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia
Setelah menempuh matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu :
- Menguasai secara komprehensif kurikulum PKn di Sekolah Dasar
- Menganalisis kurikulum PKn di Sekolah Dasar berdasarkan peraturan standar nasional pendidikan
- Menunjukkan sikap menghargai pendapat dan bersedia bekerja sama dengan orang lain
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
1. Abdullah Idi. (2011). Pengembangan Kurikulum TeoridanPraktek. Yogyakarta: ArRuzz Media
2. Kaelan dan Achmad Zubaidi. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruantinggi. Yogyakarta. Paradigma
3. Dokumen KTSP.
4. Kurikulum 2013 Revisi 2017
Details ...
Mata kuliah kajian kurikulum Pkn merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGSD yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam memahami secara menyeluruh tentang kurikulum PKn di sekolah dasar, menganalisisnya sesuai denngan peraturan standar proses dan standar penilaian, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini sebagai berikut :
- Konsep umum kurikulum
- Hakikat kurikulum Pkn di SD
- Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
- Pengertiandan kedudukan Pancasila
- Norma , Hukum , HAM
- Sistem demokrasi di Indonesia
- Proklamasi Kemerdekaan, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan UUD 1945.
- SistemPemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, pemerintah kabupaten/Kota, dan Pemerintah Desa.
- Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia
Setelah menempuh matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu :
- Menguasai secara komprehensif kurikulum PKn di Sekolah Dasar
- Menganalisis kurikulum PKn di Sekolah Dasar berdasarkan peraturan standar nasional pendidikan
- Menunjukkan sikap menghargai pendapat dan bersedia bekerja sama dengan orang lain
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
1. Abdullah Idi. (2011). Pengembangan Kurikulum TeoridanPraktek. Yogyakarta: ArRuzz Media
2. Kaelan dan Achmad Zubaidi. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruantinggi. Yogyakarta. Paradigma
3. Dokumen KTSP.
4. Kurikulum 2013 Revisi 2017
Details ...
Mata kuliah kajian kurikulum Pkn merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGSD yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam memahami secara menyeluruh tentang kurikulum PKn di sekolah dasar, menganalisisnya sesuai denngan peraturan standar proses dan standar penilaian, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini sebagai berikut :
- Konsep umum kurikulum
- Hakikat kurikulum Pkn di SD
- Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
- Pengertiandan kedudukan Pancasila
- Norma , Hukum , HAM
- Sistem demokrasi di Indonesia
- Proklamasi Kemerdekaan, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan UUD 1945.
- SistemPemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, pemerintah kabupaten/Kota, dan Pemerintah Desa.
- Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia
Setelah menempuh matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu :
- Menguasai secara komprehensif kurikulum PKn di Sekolah Dasar
- Menganalisis kurikulum PKn di Sekolah Dasar berdasarkan peraturan standar nasional pendidikan
- Menunjukkan sikap menghargai pendapat dan bersedia bekerja sama dengan orang lain
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
1. Abdullah Idi. (2011). Pengembangan Kurikulum TeoridanPraktek. Yogyakarta: ArRuzz Media
2. Kaelan dan Achmad Zubaidi. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruantinggi. Yogyakarta. Paradigma
3. Dokumen KTSP.
4. Kurikulum 2013 Revisi 2017
Details ...
Mata kuliah kajian kurikulum Pkn merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGSD yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam memahami secara menyeluruh tentang kurikulum PKn di sekolah dasar, menganalisisnya sesuai denngan peraturan standar proses dan standar penilaian, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini sebagai berikut :
- Konsep umum kurikulum
- Hakikat kurikulum Pkn di SD
- Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
- Pengertiandan kedudukan Pancasila
- Norma , Hukum , HAM
- Sistem demokrasi di Indonesia
- Proklamasi Kemerdekaan, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan UUD 1945.
- SistemPemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, pemerintah kabupaten/Kota, dan Pemerintah Desa.
- Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia
Setelah menempuh matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu :
- Menguasai secara komprehensif kurikulum PKn di Sekolah Dasar
- Menganalisis kurikulum PKn di Sekolah Dasar berdasarkan peraturan standar nasional pendidikan
- Menunjukkan sikap menghargai pendapat dan bersedia bekerja sama dengan orang lain
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
1. Abdullah Idi. (2011). Pengembangan Kurikulum TeoridanPraktek. Yogyakarta: ArRuzz Media
2. Kaelan dan Achmad Zubaidi. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruantinggi. Yogyakarta. Paradigma
3. Dokumen KTSP.
4. Kurikulum 2013 Revisi 2017
Details ...
Mata kuliah kajian kurikulum Pkn merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGSD yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam memahami secara menyeluruh tentang kurikulum PKn di sekolah dasar, menganalisisnya sesuai denngan peraturan standar proses dan standar penilaian, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini sebagai berikut :
- Konsep umum kurikulum
- Hakikat kurikulum Pkn di SD
- Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
- Pengertiandan kedudukan Pancasila
- Norma , Hukum , HAM
- Sistem demokrasi di Indonesia
- Proklamasi Kemerdekaan, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan UUD 1945.
- SistemPemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, pemerintah kabupaten/Kota, dan Pemerintah Desa.
- Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia
Setelah menempuh matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu :
- Menguasai secara komprehensif kurikulum PKn di Sekolah Dasar
- Menganalisis kurikulum PKn di Sekolah Dasar berdasarkan peraturan standar nasional pendidikan
- Menunjukkan sikap menghargai pendapat dan bersedia bekerja sama dengan orang lain
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
1. Abdullah Idi. (2011). Pengembangan Kurikulum TeoridanPraktek. Yogyakarta: ArRuzz Media
2. Kaelan dan Achmad Zubaidi. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruantinggi. Yogyakarta. Paradigma
3. Dokumen KTSP.
4. Kurikulum 2013 Revisi 2017
Details ...
Mata kuliah kajian kurikulum Pkn merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGSD yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam memahami secara menyeluruh tentang kurikulum PKn di sekolah dasar, menganalisisnya sesuai denngan peraturan standar proses dan standar penilaian, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini sebagai berikut :
- Konsep umum kurikulum
- Hakikat kurikulum Pkn di SD
- Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan
- Pengertiandan kedudukan Pancasila
- Norma , Hukum , HAM
- Sistem demokrasi di Indonesia
- Proklamasi Kemerdekaan, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pancasila, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan UUD 1945.
- SistemPemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, pemerintah kabupaten/Kota, dan Pemerintah Desa.
- Globalisasi dan dampaknya bagi negara Indonesia
Setelah menempuh matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu :
- Menguasai secara komprehensif kurikulum PKn di Sekolah Dasar
- Menganalisis kurikulum PKn di Sekolah Dasar berdasarkan peraturan standar nasional pendidikan
- Menunjukkan sikap menghargai pendapat dan bersedia bekerja sama dengan orang lain
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
1. Abdullah Idi. (2011). Pengembangan Kurikulum TeoridanPraktek. Yogyakarta: ArRuzz Media
2. Kaelan dan Achmad Zubaidi. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruantinggi. Yogyakarta. Paradigma
3. Dokumen KTSP.
4. Kurikulum 2013 Revisi 2017
Details ...