Courser in English | REVIEW OF CIVICS CURRICULUM FOR ELEMENTARY SCHOOLS |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 48 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
- Konsep umum kurikulum.
- Hakikat PKn dalam kurikulum KTSP SD.
- Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan.
- Pengertian Pancasila sebagai Pandangan hidup bangsa dasar negara ; Ideologi Negara, Ideologi Terbuka dan Sejarah Perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
- Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa.
- Norma, Hukum, Sistem hukum dan Peradilan nasional dan peradilan internasional.
- Sistem Demokrasi di Indonesia.
- Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan Pancasila ; Hubungan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan UUD 1945.
- Sistem Pemerintahan Pusat ; Pemerintahan Provinsi ; Pemerintahan Desa.
- Globalisasi dan dampaknyabagi negaa Indonesia.
- Pengertian HAM , Instrumen nasional dan internasional ; Pemajuan Penghormatan dan perlindungan HAM.
Menyiapkan warga negara yang sadar akan hak dan kewajibannya , peduli terhadap kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia diharapkan dapat memjadi warga negara yang baik .
ReferencesSumber : Sapriya , 2012, Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia....., 2013, Mata Kuliah Pendidikan Pancasila, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Details ...
- Konsep umum kurikulum.
- Hakikat PKn dalam kurikulum KTSP SD.
- Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan.
- Pengertian Pancasila sebagai Pandangan hidup bangsa dasar negara ; Ideologi Negara, Ideologi Terbuka dan Sejarah Perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
- Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa.
- Norma, Hukum, Sistem hukum dan Peradilan nasional dan peradilan internasional.
- Sistem Demokrasi di Indonesia.
- Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan Pancasila ; Hubungan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan UUD 1945.
- Sistem Pemerintahan Pusat ; Pemerintahan Provinsi ; Pemerintahan Desa.
- Globalisasi dan dampaknyabagi negaa Indonesia.
- Pengertian HAM , Instrumen nasional dan internasional ; Pemajuan Penghormatan dan perlindungan HAM.
Menyiapkan warga negara yang sadar akan hak dan kewajibannya , peduli terhadap kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia diharapkan dapat memjadi warga negara yang baik .
ReferencesSumber : Sapriya , 2012, Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia....., 2013, Mata Kuliah Pendidikan Pancasila, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Details ...
- Konsep umum kurikulum.
- Hakikat PKn dalam kurikulum KTSP SD.
- Peraturan tentang Standar Nasional Pendidikan.
- Pengertian Pancasila sebagai Pandangan hidup bangsa dasar negara ; Ideologi Negara, Ideologi Terbuka dan Sejarah Perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
- Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa.
- Norma, Hukum, Sistem hukum dan Peradilan nasional dan peradilan internasional.
- Sistem Demokrasi di Indonesia.
- Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Hubungan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan Pancasila ; Hubungan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan UUD 1945.
- Sistem Pemerintahan Pusat ; Pemerintahan Provinsi ; Pemerintahan Desa.
- Globalisasi dan dampaknyabagi negaa Indonesia.
- Pengertian HAM , Instrumen nasional dan internasional ; Pemajuan Penghormatan dan perlindungan HAM.
Menyiapkan warga negara yang sadar akan hak dan kewajibannya , peduli terhadap kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia diharapkan dapat memjadi warga negara yang baik .
ReferencesSumber : Sapriya , 2012, Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia....., 2013, Mata Kuliah Pendidikan Pancasila, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Details ...
Deskripsi mata kuliah kajian kurikulum PKn SD meliputi materi kurikulu KTSP 2006, Materi kurikulu PKN antara lain tentang pancasila, konstitusi, kerukunan hidup, HAM, globalisasi, dan peraturan daerah dan peraturan pusat.
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Deskripsi mata kuliah kajian kurikulum PKn SD meliputi materi kurikulu KTSP 2006, Materi kurikulu PKN antara lain tentang pancasila, konstitusi, kerukunan hidup, HAM, globalisasi, dan peraturan daerah dan peraturan pusat.
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri atas teori dan paktek dengan proposi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas dan jenis kurikulum, pendekatan kurikulum, pengembangan komponen kurikulum, fungsi dan peran pengembangan kurikulum, komponen KTSP, KTSP dalam PKn, tujuan, fungsi dan evaluasi kurikulum, silabus PKn SD. Komponen praktik berkenaan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, pengembangan silabus, dan pengembangan materi ajar PKn SD.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mendeskripsikan Kurikulum , Menjelaskan asas dan jenis kurikulum 13 dan KTSP , Mendeskripsikan pendekatan kurikulum 13 dan KTSP, Menjelaskan pengembangan komponen kurikulum 13 dan KTSP, Menyebutkan prinsip dan pendekatan pengembangan kurikulum 13 dan KTSP, Menyebutkan fungsi dan peran pengembangan kurikulum 13 dan KTSP, Mendeskripsikan KTSP, Menyebutkan definisi, tujuan dan fungsi evalasi kurikulum 13 dan KTSP, Mengembangkan Silabus, Menyusun tabulasi SKKD PKn SD, dan Mengembangkan materi ajar PKn SD
ReferencesOemar Hamalik.(2008).Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda
S. Hamid Hasan.(2008).Evaluasi Kurikulum. Bandung: Rosda
Abdullah Idi.(2009).Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek . Yogyakarta: Ar Ruzz Media
KTSP PKn SD
Buku Teks PKn SD
Buku - buku lain yang relevan
Details ...
Pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri atas teori dan paktek dengan proposi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas dan jenis kurikulum, pendekatan kurikulum, pengembangan komponen kurikulum, fungsi dan peran pengembangan kurikulum, komponen KTSP, KTSP dalam PKn, tujuan, fungsi dan evaluasi kurikulum, silabus PKn SD. Komponen praktik berkenaan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, pengembangan silabus, dan pengembangan materi ajar PKn SD.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mendeskripsikan Kurikulum , Menjelaskan asas dan jenis kurikulum 13 dan KTSP , Mendeskripsikan pendekatan kurikulum 13 dan KTSP, Menjelaskan pengembangan komponen kurikulum 13 dan KTSP, Menyebutkan prinsip dan pendekatan pengembangan kurikulum 13 dan KTSP, Menyebutkan fungsi dan peran pengembangan kurikulum 13 dan KTSP, Mendeskripsikan KTSP, Menyebutkan definisi, tujuan dan fungsi evalasi kurikulum 13 dan KTSP, Mengembangkan Silabus, Menyusun tabulasi SKKD PKn SD, dan Mengembangkan materi ajar PKn SD
ReferencesOemar Hamalik.(2008).Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda
S. Hamid Hasan.(2008).Evaluasi Kurikulum. Bandung: Rosda
Abdullah Idi.(2009).Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek . Yogyakarta: Ar Ruzz Media
KTSP PKn SD
Buku Teks PKn SD
Buku - buku lain yang relevan
Details ...
Pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri atas teori dan paktek dengan proposi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas dan jenis kurikulum, pendekatan kurikulum, pengembangan komponen kurikulum, fungsi dan peran pengembangan kurikulum, komponen KTSP, KTSP dalam PKn, tujuan, fungsi dan evaluasi kurikulum, silabus PKn SD. Komponen praktik berkenaan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, pengembangan silabus, dan pengembangan materi ajar PKn SD.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mendeskripsikan Kurikulum , Menjelaskan asas dan jenis kurikulum 13 dan KTSP , Mendeskripsikan pendekatan kurikulum 13 dan KTSP, Menjelaskan pengembangan komponen kurikulum 13 dan KTSP, Menyebutkan prinsip dan pendekatan pengembangan kurikulum 13 dan KTSP, Menyebutkan fungsi dan peran pengembangan kurikulum 13 dan KTSP, Mendeskripsikan KTSP, Menyebutkan definisi, tujuan dan fungsi evalasi kurikulum 13 dan KTSP, Mengembangkan Silabus, Menyusun tabulasi SKKD PKn SD, dan Mengembangkan materi ajar PKn SD
ReferencesOemar Hamalik.(2008).Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda
S. Hamid Hasan.(2008).Evaluasi Kurikulum. Bandung: Rosda
Abdullah Idi.(2009).Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek . Yogyakarta: Ar Ruzz Media
KTSP PKn SD
Buku Teks PKn SD
Buku - buku lain yang relevan
Details ...
Pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri atas teori dan paktek dengan proposi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas dan jenis kurikulum, pendekatan kurikulum, pengembangan komponen kurikulum, fungsi dan peran pengembangan kurikulum, komponen KTSP, KTSP dalam PKn, tujuan, fungsi dan evaluasi kurikulum, silabus PKn SD. Komponen praktik berkenaan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, pengembangan silabus, dan pengembangan materi ajar PKn SD.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mendeskripsikan Kurikulum , Menjelaskan asas dan jenis kurikulum 13 dan KTSP , Mendeskripsikan pendekatan kurikulum 13 dan KTSP, Menjelaskan pengembangan komponen kurikulum 13 dan KTSP, Menyebutkan prinsip dan pendekatan pengembangan kurikulum 13 dan KTSP, Menyebutkan fungsi dan peran pengembangan kurikulum 13 dan KTSP, Mendeskripsikan KTSP, Menyebutkan definisi, tujuan dan fungsi evalasi kurikulum 13 dan KTSP, Mengembangkan Silabus, Menyusun tabulasi SKKD PKn SD, dan Mengembangkan materi ajar PKn SD
ReferencesOemar Hamalik.(2008).Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda
S. Hamid Hasan.(2008).Evaluasi Kurikulum. Bandung: Rosda
Abdullah Idi.(2009).Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek . Yogyakarta: Ar Ruzz Media
KTSP PKn SD
Buku Teks PKn SD
Buku - buku lain yang relevan
Details ...
Pembelajaran dalam mata kuliah Kajian Kurikulum PKn SD terdiri atas teori dan paktek dengan proposi seimbang. Komponen teori berkenan dengan pemahaman mahasiswa mengenai konsep, asas dan jenis kurikulum, pendekatan kurikulum, pengembangan komponen kurikulum, fungsi dan peran pengembangan kurikulum, komponen KTSP, KTSP dalam PKn, tujuan, fungsi dan evaluasi kurikulum, silabus PKn SD. Komponen praktik berkenaan dengan pentabulasian SKKD PKn SD, pengembangan silabus, dan pengembangan materi ajar PKn SD.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mendeskripsikan Kurikulum , Menjelaskan asas dan jenis kurikulum 13 dan KTSP , Mendeskripsikan pendekatan kurikulum 13 dan KTSP, Menjelaskan pengembangan komponen kurikulum 13 dan KTSP, Menyebutkan prinsip dan pendekatan pengembangan kurikulum 13 dan KTSP, Menyebutkan fungsi dan peran pengembangan kurikulum 13 dan KTSP, Mendeskripsikan KTSP, Menyebutkan definisi, tujuan dan fungsi evalasi kurikulum 13 dan KTSP, Mengembangkan Silabus, Menyusun tabulasi SKKD PKn SD, dan Mengembangkan materi ajar PKn SD
ReferencesOemar Hamalik.(2008).Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda
S. Hamid Hasan.(2008).Evaluasi Kurikulum. Bandung: Rosda
Abdullah Idi.(2009).Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek . Yogyakarta: Ar Ruzz Media
KTSP PKn SD
Buku Teks PKn SD
Buku - buku lain yang relevan
Details ...
mata kuliah kajian kurikulum pkn SD meliputi materi kurikulum KTSP 2006, materi kurikulum pkn antaralain kerukunan hidup,ham,globalisasi dan peraturan daerah dan peraturan pusat.
Learning Outcomes-
References-
Details ...
mata kuliah kajian kurikulum pkn SD meliputi materi kurikulum KTSP 2006, materi kurikulum pkn antaralain kerukunan hidup,ham,globalisasi dan peraturan daerah dan peraturan pusat.
Learning Outcomes-
References-
Details ...