Courser in English | DEVELOPMENT OF NATURAL SCIENCE LEARNING FOR ELEM. SCHOOL |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 51 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mahasiswa dapat memahami konseptual pembelajaran IPA
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami konseptual pembelajaran IPA
ReferencesBuku Pegangan Konsep Dasar IPA
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia.
Learning OutcomesMelalui diskusi, ceramah, tanya jawab, unjuk kerja, dan praktikum, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia dengan baik dan benar
ReferencesPetunjuk Praktikum Pengembangan Konsep Dasar IPA
Haryanto.2004.Sains untuk SD. Jakarta: Erlangga
Karim, Saeful, dkk. 2008.Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan
TIM IPA.2007.IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Yudistira
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia.
Learning OutcomesMelalui diskusi, ceramah, tanya jawab, unjuk kerja, dan praktikum, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia dengan baik dan benar
ReferencesPetunjuk Praktikum Pengembangan Konsep Dasar IPA
Haryanto.2004.Sains untuk SD. Jakarta: Erlangga
Karim, Saeful, dkk. 2008.Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan
TIM IPA.2007.IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Yudistira
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia.
Learning OutcomesMelalui diskusi, ceramah, tanya jawab, unjuk kerja, dan praktikum, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia dengan baik dan benar
ReferencesPetunjuk Praktikum Pengembangan Konsep Dasar IPA
Haryanto.2004.Sains untuk SD. Jakarta: Erlangga
Karim, Saeful, dkk. 2008.Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan
TIM IPA.2007.IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Yudistira
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia.
Learning OutcomesMelalui diskusi, ceramah, tanya jawab, unjuk kerja, dan praktikum, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia dengan baik dan benar
ReferencesPetunjuk Praktikum Pengembangan Konsep Dasar IPA
Haryanto.2004.Sains untuk SD. Jakarta: Erlangga
Karim, Saeful, dkk. 2008.Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan
TIM IPA.2007.IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Yudistira
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia.
Learning OutcomesMelalui diskusi, ceramah, tanya jawab, unjuk kerja, dan praktikum, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia dengan baik dan benar
ReferencesPetunjuk Praktikum Pengembangan Konsep Dasar IPA
Haryanto.2004.Sains untuk SD. Jakarta: Erlangga
Karim, Saeful, dkk. 2008.Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan
TIM IPA.2007.IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Yudistira
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia.
Learning OutcomesMelalui diskusi, ceramah, tanya jawab, unjuk kerja, dan praktikum, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia dengan baik dan benar
ReferencesPetunjuk Praktikum Pengembangan Konsep Dasar IPA
Haryanto.2004.Sains untuk SD. Jakarta: Erlangga
Karim, Saeful, dkk. 2008.Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan
TIM IPA.2007.IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Yudistira
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia.
Learning OutcomesMelalui diskusi, ceramah, tanya jawab, unjuk kerja, dan praktikum, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia dengan baik dan benar
ReferencesPetunjuk Praktikum Pengembangan Konsep Dasar IPA
Haryanto.2004.Sains untuk SD. Jakarta: Erlangga
Karim, Saeful, dkk. 2008.Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan
TIM IPA.2007.IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Yudistira
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia.
Learning OutcomesMelalui diskusi, ceramah, tanya jawab, unjuk kerja, dan praktikum, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia dengan baik dan benar
ReferencesPetunjuk Praktikum Pengembangan Konsep Dasar IPA
Haryanto.2004.Sains untuk SD. Jakarta: Erlangga
Karim, Saeful, dkk. 2008.Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan
TIM IPA.2007.IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Yudistira
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia.
Learning OutcomesMelalui diskusi, ceramah, tanya jawab, unjuk kerja, dan praktikum, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia dengan baik dan benar
ReferencesPetunjuk Praktikum Pengembangan Konsep Dasar IPA
Haryanto.2004.Sains untuk SD. Jakarta: Erlangga
Karim, Saeful, dkk. 2008.Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan
TIM IPA.2007.IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Yudistira
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia.
Learning OutcomesMelalui diskusi, ceramah, tanya jawab, unjuk kerja, dan praktikum, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia dengan baik dan benar
ReferencesPetunjuk Praktikum Pengembangan Konsep Dasar IPA
Haryanto.2004.Sains untuk SD. Jakarta: Erlangga
Karim, Saeful, dkk. 2008.Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan
TIM IPA.2007.IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Yudistira
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia.
Learning OutcomesMelalui diskusi, ceramah, tanya jawab, unjuk kerja, dan praktikum, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia dengan baik dan benar
ReferencesPetunjuk Praktikum Pengembangan Konsep Dasar IPA
Haryanto.2004.Sains untuk SD. Jakarta: Erlangga
Karim, Saeful, dkk. 2008.Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan
TIM IPA.2007.IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Yudistira
Details ...