Pengembangan Konsep Dasar IPA, Curriculum : 2015


Courser in EnglishDEVELOPMENT OF NATURAL SCIENCE LEARNING FOR ELEM. SCHOOL
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS51 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

1. Cahaya dan bunyi
2. Listrik dan magnet
3. Tata surya dan benda langit
4. Hewan avertebrata
5. Hewan vertebrata
6. Sistem Pernafasan pada manusia
7. Sistem pencernaan pada manusia
8. Bioteknologi

Learning Outcomes

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian
masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS

References

Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey:PrenticeHall (terjemahan)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar, mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS.

References

Buku Teks (buku wajib) :

  • Tim Pengembangan Konsep Dasar IPA. 2016. Pengembangan Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit

Buku Acuan (anjuran) :

  • Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak.
  • Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru.
  • Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  • Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
  • Giancoli, D.C. 2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey: Prentice Hall (terjemahan)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar, mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS.

References

Buku Teks (buku wajib) :

  • Tim Pengembangan Konsep Dasar IPA. 2016. Pengembangan Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit

Buku Acuan (anjuran) :

  • Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak.
  • Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru.
  • Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  • Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
  • Giancoli, D.C. 2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey: Prentice Hall (terjemahan)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar, mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS.

References

Buku Teks (buku wajib) :

  • Tim Pengembangan Konsep Dasar IPA. 2016. Pengembangan Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit

Buku Acuan (anjuran) :

  • Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak.
  • Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru.
  • Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  • Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
  • Giancoli, D.C. 2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey: Prentice Hall (terjemahan)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar, mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS.

References

Buku Teks (buku wajib) :

  • Tim Pengembangan Konsep Dasar IPA. 2016. Pengembangan Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit

Buku Acuan (anjuran) :

  • Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak.
  • Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru.
  • Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  • Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
  • Giancoli, D.C. 2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey: Prentice Hall (terjemahan)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar, mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS.

References

Buku Teks (buku wajib) :

  • Tim Pengembangan Konsep Dasar IPA. 2016. Pengembangan Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit

Buku Acuan (anjuran) :

  • Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak.
  • Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru.
  • Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  • Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
  • Giancoli, D.C. 2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey: Prentice Hall (terjemahan)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam
dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar,
mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah

Learning Outcomes

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian
masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS

References

Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
    Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
    Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
    Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
    Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey:PrenticeHall (terjemahan)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam
dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar,
mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah

Learning Outcomes

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian
masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS

References

Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
    Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
    Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
    Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
    Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey:PrenticeHall (terjemahan)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam
dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar,
mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah

Learning Outcomes

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian
masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS

References

Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
    Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
    Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
    Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
    Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey:PrenticeHall (terjemahan)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam
dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar,
mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah

Learning Outcomes

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian
masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS

References

Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
    Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
    Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
    Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
    Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey:PrenticeHall (terjemahan)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam
dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar,
mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah

Learning Outcomes

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian
masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS

References

Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
    Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
    Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
    Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
    Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey:PrenticeHall (terjemahan)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam
dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar,
mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah

Learning Outcomes

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian
masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS

References

Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
    Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
    Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
    Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
    Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey:PrenticeHall (terjemahan)


Details ...