Courser in English | DEVELOPMENT OF NATURAL SCIENCE LEARNING FOR ELEM. SCHOOL |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 51 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
1. Cahaya dan bunyi
2. Listrik dan magnet
3. Tata surya dan benda langit
4. Hewan avertebrata
5. Hewan vertebrata
6. Sistem Pernafasan pada manusia
7. Sistem pencernaan pada manusia
8. Bioteknologi
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian
masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS
Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey:PrenticeHall (terjemahan)
Details ...
Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar, mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS.
Buku Teks (buku wajib) :
- Tim Pengembangan Konsep Dasar IPA. 2016. Pengembangan Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
Buku Acuan (anjuran) :
- Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak.
- Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru.
- Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
- Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
- Giancoli, D.C. 2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey: Prentice Hall (terjemahan)
Details ...
Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar, mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS.
Buku Teks (buku wajib) :
- Tim Pengembangan Konsep Dasar IPA. 2016. Pengembangan Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
Buku Acuan (anjuran) :
- Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak.
- Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru.
- Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
- Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
- Giancoli, D.C. 2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey: Prentice Hall (terjemahan)
Details ...
Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar, mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS.
Buku Teks (buku wajib) :
- Tim Pengembangan Konsep Dasar IPA. 2016. Pengembangan Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
Buku Acuan (anjuran) :
- Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak.
- Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru.
- Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
- Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
- Giancoli, D.C. 2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey: Prentice Hall (terjemahan)
Details ...
Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar, mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS.
Buku Teks (buku wajib) :
- Tim Pengembangan Konsep Dasar IPA. 2016. Pengembangan Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
Buku Acuan (anjuran) :
- Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak.
- Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru.
- Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
- Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
- Giancoli, D.C. 2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey: Prentice Hall (terjemahan)
Details ...
Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar, mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS.
Buku Teks (buku wajib) :
- Tim Pengembangan Konsep Dasar IPA. 2016. Pengembangan Konsep Dasar IPA. Bahan Belajar PGSD FIP UPGRIS. Penerbit
Buku Acuan (anjuran) :
- Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak.
- Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru.
- Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
- Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
- Giancoli, D.C. 2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey: Prentice Hall (terjemahan)
Details ...
Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam
dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar,
mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian
masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS
Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey:PrenticeHall (terjemahan)
Details ...
Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam
dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar,
mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian
masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS
Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey:PrenticeHall (terjemahan)
Details ...
Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam
dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar,
mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian
masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS
Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey:PrenticeHall (terjemahan)
Details ...
Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam
dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar,
mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian
masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS
Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey:PrenticeHall (terjemahan)
Details ...
Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam
dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar,
mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian
masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS
Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey:PrenticeHall (terjemahan)
Details ...
Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam
dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar,
mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan
teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian
masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS
Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey:PrenticeHall (terjemahan)
Details ...