Pengembangan Konsep Dasar IPA, Curriculum : 2015


Courser in EnglishDEVELOPMENT OF NATURAL SCIENCE LEARNING FOR ELEM. SCHOOL
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS51 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia.

Learning Outcomes

Melalui diskusi, ceramah, tanya jawab, unjuk kerja, dan praktikum, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia dengan baik dan benar

References

Petunjuk Praktikum Pengembangan Konsep Dasar IPA

Haryanto.2004.Sains untuk SD. Jakarta: Erlangga

Karim, Saeful, dkk. 2008.Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan

TIM IPA.2007.IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia.

Learning Outcomes

Melalui diskusi, ceramah, tanya jawab, unjuk kerja, dan praktikum, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia dengan baik dan benar

References

Petunjuk Praktikum Pengembangan Konsep Dasar IPA

Haryanto.2004.Sains untuk SD. Jakarta: Erlangga

Karim, Saeful, dkk. 2008.Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan

TIM IPA.2007.IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia.

Learning Outcomes

Melalui diskusi, ceramah, tanya jawab, unjuk kerja, dan praktikum, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia dengan baik dan benar

References

Petunjuk Praktikum Pengembangan Konsep Dasar IPA

Haryanto.2004.Sains untuk SD. Jakarta: Erlangga

Karim, Saeful, dkk. 2008.Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan

TIM IPA.2007.IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia.

Learning Outcomes

Melalui diskusi, ceramah, tanya jawab, unjuk kerja, dan praktikum, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia dengan baik dan benar

References

Petunjuk Praktikum Pengembangan Konsep Dasar IPA

Haryanto.2004.Sains untuk SD. Jakarta: Erlangga

Karim, Saeful, dkk. 2008.Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan

TIM IPA.2007.IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia.

Learning Outcomes

Melalui diskusi, ceramah, tanya jawab, unjuk kerja, dan praktikum, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia dengan baik dan benar

References

Petunjuk Praktikum Pengembangan Konsep Dasar IPA

Haryanto.2004.Sains untuk SD. Jakarta: Erlangga

Karim, Saeful, dkk. 2008.Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan

TIM IPA.2007.IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia.

Learning Outcomes

Melalui diskusi, ceramah, tanya jawab, unjuk kerja, dan praktikum, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia dengan baik dan benar

References

Petunjuk Praktikum Pengembangan Konsep Dasar IPA

Haryanto.2004.Sains untuk SD. Jakarta: Erlangga

Karim, Saeful, dkk. 2008.Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan

TIM IPA.2007.IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Yudistira


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia.

Learning Outcomes

Melalui diskusi, ceramah, tanya jawab, unjuk kerja, dan praktikum, mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari tentang cahaya dan bunyi, tata surya, magnet dan listrik, hewan avertebrata, hewan vertebrata, sistem pernafasan pada manusia, serta sistem pencernaan pada manusia dengan baik dan benar

References

Petunjuk Praktikum Pengembangan Konsep Dasar IPA

Haryanto.2004.Sains untuk SD. Jakarta: Erlangga

Karim, Saeful, dkk. 2008.Belajar IPA untuk kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan

TIM IPA.2007.IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Yudistira


Details ...