Pengembangan Konsep Dasar IPA, Curriculum : 2015


Courser in EnglishDEVELOPMENT OF NATURAL SCIENCE LEARNING FOR ELEM. SCHOOL
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS51 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar, mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Konsep Dasar IPA 2 secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS

References

  1. Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
  2. Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
  3. Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  4. Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
  5. Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey: PrenticeHall (terjemahan)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar, mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Konsep Dasar IPA 2 secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS

References

  1. Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
  2. Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
  3. Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  4. Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
  5. Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey: PrenticeHall (terjemahan)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliahinimembahasklasifikasihewan, konsepcahayabunyi, listrik, magnet, tatasurya, klasifikasimakhlukhidup, hubungansumberdayaalamdenganlingkungan, teknologidanmasyarakat, gangguandanpenanggulangannya, memanfaatkanhasilperkembangan IPTEK di lingkungansekitar, mempraktekkanlistrik, magnet, cahaya dan berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Konsep Dasar IPA 2 secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS

References

  1. Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
  2. Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
  3. Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  4. Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologijilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
  5. Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey: Prentice Hall (terjemahan)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliahinimembahasklasifikasihewan, konsepcahayabunyi, listrik, magnet, tatasurya, klasifikasimakhlukhidup, hubungansumberdayaalamdenganlingkungan, teknologidanmasyarakat, gangguandanpenanggulangannya, memanfaatkanhasilperkembangan IPTEK di lingkungansekitar, mempraktekkanlistrik, magnet, cahaya dan berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Konsep Dasar IPA 2 secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS

References

  1. Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
  2. Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
  3. Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  4. Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologijilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
  5. Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey: Prentice Hall (terjemahan)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliahinimembahasklasifikasihewan, konsepcahayabunyi, listrik, magnet, tatasurya, klasifikasimakhlukhidup, hubungansumberdayaalamdenganlingkungan, teknologidanmasyarakat, gangguandanpenanggulangannya, memanfaatkanhasilperkembangan IPTEK di lingkungansekitar, mempraktekkanlistrik, magnet, cahaya dan berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Konsep Dasar IPA 2 secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS

References

  1. Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
  2. Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
  3. Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  4. Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologijilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
  5. Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey: Prentice Hall (terjemahan)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliahinimembahasklasifikasihewan, konsepcahayabunyi, listrik, magnet, tatasurya, klasifikasimakhlukhidup, hubungansumberdayaalamdenganlingkungan, teknologidanmasyarakat, gangguandanpenanggulangannya, memanfaatkanhasilperkembangan IPTEK di lingkungansekitar, mempraktekkanlistrik, magnet, cahaya dan berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Konsep Dasar IPA 2 secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS

References

  1. Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
  2. Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
  3. Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  4. Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologijilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
  5. Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey: Prentice Hall (terjemahan)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar, mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS

References

  1. Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
  2. Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
  3. Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  4. Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
  5. Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey:PrenticeHall (terjemahan)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar, mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS

References

  1. Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
  2. Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
  3. Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  4. Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
  5. Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey:PrenticeHall (terjemahan)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar, mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS

References

  1. Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
  2. Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
  3. Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  4. Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
  5. Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey:PrenticeHall (terjemahan)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas klasifikasi hewan, konsep cahaya bunyi, listrik, magnet, tata surya, klasifikasi makhluk hidup, hubungan sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, gangguan dan penanggulangannya, memanfaatkan hasil perkembangan IPTEK di lingkungan sekitar, mempraktekkan listrik, magnet, cahaya, berlatih memecahkan masalah di lingkungan sekitar dengan cara berpikir ilmiah.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis konsep teoretis Pengembangan Konsep Dasar IPA secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural yang memanfaatkan IPTEKS

References

  1. Agustiana, I Gusti Ayu Tri, dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta : Ombak
  2. Irianto D.M, Yuliariatiningsih, Yanthi, Yunansah, H. 2011. Modul Konsep Dasar IPA di SD. UPI Kampus Cibiru
  3. Sutarno, Nono,M.Pd. 2008. Materi Dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  4. Campbell., Reece., Mitchell., 2000, Biologi jilid I-III, Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga
  5. Giancoli,D.C.2001. Fisika jilid 1-2. New Jersey:PrenticeHall (terjemahan)


Details ...