Pendidikan IPS di SD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishEDUCATION OF SOCIAL SCIENCE FOR ELEMENTARY SCHOOL
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS51 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

 Mata kuliah pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Capaian Pembelajaran umum program studi PGSD adalah Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya IPS. Mata kuliah ini juga membahas tentang Pendidikan dalam Pengajaran IPS di SD, metode, media, dan pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran IPS Terpadu.
 

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
 Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD. Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD. Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD. Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan. Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.
 

References

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta; 2003

Hamalik, Oemar. 1993. Model-Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PPs UPI

 


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Capaian Pembelajaran umum program studi PGSD adalah Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya IPS. Mata kuliah ini juga membahas tentang Pendidikan dalam Pengajaran IPS di SD, metode, media, dan pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran IPS Terpadu.
 

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
 Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD. Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD. Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD. Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan. Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.
 

References

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta; 2003

Hamalik, Oemar. 1993. Model-Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PPs UPI

 


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Capaian Pembelajaran umum program studi PGSD adalah Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya IPS. Mata kuliah ini juga membahas tentang Pendidikan dalam Pengajaran IPS di SD, metode, media, dan pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran IPS Terpadu.
 

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
 Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD. Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD. Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD. Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan. Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.
 

References

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta; 2003

Hamalik, Oemar. 1993. Model-Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PPs UPI

 


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Capaian Pembelajaran umum program studi PGSD adalah Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya IPS. Mata kuliah ini juga membahas tentang Pendidikan dalam Pengajaran IPS di SD, metode, media, dan pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran IPS Terpadu.
 

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
 Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD. Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD. Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD. Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan. Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.
 

References

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta; 2003

Hamalik, Oemar. 1993. Model-Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PPs UPI

 


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Capaian Pembelajaran umum program studi PGSD adalah Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya IPS. Mata kuliah ini juga membahas tentang Pendidikan dalam Pengajaran IPS di SD, metode, media, dan pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran IPS Terpadu.
 

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
 Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD. Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD. Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD. Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan. Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.
 

References

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta; 2003

Hamalik, Oemar. 1993. Model-Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PPs UPI

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pendidikan IPS SD 1, merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi PGSD, sebagai calon guru agar mampu mengembangkan proses pembelajaran pendidikan IPS, yang berbekal pemahaman dan penguasaan pemikiran pada konsep-konsep dasar IPS, yang mempengaruhi pengembangan pendidikan IPS ditingkat Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

1.    Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD.

2.    Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD.

3.    Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD.

4.    Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan.

5. Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.

References

Nana Supriatna, 2008, Pendidikan IPS di SD, Bandung : UPI PRESS

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pendidikan IPS SD 1, merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi PGSD, sebagai calon guru agar mampu mengembangkan proses pembelajaran pendidikan IPS, yang berbekal pemahaman dan penguasaan pemikiran pada konsep-konsep dasar IPS, yang mempengaruhi pengembangan pendidikan IPS ditingkat Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

1.    Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD.

2.    Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD.

3.    Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD.

4.    Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan.

5. Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.

References

Nana Supriatna, 2008, Pendidikan IPS di SD, Bandung : UPI PRESS

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pendidikan IPS SD 1, merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi PGSD, sebagai calon guru agar mampu mengembangkan proses pembelajaran pendidikan IPS, yang berbekal pemahaman dan penguasaan pemikiran pada konsep-konsep dasar IPS, yang mempengaruhi pengembangan pendidikan IPS ditingkat Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

1.    Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD.

2.    Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD.

3.    Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD.

4.    Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan.

5. Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.

References

Nana Supriatna, 2008, Pendidikan IPS di SD, Bandung : UPI PRESS

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pendidikan IPS SD 1, merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi PGSD, sebagai calon guru agar mampu mengembangkan proses pembelajaran pendidikan IPS, yang berbekal pemahaman dan penguasaan pemikiran pada konsep-konsep dasar IPS, yang mempengaruhi pengembangan pendidikan IPS ditingkat Sekolah Dasar.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

1.    Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD.

2.    Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD.

3.    Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD.

4.    Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan.

5. Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.

References

Nana Supriatna, 2008, Pendidikan IPS di SD, Bandung : UPI PRESS

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Capaian  Pembelajaran umum program studi PGSD adalah Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya IPS. Mata kuliah ini juga membahas tentang Pendidikan dalam Pengajaran IPS di SD, metode, media, dan pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran IPS Terpadu.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

1.    Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD.

2.    Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD.

3.    Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD.

4.    Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan.

5.    Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.

References

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers.

Nana Supriatna, 2008, Pendidikan IPS di SD, Bandung : UPI PRESS.

Sapriya. 2015. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Capaian  Pembelajaran umum program studi PGSD adalah Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya IPS. Mata kuliah ini juga membahas tentang Pendidikan dalam Pengajaran IPS di SD, metode, media, dan pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran IPS Terpadu.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD.
  2. Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD.
  3. Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD.
  4. Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan.
  5. Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.

References

Sardjiyo, dkk. 2009. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Capaian  Pembelajaran umum program studi PGSD adalah Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya IPS. Mata kuliah ini juga membahas tentang Pendidikan dalam Pengajaran IPS di SD, metode, media, dan pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran IPS Terpadu.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD.
  2. Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD.
  3. Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD.
  4. Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan.
  5. Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.

References

Sardjiyo, dkk. 2009. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka


Details ...