Courser in English | EDUCATION OF SOCIAL SCIENCE FOR ELEMENTARY SCHOOL |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 51 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Capaian Pembelajaran umum program studi PGSD adalah Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya IPS. Mata kuliah ini juga membahas tentang Pendidikan dalam Pengajaran IPS di SD, metode, media, dan pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran IPS Terpadu.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD.
- Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD.
- Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD.
- Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan.
- Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.
-
Details ...
Mata kuliah pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Capaian Pembelajaran umum program studi PGSD adalah Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya IPS. Mata kuliah ini juga membahas tentang Pendidikan dalam Pengajaran IPS di SD, metode, media, dan pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran IPS Terpadu.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD.
- Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD.
- Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD.
- Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan.
- Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.
-
Details ...
Mata kuliah pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Capaian Pembelajaran umum program studi PGSD adalah Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya IPS. Mata kuliah ini juga membahas tentang Pendidikan dalam Pengajaran IPS di SD, metode, media, dan pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran IPS Terpadu.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD.
- Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD.
- Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD.
- Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan.
- Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.
-
Details ...
Mata kuliah pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Capaian Pembelajaran umum program studi PGSD adalah Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya IPS. Mata kuliah ini juga membahas tentang Pendidikan dalam Pengajaran IPS di SD, metode, media, dan pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran IPS Terpadu.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD.
- Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD.
- Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD.
- Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan.
- Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.
-
Details ...
Mata kuliah pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Capaian Pembelajaran umum program studi PGSD adalah Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya IPS. Mata kuliah ini juga membahas tentang Pendidikan dalam Pengajaran IPS di SD, metode, media, dan pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran IPS Terpadu.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD.
- Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD.
- Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD.
- Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan.
- Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.
-
Details ...
Mata kuliah pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Capaian Pembelajaran umum program studi PGSD adalah Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya IPS. Mata kuliah ini juga membahas tentang Pendidikan dalam Pengajaran IPS di SD, metode, media, dan pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran IPS Terpadu.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD.
- Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD.
- Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD.
- Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan.
- Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.
-
Details ...
Mata kuliah pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Capaian Pembelajaran umum program studi PGSD adalah Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya IPS. Mata kuliah ini juga membahas tentang Pendidikan dalam Pengajaran IPS di SD, metode, media, dan pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran IPS Terpadu.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD.
- Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD.
- Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD.
- Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan.
- Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.
-
Details ...
Mata kuliah pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Capaian Pembelajaran umum program studi PGSD adalah Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya IPS. Mata kuliah ini juga membahas tentang Pendidikan dalam Pengajaran IPS di SD, metode, media, dan pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran IPS Terpadu.
Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD. Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD. Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD. Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan. Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta; 2003
Hamalik, Oemar. 1993. Model-Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PPs UPI
Details ...
Mata kuliah pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Capaian Pembelajaran umum program studi PGSD adalah Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya IPS. Mata kuliah ini juga membahas tentang Pendidikan dalam Pengajaran IPS di SD, metode, media, dan pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran IPS Terpadu.
Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD. Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD. Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD. Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan. Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta; 2003
Hamalik, Oemar. 1993. Model-Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PPs UPI
Details ...
Mata kuliah pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Capaian Pembelajaran umum program studi PGSD adalah Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya IPS. Mata kuliah ini juga membahas tentang Pendidikan dalam Pengajaran IPS di SD, metode, media, dan pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran IPS Terpadu.
Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD. Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD. Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD. Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan. Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta; 2003
Hamalik, Oemar. 1993. Model-Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PPs UPI
Details ...
Mata kuliah pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Capaian Pembelajaran umum program studi PGSD adalah Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya IPS. Mata kuliah ini juga membahas tentang Pendidikan dalam Pengajaran IPS di SD, metode, media, dan pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran IPS Terpadu.
Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD. Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD. Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD. Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan. Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta; 2003
Hamalik, Oemar. 1993. Model-Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PPs UPI
Details ...
Mata kuliah pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Capaian Pembelajaran umum program studi PGSD adalah Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya IPS. Mata kuliah ini juga membahas tentang Pendidikan dalam Pengajaran IPS di SD, metode, media, dan pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran IPS Terpadu.
Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD. Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD. Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD. Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan. Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta; 2003
Hamalik, Oemar. 1993. Model-Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PPs UPI
Details ...