Pendidikan IPS di SD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishEDUCATION OF SOCIAL SCIENCE FOR ELEMENTARY SCHOOL
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS51 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Capaian  Pembelajaran umum program studi PGSD adalah Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya IPS. Mata kuliah ini juga membahas tentang Pendidikan dalam Pengajaran IPS di SD, metode, media, dan pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran IPS Terpadu.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD.
  2. Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD.
  3. Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD.
  4. Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan.
  5. Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.

References

Sardjiyo, dkk. 2009. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa S1 PGSD dengan bobot 2 sks. Capaian  Pembelajaran umum program studi PGSD adalah Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya IPS. Mata kuliah ini juga membahas tentang Pendidikan dalam Pengajaran IPS di SD, metode, media, dan pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran IPS Terpadu.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan perkembangan dan tujuan pendidikan IPS di SD.
  2. Menjelaskan keterkaitan antara fakta, konsep, generalisasi, nilai sikap, dan keterampilan intelektual dalam pendidikan IPS di SD.
  3. Menjelaskan berbagai macam karakteristik pendekatan dalam pembelajaran IPS di SD.
  4. Mengembangkan pembelajaran (merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi) IPS di SD secara efektif dan menyenangkan.
  5. Menerapkan model pembelajaran IPS terpadu.

References

Sardjiyo, dkk. 2009. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pendidikan IPS SD, merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi PGSD, sebagai calon guru agar mampu mengembangkan proses pembelajaran pendidikan IPS, yang berbekal pemahaman dan penguasaan pemikiran pada konsep-konsep dasar IPS, yang mempengaruhi pengembangan pendidikan IPS ditingkat Sekolah Dasar. Mata kuliah Pendidikan IPS SD ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas rendah maupun tinggi. Mata kuliah ini diorientasikan pada kajian perkembangan kurikulum IPS SD, pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing. 

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi Pendidikan IPS di sekolah dasar

References

  1. Nana Supriatna, 2008, Pendidikan IPS di SD, Bandung : UPI PRES 
  2. Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pendidikan IPS SD, merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi PGSD, sebagai calon guru agar mampu mengembangkan proses pembelajaran pendidikan IPS, yang berbekal pemahaman dan penguasaan pemikiran pada konsep-konsep dasar IPS, yang mempengaruhi pengembangan pendidikan IPS ditingkat Sekolah Dasar. Mata kuliah Pendidikan IPS SD ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas rendah maupun tinggi. Mata kuliah ini diorientasikan pada kajian perkembangan kurikulum IPS SD, pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing. 

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi Pendidikan IPS di sekolah dasar

References

  1. Nana Supriatna, 2008, Pendidikan IPS di SD, Bandung : UPI PRES 
  2. Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi PGSD, sebagai calon guru agar mampu mengembangkan proses pembelajaran pendidikan IPS yang berbekal pemahaman dan penguasaan pemikiran pada konsep-konsep dasar IPS yang mempengaruhi pengembangan pendidikan IPS di tingkat sekolah dasar

Learning Outcomes

3. Mahasiswa menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya mata pelajaran IPS

References

Nana Supriatna, 2014, Pendidikan IPS di SD, Bandung: UPI PRESS

Arikunto Suharsimi, 2012, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: BUMI AKSARA

Sugiyanto, 2010, Model-model Pembelajaran Inovatif, Surakarta: Yuma Pustaka

Susanto Ahmad, 2014, Pengembangan Pembelajaran IPS di SD, Jakarta: Prenadamedia Group


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi PGSD, sebagai calon guru agar mampu mengembangkan proses pembelajaran pendidikan IPS yang berbekal pemahaman dan penguasaan pemikiran pada konsep-konsep dasar IPS yang mempengaruhi pengembangan pendidikan IPS di tingkat sekolah dasar

Learning Outcomes

3. Mahasiswa menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya mata pelajaran IPS

References

Nana Supriatna, 2014, Pendidikan IPS di SD, Bandung: UPI PRESS

Arikunto Suharsimi, 2012, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: BUMI AKSARA

Sugiyanto, 2010, Model-model Pembelajaran Inovatif, Surakarta: Yuma Pustaka

Susanto Ahmad, 2014, Pengembangan Pembelajaran IPS di SD, Jakarta: Prenadamedia Group


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi PGSD, sebagai calon guru agar mampu mengembangkan proses pembelajaran pendidikan IPS yang berbekal pemahaman dan penguasaan pemikiran pada konsep-konsep dasar IPS yang mempengaruhi pengembangan pendidikan IPS di tingkat sekolah dasar

Learning Outcomes

3. Mahasiswa menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya mata pelajaran IPS

References

Nana Supriatna, 2014, Pendidikan IPS di SD, Bandung: UPI PRESS

Arikunto Suharsimi, 2012, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: BUMI AKSARA

Sugiyanto, 2010, Model-model Pembelajaran Inovatif, Surakarta: Yuma Pustaka

Susanto Ahmad, 2014, Pengembangan Pembelajaran IPS di SD, Jakarta: Prenadamedia Group


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi PGSD, sebagai calon guru agar mampu mengembangkan proses pembelajaran pendidikan IPS yang berbekal pemahaman dan penguasaan pemikiran pada konsep-konsep dasar IPS yang mempengaruhi pengembangan pendidikan IPS di tingkat sekolah dasar

Learning Outcomes

3. Mahasiswa menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya mata pelajaran IPS

References

Nana Supriatna, 2014, Pendidikan IPS di SD, Bandung: UPI PRESS

Arikunto Suharsimi, 2012, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: BUMI AKSARA

Sugiyanto, 2010, Model-model Pembelajaran Inovatif, Surakarta: Yuma Pustaka

Susanto Ahmad, 2014, Pengembangan Pembelajaran IPS di SD, Jakarta: Prenadamedia Group


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi PGSD, sebagai calon guru agar mampu mengembangkan proses pembelajaran pendidikan IPS yang berbekal pemahaman dan penguasaan pemikiran pada konsep-konsep dasar IPS yang mempengaruhi pengembangan pendidikan IPS di tingkat sekolah dasar

Learning Outcomes

3. Mahasiswa menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya mata pelajaran IPS

References

Nana Supriatna, 2014, Pendidikan IPS di SD, Bandung: UPI PRESS

Arikunto Suharsimi, 2012, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: BUMI AKSARA

Sugiyanto, 2010, Model-model Pembelajaran Inovatif, Surakarta: Yuma Pustaka

Susanto Ahmad, 2014, Pengembangan Pembelajaran IPS di SD, Jakarta: Prenadamedia Group


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi PGSD, sebagai calon guru agar mampu mengembangkan proses pembelajaran pendidikan IPS yang berbekal pemahaman dan penguasaan pemikiran pada konsep-konsep dasar IPS yang mempengaruhi pengembangan pendidikan IPS di tingkat sekolah dasar

Learning Outcomes

3. Mahasiswa menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya mata pelajaran IPS

References

Nana Supriatna, 2014, Pendidikan IPS di SD, Bandung: UPI PRESS

Arikunto Suharsimi, 2012, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: BUMI AKSARA

Sugiyanto, 2010, Model-model Pembelajaran Inovatif, Surakarta: Yuma Pustaka

Susanto Ahmad, 2014, Pengembangan Pembelajaran IPS di SD, Jakarta: Prenadamedia Group


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi PGSD, sebagai calon guru agar mampu mengembangkan proses pembelajaran pendidikan IPS yang berbekal pemahaman dan penguasaan pemikiran pada konsep-konsep dasar IPS yang mempengaruhi pengembangan pendidikan IPS di tingkat sekolah dasar

Learning Outcomes

3. Mahasiswa menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya mata pelajaran IPS

References

Nana Supriatna, 2014, Pendidikan IPS di SD, Bandung: UPI PRESS

Arikunto Suharsimi, 2012, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: BUMI AKSARA

Sugiyanto, 2010, Model-model Pembelajaran Inovatif, Surakarta: Yuma Pustaka

Susanto Ahmad, 2014, Pengembangan Pembelajaran IPS di SD, Jakarta: Prenadamedia Group


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan IPS SD merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi PGSD, sebagai calon guru agar mampu mengembangkan proses pembelajaran pendidikan IPS yang berbekal pemahaman dan penguasaan pemikiran pada konsep-konsep dasar IPS yang mempengaruhi pengembangan pendidikan IPS di tingkat sekolah dasar

Learning Outcomes

3. Mahasiswa menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar khususnya mata pelajaran IPS

References

Nana Supriatna, 2014, Pendidikan IPS di SD, Bandung: UPI PRESS

Arikunto Suharsimi, 2012, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: BUMI AKSARA

Sugiyanto, 2010, Model-model Pembelajaran Inovatif, Surakarta: Yuma Pustaka

Susanto Ahmad, 2014, Pengembangan Pembelajaran IPS di SD, Jakarta: Prenadamedia Group


Details ...