Courser in English | EDUCATION OF SOCIAL SCIENCE FOR ELEMENTARY SCHOOL |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 51 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif terhadap pendidikan IPS, sehingga para mahasiswa dapat menjadi guru IPS yang profesional dan berkepribadian yang baik. Selain itu, para mahasiswa diharapkan dapat menerapkan dan mempraktekkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif tersebut dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar sesuai kondisi lingkungan sekolah dan karaktersitik siswa usia sekolah dasar. Dalam perkuliahan inipun diperkenalkan berbagai pengembangan konsep pendidikan IPS, seperti : perspektik dan tujuan pendidikan IPS, pengembangan kurikulum, rencana pembelajaran, strategi pembelajaran , pemanfaatan sumber dan media,serta evaluasi pembelajaran IPS. Pendekatan yang bersifat interdisipliner, multidimensional, dan tematik digunakan agar para mahasiswa dapat memiliki kemampuan yang memadai untuk menjadi guru profesional. Untuk lebih menguasai wawasan yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta masalah-masalah aktual dalam perkuliahan ini disajikan pula berbagai isu-isu sosial dan pendidkan global yang aktual.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep, keterampilan, nilai dan sikap dalam pembelajaran IPS dan mampu menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran.
References- Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
- Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Suwarno, Widodo & Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press.
- Sapriya. 2011. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sumaatmadja, N.dkk. 2002. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Winataputra, Udin S.dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif terhadap pendidikan IPS, sehingga para mahasiswa dapat menjadi guru IPS yang profesional dan berkepribadian yang baik. Selain itu, para mahasiswa diharapkan dapat menerapkan dan mempraktekkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif tersebut dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar sesuai kondisi lingkungan sekolah dan karaktersitik siswa usia sekolah dasar. Dalam perkuliahan inipun diperkenalkan berbagai pengembangan konsep pendidikan IPS, seperti : perspektik dan tujuan pendidikan IPS, pengembangan kurikulum, rencana pembelajaran, strategi pembelajaran , pemanfaatan sumber dan media,serta evaluasi pembelajaran IPS. Pendekatan yang bersifat interdisipliner, multidimensional, dan tematik digunakan agar para mahasiswa dapat memiliki kemampuan yang memadai untuk menjadi guru profesional. Untuk lebih menguasai wawasan yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta masalah-masalah aktual dalam perkuliahan ini disajikan pula berbagai isu-isu sosial dan pendidkan global yang aktual.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep, keterampilan, nilai dan sikap dalam pembelajaran IPS dan mampu menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran.
References- Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
- Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Suwarno, Widodo & Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press.
- Sapriya. 2011. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sumaatmadja, N.dkk. 2002. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Winataputra, Udin S.dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif terhadap pendidikan IPS, sehingga para mahasiswa dapat menjadi guru IPS yang profesional dan berkepribadian yang baik. Selain itu, para mahasiswa diharapkan dapat menerapkan dan mempraktekkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif tersebut dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar sesuai kondisi lingkungan sekolah dan karaktersitik siswa usia sekolah dasar. Dalam perkuliahan inipun diperkenalkan berbagai pengembangan konsep pendidikan IPS, seperti : perspektik dan tujuan pendidikan IPS, pengembangan kurikulum, rencana pembelajaran, strategi pembelajaran , pemanfaatan sumber dan media,serta evaluasi pembelajaran IPS. Pendekatan yang bersifat interdisipliner, multidimensional, dan tematik digunakan agar para mahasiswa dapat memiliki kemampuan yang memadai untuk menjadi guru profesional. Untuk lebih menguasai wawasan yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta masalah-masalah aktual dalam perkuliahan ini disajikan pula berbagai isu-isu sosial dan pendidkan global yang aktual.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep, keterampilan, nilai dan sikap dalam pembelajaran IPS dan mampu menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran.
References- Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
- Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Suwarno, Widodo & Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press.
- Sapriya. 2011. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sumaatmadja, N.dkk. 2002. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Winataputra, Udin S.dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Details ...