Courser in English | METHODOLOGY OF EDUCATIONAL RESEARCH |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 40 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 2 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang Penelitian Kuantitatif, Desain Penelitian Eksperimen, Kajian Teori dan Pengajuan Hipotesis, Populasi dan Sampel, Penelitian Kualitatif, Judul Penelitian, Problematika Pendidikan di Sekolah Dasar, Konsep Penelitian R & D, Langkah-langkah Peneltian R D, Sistematika Penelitian R & D, Instrumen Analisis Kebutuhan, Proposal Penelitian.
Learning Outcomes1. Merancang dan melaksanakan penelitian, bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikannya serta menguaasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan di Sekolah Dasar dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dan penuh tanggung jawab (CPL-1, CPL-3, CPL-7 dan CPL-8).
2. Merancang melaksanakan penelitian, bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikannya serta menguaasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan di Sekolah Dasar dan menerapkan nilai humaniora dengan bekerja sama, serta bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan di bawah tanggung jawabnya (CPL-3, CPL-5, CPL-6, CPL-7 dan CPL-8).
ReferencesSukmadinata, N., S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung
Details ...
Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 2 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang Penelitian Kuantitatif, Desain Penelitian Eksperimen, Kajian Teori dan Pengajuan Hipotesis, Populasi dan Sampel, Penelitian Kualitatif, Judul Penelitian, Problematika Pendidikan di Sekolah Dasar, Konsep Penelitian R & D, Langkah-langkah Peneltian R D, Sistematika Penelitian R & D, Instrumen Analisis Kebutuhan, Proposal Penelitian.
Learning Outcomes1. Merancang dan melaksanakan penelitian, bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikannya serta menguaasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan di Sekolah Dasar dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dan penuh tanggung jawab (CPL-1, CPL-3, CPL-7 dan CPL-8).
2. Merancang melaksanakan penelitian, bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikannya serta menguaasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan di Sekolah Dasar dan menerapkan nilai humaniora dengan bekerja sama, serta bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan di bawah tanggung jawabnya (CPL-3, CPL-5, CPL-6, CPL-7 dan CPL-8).
ReferencesSukmadinata, N., S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung
Details ...
Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 2 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang Penelitian Kuantitatif, Desain Penelitian Eksperimen, Kajian Teori dan Pengajuan Hipotesis, Populasi dan Sampel, Penelitian Kualitatif, Judul Penelitian, Problematika Pendidikan di Sekolah Dasar, Konsep Penelitian R & D, Langkah-langkah Peneltian R D, Sistematika Penelitian R & D, Instrumen Analisis Kebutuhan, Proposal Penelitian.
Learning Outcomes1. Merancang dan melaksanakan penelitian, bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikannya serta menguaasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan di Sekolah Dasar dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dan penuh tanggung jawab (CPL-1, CPL-3, CPL-7 dan CPL-8).
2. Merancang melaksanakan penelitian, bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikannya serta menguaasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan di Sekolah Dasar dan menerapkan nilai humaniora dengan bekerja sama, serta bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan di bawah tanggung jawabnya (CPL-3, CPL-5, CPL-6, CPL-7 dan CPL-8).
ReferencesSukmadinata, N., S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung
Details ...
Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 2 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang Penelitian Kuantitatif, Desain Penelitian Eksperimen, Kajian Teori dan Pengajuan Hipotesis, Populasi dan Sampel, Penelitian Kualitatif, Judul Penelitian, Problematika Pendidikan di Sekolah Dasar, Konsep Penelitian R & D, Langkah-langkah Peneltian R D, Sistematika Penelitian R & D, Instrumen Analisis Kebutuhan, Proposal Penelitian.
Learning Outcomes1. Merancang dan melaksanakan penelitian, bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikannya serta menguaasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan di Sekolah Dasar dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dan penuh tanggung jawab (CPL-1, CPL-3, CPL-7 dan CPL-8).
2. Merancang melaksanakan penelitian, bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikannya serta menguaasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan di Sekolah Dasar dan menerapkan nilai humaniora dengan bekerja sama, serta bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan di bawah tanggung jawabnya (CPL-3, CPL-5, CPL-6, CPL-7 dan CPL-8).
ReferencesSukmadinata, N., S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung
Details ...
Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 2 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang Penelitian Kuantitatif, Desain Penelitian Eksperimen, Kajian Teori dan Pengajuan Hipotesis, Populasi dan Sampel, Penelitian Kualitatif, Judul Penelitian, Problematika Pendidikan di Sekolah Dasar, Konsep Penelitian R & D, Langkah-langkah Peneltian R D, Sistematika Penelitian R & D, Instrumen Analisis Kebutuhan, Proposal Penelitian.
Learning Outcomes1. Merancang dan melaksanakan penelitian, bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikannya serta menguaasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan di Sekolah Dasar dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dan penuh tanggung jawab (CPL-1, CPL-3, CPL-7 dan CPL-8).
2. Merancang melaksanakan penelitian, bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikannya serta menguaasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan di Sekolah Dasar dan menerapkan nilai humaniora dengan bekerja sama, serta bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan di bawah tanggung jawabnya (CPL-3, CPL-5, CPL-6, CPL-7 dan CPL-8).
ReferencesSukmadinata, N., S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung
Details ...
Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 2 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang Penelitian Kuantitatif, Desain Penelitian Eksperimen, Kajian Teori dan Pengajuan Hipotesis, Populasi dan Sampel, Penelitian Kualitatif, Judul Penelitian, Problematika Pendidikan di Sekolah Dasar, Konsep Penelitian R & D, Langkah-langkah Peneltian R D, Sistematika Penelitian R & D, Instrumen Analisis Kebutuhan, Proposal Penelitian.
Learning Outcomes1. Merancang dan melaksanakan penelitian, bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikannya serta menguaasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan di Sekolah Dasar dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dan penuh tanggung jawab (CPL-1, CPL-3, CPL-7 dan CPL-8).
2. Merancang melaksanakan penelitian, bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikannya serta menguaasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan di Sekolah Dasar dan menerapkan nilai humaniora dengan bekerja sama, serta bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan di bawah tanggung jawabnya (CPL-3, CPL-5, CPL-6, CPL-7 dan CPL-8).
ReferencesSukmadinata, N., S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung
Details ...
Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 2 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang Penelitian Kuantitatif, Desain Penelitian Eksperimen, Kajian Teori dan Pengajuan Hipotesis, Populasi dan Sampel, Penelitian Kualitatif, Judul Penelitian, Problematika Pendidikan di Sekolah Dasar, Konsep Penelitian R & D, Langkah-langkah Peneltian R D, Sistematika Penelitian R & D, Instrumen Analisis Kebutuhan, Proposal Penelitian.
Learning Outcomes1. Merancang dan melaksanakan penelitian, bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikannya serta menguaasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan di Sekolah Dasar dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dan penuh tanggung jawab (CPL-1, CPL-3, CPL-7 dan CPL-8).
2. Merancang melaksanakan penelitian, bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikannya serta menguaasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan di Sekolah Dasar dan menerapkan nilai humaniora dengan bekerja sama, serta bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan di bawah tanggung jawabnya (CPL-3, CPL-5, CPL-6, CPL-7 dan CPL-8).
ReferencesSukmadinata, N., S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung
Details ...
Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 2 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang Penelitian Kuantitatif, Desain Penelitian Eksperimen, Kajian Teori dan Pengajuan Hipotesis, Populasi dan Sampel, Penelitian Kualitatif, Judul Penelitian, Problematika Pendidikan di Sekolah Dasar, Konsep Penelitian R & D, Langkah-langkah Peneltian R D, Sistematika Penelitian R & D, Instrumen Analisis Kebutuhan, Proposal Penelitian.
Learning Outcomes1. Merancang dan melaksanakan penelitian, bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikannya serta menguaasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan di Sekolah Dasar dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dan penuh tanggung jawab (CPL-1, CPL-3, CPL-7 dan CPL-8).
2. Merancang melaksanakan penelitian, bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikannya serta menguaasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan di Sekolah Dasar dan menerapkan nilai humaniora dengan bekerja sama, serta bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan di bawah tanggung jawabnya (CPL-3, CPL-5, CPL-6, CPL-7 dan CPL-8).
ReferencesSukmadinata, N., S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang pendekatan ilmiah, pendekatan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian R & D, dan desiminasi
hasil penelitian
Mahasiswa mempunyai kemampuan dan menguasai tata cara menyusun proposal dan laporan penelitian sesuai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multidisiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional
ReferencesSugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta
Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Creswell, John W. 2014. Research Design. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Ulfatin, Nurul. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative
Afifuddin. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.
Satori, Djam’an. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang pendekatan ilmiah, pendekatan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian R & D, dan desiminasi
hasil penelitian
Mahasiswa mempunyai kemampuan dan menguasai tata cara menyusun proposal dan laporan penelitian sesuai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multidisiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional
ReferencesSugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta
Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Creswell, John W. 2014. Research Design. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Ulfatin, Nurul. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative
Afifuddin. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.
Satori, Djam’an. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang pendekatan ilmiah, pendekatan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian R & D, dan desiminasi
hasil penelitian
Mahasiswa mempunyai kemampuan dan menguasai tata cara menyusun proposal dan laporan penelitian sesuai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multidisiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional
ReferencesSugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta
Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Creswell, John W. 2014. Research Design. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Ulfatin, Nurul. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative
Afifuddin. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.
Satori, Djam’an. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang pendekatan ilmiah, pendekatan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian R & D, dan desiminasi
hasil penelitian
Mahasiswa mempunyai kemampuan dan menguasai tata cara menyusun proposal dan laporan penelitian sesuai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multidisiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional
ReferencesSugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta
Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Creswell, John W. 2014. Research Design. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Ulfatin, Nurul. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative
Afifuddin. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.
Satori, Djam’an. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Details ...