Metodologi Penelitian Pendidikan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishMETHODOLOGY OF EDUCATIONAL RESEARCH
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS40 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang pendekatan ilmiah, pendekatan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian R & D, dan desiminasi
hasil penelitian

Learning Outcomes

Mahasiswa mempunyai kemampuan dan menguasai tata cara menyusun proposal dan laporan penelitian sesuai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multidisiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional

References

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta
Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Creswell, John W. 2014. Research Design. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Ulfatin, Nurul. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative
Afifuddin. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.
Satori, Djam’an. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang pendekatan ilmiah, pendekatan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian R & D, dan desiminasi
hasil penelitian

Learning Outcomes

Mahasiswa mempunyai kemampuan dan menguasai tata cara menyusun proposal dan laporan penelitian sesuai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multidisiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional

References

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta
Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Creswell, John W. 2014. Research Design. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Ulfatin, Nurul. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative
Afifuddin. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.
Satori, Djam’an. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang pendekatan ilmiah, pendekatan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian R & D, dan desiminasi
hasil penelitian

Learning Outcomes

Mahasiswa mempunyai kemampuan dan menguasai tata cara menyusun proposal dan laporan penelitian sesuai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multidisiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional

References

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta
Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Creswell, John W. 2014. Research Design. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Ulfatin, Nurul. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative
Afifuddin. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.
Satori, Djam’an. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang pendekatan ilmiah, pendekatan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian R & D, dan desiminasi
hasil penelitian

Learning Outcomes

Mahasiswa mempunyai kemampuan dan menguasai tata cara menyusun proposal dan laporan penelitian sesuai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multidisiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional

References

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta
Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Creswell, John W. 2014. Research Design. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Ulfatin, Nurul. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative
Afifuddin. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.
Satori, Djam’an. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang pendekatan ilmiah, pendekatan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian R & D, dan desiminasi
hasil penelitian

Learning Outcomes

Mahasiswa mempunyai kemampuan dan menguasai tata cara menyusun proposal dan laporan penelitian sesuai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multidisiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional

References

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta
Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Creswell, John W. 2014. Research Design. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Ulfatin, Nurul. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative
Afifuddin. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.
Satori, Djam’an. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang pendekatan ilmiah, pendekatan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian R & D, dan desiminasi
hasil penelitian

Learning Outcomes

Mahasiswa mempunyai kemampuan dan menguasai tata cara menyusun proposal dan laporan penelitian sesuai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multidisiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional

References

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta
Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Creswell, John W. 2014. Research Design. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Ulfatin, Nurul. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative
Afifuddin. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.
Satori, Djam’an. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan memberikan bekal kepada mahasiswa untuk pada akhirnya mampu melaksanakan penelitian dalam rangka menulis tesis sebagai suatu tugas akhir atau karya ilmiah.  Jadi, metodologi penelitian pendidikan membahas tentang cara-cara memperoleh kebenaran ilmiah melalui metode keilmuan. Metode ilmiah mencakup cara berpikir deduktif-induktif, dari teori ke teori melewati pengumpulan data/fakta. Secara garis besar, metode ilmiah dimulai dari perumusan masalah (dengan latar belakang, identifikasi, dan pembatasannya), penyusunan hipotesis (setelah melakukan kajian teori dan memberi keranka berpikir), pengujian hipotesis dengan pengumpulan data/fakta, melakukan analisis, dan akhirnya mengambil kesimpulan dan memberikan saran. Metode tersebut diterapkan dalam bidang pendidikan, maka disebut Metodologi Penelitian Pendidikan

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

4. Penguasaan Pengetahuan

a.  Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)

b.  Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5

References

Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Dasar-dasar Penelitian: Bidang Sosial, Psikologi, dan Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan memberikan bekal kepada mahasiswa untuk pada akhirnya mampu melaksanakan penelitian dalam rangka menulis tesis sebagai suatu tugas akhir atau karya ilmiah.  Jadi, metodologi penelitian pendidikan membahas tentang cara-cara memperoleh kebenaran ilmiah melalui metode keilmuan. Metode ilmiah mencakup cara berpikir deduktif-induktif, dari teori ke teori melewati pengumpulan data/fakta. Secara garis besar, metode ilmiah dimulai dari perumusan masalah (dengan latar belakang, identifikasi, dan pembatasannya), penyusunan hipotesis (setelah melakukan kajian teori dan memberi keranka berpikir), pengujian hipotesis dengan pengumpulan data/fakta, melakukan analisis, dan akhirnya mengambil kesimpulan dan memberikan saran. Metode tersebut diterapkan dalam bidang pendidikan, maka disebut Metodologi Penelitian Pendidikan

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

4. Penguasaan Pengetahuan

a.  Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)

b.  Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5

References

Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Dasar-dasar Penelitian: Bidang Sosial, Psikologi, dan Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan memberikan bekal kepada mahasiswa untuk pada akhirnya mampu melaksanakan penelitian dalam rangka menulis tesis sebagai suatu tugas akhir atau karya ilmiah.  Jadi, metodologi penelitian pendidikan membahas tentang cara-cara memperoleh kebenaran ilmiah melalui metode keilmuan. Metode ilmiah mencakup cara berpikir deduktif-induktif, dari teori ke teori melewati pengumpulan data/fakta. Secara garis besar, metode ilmiah dimulai dari perumusan masalah (dengan latar belakang, identifikasi, dan pembatasannya), penyusunan hipotesis (setelah melakukan kajian teori dan memberi keranka berpikir), pengujian hipotesis dengan pengumpulan data/fakta, melakukan analisis, dan akhirnya mengambil kesimpulan dan memberikan saran. Metode tersebut diterapkan dalam bidang pendidikan, maka disebut Metodologi Penelitian Pendidikan

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

4. Penguasaan Pengetahuan

a.  Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)

b.  Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5

References

Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Dasar-dasar Penelitian: Bidang Sosial, Psikologi, dan Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan memberikan bekal kepada mahasiswa untuk pada akhirnya mampu melaksanakan penelitian dalam rangka menulis tesis sebagai suatu tugas akhir atau karya ilmiah.  Jadi, metodologi penelitian pendidikan membahas tentang cara-cara memperoleh kebenaran ilmiah melalui metode keilmuan. Metode ilmiah mencakup cara berpikir deduktif-induktif, dari teori ke teori melewati pengumpulan data/fakta. Secara garis besar, metode ilmiah dimulai dari perumusan masalah (dengan latar belakang, identifikasi, dan pembatasannya), penyusunan hipotesis (setelah melakukan kajian teori dan memberi keranka berpikir), pengujian hipotesis dengan pengumpulan data/fakta, melakukan analisis, dan akhirnya mengambil kesimpulan dan memberikan saran. Metode tersebut diterapkan dalam bidang pendidikan, maka disebut Metodologi Penelitian Pendidikan

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

4. Penguasaan Pengetahuan

a.  Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)

b.  Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5

References

Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Dasar-dasar Penelitian: Bidang Sosial, Psikologi, dan Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan memberikan bekal kepada mahasiswa untuk pada akhirnya mampu melaksanakan penelitian dalam rangka menulis tesis sebagai suatu tugas akhir atau karya ilmiah.  Jadi, metodologi penelitian pendidikan membahas tentang cara-cara memperoleh kebenaran ilmiah melalui metode keilmuan. Metode ilmiah mencakup cara berpikir deduktif-induktif, dari teori ke teori melewati pengumpulan data/fakta. Secara garis besar, metode ilmiah dimulai dari perumusan masalah (dengan latar belakang, identifikasi, dan pembatasannya), penyusunan hipotesis (setelah melakukan kajian teori dan memberi keranka berpikir), pengujian hipotesis dengan pengumpulan data/fakta, melakukan analisis, dan akhirnya mengambil kesimpulan dan memberikan saran. Metode tersebut diterapkan dalam bidang pendidikan, maka disebut Metodologi Penelitian Pendidikan

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

4. Penguasaan Pengetahuan

a.  Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)

b.  Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5

References

Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Dasar-dasar Penelitian: Bidang Sosial, Psikologi, dan Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan memberikan bekal kepada mahasiswa untuk pada akhirnya mampu melaksanakan penelitian dalam rangka menulis tesis sebagai suatu tugas akhir atau karya ilmiah.  Jadi, metodologi penelitian pendidikan membahas tentang cara-cara memperoleh kebenaran ilmiah melalui metode keilmuan. Metode ilmiah mencakup cara berpikir deduktif-induktif, dari teori ke teori melewati pengumpulan data/fakta. Secara garis besar, metode ilmiah dimulai dari perumusan masalah (dengan latar belakang, identifikasi, dan pembatasannya), penyusunan hipotesis (setelah melakukan kajian teori dan memberi keranka berpikir), pengujian hipotesis dengan pengumpulan data/fakta, melakukan analisis, dan akhirnya mengambil kesimpulan dan memberikan saran. Metode tersebut diterapkan dalam bidang pendidikan, maka disebut Metodologi Penelitian Pendidikan

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

4. Penguasaan Pengetahuan

a.  Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)

b.  Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5

References

Soegeng Ysh., A.Y. 2016. Dasar-dasar Penelitian: Bidang Sosial, Psikologi, dan Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.


Details ...