Courser in English | METHODOLOGY OF EDUCATIONAL RESEARCH |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 40 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini membahas tentang pendekatan ilmiah, pendekatan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian R & D, dan desiminasi hasil penelitian
Learning OutcomesMahasiswa mempunyai kemampuan dan menguasai serta menyusun proposal penelitian sesuai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional
ReferencesSugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta
Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Creswell, John W. 2014. Research Design. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Ulfatin, Nurul. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative
Afifuddin. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.
Satori, Djam’an. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pendekatan ilmiah, pendekatan penelitian kuantitatif, pendekatan penelitian kualitatif, pendekatan penelitian Reseacrh and Development, dan desiminasi hasil penelitian
Learning OutcomesMahasiswa mempunyai kemampuan dan menguasai serta menyusun proposal penelitian sesuai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi-disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan katyanya secara nasional dan/atau internasional
ReferencesSugiyiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pendekatan ilmiah, pendekatan penelitian kuantitatif, pendekatan penelitian kualitatif, pendekatan penelitian Reseacrh and Development, dan desiminasi hasil penelitian
Learning OutcomesMahasiswa mempunyai kemampuan dan menguasai serta menyusun proposal penelitian sesuai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi-disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan katyanya secara nasional dan/atau internasional
ReferencesSugiyiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pendekatan ilmiah, pendekatan penelitian kuantitatif, pendekatan penelitian kualitatif, pendekatan penelitian Reseacrh and Development, dan desiminasi hasil penelitian
Learning OutcomesMahasiswa mempunyai kemampuan dan menguasai serta menyusun proposal penelitian sesuai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi-disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan katyanya secara nasional dan/atau internasional
ReferencesSugiyiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta
Details ...