Metodologi Penelitian Pendidikan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishMETHODOLOGY OF EDUCATIONAL RESEARCH
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS40 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

 Mata Kuliah ini  membahas tentang pendekatan ilmiah, pendekatan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian R & D, dan desiminasi hasil penelitian

Learning Outcomes

 Mahasiswa mempunyai kemampuan dan menguasai serta menyusun proposal penelitian sesuai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional

References

 Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta

 Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

 Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

 Creswell, John W. 2014. Research Design. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

 Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

 Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

 Ulfatin, Nurul. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative

 Afifuddin. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.

 Satori, Djam’an. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pendekatan ilmiah, pendekatan penelitian kuantitatif, pendekatan penelitian kualitatif, pendekatan penelitian Reseacrh and Development, dan desiminasi hasil penelitian

Learning Outcomes

Mahasiswa mempunyai kemampuan dan menguasai serta menyusun proposal penelitian sesuai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi-disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan katyanya secara nasional dan/atau internasional

References

Sugiyiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pendekatan ilmiah, pendekatan penelitian kuantitatif, pendekatan penelitian kualitatif, pendekatan penelitian Reseacrh and Development, dan desiminasi hasil penelitian

Learning Outcomes

Mahasiswa mempunyai kemampuan dan menguasai serta menyusun proposal penelitian sesuai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi-disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan katyanya secara nasional dan/atau internasional

References

Sugiyiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pendekatan ilmiah, pendekatan penelitian kuantitatif, pendekatan penelitian kualitatif, pendekatan penelitian Reseacrh and Development, dan desiminasi hasil penelitian

Learning Outcomes

Mahasiswa mempunyai kemampuan dan menguasai serta menyusun proposal penelitian sesuai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi-disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan katyanya secara nasional dan/atau internasional

References

Sugiyiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta


Details ...