Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Curriculum : 2016


Courser in EnglishEDUCATIONAL MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM
ProgramManajemen Pendidikan
SKS2 SKS
RPS44 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam menguasai konsep dasar sistem informasi manajemen yang diaplikasikan pada bidang organisasi pendidikan, memahami aspek perencanaan dan pengembangan sistem informasi sekolah, manajemen sumberdaya berbasis jaringan, model sistem informasi  pendidikan,   peran SIM dalam membuat keputusan pada organisasi pendidikan serta melakukan

analisis dan  penetapan kebutuhan dalam pengelolaan sumber daya sekolah, mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sistem pembelajaran jarak jauh untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah system informasi manajemen pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK-1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral, dan etika. (S2, P1).

CPMK-2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian.. (P2KU2).

CPMK-3

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan dan mampu mengimplementasikannnya dalam penelitian yang berkualitas sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan.  (S3, KK3, KK5).

References

  1. Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika.
  2. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
  3. Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi  Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi  Aksara.
  4. Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
  5. Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
  6. Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi.
  7. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
  8. Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.
  9. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.

Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi


Details ...
Course Descriptions

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam menguasai konsep dasar sistem informasi manajemen yang diaplikasikan pada bidang organisasi pendidikan, memahami aspek perencanaan dan pengembangan sistem informasi sekolah, manajemen sumberdaya berbasis jaringan, model sistem informasi  pendidikan,   peran SIM dalam membuat keputusan pada organisasi pendidikan serta melakukan

analisis dan  penetapan kebutuhan dalam pengelolaan sumber daya sekolah, mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sistem pembelajaran jarak jauh untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah system informasi manajemen pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK-1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral, dan etika. (S2, P1).

CPMK-2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian.. (P2KU2).

CPMK-3

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan dan mampu mengimplementasikannnya dalam penelitian yang berkualitas sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan.  (S3, KK3, KK5).

References

  1. Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika.
  2. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
  3. Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi  Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi  Aksara.
  4. Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
  5. Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
  6. Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi.
  7. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
  8. Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.
  9. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.

Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi


Details ...
Course Descriptions

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam menguasai konsep dasar sistem informasi manajemen yang diaplikasikan pada bidang organisasi pendidikan, memahami aspek perencanaan dan pengembangan sistem informasi sekolah, manajemen sumberdaya berbasis jaringan, model sistem informasi  pendidikan,   peran SIM dalam membuat keputusan pada organisasi pendidikan serta melakukan

analisis dan  penetapan kebutuhan dalam pengelolaan sumber daya sekolah, mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sistem pembelajaran jarak jauh untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah system informasi manajemen pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK-1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral, dan etika. (S2, P1).

CPMK-2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian.. (P2KU2).

CPMK-3

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan dan mampu mengimplementasikannnya dalam penelitian yang berkualitas sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan.  (S3, KK3, KK5).

References

  1. Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika.
  2. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
  3. Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi  Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi  Aksara.
  4. Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
  5. Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
  6. Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi.
  7. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
  8. Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.
  9. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.

Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi


Details ...
Course Descriptions

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam menguasai konsep dasar sistem informasi manajemen yang diaplikasikan pada bidang organisasi pendidikan, memahami aspek perencanaan dan pengembangan sistem informasi sekolah, manajemen sumberdaya berbasis jaringan, model sistem informasi  pendidikan,   peran SIM dalam membuat keputusan pada organisasi pendidikan serta melakukan

analisis dan  penetapan kebutuhan dalam pengelolaan sumber daya sekolah, mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sistem pembelajaran jarak jauh untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah system informasi manajemen pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK-1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral, dan etika. (S2, P1).

CPMK-2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian.. (P2KU2).

CPMK-3

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan dan mampu mengimplementasikannnya dalam penelitian yang berkualitas sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan.  (S3, KK3, KK5).

References

  1. Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika.
  2. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
  3. Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi  Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi  Aksara.
  4. Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
  5. Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
  6. Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi.
  7. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
  8. Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.
  9. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.

Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi


Details ...
Course Descriptions

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam menguasai konsep dasar sistem informasi manajemen yang diaplikasikan pada bidang organisasi pendidikan, memahami aspek perencanaan dan pengembangan sistem informasi sekolah, manajemen sumberdaya berbasis jaringan, model sistem informasi  pendidikan,   peran SIM dalam membuat keputusan pada organisasi pendidikan serta melakukan

analisis dan  penetapan kebutuhan dalam pengelolaan sumber daya sekolah, mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sistem pembelajaran jarak jauh untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah system informasi manajemen pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK-1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral, dan etika. (S2, P1).

CPMK-2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian.. (P2KU2).

CPMK-3

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan dan mampu mengimplementasikannnya dalam penelitian yang berkualitas sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan.  (S3, KK3, KK5).

References

  1. Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika.
  2. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
  3. Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi  Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi  Aksara.
  4. Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
  5. Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
  6. Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi.
  7. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
  8. Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.
  9. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.

Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan dalam menganalisis permasalahan statistik yang muncul dalam kegiatan pembelajaran disekolah ataupun dalam penelitian pendidikan. Sehingga diharapkan dapat menjadi dasar bagi mahasiswa sebagai uji statistik yang layak untuk dijadikan bahan uji dalam penelitian tesis.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:

CPM

K1

Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian, memposisikan dalam peta penelitian, dan menganalisis hasil sintesis teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dalam pengembangan sistem pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang secara efektif, efisien, dan mandiri melalui pendekatan interdisiplin/ multi disiplin.

( P5, KU4, S9)

CPM

K 2

Mengidentifikasi dan menganalisis bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian pengembangan dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin dan multidisiplin sebagai bentuk implementasi pengelolaan pembelajaran pada tingkat pendidikan tinggi.

ESD (P6, KK2)

CPM

K 3

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

(KU8, KK4)

References

A. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

B. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.

C. Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

D. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.

E. Muh. Prayito, Nizaruddin dan Andani. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Imajinaer volume 3 Noomor 3, ISSN 258-264

F. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

G. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

H. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta

I. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press

J. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

K. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3 rd edition.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan dalam menganalisis permasalahan statistik yang muncul dalam kegiatan pembelajaran disekolah ataupun dalam penelitian pendidikan. Sehingga diharapkan dapat menjadi dasar bagi mahasiswa sebagai uji statistik yang layak untuk dijadikan bahan uji dalam penelitian tesis.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:

CPM

K1

Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian, memposisikan dalam peta penelitian, dan menganalisis hasil sintesis teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dalam pengembangan sistem pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang secara efektif, efisien, dan mandiri melalui pendekatan interdisiplin/ multi disiplin.

( P5, KU4, S9)

CPM

K 2

Mengidentifikasi dan menganalisis bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian pengembangan dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin dan multidisiplin sebagai bentuk implementasi pengelolaan pembelajaran pada tingkat pendidikan tinggi.

ESD (P6, KK2)

CPM

K 3

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

(KU8, KK4)

References

A. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

B. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.

C. Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

D. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.

E. Muh. Prayito, Nizaruddin dan Andani. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Imajinaer volume 3 Noomor 3, ISSN 258-264

F. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

G. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

H. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta

I. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press

J. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

K. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3 rd edition.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan dalam menganalisis permasalahan statistik yang muncul dalam kegiatan pembelajaran disekolah ataupun dalam penelitian pendidikan. Sehingga diharapkan dapat menjadi dasar bagi mahasiswa sebagai uji statistik yang layak untuk dijadikan bahan uji dalam penelitian tesis.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:

CPM

K1

Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian, memposisikan dalam peta penelitian, dan menganalisis hasil sintesis teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dalam pengembangan sistem pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang secara efektif, efisien, dan mandiri melalui pendekatan interdisiplin/ multi disiplin.

( P5, KU4, S9)

CPM

K 2

Mengidentifikasi dan menganalisis bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian pengembangan dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin dan multidisiplin sebagai bentuk implementasi pengelolaan pembelajaran pada tingkat pendidikan tinggi.

ESD (P6, KK2)

CPM

K 3

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

(KU8, KK4)

References

A. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

B. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.

C. Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

D. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.

E. Muh. Prayito, Nizaruddin dan Andani. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Imajinaer volume 3 Noomor 3, ISSN 258-264

F. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

G. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

H. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta

I. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press

J. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

K. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3 rd edition.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan dalam menganalisis permasalahan statistik yang muncul dalam kegiatan pembelajaran disekolah ataupun dalam penelitian pendidikan. Sehingga diharapkan dapat menjadi dasar bagi mahasiswa sebagai uji statistik yang layak untuk dijadikan bahan uji dalam penelitian tesis.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:

CPM

K1

Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian, memposisikan dalam peta penelitian, dan menganalisis hasil sintesis teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dalam pengembangan sistem pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang secara efektif, efisien, dan mandiri melalui pendekatan interdisiplin/ multi disiplin.

( P5, KU4, S9)

CPM

K 2

Mengidentifikasi dan menganalisis bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian pengembangan dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin dan multidisiplin sebagai bentuk implementasi pengelolaan pembelajaran pada tingkat pendidikan tinggi.

ESD (P6, KK2)

CPM

K 3

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

(KU8, KK4)

References

A. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

B. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.

C. Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

D. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.

E. Muh. Prayito, Nizaruddin dan Andani. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Imajinaer volume 3 Noomor 3, ISSN 258-264

F. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

G. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

H. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta

I. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press

J. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

K. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3 rd edition.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan dalam menganalisis permasalahan statistik yang muncul dalam kegiatan pembelajaran disekolah ataupun dalam penelitian pendidikan. Sehingga diharapkan dapat menjadi dasar bagi mahasiswa sebagai uji statistik yang layak untuk dijadikan bahan uji dalam penelitian tesis.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:

CPM

K1

Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian, memposisikan dalam peta penelitian, dan menganalisis hasil sintesis teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dalam pengembangan sistem pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang secara efektif, efisien, dan mandiri melalui pendekatan interdisiplin/ multi disiplin.

( P5, KU4, S9)

CPM

K 2

Mengidentifikasi dan menganalisis bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian pengembangan dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin dan multidisiplin sebagai bentuk implementasi pengelolaan pembelajaran pada tingkat pendidikan tinggi.

ESD (P6, KK2)

CPM

K 3

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

(KU8, KK4)

References

A. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

B. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.

C. Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

D. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.

E. Muh. Prayito, Nizaruddin dan Andani. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Imajinaer volume 3 Noomor 3, ISSN 258-264

F. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

G. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

H. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta

I. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press

J. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

K. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3 rd edition.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kema mpuan dalam menganalisis permasalahan statistik yang muncul dalam kegiata n pembelajaran disekolah ataupun dalam penelitian pendidikan. Sehingga diharap kan dapat menjadi dasar bagi mahasiswa sebagai uji statistik yang layak untuk dijadikan bahan uji dalam penelitian tes

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:

CPM

K1

Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian, memposisikan dalam peta penelitian, dan menganalisis hasil sintesis teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dalam pengembangan sistem pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang secara efektif, efisien, dan mandiri melalui pendekatan interdisiplin/ multi disiplin.

( P5, KU4, S9)

CPM

K 2

Mengidentifikasi dan menganalisis bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian pengembangan dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin dan multidisiplin sebagai bentuk implementasi pengelolaan pembelajaran pada tingkat pendidikan tinggi.

ESD (P6, KK2)

CPM

K 3

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

(KU8, KK4)

 

 

References

A. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

B. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.

C. Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

D. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.

E. Muh. Prayito, Nizaruddin dan Andani. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Imajinaer volume 3 Noomor 3, ISSN 258-264

F. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

G. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

H. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta

I. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press

J. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

K. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3 rd edition.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kema mpuan dalam menganalisis permasalahan statistik yang muncul dalam kegiata n pembelajaran disekolah ataupun dalam penelitian pendidikan. Sehingga diharap kan dapat menjadi dasar bagi mahasiswa sebagai uji statistik yang layak untuk dijadikan bahan uji dalam penelitian tes

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:

CPM

K1

Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian, memposisikan dalam peta penelitian, dan menganalisis hasil sintesis teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dalam pengembangan sistem pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang secara efektif, efisien, dan mandiri melalui pendekatan interdisiplin/ multi disiplin.

( P5, KU4, S9)

CPM

K 2

Mengidentifikasi dan menganalisis bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian pengembangan dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin dan multidisiplin sebagai bentuk implementasi pengelolaan pembelajaran pada tingkat pendidikan tinggi.

ESD (P6, KK2)

CPM

K 3

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

(KU8, KK4)

 

 

References

A. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

B. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.

C. Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

D. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.

E. Muh. Prayito, Nizaruddin dan Andani. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Imajinaer volume 3 Noomor 3, ISSN 258-264

F. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

G. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

H. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta

I. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press

J. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

K. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3 rd edition.


Details ...