Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Curriculum : 2016


Courser in EnglishEDUCATIONAL MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM
ProgramManajemen Pendidikan
SKS2 SKS
RPS44 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kema mpuan dalam menganalisis permasalahan statistik yang muncul dalam kegiata n pembelajaran disekolah ataupun dalam penelitian pendidikan. Sehingga diharap kan dapat menjadi dasar bagi mahasiswa sebagai uji statistik yang layak untuk dijadikan bahan uji dalam penelitian tes

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:

CPM

K1

Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian, memposisikan dalam peta penelitian, dan menganalisis hasil sintesis teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dalam pengembangan sistem pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang secara efektif, efisien, dan mandiri melalui pendekatan interdisiplin/ multi disiplin.

( P5, KU4, S9)

CPM

K 2

Mengidentifikasi dan menganalisis bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian pengembangan dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin dan multidisiplin sebagai bentuk implementasi pengelolaan pembelajaran pada tingkat pendidikan tinggi.

ESD (P6, KK2)

CPM

K 3

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

(KU8, KK4)

 

 

References

A. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

B. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.

C. Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

D. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.

E. Muh. Prayito, Nizaruddin dan Andani. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Imajinaer volume 3 Noomor 3, ISSN 258-264

F. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

G. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

H. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta

I. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press

J. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

K. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3 rd edition.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kema mpuan dalam menganalisis permasalahan statistik yang muncul dalam kegiata n pembelajaran disekolah ataupun dalam penelitian pendidikan. Sehingga diharap kan dapat menjadi dasar bagi mahasiswa sebagai uji statistik yang layak untuk dijadikan bahan uji dalam penelitian tes

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:

CPM

K1

Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian, memposisikan dalam peta penelitian, dan menganalisis hasil sintesis teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dalam pengembangan sistem pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang secara efektif, efisien, dan mandiri melalui pendekatan interdisiplin/ multi disiplin.

( P5, KU4, S9)

CPM

K 2

Mengidentifikasi dan menganalisis bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian pengembangan dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin dan multidisiplin sebagai bentuk implementasi pengelolaan pembelajaran pada tingkat pendidikan tinggi.

ESD (P6, KK2)

CPM

K 3

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

(KU8, KK4)

 

 

References

A. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

B. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.

C. Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

D. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.

E. Muh. Prayito, Nizaruddin dan Andani. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Imajinaer volume 3 Noomor 3, ISSN 258-264

F. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

G. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

H. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta

I. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press

J. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

K. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3 rd edition.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kema mpuan dalam menganalisis permasalahan statistik yang muncul dalam kegiata n pembelajaran disekolah ataupun dalam penelitian pendidikan. Sehingga diharap kan dapat menjadi dasar bagi mahasiswa sebagai uji statistik yang layak untuk dijadikan bahan uji dalam penelitian tes

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:

CPM

K1

Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian, memposisikan dalam peta penelitian, dan menganalisis hasil sintesis teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dalam pengembangan sistem pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang secara efektif, efisien, dan mandiri melalui pendekatan interdisiplin/ multi disiplin.

( P5, KU4, S9)

CPM

K 2

Mengidentifikasi dan menganalisis bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian pengembangan dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin dan multidisiplin sebagai bentuk implementasi pengelolaan pembelajaran pada tingkat pendidikan tinggi.

ESD (P6, KK2)

CPM

K 3

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

(KU8, KK4)

 

 

References

A. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

B. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.

C. Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

D. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.

E. Muh. Prayito, Nizaruddin dan Andani. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Imajinaer volume 3 Noomor 3, ISSN 258-264

F. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

G. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

H. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta

I. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press

J. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

K. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3 rd edition.


Details ...
Course Descriptions

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam menguasai konsep dasar sistem informasi manajemen yang diaplikasikan pada bidang organisasi pendidikan, memahami aspek perencanaan dan pengembangan sistem informasi sekolah, manajemen sumberdaya berbasis jaringan, model sistem informasi  pendidikan,   peran SIM dalam membuat keputusan pada organisasi pendidikan serta melakukan

analisis dan  penetapan kebutuhan dalam pengelolaan sumber daya sekolah, mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sistem pembelajaran jarak jauh untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah system informasi manajemen pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK-1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral, dan etika. (S2, P1).

CPMK-2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian.. (P2KU2).

CPMK-3

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan dan mampu mengimplementasikannnya dalam penelitian yang berkualitas sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan.  (S3, KK3, KK5).

References

Referensi:

  1. Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika.
  2. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
  3. Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi  Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi  Aksara.
  4. Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
  5. Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
  6. Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi.
  7. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
  8. Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.
  9. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
  10. Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi


Details ...
Course Descriptions

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam menguasai konsep dasar sistem informasi manajemen yang diaplikasikan pada bidang organisasi pendidikan, memahami aspek perencanaan dan pengembangan sistem informasi sekolah, manajemen sumberdaya berbasis jaringan, model sistem informasi  pendidikan,   peran SIM dalam membuat keputusan pada organisasi pendidikan serta melakukan

analisis dan  penetapan kebutuhan dalam pengelolaan sumber daya sekolah, mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sistem pembelajaran jarak jauh untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah system informasi manajemen pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK-1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral, dan etika. (S2, P1).

CPMK-2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian.. (P2KU2).

CPMK-3

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan dan mampu mengimplementasikannnya dalam penelitian yang berkualitas sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan.  (S3, KK3, KK5).

References

Referensi:

  1. Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika.
  2. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
  3. Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi  Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi  Aksara.
  4. Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
  5. Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
  6. Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi.
  7. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
  8. Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.
  9. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
  10. Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi


Details ...
Course Descriptions

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam menguasai konsep dasar sistem informasi manajemen yang diaplikasikan pada bidang organisasi pendidikan, memahami aspek perencanaan dan pengembangan sistem informasi sekolah, manajemen sumberdaya berbasis jaringan, model sistem informasi  pendidikan,   peran SIM dalam membuat keputusan pada organisasi pendidikan serta melakukan

analisis dan  penetapan kebutuhan dalam pengelolaan sumber daya sekolah, mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sistem pembelajaran jarak jauh untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah system informasi manajemen pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK-1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral, dan etika. (S2, P1).

CPMK-2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian.. (P2KU2).

CPMK-3

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan dan mampu mengimplementasikannnya dalam penelitian yang berkualitas sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan.  (S3, KK3, KK5).

References

Referensi:

  1. Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika.
  2. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
  3. Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi  Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi  Aksara.
  4. Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
  5. Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
  6. Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi.
  7. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
  8. Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.
  9. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
  10. Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi


Details ...
Course Descriptions

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam menguasai konsep dasar sistem informasi manajemen yang diaplikasikan pada bidang organisasi pendidikan, memahami aspek perencanaan dan pengembangan sistem informasi sekolah, manajemen sumberdaya berbasis jaringan, model sistem informasi  pendidikan,   peran SIM dalam membuat keputusan pada organisasi pendidikan serta melakukan

analisis dan  penetapan kebutuhan dalam pengelolaan sumber daya sekolah, mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sistem pembelajaran jarak jauh untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Learning Outcomes

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliasystem informasi manajemen pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK-1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral, dan etika. (S2, P1).

CPMK-2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian.. (P2,  KU2).

CPMK-3

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan dan mampu mengimplementasikannnya dalam penelitian yang berkualitas sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan.  (S3, KK3, KK5).

References

 

Referensi:

  1. Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika.
  2. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
  3. Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi  Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi  Aksara.
  4. Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
  5. Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
  6. Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi.
  7. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
  8. Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.
  9. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
  10. Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi


Details ...
Course Descriptions

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam menguasai konsep dasar sistem informasi manajemen yang diaplikasikan pada bidang organisasi pendidikan, memahami aspek perencanaan dan pengembangan sistem informasi sekolah, manajemen sumberdaya berbasis jaringan, model sistem informasi  pendidikan,   peran SIM dalam membuat keputusan pada organisasi pendidikan serta melakukan

analisis dan  penetapan kebutuhan dalam pengelolaan sumber daya sekolah, mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sistem pembelajaran jarak jauh untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Learning Outcomes

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliasystem informasi manajemen pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK-1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral, dan etika. (S2, P1).

CPMK-2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian.. (P2,  KU2).

CPMK-3

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan dan mampu mengimplementasikannnya dalam penelitian yang berkualitas sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan.  (S3, KK3, KK5).

References

 

Referensi:

  1. Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika.
  2. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
  3. Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi  Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi  Aksara.
  4. Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
  5. Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
  6. Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi.
  7. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
  8. Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.
  9. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
  10. Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi


Details ...
Course Descriptions

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam menguasai konsep dasar sistem informasi manajemen yang diaplikasikan pada bidang organisasi pendidikan, memahami aspek perencanaan dan pengembangan sistem informasi sekolah, manajemen sumberdaya berbasis jaringan, model sistem informasi  pendidikan,   peran SIM dalam membuat keputusan pada organisasi pendidikan serta melakukan

analisis dan  penetapan kebutuhan dalam pengelolaan sumber daya sekolah, mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sistem pembelajaran jarak jauh untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Learning Outcomes

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliasystem informasi manajemen pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK-1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral, dan etika. (S2, P1).

CPMK-2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian.. (P2,  KU2).

CPMK-3

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan dan mampu mengimplementasikannnya dalam penelitian yang berkualitas sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan.  (S3, KK3, KK5).

References

 

Referensi:

  1. Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika.
  2. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
  3. Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi  Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi  Aksara.
  4. Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
  5. Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
  6. Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi.
  7. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
  8. Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.
  9. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
  10. Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi


Details ...
Course Descriptions

 Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang implementasi sistem informasi dalam manajemen pendidikan secara terpadu. Implementasi tersebut didasari atas kajian 1) Konsep dasar sistem informasi manajemen (hakikat SIM , Definisi sistem, informasi dan sistem informasi pendidikan), 2) Konsep sistem informasi manajemen pendidikan (Landasan filosofis dan kebijakan penggunaan SIM pendidikan), 3) Tujuan, manfaat SIM pendidikan, 4) Peranan SIM dalam Pengembangan Keputusan Bidang Pendidikan, 5) peran SIM pendidikan serta sistem pendukung yang digunakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan manajemen pendidikan (manajemen sekolah, bidang akademik, kesiswaan, SDM sekolah, sarana prasarana, PPDB, Perpustakaan, dll; entitas komponen terkait; tujuan dan manfaat Simdik Terkait, Desain simdik terkait), 6)E-education dan komponen SIM Pendidikan dalam pengelolaan organisasi pendidikan, 7) Dampak perkembangan dan pemanfaatan SIM pendidikan terhadap etika, lingkungan sosial dan penerapan budaya etika dalam organisasi pendidikan; 8) Risiko dan gangguan terhadap SIM Pendidikan.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sumberdaya pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip sistem informasi manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam sistem informasi manajemen untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian pengembangan teknologi informasi dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
 

References

Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi Offset


Details ...
Course Descriptions

 Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang implementasi sistem informasi dalam manajemen pendidikan secara terpadu. Implementasi tersebut didasari atas kajian 1) Konsep dasar sistem informasi manajemen (hakikat SIM , Definisi sistem, informasi dan sistem informasi pendidikan), 2) Konsep sistem informasi manajemen pendidikan (Landasan filosofis dan kebijakan penggunaan SIM pendidikan), 3) Tujuan, manfaat SIM pendidikan, 4) Peranan SIM dalam Pengembangan Keputusan Bidang Pendidikan, 5) peran SIM pendidikan serta sistem pendukung yang digunakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan manajemen pendidikan (manajemen sekolah, bidang akademik, kesiswaan, SDM sekolah, sarana prasarana, PPDB, Perpustakaan, dll; entitas komponen terkait; tujuan dan manfaat Simdik Terkait, Desain simdik terkait), 6)E-education dan komponen SIM Pendidikan dalam pengelolaan organisasi pendidikan, 7) Dampak perkembangan dan pemanfaatan SIM pendidikan terhadap etika, lingkungan sosial dan penerapan budaya etika dalam organisasi pendidikan; 8) Risiko dan gangguan terhadap SIM Pendidikan.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sumberdaya pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip sistem informasi manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam sistem informasi manajemen untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian pengembangan teknologi informasi dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
 

References

Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi Offset


Details ...
Course Descriptions

 Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang implementasi sistem informasi dalam manajemen pendidikan secara terpadu. Implementasi tersebut didasari atas kajian 1) Konsep dasar sistem informasi manajemen (hakikat SIM , Definisi sistem, informasi dan sistem informasi pendidikan), 2) Konsep sistem informasi manajemen pendidikan (Landasan filosofis dan kebijakan penggunaan SIM pendidikan), 3) Tujuan, manfaat SIM pendidikan, 4) Peranan SIM dalam Pengembangan Keputusan Bidang Pendidikan, 5) peran SIM pendidikan serta sistem pendukung yang digunakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan manajemen pendidikan (manajemen sekolah, bidang akademik, kesiswaan, SDM sekolah, sarana prasarana, PPDB, Perpustakaan, dll; entitas komponen terkait; tujuan dan manfaat Simdik Terkait, Desain simdik terkait), 6)E-education dan komponen SIM Pendidikan dalam pengelolaan organisasi pendidikan, 7) Dampak perkembangan dan pemanfaatan SIM pendidikan terhadap etika, lingkungan sosial dan penerapan budaya etika dalam organisasi pendidikan; 8) Risiko dan gangguan terhadap SIM Pendidikan.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sumberdaya pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip sistem informasi manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam sistem informasi manajemen untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian pengembangan teknologi informasi dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
 

References

Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi Offset


Details ...