Courser in English | EDUCATIONAL MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 44 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang implementasi sistem informasi dalam manajemen pendidikan secara terpadu. Implementasi tersebut didasari atas kajian 1) Konsep dasar sistem informasi manajemen (hakikat SIM , Definisi sistem, informasi dan sistem informasi pendidikan), 2) Konsep sistem informasi manajemen pendidikan (Landasan filosofis dan kebijakan penggunaan SIM pendidikan), 3) Tujuan, manfaat SIM pendidikan, 4) Peranan SIM dalam Pengembangan Keputusan Bidang Pendidikan, 5) peran SIM pendidikan serta sistem pendukung yang digunakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan manajemen pendidikan (manajemen sekolah, bidang akademik, kesiswaan, SDM sekolah, sarana prasarana, PPDB, Perpustakaan, dll; entitas komponen terkait; tujuan dan manfaat Simdik Terkait, Desain simdik terkait), 6)E-education dan komponen SIM Pendidikan dalam pengelolaan organisasi pendidikan, 7) Dampak perkembangan dan pemanfaatan SIM pendidikan terhadap etika, lingkungan sosial dan penerapan budaya etika dalam organisasi pendidikan; 8) Risiko dan gangguan terhadap SIM Pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sumberdaya pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip sistem informasi manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam sistem informasi manajemen untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian pengembangan teknologi informasi dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi Offset
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang implementasi sistem informasi dalam manajemen pendidikan secara terpadu. Implementasi tersebut didasari atas kajian 1) Konsep dasar sistem informasi manajemen (hakikat SIM , Definisi sistem, informasi dan sistem informasi pendidikan), 2) Konsep sistem informasi manajemen pendidikan (Landasan filosofis dan kebijakan penggunaan SIM pendidikan), 3) Tujuan, manfaat SIM pendidikan, 4) Peranan SIM dalam Pengembangan Keputusan Bidang Pendidikan, 5) peran SIM pendidikan serta sistem pendukung yang digunakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan manajemen pendidikan (manajemen sekolah, bidang akademik, kesiswaan, SDM sekolah, sarana prasarana, PPDB, Perpustakaan, dll; entitas komponen terkait; tujuan dan manfaat Simdik Terkait, Desain simdik terkait), 6)E-education dan komponen SIM Pendidikan dalam pengelolaan organisasi pendidikan, 7) Dampak perkembangan dan pemanfaatan SIM pendidikan terhadap etika, lingkungan sosial dan penerapan budaya etika dalam organisasi pendidikan; 8) Risiko dan gangguan terhadap SIM Pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sumberdaya pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip sistem informasi manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam sistem informasi manajemen untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian pengembangan teknologi informasi dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi Offset
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang implementasi sistem informasi dalam manajemen pendidikan secara terpadu. Implementasi tersebut didasari atas kajian 1) Konsep dasar sistem informasi manajemen (hakikat SIM , Definisi sistem, informasi dan sistem informasi pendidikan), 2) Konsep sistem informasi manajemen pendidikan (Landasan filosofis dan kebijakan penggunaan SIM pendidikan), 3) Tujuan, manfaat SIM pendidikan, 4) Peranan SIM dalam Pengembangan Keputusan Bidang Pendidikan, 5) peran SIM pendidikan serta sistem pendukung yang digunakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan manajemen pendidikan (manajemen sekolah, bidang akademik, kesiswaan, SDM sekolah, sarana prasarana, PPDB, Perpustakaan, dll; entitas komponen terkait; tujuan dan manfaat Simdik Terkait, Desain simdik terkait), 6)E-education dan komponen SIM Pendidikan dalam pengelolaan organisasi pendidikan, 7) Dampak perkembangan dan pemanfaatan SIM pendidikan terhadap etika, lingkungan sosial dan penerapan budaya etika dalam organisasi pendidikan; 8) Risiko dan gangguan terhadap SIM Pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sumberdaya pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip sistem informasi manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam sistem informasi manajemen untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian pengembangan teknologi informasi dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi Offset
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang implementasi sistem informasi dalam manajemen pendidikan secara terpadu. Implementasi tersebut didasari atas kajian 1) Konsep dasar sistem informasi manajemen (hakikat SIM , Definisi sistem, informasi dan sistem informasi pendidikan), 2) Konsep sistem informasi manajemen pendidikan (Landasan filosofis dan kebijakan penggunaan SIM pendidikan), 3) Tujuan, manfaat SIM pendidikan, 4) Peranan SIM dalam Pengembangan Keputusan Bidang Pendidikan, 5) peran SIM pendidikan serta sistem pendukung yang digunakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan manajemen pendidikan (manajemen sekolah, bidang akademik, kesiswaan, SDM sekolah, sarana prasarana, PPDB, Perpustakaan, dll; entitas komponen terkait; tujuan dan manfaat Simdik Terkait, Desain simdik terkait), 6)E-education dan komponen SIM Pendidikan dalam pengelolaan organisasi pendidikan, 7) Dampak perkembangan dan pemanfaatan SIM pendidikan terhadap etika, lingkungan sosial dan penerapan budaya etika dalam organisasi pendidikan; 8) Risiko dan gangguan terhadap SIM Pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sumberdaya pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip sistem informasi manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam sistem informasi manajemen untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian pengembangan teknologi informasi dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi Offset
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang implementasi sistem informasi dalam manajemen pendidikan secara terpadu. Implementasi tersebut didasari atas kajian 1) Konsep dasar sistem informasi manajemen (hakikat SIM , Definisi sistem, informasi dan sistem informasi pendidikan), 2) Konsep sistem informasi manajemen pendidikan (Landasan filosofis dan kebijakan penggunaan SIM pendidikan), 3) Tujuan, manfaat SIM pendidikan,
4) Peranan SIM dalam Pengembangan Keputusan Bidang Pendidikan, 5) peran SIM pendidikan serta sistem pendukung yang digunakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan manajemen pendidikan (manajemen sekolah, bidang akademik, kesiswaan, SDM sekolah, sarana prasarana, PPDB, Perpustakaan, dll; entitas komponen terkait; tujuan dan manfaat Simdik Terkait, Desain simdik terkait), 6)E-education dan komponen SIM Pendidikan dalam pengelolaan organisasi pendidikan, 7) Dampak perkembangan dan pemanfaatan SIM pendidikan terhadap etika, lingkungan sosial dan penerapan budaya etika dalam organisasi pendidikan; 8) Risiko dan gangguan terhadap SIM Pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sumberdaya pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip sistem informasi manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam sistem informasi manajemen untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian pengembangan teknologi informasi dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
ReferencesAl-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang implementasi sistem informasi dalam manajemen pendidikan secara terpadu. Implementasi tersebut didasari atas kajian 1) Konsep dasar sistem informasi manajemen (hakikat SIM , Definisi sistem, informasi dan sistem informasi pendidikan), 2) Konsep sistem informasi manajemen pendidikan (Landasan filosofis dan kebijakan penggunaan SIM pendidikan), 3) Tujuan, manfaat SIM pendidikan,
4) Peranan SIM dalam Pengembangan Keputusan Bidang Pendidikan, 5) peran SIM pendidikan serta sistem pendukung yang digunakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan manajemen pendidikan (manajemen sekolah, bidang akademik, kesiswaan, SDM sekolah, sarana prasarana, PPDB, Perpustakaan, dll; entitas komponen terkait; tujuan dan manfaat Simdik Terkait, Desain simdik terkait), 6)E-education dan komponen SIM Pendidikan dalam pengelolaan organisasi pendidikan, 7) Dampak perkembangan dan pemanfaatan SIM pendidikan terhadap etika, lingkungan sosial dan penerapan budaya etika dalam organisasi pendidikan; 8) Risiko dan gangguan terhadap SIM Pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sumberdaya pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip sistem informasi manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam sistem informasi manajemen untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian pengembangan teknologi informasi dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
ReferencesAl-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang implementasi sistem informasi dalam manajemen pendidikan secara terpadu. Implementasi tersebut didasari atas kajian 1) Konsep dasar sistem informasi manajemen (hakikat SIM , Definisi sistem, informasi dan sistem informasi pendidikan), 2) Konsep sistem informasi manajemen pendidikan (Landasan filosofis dan kebijakan penggunaan SIM pendidikan), 3) Tujuan, manfaat SIM pendidikan,
4) Peranan SIM dalam Pengembangan Keputusan Bidang Pendidikan, 5) peran SIM pendidikan serta sistem pendukung yang digunakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan manajemen pendidikan (manajemen sekolah, bidang akademik, kesiswaan, SDM sekolah, sarana prasarana, PPDB, Perpustakaan, dll; entitas komponen terkait; tujuan dan manfaat Simdik Terkait, Desain simdik terkait), 6)E-education dan komponen SIM Pendidikan dalam pengelolaan organisasi pendidikan, 7) Dampak perkembangan dan pemanfaatan SIM pendidikan terhadap etika, lingkungan sosial dan penerapan budaya etika dalam organisasi pendidikan; 8) Risiko dan gangguan terhadap SIM Pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sumberdaya pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip sistem informasi manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam sistem informasi manajemen untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian pengembangan teknologi informasi dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
ReferencesAl-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang implementasi sistem informasi dalam manajemen pendidikan secara terpadu. Implementasi tersebut didasari atas kajian 1) Konsep dasar sistem informasi manajemen (hakikat SIM , Definisi sistem, informasi dan sistem informasi pendidikan), 2) Konsep sistem informasi manajemen pendidikan (Landasan filosofis dan kebijakan penggunaan SIM pendidikan), 3) Tujuan, manfaat SIM pendidikan, 4) Peranan SIM dalam Pengembangan Keputusan Bidang Pendidikan, 5) peran SIM pendidikan serta sistem pendukung yang digunakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan manajemen pendidikan (manajemen sekolah, bidang akademik, kesiswaan, SDM sekolah, sarana prasarana, PPDB, Perpustakaan, dll; entitas komponen terkait; tujuan dan manfaat Simdik Terkait, Desain simdik terkait), 6)E-education dan komponen SIM Pendidikan dalam pengelolaan organisasi pendidikan, 7) Dampak perkembangan dan pemanfaatan SIM pendidikan terhadap etika, lingkungan sosial dan penerapan budaya etika dalam organisasi pendidikan; 8) Risiko dan gangguan terhadap SIM Pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sumberdaya pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip sistem informasi manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam sistem informasi manajemen untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian pengembangan teknologi informasi dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
ReferencesAl-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang implementasi sistem informasi dalam manajemen pendidikan secara terpadu. Implementasi tersebut didasari atas kajian 1) Konsep dasar sistem informasi manajemen (hakikat SIM , Definisi sistem, informasi dan sistem informasi pendidikan), 2) Konsep sistem informasi manajemen pendidikan (Landasan filosofis dan kebijakan penggunaan SIM pendidikan), 3) Tujuan, manfaat SIM pendidikan, 4) Peranan SIM dalam Pengembangan Keputusan Bidang Pendidikan, 5) peran SIM pendidikan serta sistem pendukung yang digunakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan manajemen pendidikan (manajemen sekolah, bidang akademik, kesiswaan, SDM sekolah, sarana prasarana, PPDB, Perpustakaan, dll; entitas komponen terkait; tujuan dan manfaat Simdik Terkait, Desain simdik terkait), 6)E-education dan komponen SIM Pendidikan dalam pengelolaan organisasi pendidikan, 7) Dampak perkembangan dan pemanfaatan SIM pendidikan terhadap etika, lingkungan sosial dan penerapan budaya etika dalam organisasi pendidikan; 8) Risiko dan gangguan terhadap SIM Pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sumberdaya pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip sistem informasi manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam sistem informasi manajemen untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian pengembangan teknologi informasi dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
ReferencesAl-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang implementasi sistem informasi dalam manajemen pendidikan secara terpadu. Implementasi tersebut didasari atas kajian 1) Konsep dasar sistem informasi manajemen (hakikat SIM , Definisi sistem, informasi dan sistem informasi pendidikan), 2) Konsep sistem informasi manajemen pendidikan (Landasan filosofis dan kebijakan penggunaan SIM pendidikan), 3) Tujuan, manfaat SIM pendidikan, 4) Peranan SIM dalam Pengembangan Keputusan Bidang Pendidikan, 5) peran SIM pendidikan serta sistem pendukung yang digunakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan manajemen pendidikan (manajemen sekolah, bidang akademik, kesiswaan, SDM sekolah, sarana prasarana, PPDB, Perpustakaan, dll; entitas komponen terkait; tujuan dan manfaat Simdik Terkait, Desain simdik terkait), 6)E-education dan komponen SIM Pendidikan dalam pengelolaan organisasi pendidikan, 7) Dampak perkembangan dan pemanfaatan SIM pendidikan terhadap etika, lingkungan sosial dan penerapan budaya etika dalam organisasi pendidikan; 8) Risiko dan gangguan terhadap SIM Pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sumberdaya pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip sistem informasi manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam sistem informasi manajemen untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian pengembangan teknologi informasi dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
References
Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi
Details ...
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam menguasai konsep dasar sistem informasi manajemen yang diaplikasikan pada bidang organisasi pendidikan, memahami aspek perencanaan dan pengembangan sistem informasi sekolah, manajemen sumberdaya berbasis jaringan, model sistem informasi pendidikan, peran SIM dalam membuat keputusan pada organisasi pendidikan serta melakukan analisis dan penetapan kebutuhan dalam pengelolaan sumber daya sekolah, mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sistem pembelajaran jarak jauh untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah system informasi manajemen pendidikan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK-1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral, dan etika. (S2, P1). |
CPMK-2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian.. (P2, KU2). |
CPMK-3 |
Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan dan mampu mengimplementasikannnya dalam penelitian yang berkualitas sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK3, KK5). |
|
Details ...
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam menguasai konsep dasar sistem informasi manajemen yang diaplikasikan pada bidang organisasi pendidikan, memahami aspek perencanaan dan pengembangan sistem informasi sekolah, manajemen sumberdaya berbasis jaringan, model sistem informasi pendidikan, peran SIM dalam membuat keputusan pada organisasi pendidikan serta melakukan analisis dan penetapan kebutuhan dalam pengelolaan sumber daya sekolah, mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sistem pembelajaran jarak jauh untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah system informasi manajemen pendidikan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK-1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral, dan etika. (S2, P1). |
CPMK-2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian.. (P2, KU2). |
CPMK-3 |
Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan dan mampu mengimplementasikannnya dalam penelitian yang berkualitas sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK3, KK5). |
|
Details ...