Courser in English | EDUCATIONAL MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 44 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang implementasi sistem informasi dalam manajemen pendidikan secara terpadu. Implementasi tersebut didasari atas kajian 1) Konsep dasar sistem informasi manajemen (hakikat SIM , Definisi sistem, informasi dan sistem informasi pendidikan), 2) Konsep sistem informasi manajemen pendidikan (Landasan filosofis dan kebijakan penggunaan SIM pendidikan), 3) Tujuan, manfaat SIM pendidikan, 4) Peranan SIM dalam Pengembangan Keputusan Bidang Pendidikan, 5) peran SIM pendidikan serta sistem pendukung yang digunakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan manajemen pendidikan (manajemen sekolah, bidang akademik, kesiswaan, SDM sekolah, sarana prasarana, PPDB, Perpustakaan, dll; entitas komponen terkait; tujuan dan manfaat Simdik Terkait, Desain simdik terkait), 6)E-education dan komponen SIM Pendidikan dalam pengelolaan organisasi pendidikan, 7) Dampak perkembangan dan pemanfaatan SIM pendidikan terhadap etika, lingkungan sosial dan penerapan budaya etika dalam organisasi pendidikan; 8) Risiko dan gangguan terhadap SIM Pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sumberdaya pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip sistem informasi manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam sistem informasi manajemen untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian pengembangan teknologi informasi dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin; mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
References
Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang implementasi sistem informasi dalam manajemen pendidikan secara terpadu. Implementasi tersebut didasari atas kajian 1) Konsep dasar sistem informasi manajemen (hakikat SIM , Definisi sistem, informasi dan sistem informasi pendidikan), 2) Konsep sistem informasi manajemen pendidikan (Landasan filosofis dan kebijakan penggunaan SIM pendidikan), 3) Tujuan, manfaat SIM pendidikan, 4) Peranan SIM dalam Pengembangan Keputusan Bidang Pendidikan, 5) peran SIM pendidikan serta sistem pendukung yang digunakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan manajemen pendidikan (manajemen sekolah, bidang akademik, kesiswaan, SDM sekolah, sarana prasarana, PPDB, Perpustakaan, dll; entitas komponen terkait; tujuan dan manfaat Simdik Terkait, Desain simdik terkait), 6)E-education dan komponen SIM Pendidikan dalam pengelolaan organisasi pendidikan, 7) Dampak perkembangan dan pemanfaatan SIM pendidikan terhadap etika, lingkungan sosial dan penerapan budaya etika dalam organisasi pendidikan; 8) Risiko dan gangguan terhadap SIM Pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sumberdaya pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip sistem informasi manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam sistem informasi manajemen untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian pengembangan teknologi informasi dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin; mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
References
Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang implementasi sistem informasi dalam manajemen pendidikan secara terpadu. Implementasi tersebut didasari atas kajian 1) Konsep dasar sistem informasi manajemen (hakikat SIM , Definisi sistem, informasi dan sistem informasi pendidikan), 2) Konsep sistem informasi manajemen pendidikan (Landasan filosofis dan kebijakan penggunaan SIM pendidikan), 3) Tujuan, manfaat SIM pendidikan, 4) Peranan SIM dalam Pengembangan Keputusan Bidang Pendidikan, 5) peran SIM pendidikan serta sistem pendukung yang digunakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan manajemen pendidikan (manajemen sekolah, bidang akademik, kesiswaan, SDM sekolah, sarana prasarana, PPDB, Perpustakaan, dll; entitas komponen terkait; tujuan dan manfaat Simdik Terkait, Desain simdik terkait), 6)E-education dan komponen SIM Pendidikan dalam pengelolaan organisasi pendidikan, 7) Dampak perkembangan dan pemanfaatan SIM pendidikan terhadap etika, lingkungan sosial dan penerapan budaya etika dalam organisasi pendidikan; 8) Risiko dan gangguan terhadap SIM Pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sumberdaya pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip sistem informasi manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam sistem informasi manajemen untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian pengembangan teknologi informasi dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin; mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
References
Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang implementasi sistem informasi dalam manajemen pendidikan secara terpadu. Implementasi tersebut didasari atas kajian 1) Konsep dasar sistem informasi manajemen (hakikat SIM , Definisi sistem, informasi dan sistem informasi pendidikan), 2) Konsep sistem informasi manajemen pendidikan (Landasan filosofis dan kebijakan penggunaan SIM pendidikan), 3) Tujuan, manfaat SIM pendidikan,
4) Peranan SIM dalam Pengembangan Keputusan Bidang Pendidikan, 5) peran SIM pendidikan serta sistem pendukung yang digunakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan manajemen pendidikan (manajemen sekolah, bidang akademik, kesiswaan, SDM sekolah, sarana prasarana, PPDB, Perpustakaan, dll; entitas komponen terkait; tujuan dan manfaat Simdik Terkait, Desain simdik terkait), 6)E-education dan komponen SIM Pendidikan dalam pengelolaan organisasi pendidikan, 7) Dampak perkembangan dan pemanfaatan SIM pendidikan terhadap etika, lingkungan sosial dan penerapan budaya etika dalam organisasi pendidikan; 8) Risiko dan gangguan terhadap SIM Pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sumberdaya pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip sistem informasi manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam sistem informasi manajemen untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian pengembangan teknologi informasi dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
ReferencesAl-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang implementasi sistem informasi dalam manajemen pendidikan secara terpadu. Implementasi tersebut didasari atas kajian 1) Konsep dasar sistem informasi manajemen (hakikat SIM , Definisi sistem, informasi dan sistem informasi pendidikan), 2) Konsep sistem informasi manajemen pendidikan (Landasan filosofis dan kebijakan penggunaan SIM pendidikan), 3) Tujuan, manfaat SIM pendidikan,
4) Peranan SIM dalam Pengembangan Keputusan Bidang Pendidikan, 5) peran SIM pendidikan serta sistem pendukung yang digunakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan manajemen pendidikan (manajemen sekolah, bidang akademik, kesiswaan, SDM sekolah, sarana prasarana, PPDB, Perpustakaan, dll; entitas komponen terkait; tujuan dan manfaat Simdik Terkait, Desain simdik terkait), 6)E-education dan komponen SIM Pendidikan dalam pengelolaan organisasi pendidikan, 7) Dampak perkembangan dan pemanfaatan SIM pendidikan terhadap etika, lingkungan sosial dan penerapan budaya etika dalam organisasi pendidikan; 8) Risiko dan gangguan terhadap SIM Pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sumberdaya pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip sistem informasi manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam sistem informasi manajemen untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian pengembangan teknologi informasi dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
ReferencesAl-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika. Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi. Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc. Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi
Details ...
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengimplementasikan sistem media instruksional dan memanfaatkan aplikasi komputer secara holistik dalam melakukan analisis penelitian. Topik mata kuliah ini meliputi: hakikat, tujuan, fungsi dan jenis media instruksional; desain instruksional pesan; perencanaan penggunaan media; pemanfaatan komputer dalam instruksional; peranan komputer dalam pendidikan jarak jauh dan sistem pengambilan keputusan pendidikan; pengolahan dan penyajian data dengan menggunakan komputer
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sumberdaya pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip sistem informasi manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan
- Sikap :Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri
- Keterampilan Umum: Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
- Pengetahuan : Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip serta langkah-langkah perencanaan pendidikan dan sistem informasi manajemen pendidikan berdasarkan hasil penelitian dengan menerapkan pendekatan-pendekatan dalam perencanaan pendidikan untuk menghasilan rencana jangka panjang secara sistematis
Daftar Pustaka:
- Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika.
- Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
- Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
- Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
- Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi.
- Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
- Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.
- Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
- Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi
Details ...
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengimplementasikan sistem media instruksional dan memanfaatkan aplikasi komputer secara holistik dalam melakukan analisis penelitian. Topik mata kuliah ini meliputi: hakikat, tujuan, fungsi dan jenis media instruksional; desain instruksional pesan; perencanaan penggunaan media; pemanfaatan komputer dalam instruksional; peranan komputer dalam pendidikan jarak jauh dan sistem pengambilan keputusan pendidikan; pengolahan dan penyajian data dengan menggunakan komputer
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sumberdaya pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip sistem informasi manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan
- Sikap :Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri
- Keterampilan Umum: Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
- Pengetahuan : Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip serta langkah-langkah perencanaan pendidikan dan sistem informasi manajemen pendidikan berdasarkan hasil penelitian dengan menerapkan pendekatan-pendekatan dalam perencanaan pendidikan untuk menghasilan rencana jangka panjang secara sistematis
Daftar Pustaka:
- Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika.
- Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
- Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
- Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
- Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi.
- Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
- Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.
- Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
- Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi
Details ...
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengimplementasikan sistem media instruksional dan memanfaatkan aplikasi komputer secara holistik dalam melakukan analisis penelitian. Topik mata kuliah ini meliputi: hakikat, tujuan, fungsi dan jenis media instruksional; desain instruksional pesan; perencanaan penggunaan media; pemanfaatan komputer dalam instruksional; peranan komputer dalam pendidikan jarak jauh dan sistem pengambilan keputusan pendidikan; pengolahan dan penyajian data dengan menggunakan komputer
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sumberdaya pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip sistem informasi manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan
- Sikap :Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri
- Keterampilan Umum: Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
- Pengetahuan : Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip serta langkah-langkah perencanaan pendidikan dan sistem informasi manajemen pendidikan berdasarkan hasil penelitian dengan menerapkan pendekatan-pendekatan dalam perencanaan pendidikan untuk menghasilan rencana jangka panjang secara sistematis
Daftar Pustaka:
- Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika.
- Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
- Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
- Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
- Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi.
- Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
- Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.
- Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
- Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi
Details ...
Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang implementasi sistem informasi dalam manajemen pendidikan secara terpadu. Implementasi tersebut didasari atas kajian 1) Konsep dasar sistem informasi manajemen (hakikat SIM , Definisi sistem, informasi dan sistem informasi pendidikan), 2) Konsep sistem informasi manajemen pendidikan (Landasan filosofis dan kebijakan penggunaan SIM pendidikan), 3) Tujuan, manfaat SIM pendidikan, 4) Peranan SIM dalam Pengembangan Keputusan Bidang Pendidikan, 5) peran SIM pendidikan serta sistem pendukung yang digunakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan manajemen pendidikan (manajemen sekolah, bidang akademik, kesiswaan, SDM sekolah, sarana prasarana, PPDB, Perpustakaan, dll; entitas komponen terkait; tujuan dan manfaat Simdik Terkait, Desain simdik terkait), 6)E-education dan komponen SIM Pendidikan dalam pengelolaan organisasi pendidikan, 7) Dampak perkembangan dan pemanfaatan SIM pendidikan terhadap etika, lingkungan sosial dan penerapan budaya etika dalam organisasi pendidikan; 8) Risiko dan gangguan terhadap SIM Pendidikan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan sumberdaya pendidikan berdasar teori, konsep, dan prinsip sistem informasi manajemen pendidikan untuk mememecahkan masalah-masalah pada institusi pendidikan/ satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Sikap
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Pengetahuan
- menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam sistem informasi manajemen untuk memecahkan masalah dan isu-isu globalisasi dalam manajemen pendidikan;
- menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin;
Ketrampilan
- mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersesuaian dengan manajemen pendidikan;
- mampu mengidentifikasi dan mengembangkan entitas komponen dalam berbagai kajian manajemen pendidikan yang menjadi obyek kajian pengembangan teknologi informasi dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
- mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah
- Al-Jufri, Hamid (2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT. Smart Grafika.
- Edhy Sutanta. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
- Eti Rochaety, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Gordon, Davis. 1999. Management Information System. Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Book Company
- Laudon, C. Kenneth dan Laudon P. Jane (2010). Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th Edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall
- Nugroho, Eko (2008). Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya, Yogyakarta: Penerbit Andi.
- Pusdiklat Depdiknas. 2009. Manajemen Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Sawangan Depok.
- Raymond McLeod, Jr., George P Schell. 2007. Management Information System, 10th ed. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.
- Susanto, Azhar (2007). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pegembangannya, Edisi 3, Bandung: Lingga Jaya.
- Sutabri, Tata (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi
Details ...