Konsep Dasar PKn, Curriculum : 2015


Courser in EnglishBASIC CONCEPT OF CIVICS EDUCATION
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS45 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yg berorentasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( Civic Competence) 

Learning Outcomes

- Mahasiswa mampun menjelaskan secara kritis dan objektif latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT.

- Mahasiswa harus mampu menyakini nilai-nilai Pancasila sebagai orientasi PKn agar menjadi pedoman berkarya lulusan PT.

- Mahasiswa mampu mendeskripsikan identitas nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia.

- Mahasiswa harus memiliki karakter sebagai identitas bangsa.

- Mahasiswa harus berani mengemukakan pentingnya konstitusi bagi Negara.

- Mahasiswa bisa menerima secara kritis UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia.

- Mahasiswa berani menampilkan perilaku konstitusional dalam hidup bernegara.

- Mahasiswa mampu menganalisis hubungan negara dan warga negara.

- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara.

- Mahasiswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban warga negara secara seimbang.

- Mahasiswa mampu menganalisis makna demokrasi dan prinsip- prinsipnya.

- Mahasiswa mampu mengemukakan hakekat demokrasi ( demokrasi Pancasila)

- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesian 

- Mahasiswa harus mendukung pendidikan demokrasi di Indonesia.

- Mahasiswa mampu menguraikan makna Indonesia sebagai negara Hukum.

- Mahasiswa mampu mendeskripsikan hubungan Negara hukum dengan HAM.

- Mahasiswa harus bisa berhubungan Negara hukum dan HAM.

- Mahasiswa harus bisa menegakkan HAM di Indonesia.

- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa.

- Mahasiswa mampu menjelaskan konsepsi wawasan Nusantara sebagai pandangan geopolitik bangsa Indonesia.

- Mahasiswa harus bisa memberi contoh implementasi wawasan Nusantara.

- Mahasiswa harus bisa mengemukakan unsur- unsur ketahanan nasional Indonesia.

- Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah. 

- Mahasiswa mampu menganalisis potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global.

- Mahasiswa mampu mengemukakan pentingnya integrasi dalam masyarakat Indonesia yang plural.

- Mahasiswa harus bisa memilih strategi intregasi yang tepat untuk masyarakat Indonesia.

- Mahasiswa harus mendukung integrasi di Indonesia melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

 

 

References

Herdiawanto,HamdayaHamdayana.2010. Cerdas, Kritis dan Aktif Berwarganegara . Erlangga.

Kaelan , Achmad Zubaidi.2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

Noor Ms Bakry.2014. Pendidikan Kewarganegaraan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santoso.2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan . Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yg berorentasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( Civic Competence) 

Learning Outcomes

- Mahasiswa mampun menjelaskan secara kritis dan objektif latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT.

- Mahasiswa harus mampu menyakini nilai-nilai Pancasila sebagai orientasi PKn agar menjadi pedoman berkarya lulusan PT.

- Mahasiswa mampu mendeskripsikan identitas nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia.

- Mahasiswa harus memiliki karakter sebagai identitas bangsa.

- Mahasiswa harus berani mengemukakan pentingnya konstitusi bagi Negara.

- Mahasiswa bisa menerima secara kritis UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia.

- Mahasiswa berani menampilkan perilaku konstitusional dalam hidup bernegara.

- Mahasiswa mampu menganalisis hubungan negara dan warga negara.

- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara.

- Mahasiswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban warga negara secara seimbang.

- Mahasiswa mampu menganalisis makna demokrasi dan prinsip- prinsipnya.

- Mahasiswa mampu mengemukakan hakekat demokrasi ( demokrasi Pancasila)

- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesian 

- Mahasiswa harus mendukung pendidikan demokrasi di Indonesia.

- Mahasiswa mampu menguraikan makna Indonesia sebagai negara Hukum.

- Mahasiswa mampu mendeskripsikan hubungan Negara hukum dengan HAM.

- Mahasiswa harus bisa berhubungan Negara hukum dan HAM.

- Mahasiswa harus bisa menegakkan HAM di Indonesia.

- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa.

- Mahasiswa mampu menjelaskan konsepsi wawasan Nusantara sebagai pandangan geopolitik bangsa Indonesia.

- Mahasiswa harus bisa memberi contoh implementasi wawasan Nusantara.

- Mahasiswa harus bisa mengemukakan unsur- unsur ketahanan nasional Indonesia.

- Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah. 

- Mahasiswa mampu menganalisis potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global.

- Mahasiswa mampu mengemukakan pentingnya integrasi dalam masyarakat Indonesia yang plural.

- Mahasiswa harus bisa memilih strategi intregasi yang tepat untuk masyarakat Indonesia.

- Mahasiswa harus mendukung integrasi di Indonesia melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

 

 

References

Herdiawanto,HamdayaHamdayana.2010. Cerdas, Kritis dan Aktif Berwarganegara . Erlangga.

Kaelan , Achmad Zubaidi.2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

Noor Ms Bakry.2014. Pendidikan Kewarganegaraan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santoso.2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan . Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yg berorentasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( Civic Competence) 

Learning Outcomes

- Mahasiswa mampun menjelaskan secara kritis dan objektif latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT.

- Mahasiswa harus mampu menyakini nilai-nilai Pancasila sebagai orientasi PKn agar menjadi pedoman berkarya lulusan PT.

- Mahasiswa mampu mendeskripsikan identitas nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia.

- Mahasiswa harus memiliki karakter sebagai identitas bangsa.

- Mahasiswa harus berani mengemukakan pentingnya konstitusi bagi Negara.

- Mahasiswa bisa menerima secara kritis UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia.

- Mahasiswa berani menampilkan perilaku konstitusional dalam hidup bernegara.

- Mahasiswa mampu menganalisis hubungan negara dan warga negara.

- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara.

- Mahasiswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban warga negara secara seimbang.

- Mahasiswa mampu menganalisis makna demokrasi dan prinsip- prinsipnya.

- Mahasiswa mampu mengemukakan hakekat demokrasi ( demokrasi Pancasila)

- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesian 

- Mahasiswa harus mendukung pendidikan demokrasi di Indonesia.

- Mahasiswa mampu menguraikan makna Indonesia sebagai negara Hukum.

- Mahasiswa mampu mendeskripsikan hubungan Negara hukum dengan HAM.

- Mahasiswa harus bisa berhubungan Negara hukum dan HAM.

- Mahasiswa harus bisa menegakkan HAM di Indonesia.

- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa.

- Mahasiswa mampu menjelaskan konsepsi wawasan Nusantara sebagai pandangan geopolitik bangsa Indonesia.

- Mahasiswa harus bisa memberi contoh implementasi wawasan Nusantara.

- Mahasiswa harus bisa mengemukakan unsur- unsur ketahanan nasional Indonesia.

- Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah. 

- Mahasiswa mampu menganalisis potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global.

- Mahasiswa mampu mengemukakan pentingnya integrasi dalam masyarakat Indonesia yang plural.

- Mahasiswa harus bisa memilih strategi intregasi yang tepat untuk masyarakat Indonesia.

- Mahasiswa harus mendukung integrasi di Indonesia melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

 

 

References

Herdiawanto,HamdayaHamdayana.2010. Cerdas, Kritis dan Aktif Berwarganegara . Erlangga.

Kaelan , Achmad Zubaidi.2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

Noor Ms Bakry.2014. Pendidikan Kewarganegaraan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santoso.2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan . Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yg berorentasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( Civic Competence) 

Learning Outcomes

- Mahasiswa mampun menjelaskan secara kritis dan objektif latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT.

- Mahasiswa harus mampu menyakini nilai-nilai Pancasila sebagai orientasi PKn agar menjadi pedoman berkarya lulusan PT.

- Mahasiswa mampu mendeskripsikan identitas nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia.

- Mahasiswa harus memiliki karakter sebagai identitas bangsa.

- Mahasiswa harus berani mengemukakan pentingnya konstitusi bagi Negara.

- Mahasiswa bisa menerima secara kritis UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia.

- Mahasiswa berani menampilkan perilaku konstitusional dalam hidup bernegara.

- Mahasiswa mampu menganalisis hubungan negara dan warga negara.

- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara.

- Mahasiswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban warga negara secara seimbang.

- Mahasiswa mampu menganalisis makna demokrasi dan prinsip- prinsipnya.

- Mahasiswa mampu mengemukakan hakekat demokrasi ( demokrasi Pancasila)

- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesian 

- Mahasiswa harus mendukung pendidikan demokrasi di Indonesia.

- Mahasiswa mampu menguraikan makna Indonesia sebagai negara Hukum.

- Mahasiswa mampu mendeskripsikan hubungan Negara hukum dengan HAM.

- Mahasiswa harus bisa berhubungan Negara hukum dan HAM.

- Mahasiswa harus bisa menegakkan HAM di Indonesia.

- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa.

- Mahasiswa mampu menjelaskan konsepsi wawasan Nusantara sebagai pandangan geopolitik bangsa Indonesia.

- Mahasiswa harus bisa memberi contoh implementasi wawasan Nusantara.

- Mahasiswa harus bisa mengemukakan unsur- unsur ketahanan nasional Indonesia.

- Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah. 

- Mahasiswa mampu menganalisis potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global.

- Mahasiswa mampu mengemukakan pentingnya integrasi dalam masyarakat Indonesia yang plural.

- Mahasiswa harus bisa memilih strategi intregasi yang tepat untuk masyarakat Indonesia.

- Mahasiswa harus mendukung integrasi di Indonesia melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

 

 

References

Herdiawanto,HamdayaHamdayana.2010. Cerdas, Kritis dan Aktif Berwarganegara . Erlangga.

Kaelan , Achmad Zubaidi.2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

Noor Ms Bakry.2014. Pendidikan Kewarganegaraan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santoso.2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan . Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yg berorentasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( Civic Competence) 

Learning Outcomes

- Mahasiswa mampun menjelaskan secara kritis dan objektif latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT.

- Mahasiswa harus mampu menyakini nilai-nilai Pancasila sebagai orientasi PKn agar menjadi pedoman berkarya lulusan PT.

- Mahasiswa mampu mendeskripsikan identitas nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia.

- Mahasiswa harus memiliki karakter sebagai identitas bangsa.

- Mahasiswa harus berani mengemukakan pentingnya konstitusi bagi Negara.

- Mahasiswa bisa menerima secara kritis UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia.

- Mahasiswa berani menampilkan perilaku konstitusional dalam hidup bernegara.

- Mahasiswa mampu menganalisis hubungan negara dan warga negara.

- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara.

- Mahasiswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban warga negara secara seimbang.

- Mahasiswa mampu menganalisis makna demokrasi dan prinsip- prinsipnya.

- Mahasiswa mampu mengemukakan hakekat demokrasi ( demokrasi Pancasila)

- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesian 

- Mahasiswa harus mendukung pendidikan demokrasi di Indonesia.

- Mahasiswa mampu menguraikan makna Indonesia sebagai negara Hukum.

- Mahasiswa mampu mendeskripsikan hubungan Negara hukum dengan HAM.

- Mahasiswa harus bisa berhubungan Negara hukum dan HAM.

- Mahasiswa harus bisa menegakkan HAM di Indonesia.

- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa.

- Mahasiswa mampu menjelaskan konsepsi wawasan Nusantara sebagai pandangan geopolitik bangsa Indonesia.

- Mahasiswa harus bisa memberi contoh implementasi wawasan Nusantara.

- Mahasiswa harus bisa mengemukakan unsur- unsur ketahanan nasional Indonesia.

- Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah. 

- Mahasiswa mampu menganalisis potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global.

- Mahasiswa mampu mengemukakan pentingnya integrasi dalam masyarakat Indonesia yang plural.

- Mahasiswa harus bisa memilih strategi intregasi yang tepat untuk masyarakat Indonesia.

- Mahasiswa harus mendukung integrasi di Indonesia melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

 

 

References

Herdiawanto,HamdayaHamdayana.2010. Cerdas, Kritis dan Aktif Berwarganegara . Erlangga.

Kaelan , Achmad Zubaidi.2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

Noor Ms Bakry.2014. Pendidikan Kewarganegaraan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santoso.2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan . Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yg berorentasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( Civic Competence) 

Learning Outcomes

- Mahasiswa mampun menjelaskan secara kritis dan objektif latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT.

- Mahasiswa harus mampu menyakini nilai-nilai Pancasila sebagai orientasi PKn agar menjadi pedoman berkarya lulusan PT.

- Mahasiswa mampu mendeskripsikan identitas nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia.

- Mahasiswa harus memiliki karakter sebagai identitas bangsa.

- Mahasiswa harus berani mengemukakan pentingnya konstitusi bagi Negara.

- Mahasiswa bisa menerima secara kritis UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia.

- Mahasiswa berani menampilkan perilaku konstitusional dalam hidup bernegara.

- Mahasiswa mampu menganalisis hubungan negara dan warga negara.

- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara.

- Mahasiswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban warga negara secara seimbang.

- Mahasiswa mampu menganalisis makna demokrasi dan prinsip- prinsipnya.

- Mahasiswa mampu mengemukakan hakekat demokrasi ( demokrasi Pancasila)

- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesian 

- Mahasiswa harus mendukung pendidikan demokrasi di Indonesia.

- Mahasiswa mampu menguraikan makna Indonesia sebagai negara Hukum.

- Mahasiswa mampu mendeskripsikan hubungan Negara hukum dengan HAM.

- Mahasiswa harus bisa berhubungan Negara hukum dan HAM.

- Mahasiswa harus bisa menegakkan HAM di Indonesia.

- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa.

- Mahasiswa mampu menjelaskan konsepsi wawasan Nusantara sebagai pandangan geopolitik bangsa Indonesia.

- Mahasiswa harus bisa memberi contoh implementasi wawasan Nusantara.

- Mahasiswa harus bisa mengemukakan unsur- unsur ketahanan nasional Indonesia.

- Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah. 

- Mahasiswa mampu menganalisis potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global.

- Mahasiswa mampu mengemukakan pentingnya integrasi dalam masyarakat Indonesia yang plural.

- Mahasiswa harus bisa memilih strategi intregasi yang tepat untuk masyarakat Indonesia.

- Mahasiswa harus mendukung integrasi di Indonesia melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

 

 

References

Herdiawanto,HamdayaHamdayana.2010. Cerdas, Kritis dan Aktif Berwarganegara . Erlangga.

Kaelan , Achmad Zubaidi.2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

Noor Ms Bakry.2014. Pendidikan Kewarganegaraan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santoso.2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan . Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yg berorentasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( Civic Competence) 

Learning Outcomes

- Mahasiswa mampun menjelaskan secara kritis dan objektif latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT.

- Mahasiswa harus mampu menyakini nilai-nilai Pancasila sebagai orientasi PKn agar menjadi pedoman berkarya lulusan PT.

- Mahasiswa mampu mendeskripsikan identitas nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia.

- Mahasiswa harus memiliki karakter sebagai identitas bangsa.

- Mahasiswa harus berani mengemukakan pentingnya konstitusi bagi Negara.

- Mahasiswa bisa menerima secara kritis UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia.

- Mahasiswa berani menampilkan perilaku konstitusional dalam hidup bernegara.

- Mahasiswa mampu menganalisis hubungan negara dan warga negara.

- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara.

- Mahasiswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban warga negara secara seimbang.

- Mahasiswa mampu menganalisis makna demokrasi dan prinsip- prinsipnya.

- Mahasiswa mampu mengemukakan hakekat demokrasi ( demokrasi Pancasila)

- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesian 

- Mahasiswa harus mendukung pendidikan demokrasi di Indonesia.

- Mahasiswa mampu menguraikan makna Indonesia sebagai negara Hukum.

- Mahasiswa mampu mendeskripsikan hubungan Negara hukum dengan HAM.

- Mahasiswa harus bisa berhubungan Negara hukum dan HAM.

- Mahasiswa harus bisa menegakkan HAM di Indonesia.

- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa.

- Mahasiswa mampu menjelaskan konsepsi wawasan Nusantara sebagai pandangan geopolitik bangsa Indonesia.

- Mahasiswa harus bisa memberi contoh implementasi wawasan Nusantara.

- Mahasiswa harus bisa mengemukakan unsur- unsur ketahanan nasional Indonesia.

- Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah. 

- Mahasiswa mampu menganalisis potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global.

- Mahasiswa mampu mengemukakan pentingnya integrasi dalam masyarakat Indonesia yang plural.

- Mahasiswa harus bisa memilih strategi intregasi yang tepat untuk masyarakat Indonesia.

- Mahasiswa harus mendukung integrasi di Indonesia melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

 

 

References

Herdiawanto,HamdayaHamdayana.2010. Cerdas, Kritis dan Aktif Berwarganegara . Erlangga.

Kaelan , Achmad Zubaidi.2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

Noor Ms Bakry.2014. Pendidikan Kewarganegaraan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santoso.2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan . Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yg berorentasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( Civic Competence) 

Learning Outcomes

- Mahasiswa mampun menjelaskan secara kritis dan objektif latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT.

- Mahasiswa harus mampu menyakini nilai-nilai Pancasila sebagai orientasi PKn agar menjadi pedoman berkarya lulusan PT.

- Mahasiswa mampu mendeskripsikan identitas nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia.

- Mahasiswa harus memiliki karakter sebagai identitas bangsa.

- Mahasiswa harus berani mengemukakan pentingnya konstitusi bagi Negara.

- Mahasiswa bisa menerima secara kritis UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia.

- Mahasiswa berani menampilkan perilaku konstitusional dalam hidup bernegara.

- Mahasiswa mampu menganalisis hubungan negara dan warga negara.

- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara.

- Mahasiswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban warga negara secara seimbang.

- Mahasiswa mampu menganalisis makna demokrasi dan prinsip- prinsipnya.

- Mahasiswa mampu mengemukakan hakekat demokrasi ( demokrasi Pancasila)

- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesian 

- Mahasiswa harus mendukung pendidikan demokrasi di Indonesia.

- Mahasiswa mampu menguraikan makna Indonesia sebagai negara Hukum.

- Mahasiswa mampu mendeskripsikan hubungan Negara hukum dengan HAM.

- Mahasiswa harus bisa berhubungan Negara hukum dan HAM.

- Mahasiswa harus bisa menegakkan HAM di Indonesia.

- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa.

- Mahasiswa mampu menjelaskan konsepsi wawasan Nusantara sebagai pandangan geopolitik bangsa Indonesia.

- Mahasiswa harus bisa memberi contoh implementasi wawasan Nusantara.

- Mahasiswa harus bisa mengemukakan unsur- unsur ketahanan nasional Indonesia.

- Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah. 

- Mahasiswa mampu menganalisis potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global.

- Mahasiswa mampu mengemukakan pentingnya integrasi dalam masyarakat Indonesia yang plural.

- Mahasiswa harus bisa memilih strategi intregasi yang tepat untuk masyarakat Indonesia.

- Mahasiswa harus mendukung integrasi di Indonesia melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

 

 

References

Herdiawanto,HamdayaHamdayana.2010. Cerdas, Kritis dan Aktif Berwarganegara . Erlangga.

Kaelan , Achmad Zubaidi.2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

Noor Ms Bakry.2014. Pendidikan Kewarganegaraan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santoso.2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan . Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yg berorentasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( Civic Competence) 

Learning Outcomes

- Mahasiswa mampun menjelaskan secara kritis dan objektif latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT.

- Mahasiswa harus mampu menyakini nilai-nilai Pancasila sebagai orientasi PKn agar menjadi pedoman berkarya lulusan PT.

- Mahasiswa mampu mendeskripsikan identitas nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia.

- Mahasiswa harus memiliki karakter sebagai identitas bangsa.

- Mahasiswa harus berani mengemukakan pentingnya konstitusi bagi Negara.

- Mahasiswa bisa menerima secara kritis UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia.

- Mahasiswa berani menampilkan perilaku konstitusional dalam hidup bernegara.

- Mahasiswa mampu menganalisis hubungan negara dan warga negara.

- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara.

- Mahasiswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban warga negara secara seimbang.

- Mahasiswa mampu menganalisis makna demokrasi dan prinsip- prinsipnya.

- Mahasiswa mampu mengemukakan hakekat demokrasi ( demokrasi Pancasila)

- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesian 

- Mahasiswa harus mendukung pendidikan demokrasi di Indonesia.

- Mahasiswa mampu menguraikan makna Indonesia sebagai negara Hukum.

- Mahasiswa mampu mendeskripsikan hubungan Negara hukum dengan HAM.

- Mahasiswa harus bisa berhubungan Negara hukum dan HAM.

- Mahasiswa harus bisa menegakkan HAM di Indonesia.

- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa.

- Mahasiswa mampu menjelaskan konsepsi wawasan Nusantara sebagai pandangan geopolitik bangsa Indonesia.

- Mahasiswa harus bisa memberi contoh implementasi wawasan Nusantara.

- Mahasiswa harus bisa mengemukakan unsur- unsur ketahanan nasional Indonesia.

- Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah. 

- Mahasiswa mampu menganalisis potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global.

- Mahasiswa mampu mengemukakan pentingnya integrasi dalam masyarakat Indonesia yang plural.

- Mahasiswa harus bisa memilih strategi intregasi yang tepat untuk masyarakat Indonesia.

- Mahasiswa harus mendukung integrasi di Indonesia melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

 

 

References

Herdiawanto,HamdayaHamdayana.2010. Cerdas, Kritis dan Aktif Berwarganegara . Erlangga.

Kaelan , Achmad Zubaidi.2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

Noor Ms Bakry.2014. Pendidikan Kewarganegaraan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santoso.2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan . Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yg berorentasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( Civic Competence) 

Learning Outcomes

- Mahasiswa mampun menjelaskan secara kritis dan objektif latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT.

- Mahasiswa harus mampu menyakini nilai-nilai Pancasila sebagai orientasi PKn agar menjadi pedoman berkarya lulusan PT.

- Mahasiswa mampu mendeskripsikan identitas nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia.

- Mahasiswa harus memiliki karakter sebagai identitas bangsa.

- Mahasiswa harus berani mengemukakan pentingnya konstitusi bagi Negara.

- Mahasiswa bisa menerima secara kritis UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia.

- Mahasiswa berani menampilkan perilaku konstitusional dalam hidup bernegara.

- Mahasiswa mampu menganalisis hubungan negara dan warga negara.

- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara.

- Mahasiswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban warga negara secara seimbang.

- Mahasiswa mampu menganalisis makna demokrasi dan prinsip- prinsipnya.

- Mahasiswa mampu mengemukakan hakekat demokrasi ( demokrasi Pancasila)

- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesian 

- Mahasiswa harus mendukung pendidikan demokrasi di Indonesia.

- Mahasiswa mampu menguraikan makna Indonesia sebagai negara Hukum.

- Mahasiswa mampu mendeskripsikan hubungan Negara hukum dengan HAM.

- Mahasiswa harus bisa berhubungan Negara hukum dan HAM.

- Mahasiswa harus bisa menegakkan HAM di Indonesia.

- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa.

- Mahasiswa mampu menjelaskan konsepsi wawasan Nusantara sebagai pandangan geopolitik bangsa Indonesia.

- Mahasiswa harus bisa memberi contoh implementasi wawasan Nusantara.

- Mahasiswa harus bisa mengemukakan unsur- unsur ketahanan nasional Indonesia.

- Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah. 

- Mahasiswa mampu menganalisis potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global.

- Mahasiswa mampu mengemukakan pentingnya integrasi dalam masyarakat Indonesia yang plural.

- Mahasiswa harus bisa memilih strategi intregasi yang tepat untuk masyarakat Indonesia.

- Mahasiswa harus mendukung integrasi di Indonesia melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

 

 

References

Herdiawanto,HamdayaHamdayana.2010. Cerdas, Kritis dan Aktif Berwarganegara . Erlangga.

Kaelan , Achmad Zubaidi.2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

Noor Ms Bakry.2014. Pendidikan Kewarganegaraan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santoso.2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan . Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi proses pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi dosen dan mahasiswa mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemapuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan materi dalam mata kuliah ini meliputi : (1) Paradigma Baru PKn di SD; (2) Sebagai makhluk Individu sebagai Insan Tuhan Yang Maha Esa, Makhluk Sosial dan Warga Negara Indonesia; (3) Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia dan Semangat Kebangsaan; (4) Kerangka Sosial Budaya Masyarakat Indonesia dan Kebanggaan Sebagai Bangsa Indonesia; (5) Pengertian Pancasila dan UUD 1945; (6) Pengertian Hak Asasi Manusia; (7) Pengertian Demokrasi; (8) Memahami materi dan mampu membelajarkan Hukum dan Penegak Hukum ; (9) Pembelajaran Komunikasi Sosial Budaya Indonesia dan Karakter WNI Baru

Learning Outcomes

Meningkatkan kemampuan profesional Dosen dalam pembelajaran PKn melalui penguasaan konsep-konsep dasar kewarganegaraan sebagai substansi kajian(disciplinary content knowledge) untuk mendukung dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, maupun sosial serta paritisipasi warga negara yang bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

References

Winataputra, Udin S dkk. Modul  Materi dan Pembelajaran PKn SD Penerbit Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi proses pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi dosen dan mahasiswa mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemapuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan materi dalam mata kuliah ini meliputi : (1) Paradigma Baru PKn di SD; (2) Sebagai makhluk Individu sebagai Insan Tuhan Yang Maha Esa, Makhluk Sosial dan Warga Negara Indonesia; (3) Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia dan Semangat Kebangsaan; (4) Kerangka Sosial Budaya Masyarakat Indonesia dan Kebanggaan Sebagai Bangsa Indonesia; (5) Pengertian Pancasila dan UUD 1945; (6) Pengertian Hak Asasi Manusia; (7) Pengertian Demokrasi; (8) Memahami materi dan mampu membelajarkan Hukum dan Penegak Hukum ; (9) Pembelajaran Komunikasi Sosial Budaya Indonesia dan Karakter WNI Baru

Learning Outcomes

Meningkatkan kemampuan profesional Dosen dalam pembelajaran PKn melalui penguasaan konsep-konsep dasar kewarganegaraan sebagai substansi kajian(disciplinary content knowledge) untuk mendukung dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, maupun sosial serta paritisipasi warga negara yang bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

References

Winataputra, Udin S dkk. Modul  Materi dan Pembelajaran PKn SD Penerbit Universitas Terbuka


Details ...