Courser in English | BASIC CONCEPT OF CIVICS EDUCATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 45 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yg berorentasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( Civic Competence)
Learning Outcomes- Mahasiswa mampun menjelaskan secara kritis dan objektif latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT.
- Mahasiswa harus mampu menyakini nilai-nilai Pancasila sebagai orientasi PKn agar menjadi pedoman berkarya lulusan PT.
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan identitas nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia.
- Mahasiswa harus memiliki karakter sebagai identitas bangsa.
- Mahasiswa harus berani mengemukakan pentingnya konstitusi bagi Negara.
- Mahasiswa bisa menerima secara kritis UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia.
- Mahasiswa berani menampilkan perilaku konstitusional dalam hidup bernegara.
- Mahasiswa mampu menganalisis hubungan negara dan warga negara.
- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara.
- Mahasiswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban warga negara secara seimbang.
- Mahasiswa mampu menganalisis makna demokrasi dan prinsip- prinsipnya.
- Mahasiswa mampu mengemukakan hakekat demokrasi ( demokrasi Pancasila)
- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesian
- Mahasiswa harus mendukung pendidikan demokrasi di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menguraikan makna Indonesia sebagai negara Hukum.
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan hubungan Negara hukum dengan HAM.
- Mahasiswa harus bisa berhubungan Negara hukum dan HAM.
- Mahasiswa harus bisa menegakkan HAM di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa.
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsepsi wawasan Nusantara sebagai pandangan geopolitik bangsa Indonesia.
- Mahasiswa harus bisa memberi contoh implementasi wawasan Nusantara.
- Mahasiswa harus bisa mengemukakan unsur- unsur ketahanan nasional Indonesia.
- Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah.
- Mahasiswa mampu menganalisis potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global.
- Mahasiswa mampu mengemukakan pentingnya integrasi dalam masyarakat Indonesia yang plural.
- Mahasiswa harus bisa memilih strategi intregasi yang tepat untuk masyarakat Indonesia.
- Mahasiswa harus mendukung integrasi di Indonesia melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
References
Herdiawanto,HamdayaHamdayana.2010. Cerdas, Kritis dan Aktif Berwarganegara . Erlangga.
Kaelan , Achmad Zubaidi.2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.
Noor Ms Bakry.2014. Pendidikan Kewarganegaraan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santoso.2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan . Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yg berorentasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( Civic Competence)
Learning Outcomes- Mahasiswa mampun menjelaskan secara kritis dan objektif latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT.
- Mahasiswa harus mampu menyakini nilai-nilai Pancasila sebagai orientasi PKn agar menjadi pedoman berkarya lulusan PT.
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan identitas nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia.
- Mahasiswa harus memiliki karakter sebagai identitas bangsa.
- Mahasiswa harus berani mengemukakan pentingnya konstitusi bagi Negara.
- Mahasiswa bisa menerima secara kritis UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia.
- Mahasiswa berani menampilkan perilaku konstitusional dalam hidup bernegara.
- Mahasiswa mampu menganalisis hubungan negara dan warga negara.
- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara.
- Mahasiswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban warga negara secara seimbang.
- Mahasiswa mampu menganalisis makna demokrasi dan prinsip- prinsipnya.
- Mahasiswa mampu mengemukakan hakekat demokrasi ( demokrasi Pancasila)
- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesian
- Mahasiswa harus mendukung pendidikan demokrasi di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menguraikan makna Indonesia sebagai negara Hukum.
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan hubungan Negara hukum dengan HAM.
- Mahasiswa harus bisa berhubungan Negara hukum dan HAM.
- Mahasiswa harus bisa menegakkan HAM di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa.
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsepsi wawasan Nusantara sebagai pandangan geopolitik bangsa Indonesia.
- Mahasiswa harus bisa memberi contoh implementasi wawasan Nusantara.
- Mahasiswa harus bisa mengemukakan unsur- unsur ketahanan nasional Indonesia.
- Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah.
- Mahasiswa mampu menganalisis potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global.
- Mahasiswa mampu mengemukakan pentingnya integrasi dalam masyarakat Indonesia yang plural.
- Mahasiswa harus bisa memilih strategi intregasi yang tepat untuk masyarakat Indonesia.
- Mahasiswa harus mendukung integrasi di Indonesia melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
References
Herdiawanto,HamdayaHamdayana.2010. Cerdas, Kritis dan Aktif Berwarganegara . Erlangga.
Kaelan , Achmad Zubaidi.2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.
Noor Ms Bakry.2014. Pendidikan Kewarganegaraan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santoso.2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan . Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yg berorentasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( Civic Competence)
Learning Outcomes- Mahasiswa mampun menjelaskan secara kritis dan objektif latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT.
- Mahasiswa harus mampu menyakini nilai-nilai Pancasila sebagai orientasi PKn agar menjadi pedoman berkarya lulusan PT.
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan identitas nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia.
- Mahasiswa harus memiliki karakter sebagai identitas bangsa.
- Mahasiswa harus berani mengemukakan pentingnya konstitusi bagi Negara.
- Mahasiswa bisa menerima secara kritis UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia.
- Mahasiswa berani menampilkan perilaku konstitusional dalam hidup bernegara.
- Mahasiswa mampu menganalisis hubungan negara dan warga negara.
- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara.
- Mahasiswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban warga negara secara seimbang.
- Mahasiswa mampu menganalisis makna demokrasi dan prinsip- prinsipnya.
- Mahasiswa mampu mengemukakan hakekat demokrasi ( demokrasi Pancasila)
- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesian
- Mahasiswa harus mendukung pendidikan demokrasi di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menguraikan makna Indonesia sebagai negara Hukum.
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan hubungan Negara hukum dengan HAM.
- Mahasiswa harus bisa berhubungan Negara hukum dan HAM.
- Mahasiswa harus bisa menegakkan HAM di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa.
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsepsi wawasan Nusantara sebagai pandangan geopolitik bangsa Indonesia.
- Mahasiswa harus bisa memberi contoh implementasi wawasan Nusantara.
- Mahasiswa harus bisa mengemukakan unsur- unsur ketahanan nasional Indonesia.
- Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah.
- Mahasiswa mampu menganalisis potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global.
- Mahasiswa mampu mengemukakan pentingnya integrasi dalam masyarakat Indonesia yang plural.
- Mahasiswa harus bisa memilih strategi intregasi yang tepat untuk masyarakat Indonesia.
- Mahasiswa harus mendukung integrasi di Indonesia melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
References
Herdiawanto,HamdayaHamdayana.2010. Cerdas, Kritis dan Aktif Berwarganegara . Erlangga.
Kaelan , Achmad Zubaidi.2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.
Noor Ms Bakry.2014. Pendidikan Kewarganegaraan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santoso.2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan . Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yg berorentasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( Civic Competence)
Learning Outcomes- Mahasiswa mampun menjelaskan secara kritis dan objektif latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT.
- Mahasiswa harus mampu menyakini nilai-nilai Pancasila sebagai orientasi PKn agar menjadi pedoman berkarya lulusan PT.
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan identitas nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia.
- Mahasiswa harus memiliki karakter sebagai identitas bangsa.
- Mahasiswa harus berani mengemukakan pentingnya konstitusi bagi Negara.
- Mahasiswa bisa menerima secara kritis UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia.
- Mahasiswa berani menampilkan perilaku konstitusional dalam hidup bernegara.
- Mahasiswa mampu menganalisis hubungan negara dan warga negara.
- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara.
- Mahasiswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban warga negara secara seimbang.
- Mahasiswa mampu menganalisis makna demokrasi dan prinsip- prinsipnya.
- Mahasiswa mampu mengemukakan hakekat demokrasi ( demokrasi Pancasila)
- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesian
- Mahasiswa harus mendukung pendidikan demokrasi di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menguraikan makna Indonesia sebagai negara Hukum.
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan hubungan Negara hukum dengan HAM.
- Mahasiswa harus bisa berhubungan Negara hukum dan HAM.
- Mahasiswa harus bisa menegakkan HAM di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa.
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsepsi wawasan Nusantara sebagai pandangan geopolitik bangsa Indonesia.
- Mahasiswa harus bisa memberi contoh implementasi wawasan Nusantara.
- Mahasiswa harus bisa mengemukakan unsur- unsur ketahanan nasional Indonesia.
- Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah.
- Mahasiswa mampu menganalisis potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global.
- Mahasiswa mampu mengemukakan pentingnya integrasi dalam masyarakat Indonesia yang plural.
- Mahasiswa harus bisa memilih strategi intregasi yang tepat untuk masyarakat Indonesia.
- Mahasiswa harus mendukung integrasi di Indonesia melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
References
Herdiawanto,HamdayaHamdayana.2010. Cerdas, Kritis dan Aktif Berwarganegara . Erlangga.
Kaelan , Achmad Zubaidi.2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.
Noor Ms Bakry.2014. Pendidikan Kewarganegaraan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santoso.2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan . Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yg berorentasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( Civic Competence)
Learning Outcomes- Mahasiswa mampun menjelaskan secara kritis dan objektif latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT.
- Mahasiswa harus mampu menyakini nilai-nilai Pancasila sebagai orientasi PKn agar menjadi pedoman berkarya lulusan PT.
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan identitas nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia.
- Mahasiswa harus memiliki karakter sebagai identitas bangsa.
- Mahasiswa harus berani mengemukakan pentingnya konstitusi bagi Negara.
- Mahasiswa bisa menerima secara kritis UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia.
- Mahasiswa berani menampilkan perilaku konstitusional dalam hidup bernegara.
- Mahasiswa mampu menganalisis hubungan negara dan warga negara.
- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara.
- Mahasiswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban warga negara secara seimbang.
- Mahasiswa mampu menganalisis makna demokrasi dan prinsip- prinsipnya.
- Mahasiswa mampu mengemukakan hakekat demokrasi ( demokrasi Pancasila)
- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesian
- Mahasiswa harus mendukung pendidikan demokrasi di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menguraikan makna Indonesia sebagai negara Hukum.
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan hubungan Negara hukum dengan HAM.
- Mahasiswa harus bisa berhubungan Negara hukum dan HAM.
- Mahasiswa harus bisa menegakkan HAM di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa.
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsepsi wawasan Nusantara sebagai pandangan geopolitik bangsa Indonesia.
- Mahasiswa harus bisa memberi contoh implementasi wawasan Nusantara.
- Mahasiswa harus bisa mengemukakan unsur- unsur ketahanan nasional Indonesia.
- Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah.
- Mahasiswa mampu menganalisis potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global.
- Mahasiswa mampu mengemukakan pentingnya integrasi dalam masyarakat Indonesia yang plural.
- Mahasiswa harus bisa memilih strategi intregasi yang tepat untuk masyarakat Indonesia.
- Mahasiswa harus mendukung integrasi di Indonesia melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
References
Herdiawanto,HamdayaHamdayana.2010. Cerdas, Kritis dan Aktif Berwarganegara . Erlangga.
Kaelan , Achmad Zubaidi.2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.
Noor Ms Bakry.2014. Pendidikan Kewarganegaraan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santoso.2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan . Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yg berorentasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( Civic Competence)
Learning Outcomes- Mahasiswa mampun menjelaskan secara kritis dan objektif latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT.
- Mahasiswa harus mampu menyakini nilai-nilai Pancasila sebagai orientasi PKn agar menjadi pedoman berkarya lulusan PT.
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan identitas nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia.
- Mahasiswa harus memiliki karakter sebagai identitas bangsa.
- Mahasiswa harus berani mengemukakan pentingnya konstitusi bagi Negara.
- Mahasiswa bisa menerima secara kritis UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia.
- Mahasiswa berani menampilkan perilaku konstitusional dalam hidup bernegara.
- Mahasiswa mampu menganalisis hubungan negara dan warga negara.
- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara.
- Mahasiswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban warga negara secara seimbang.
- Mahasiswa mampu menganalisis makna demokrasi dan prinsip- prinsipnya.
- Mahasiswa mampu mengemukakan hakekat demokrasi ( demokrasi Pancasila)
- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesian
- Mahasiswa harus mendukung pendidikan demokrasi di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menguraikan makna Indonesia sebagai negara Hukum.
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan hubungan Negara hukum dengan HAM.
- Mahasiswa harus bisa berhubungan Negara hukum dan HAM.
- Mahasiswa harus bisa menegakkan HAM di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa.
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsepsi wawasan Nusantara sebagai pandangan geopolitik bangsa Indonesia.
- Mahasiswa harus bisa memberi contoh implementasi wawasan Nusantara.
- Mahasiswa harus bisa mengemukakan unsur- unsur ketahanan nasional Indonesia.
- Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah.
- Mahasiswa mampu menganalisis potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global.
- Mahasiswa mampu mengemukakan pentingnya integrasi dalam masyarakat Indonesia yang plural.
- Mahasiswa harus bisa memilih strategi intregasi yang tepat untuk masyarakat Indonesia.
- Mahasiswa harus mendukung integrasi di Indonesia melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
References
Herdiawanto,HamdayaHamdayana.2010. Cerdas, Kritis dan Aktif Berwarganegara . Erlangga.
Kaelan , Achmad Zubaidi.2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.
Noor Ms Bakry.2014. Pendidikan Kewarganegaraan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santoso.2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan . Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yg berorentasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( Civic Competence)
Learning Outcomes- Mahasiswa mampun menjelaskan secara kritis dan objektif latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT.
- Mahasiswa harus mampu menyakini nilai-nilai Pancasila sebagai orientasi PKn agar menjadi pedoman berkarya lulusan PT.
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan identitas nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia.
- Mahasiswa harus memiliki karakter sebagai identitas bangsa.
- Mahasiswa harus berani mengemukakan pentingnya konstitusi bagi Negara.
- Mahasiswa bisa menerima secara kritis UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia.
- Mahasiswa berani menampilkan perilaku konstitusional dalam hidup bernegara.
- Mahasiswa mampu menganalisis hubungan negara dan warga negara.
- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara.
- Mahasiswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban warga negara secara seimbang.
- Mahasiswa mampu menganalisis makna demokrasi dan prinsip- prinsipnya.
- Mahasiswa mampu mengemukakan hakekat demokrasi ( demokrasi Pancasila)
- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesian
- Mahasiswa harus mendukung pendidikan demokrasi di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menguraikan makna Indonesia sebagai negara Hukum.
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan hubungan Negara hukum dengan HAM.
- Mahasiswa harus bisa berhubungan Negara hukum dan HAM.
- Mahasiswa harus bisa menegakkan HAM di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa.
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsepsi wawasan Nusantara sebagai pandangan geopolitik bangsa Indonesia.
- Mahasiswa harus bisa memberi contoh implementasi wawasan Nusantara.
- Mahasiswa harus bisa mengemukakan unsur- unsur ketahanan nasional Indonesia.
- Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah.
- Mahasiswa mampu menganalisis potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global.
- Mahasiswa mampu mengemukakan pentingnya integrasi dalam masyarakat Indonesia yang plural.
- Mahasiswa harus bisa memilih strategi intregasi yang tepat untuk masyarakat Indonesia.
- Mahasiswa harus mendukung integrasi di Indonesia melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
References
Herdiawanto,HamdayaHamdayana.2010. Cerdas, Kritis dan Aktif Berwarganegara . Erlangga.
Kaelan , Achmad Zubaidi.2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.
Noor Ms Bakry.2014. Pendidikan Kewarganegaraan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santoso.2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan . Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yg berorentasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( Civic Competence)
Learning Outcomes- Mahasiswa mampun menjelaskan secara kritis dan objektif latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT.
- Mahasiswa harus mampu menyakini nilai-nilai Pancasila sebagai orientasi PKn agar menjadi pedoman berkarya lulusan PT.
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan identitas nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia.
- Mahasiswa harus memiliki karakter sebagai identitas bangsa.
- Mahasiswa harus berani mengemukakan pentingnya konstitusi bagi Negara.
- Mahasiswa bisa menerima secara kritis UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia.
- Mahasiswa berani menampilkan perilaku konstitusional dalam hidup bernegara.
- Mahasiswa mampu menganalisis hubungan negara dan warga negara.
- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara.
- Mahasiswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban warga negara secara seimbang.
- Mahasiswa mampu menganalisis makna demokrasi dan prinsip- prinsipnya.
- Mahasiswa mampu mengemukakan hakekat demokrasi ( demokrasi Pancasila)
- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesian
- Mahasiswa harus mendukung pendidikan demokrasi di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menguraikan makna Indonesia sebagai negara Hukum.
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan hubungan Negara hukum dengan HAM.
- Mahasiswa harus bisa berhubungan Negara hukum dan HAM.
- Mahasiswa harus bisa menegakkan HAM di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa.
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsepsi wawasan Nusantara sebagai pandangan geopolitik bangsa Indonesia.
- Mahasiswa harus bisa memberi contoh implementasi wawasan Nusantara.
- Mahasiswa harus bisa mengemukakan unsur- unsur ketahanan nasional Indonesia.
- Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah.
- Mahasiswa mampu menganalisis potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global.
- Mahasiswa mampu mengemukakan pentingnya integrasi dalam masyarakat Indonesia yang plural.
- Mahasiswa harus bisa memilih strategi intregasi yang tepat untuk masyarakat Indonesia.
- Mahasiswa harus mendukung integrasi di Indonesia melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
References
Herdiawanto,HamdayaHamdayana.2010. Cerdas, Kritis dan Aktif Berwarganegara . Erlangga.
Kaelan , Achmad Zubaidi.2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.
Noor Ms Bakry.2014. Pendidikan Kewarganegaraan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santoso.2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan . Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yg berorentasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( Civic Competence)
Learning Outcomes- Mahasiswa mampun menjelaskan secara kritis dan objektif latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT.
- Mahasiswa harus mampu menyakini nilai-nilai Pancasila sebagai orientasi PKn agar menjadi pedoman berkarya lulusan PT.
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan identitas nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia.
- Mahasiswa harus memiliki karakter sebagai identitas bangsa.
- Mahasiswa harus berani mengemukakan pentingnya konstitusi bagi Negara.
- Mahasiswa bisa menerima secara kritis UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia.
- Mahasiswa berani menampilkan perilaku konstitusional dalam hidup bernegara.
- Mahasiswa mampu menganalisis hubungan negara dan warga negara.
- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara.
- Mahasiswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban warga negara secara seimbang.
- Mahasiswa mampu menganalisis makna demokrasi dan prinsip- prinsipnya.
- Mahasiswa mampu mengemukakan hakekat demokrasi ( demokrasi Pancasila)
- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesian
- Mahasiswa harus mendukung pendidikan demokrasi di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menguraikan makna Indonesia sebagai negara Hukum.
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan hubungan Negara hukum dengan HAM.
- Mahasiswa harus bisa berhubungan Negara hukum dan HAM.
- Mahasiswa harus bisa menegakkan HAM di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa.
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsepsi wawasan Nusantara sebagai pandangan geopolitik bangsa Indonesia.
- Mahasiswa harus bisa memberi contoh implementasi wawasan Nusantara.
- Mahasiswa harus bisa mengemukakan unsur- unsur ketahanan nasional Indonesia.
- Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah.
- Mahasiswa mampu menganalisis potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global.
- Mahasiswa mampu mengemukakan pentingnya integrasi dalam masyarakat Indonesia yang plural.
- Mahasiswa harus bisa memilih strategi intregasi yang tepat untuk masyarakat Indonesia.
- Mahasiswa harus mendukung integrasi di Indonesia melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
References
Herdiawanto,HamdayaHamdayana.2010. Cerdas, Kritis dan Aktif Berwarganegara . Erlangga.
Kaelan , Achmad Zubaidi.2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.
Noor Ms Bakry.2014. Pendidikan Kewarganegaraan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santoso.2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan . Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yg berorentasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( Civic Competence)
Learning Outcomes- Mahasiswa mampun menjelaskan secara kritis dan objektif latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT.
- Mahasiswa harus mampu menyakini nilai-nilai Pancasila sebagai orientasi PKn agar menjadi pedoman berkarya lulusan PT.
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan identitas nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia.
- Mahasiswa harus memiliki karakter sebagai identitas bangsa.
- Mahasiswa harus berani mengemukakan pentingnya konstitusi bagi Negara.
- Mahasiswa bisa menerima secara kritis UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia.
- Mahasiswa berani menampilkan perilaku konstitusional dalam hidup bernegara.
- Mahasiswa mampu menganalisis hubungan negara dan warga negara.
- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara.
- Mahasiswa mampu melaksanakan hak dan kewajiban warga negara secara seimbang.
- Mahasiswa mampu menganalisis makna demokrasi dan prinsip- prinsipnya.
- Mahasiswa mampu mengemukakan hakekat demokrasi ( demokrasi Pancasila)
- Mahasiswa mampu menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesian
- Mahasiswa harus mendukung pendidikan demokrasi di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menguraikan makna Indonesia sebagai negara Hukum.
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan hubungan Negara hukum dengan HAM.
- Mahasiswa harus bisa berhubungan Negara hukum dan HAM.
- Mahasiswa harus bisa menegakkan HAM di Indonesia.
- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa.
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsepsi wawasan Nusantara sebagai pandangan geopolitik bangsa Indonesia.
- Mahasiswa harus bisa memberi contoh implementasi wawasan Nusantara.
- Mahasiswa harus bisa mengemukakan unsur- unsur ketahanan nasional Indonesia.
- Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah.
- Mahasiswa mampu menganalisis potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global.
- Mahasiswa mampu mengemukakan pentingnya integrasi dalam masyarakat Indonesia yang plural.
- Mahasiswa harus bisa memilih strategi intregasi yang tepat untuk masyarakat Indonesia.
- Mahasiswa harus mendukung integrasi di Indonesia melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
References
Herdiawanto,HamdayaHamdayana.2010. Cerdas, Kritis dan Aktif Berwarganegara . Erlangga.
Kaelan , Achmad Zubaidi.2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.
Noor Ms Bakry.2014. Pendidikan Kewarganegaraan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santoso.2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan . Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.
Details ...
Meningkatkan kemampuan profesional Dosen dalam pembelajaran PKn melalui penguasaan konsep-konsep dasar kewarganegaraan sebagai substansi kajian(disciplinary content knowledge) untuk mendukung dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, maupun sosial serta paritisipasi warga negara yang bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
ReferencesWinataputra, Udin S dkk. Modul Materi dan Pembelajaran PKn SD Penerbit Universitas Terbuka
Details ...
Meningkatkan kemampuan profesional Dosen dalam pembelajaran PKn melalui penguasaan konsep-konsep dasar kewarganegaraan sebagai substansi kajian(disciplinary content knowledge) untuk mendukung dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, maupun sosial serta paritisipasi warga negara yang bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
ReferencesWinataputra, Udin S dkk. Modul Materi dan Pembelajaran PKn SD Penerbit Universitas Terbuka
Details ...