Konsep Dasar PKn, Curriculum : 2015


Courser in EnglishBASIC CONCEPT OF CIVICS EDUCATION
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS45 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang beroreantasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). 

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air
  2. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban
  3. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mekeragamanngembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum dan

References

  • Herdiawanto, Hamdayama. 2010. Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara. Erlangga.
  • Kaelan, Achamd Zubaidi. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.
  • Noor Ms Bakry. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Santoso. 2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan. Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang beroreantasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). 

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air
  2. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban
  3. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mekeragamanngembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum dan

References

  • Herdiawanto, Hamdayama. 2010. Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara. Erlangga.
  • Kaelan, Achamd Zubaidi. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.
  • Noor Ms Bakry. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Santoso. 2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan. Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang berontasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandasankan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( civic competence)

Learning Outcomes

Mampu menganalisis masalah kontektual PKn mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air.

Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban

Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mekeragamanngembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang berontasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandasankan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( civic competence)

Learning Outcomes

Mampu menganalisis masalah kontektual PKn mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air.

Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban

Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mekeragamanngembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang berontasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandasankan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( civic competence)

Learning Outcomes

Mampu menganalisis masalah kontektual PKn mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air.

Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban

Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mekeragamanngembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang berontasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandasankan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( civic competence)

Learning Outcomes

Mampu menganalisis masalah kontektual PKn mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air.

Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban

Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mekeragamanngembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang berontasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandasankan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( civic competence)

Learning Outcomes

Mampu menganalisis masalah kontektual PKn mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air.

Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban

Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mekeragamanngembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang beroreantasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu mengerjakan PKn berlandasan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan ( civic competence)

Learning Outcomes

Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air

Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban.

Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mekeragamanngembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum.

References

Herdiawanto.Hamdayama.2010.Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara.Erlangga.

Kaelan.Achmad Zubaidi.2012.Pendidikan Kewarganegaraan.Yogyakarta.Paradigma.

Noor Ms Bakry.2014.Pendidikan Kewarganegaraan.Yogyakarta.Pelajar

Santoso.2012.Modul Kuliah Kewarganegaraan.Jakarta.Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016.


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi calon guru kelas untuk mampu membelejarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence).

Learning Outcomes

  1. mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif, dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air
  2. mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif, dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban
  3. mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif, dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum dan keragaman

References

  1. Herdiawanto, Hamdayama. 2010. CErdas, kritis, dan aktif berwarganegara. ERlangga 
  2. Kaelan, Achmad Zuabaidi. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan . Yogyakarta: PAradigma
  3. Noor Ms Bakry. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka pelajar
  4. Santoso. 2012. Modul kuliah Kewarganegaraan. Jakarta. diunduh pada tanggal 7 maret 2018


Details ...