Konsep Dasar PKn, Curriculum : 2015


Courser in EnglishBASIC CONCEPT OF CIVICS EDUCATION
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS45 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi proses pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi dosen dan mahasiswa mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemapuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan materi dalam mata kuliah ini meliputi : (1) Paradigma Baru PKn di SD; (2) Sebagai makhluk Individu sebagai Insan Tuhan Yang Maha Esa, Makhluk Sosial dan Warga Negara Indonesia; (3) Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia dan Semangat Kebangsaan; (4) Kerangka Sosial Budaya Masyarakat Indonesia dan Kebanggaan Sebagai Bangsa Indonesia; (5) Pengertian Pancasila dan UUD 1945; (6) Pengertian Hak Asasi Manusia; (7) Pengertian Demokrasi; (8) Memahami materi dan mampu membelajarkan Hukum dan Penegak Hukum ; (9) Pembelajaran Komunikasi Sosial Budaya Indonesia dan Karakter WNI Baru

Learning Outcomes

Meningkatkan kemampuan profesional Dosen dalam pembelajaran PKn melalui penguasaan konsep-konsep dasar kewarganegaraan sebagai substansi kajian(disciplinary content knowledge) untuk mendukung dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, maupun sosial serta paritisipasi warga negara yang bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

References

Winataputra, Udin S dkk. Modul  Materi dan Pembelajaran PKn SD Penerbit Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi proses pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi dosen dan mahasiswa mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemapuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan materi dalam mata kuliah ini meliputi : (1) Paradigma Baru PKn di SD; (2) Sebagai makhluk Individu sebagai Insan Tuhan Yang Maha Esa, Makhluk Sosial dan Warga Negara Indonesia; (3) Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia dan Semangat Kebangsaan; (4) Kerangka Sosial Budaya Masyarakat Indonesia dan Kebanggaan Sebagai Bangsa Indonesia; (5) Pengertian Pancasila dan UUD 1945; (6) Pengertian Hak Asasi Manusia; (7) Pengertian Demokrasi; (8) Memahami materi dan mampu membelajarkan Hukum dan Penegak Hukum ; (9) Pembelajaran Komunikasi Sosial Budaya Indonesia dan Karakter WNI Baru

Learning Outcomes

Meningkatkan kemampuan profesional Dosen dalam pembelajaran PKn melalui penguasaan konsep-konsep dasar kewarganegaraan sebagai substansi kajian(disciplinary content knowledge) untuk mendukung dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, maupun sosial serta paritisipasi warga negara yang bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

References

Winataputra, Udin S dkk. Modul  Materi dan Pembelajaran PKn SD Penerbit Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi proses pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi dosen dan mahasiswa mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemapuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan materi dalam mata kuliah ini meliputi : (1) Paradigma Baru PKn di SD; (2) Sebagai makhluk Individu sebagai Insan Tuhan Yang Maha Esa, Makhluk Sosial dan Warga Negara Indonesia; (3) Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia dan Semangat Kebangsaan; (4) Kerangka Sosial Budaya Masyarakat Indonesia dan Kebanggaan Sebagai Bangsa Indonesia; (5) Pengertian Pancasila dan UUD 1945; (6) Pengertian Hak Asasi Manusia; (7) Pengertian Demokrasi; (8) Memahami materi dan mampu membelajarkan Hukum dan Penegak Hukum ; (9) Pembelajaran Komunikasi Sosial Budaya Indonesia dan Karakter WNI Baru

Learning Outcomes

Meningkatkan kemampuan profesional Dosen dalam pembelajaran PKn melalui penguasaan konsep-konsep dasar kewarganegaraan sebagai substansi kajian(disciplinary content knowledge) untuk mendukung dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, maupun sosial serta paritisipasi warga negara yang bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

References

Winataputra, Udin S dkk. Modul  Materi dan Pembelajaran PKn SD Penerbit Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi proses pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi dosen dan mahasiswa mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemapuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan materi dalam mata kuliah ini meliputi : (1) Paradigma Baru PKn di SD; (2) Sebagai makhluk Individu sebagai Insan Tuhan Yang Maha Esa, Makhluk Sosial dan Warga Negara Indonesia; (3) Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia dan Semangat Kebangsaan; (4) Kerangka Sosial Budaya Masyarakat Indonesia dan Kebanggaan Sebagai Bangsa Indonesia; (5) Pengertian Pancasila dan UUD 1945; (6) Pengertian Hak Asasi Manusia; (7) Pengertian Demokrasi; (8) Memahami materi dan mampu membelajarkan Hukum dan Penegak Hukum ; (9) Pembelajaran Komunikasi Sosial Budaya Indonesia dan Karakter WNI Baru

Learning Outcomes

Meningkatkan kemampuan profesional Dosen dalam pembelajaran PKn melalui penguasaan konsep-konsep dasar kewarganegaraan sebagai substansi kajian(disciplinary content knowledge) untuk mendukung dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, maupun sosial serta paritisipasi warga negara yang bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

References

Winataputra, Udin S dkk. Modul  Materi dan Pembelajaran PKn SD Penerbit Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi proses pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi dosen dan mahasiswa mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemapuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan materi dalam mata kuliah ini meliputi : (1) Paradigma Baru PKn di SD; (2) Sebagai makhluk Individu sebagai Insan Tuhan Yang Maha Esa, Makhluk Sosial dan Warga Negara Indonesia; (3) Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia dan Semangat Kebangsaan; (4) Kerangka Sosial Budaya Masyarakat Indonesia dan Kebanggaan Sebagai Bangsa Indonesia; (5) Pengertian Pancasila dan UUD 1945; (6) Pengertian Hak Asasi Manusia; (7) Pengertian Demokrasi; (8) Memahami materi dan mampu membelajarkan Hukum dan Penegak Hukum ; (9) Pembelajaran Komunikasi Sosial Budaya Indonesia dan Karakter WNI Baru

Learning Outcomes

Meningkatkan kemampuan profesional Dosen dalam pembelajaran PKn melalui penguasaan konsep-konsep dasar kewarganegaraan sebagai substansi kajian(disciplinary content knowledge) untuk mendukung dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, maupun sosial serta paritisipasi warga negara yang bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

References

Winataputra, Udin S dkk. Modul  Materi dan Pembelajaran PKn SD Penerbit Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang beroreantasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan pokok kajian dalam mata kuliah ini meliputi :

1.         PKn sebagai Matakuliah Pengembangan Kepribadian

2.         Identitas Nasional

3.         Negara dan Konstitusi

4.         Hak dan Kewajiban Warga Negara

5.         Demokrasi Indonesia

6.         Negara Hukum dan HAM

7.         Geopolitik /Wawasan Nusantara

8.         Geostrategi Indonesia /Ketahanan nasional

9.         Integrasi Nasional

 

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air
  2. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban
  3. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum dan keragaman

References

Herdiawanto, Hamdayama. 2010. Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara. Erlangga.

-Kaelan, Achamd Zubaidi. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

-Noor Ms Bakry. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

-Santoso. 2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan. Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang beroreantasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan pokok kajian dalam mata kuliah ini meliputi :

1.         PKn sebagai Matakuliah Pengembangan Kepribadian

2.         Identitas Nasional

3.         Negara dan Konstitusi

4.         Hak dan Kewajiban Warga Negara

5.         Demokrasi Indonesia

6.         Negara Hukum dan HAM

7.         Geopolitik /Wawasan Nusantara

8.         Geostrategi Indonesia /Ketahanan nasional

9.         Integrasi Nasional

 

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air
  2. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban
  3. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum dan keragaman

References

Herdiawanto, Hamdayama. 2010. Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara. Erlangga.

-Kaelan, Achamd Zubaidi. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

-Noor Ms Bakry. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

-Santoso. 2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan. Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang beroreantasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan pokok kajian dalam mata kuliah ini meliputi :

1.         PKn sebagai Matakuliah Pengembangan Kepribadian

2.         Identitas Nasional

3.         Negara dan Konstitusi

4.         Hak dan Kewajiban Warga Negara

5.         Demokrasi Indonesia

6.         Negara Hukum dan HAM

7.         Geopolitik /Wawasan Nusantara

8.         Geostrategi Indonesia /Ketahanan nasional

9.         Integrasi Nasional

 

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air
  2. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban
  3. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum dan keragaman

References

Herdiawanto, Hamdayama. 2010. Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara. Erlangga.

-Kaelan, Achamd Zubaidi. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

-Noor Ms Bakry. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

-Santoso. 2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan. Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang beroreantasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan pokok kajian dalam mata kuliah ini meliputi :

1.         PKn sebagai Matakuliah Pengembangan Kepribadian

2.         Identitas Nasional

3.         Negara dan Konstitusi

4.         Hak dan Kewajiban Warga Negara

5.         Demokrasi Indonesia

6.         Negara Hukum dan HAM

7.         Geopolitik /Wawasan Nusantara

8.         Geostrategi Indonesia /Ketahanan nasional

9.         Integrasi Nasional

 

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air
  2. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban
  3. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum dan keragaman

References

Herdiawanto, Hamdayama. 2010. Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara. Erlangga.

-Kaelan, Achamd Zubaidi. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

-Noor Ms Bakry. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

-Santoso. 2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan. Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang beroreantasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan pokok kajian dalam mata kuliah ini meliputi :

1.         PKn sebagai Matakuliah Pengembangan Kepribadian

2.         Identitas Nasional

3.         Negara dan Konstitusi

4.         Hak dan Kewajiban Warga Negara

5.         Demokrasi Indonesia

6.         Negara Hukum dan HAM

7.         Geopolitik /Wawasan Nusantara

8.         Geostrategi Indonesia /Ketahanan nasional

9.         Integrasi Nasional

 

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air
  2. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban
  3. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum dan keragaman

 

References

Herdiawanto, Hamdayama. 2010. Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara. Erlangga.

-Kaelan, Achamd Zubaidi. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

-Noor Ms Bakry. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

-Santoso. 2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan. Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang beroreantasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan pokok kajian dalam mata kuliah ini meliputi :

1.         PKn sebagai Matakuliah Pengembangan Kepribadian

2.         Identitas Nasional

3.         Negara dan Konstitusi

4.         Hak dan Kewajiban Warga Negara

5.         Demokrasi Indonesia

6.         Negara Hukum dan HAM

7.         Geopolitik /Wawasan Nusantara

8.         Geostrategi Indonesia /Ketahanan nasional

9.         Integrasi Nasional

 

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air
  2. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban
  3. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum dan keragaman

 

References

Herdiawanto, Hamdayama. 2010. Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara. Erlangga.

-Kaelan, Achamd Zubaidi. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

-Noor Ms Bakry. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

-Santoso. 2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan. Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang beroreantasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan pokok kajian dalam mata kuliah ini meliputi :

1.         PKn sebagai Matakuliah Pengembangan Kepribadian

2.         Identitas Nasional

3.         Negara dan Konstitusi

4.         Hak dan Kewajiban Warga Negara

5.         Demokrasi Indonesia

6.         Negara Hukum dan HAM

7.         Geopolitik /Wawasan Nusantara

8.         Geostrategi Indonesia /Ketahanan nasional

9.         Integrasi Nasional

 

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air
  2. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban
  3. Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum dan keragaman

References

Herdiawanto, Hamdayama. 2010. Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara. Erlangga.

-Kaelan, Achamd Zubaidi. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

-Noor Ms Bakry. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

-Santoso. 2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan. Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016


Details ...