Courser in English | BASIC CONCEPT OF CIVICS EDUCATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 45 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Meningkatkan kemampuan profesional Dosen dalam pembelajaran PKn melalui penguasaan konsep-konsep dasar kewarganegaraan sebagai substansi kajian(disciplinary content knowledge) untuk mendukung dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, maupun sosial serta paritisipasi warga negara yang bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
ReferencesWinataputra, Udin S dkk. Modul Materi dan Pembelajaran PKn SD Penerbit Universitas Terbuka
Details ...
Meningkatkan kemampuan profesional Dosen dalam pembelajaran PKn melalui penguasaan konsep-konsep dasar kewarganegaraan sebagai substansi kajian(disciplinary content knowledge) untuk mendukung dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, maupun sosial serta paritisipasi warga negara yang bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
ReferencesWinataputra, Udin S dkk. Modul Materi dan Pembelajaran PKn SD Penerbit Universitas Terbuka
Details ...
Meningkatkan kemampuan profesional Dosen dalam pembelajaran PKn melalui penguasaan konsep-konsep dasar kewarganegaraan sebagai substansi kajian(disciplinary content knowledge) untuk mendukung dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, maupun sosial serta paritisipasi warga negara yang bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
ReferencesWinataputra, Udin S dkk. Modul Materi dan Pembelajaran PKn SD Penerbit Universitas Terbuka
Details ...
Meningkatkan kemampuan profesional Dosen dalam pembelajaran PKn melalui penguasaan konsep-konsep dasar kewarganegaraan sebagai substansi kajian(disciplinary content knowledge) untuk mendukung dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, maupun sosial serta paritisipasi warga negara yang bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
ReferencesWinataputra, Udin S dkk. Modul Materi dan Pembelajaran PKn SD Penerbit Universitas Terbuka
Details ...
Meningkatkan kemampuan profesional Dosen dalam pembelajaran PKn melalui penguasaan konsep-konsep dasar kewarganegaraan sebagai substansi kajian(disciplinary content knowledge) untuk mendukung dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, maupun sosial serta paritisipasi warga negara yang bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
ReferencesWinataputra, Udin S dkk. Modul Materi dan Pembelajaran PKn SD Penerbit Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang beroreantasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan pokok kajian dalam mata kuliah ini meliputi :
1. PKn sebagai Matakuliah Pengembangan Kepribadian
2. Identitas Nasional
3. Negara dan Konstitusi
4. Hak dan Kewajiban Warga Negara
5. Demokrasi Indonesia
6. Negara Hukum dan HAM
7. Geopolitik /Wawasan Nusantara
8. Geostrategi Indonesia /Ketahanan nasional
9. Integrasi Nasional
Learning Outcomes
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum dan keragaman
Herdiawanto, Hamdayama. 2010. Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara. Erlangga.
-Kaelan, Achamd Zubaidi. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.
-Noor Ms Bakry. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
-Santoso. 2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan. Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang beroreantasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan pokok kajian dalam mata kuliah ini meliputi :
1. PKn sebagai Matakuliah Pengembangan Kepribadian
2. Identitas Nasional
3. Negara dan Konstitusi
4. Hak dan Kewajiban Warga Negara
5. Demokrasi Indonesia
6. Negara Hukum dan HAM
7. Geopolitik /Wawasan Nusantara
8. Geostrategi Indonesia /Ketahanan nasional
9. Integrasi Nasional
Learning Outcomes
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum dan keragaman
Herdiawanto, Hamdayama. 2010. Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara. Erlangga.
-Kaelan, Achamd Zubaidi. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.
-Noor Ms Bakry. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
-Santoso. 2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan. Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang beroreantasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan pokok kajian dalam mata kuliah ini meliputi :
1. PKn sebagai Matakuliah Pengembangan Kepribadian
2. Identitas Nasional
3. Negara dan Konstitusi
4. Hak dan Kewajiban Warga Negara
5. Demokrasi Indonesia
6. Negara Hukum dan HAM
7. Geopolitik /Wawasan Nusantara
8. Geostrategi Indonesia /Ketahanan nasional
9. Integrasi Nasional
Learning Outcomes
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum dan keragaman
Herdiawanto, Hamdayama. 2010. Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara. Erlangga.
-Kaelan, Achamd Zubaidi. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.
-Noor Ms Bakry. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
-Santoso. 2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan. Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang beroreantasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan pokok kajian dalam mata kuliah ini meliputi :
1. PKn sebagai Matakuliah Pengembangan Kepribadian
2. Identitas Nasional
3. Negara dan Konstitusi
4. Hak dan Kewajiban Warga Negara
5. Demokrasi Indonesia
6. Negara Hukum dan HAM
7. Geopolitik /Wawasan Nusantara
8. Geostrategi Indonesia /Ketahanan nasional
9. Integrasi Nasional
Learning Outcomes
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum dan keragaman
Herdiawanto, Hamdayama. 2010. Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara. Erlangga.
-Kaelan, Achamd Zubaidi. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.
-Noor Ms Bakry. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
-Santoso. 2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan. Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang beroreantasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan pokok kajian dalam mata kuliah ini meliputi :
1. PKn sebagai Matakuliah Pengembangan Kepribadian
2. Identitas Nasional
3. Negara dan Konstitusi
4. Hak dan Kewajiban Warga Negara
5. Demokrasi Indonesia
6. Negara Hukum dan HAM
7. Geopolitik /Wawasan Nusantara
8. Geostrategi Indonesia /Ketahanan nasional
9. Integrasi Nasional
Learning Outcomes
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum dan keragaman
References
Herdiawanto, Hamdayama. 2010. Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara. Erlangga.
-Kaelan, Achamd Zubaidi. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.
-Noor Ms Bakry. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
-Santoso. 2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan. Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang beroreantasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan pokok kajian dalam mata kuliah ini meliputi :
1. PKn sebagai Matakuliah Pengembangan Kepribadian
2. Identitas Nasional
3. Negara dan Konstitusi
4. Hak dan Kewajiban Warga Negara
5. Demokrasi Indonesia
6. Negara Hukum dan HAM
7. Geopolitik /Wawasan Nusantara
8. Geostrategi Indonesia /Ketahanan nasional
9. Integrasi Nasional
Learning Outcomes
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum dan keragaman
References
Herdiawanto, Hamdayama. 2010. Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara. Erlangga.
-Kaelan, Achamd Zubaidi. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.
-Noor Ms Bakry. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
-Santoso. 2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan. Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang beroreantasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan pokok kajian dalam mata kuliah ini meliputi :
1. PKn sebagai Matakuliah Pengembangan Kepribadian
2. Identitas Nasional
3. Negara dan Konstitusi
4. Hak dan Kewajiban Warga Negara
5. Demokrasi Indonesia
6. Negara Hukum dan HAM
7. Geopolitik /Wawasan Nusantara
8. Geostrategi Indonesia /Ketahanan nasional
9. Integrasi Nasional
Learning Outcomes
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum dan keragaman
Herdiawanto, Hamdayama. 2010. Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara. Erlangga.
-Kaelan, Achamd Zubaidi. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.
-Noor Ms Bakry. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
-Santoso. 2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan. Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016
Details ...