Courser in English | BASIC CONCEPT OF CIVICS EDUCATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 45 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang beroreantasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan pokok kajian dalam mata kuliah ini meliputi :
1. PKn sebagai Matakuliah Pengembangan Kepribadian
2. Identitas Nasional
3. Negara dan Konstitusi
4. Hak dan Kewajiban Warga Negara
5. Demokrasi Indonesia
6. Negara Hukum dan HAM
7. Geopolitik /Wawasan Nusantara
8. Geostrategi Indonesia /Ketahanan nasional
9. Integrasi Nasional
Learning Outcomes
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum dan keragaman
Herdiawanto, Hamdayama. 2010. Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara. Erlangga.
-Kaelan, Achamd Zubaidi. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.
-Noor Ms Bakry. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
-Santoso. 2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan. Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang beroreantasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan pokok kajian dalam mata kuliah ini meliputi :
1. PKn sebagai Matakuliah Pengembangan Kepribadian
2. Identitas Nasional
3. Negara dan Konstitusi
4. Hak dan Kewajiban Warga Negara
5. Demokrasi Indonesia
6. Negara Hukum dan HAM
7. Geopolitik /Wawasan Nusantara
8. Geostrategi Indonesia /Ketahanan nasional
9. Integrasi Nasional
Learning Outcomes
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum dan keragaman
Herdiawanto, Hamdayama. 2010. Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara. Erlangga.
-Kaelan, Achamd Zubaidi. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.
-Noor Ms Bakry. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
-Santoso. 2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan. Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran PKn di SD yang beroreantasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warga negara, serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berlandaskan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic competence). Sesuai dengan itu, maka cakupan pokok kajian dalam mata kuliah ini meliputi :
1. PKn sebagai Matakuliah Pengembangan Kepribadian
2. Identitas Nasional
3. Negara dan Konstitusi
4. Hak dan Kewajiban Warga Negara
5. Demokrasi Indonesia
6. Negara Hukum dan HAM
7. Geopolitik /Wawasan Nusantara
8. Geostrategi Indonesia /Ketahanan nasional
9. Integrasi Nasional
Learning Outcomes
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung semangat kebangsaan dan cinta tanah air
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung demokrasi berkeadaban
- Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn, mengembangkan sikap positif dan menampilkan perilaku yang mendukung kesadaran hukum dan keragaman
Herdiawanto, Hamdayama. 2010. Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara. Erlangga.
-Kaelan, Achamd Zubaidi. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.
-Noor Ms Bakry. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
-Santoso. 2012. Modul Kuliah Kewarganegaraan. Jakarta. Diunduh pada tanggal 7 Maret 2016
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran di SD yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warganegara serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berdasarkan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic copentence).
Learning OutcomesMahasiswa sebagai calon guru kelas SD mampu mnguasai tentang konsep-konsep dasar kewarganegaraan sebagai subtansi kajian untuk mendukung dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan baik kecerdasan intelektual, emosional, spiritual maupun sosial serta partisipasi warga negara yang bertanggung jawab kepada Ketuhanan Yang Mahas Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
ReferencesUdin S Winataputra, dkk. Materi dan Pembelajaran PKn SD, Penerbit Universitas Terbuka, Cetakan terbaru
A.T Soegito, dkk, Pendidikan Pancasila, UPT MKU UNNES, Cetakan terbaru
CST Kansil, Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Indonesia, PN Balai Pustaka, cetakan terbaru
Bahan Ajar PLPG Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2016, Panitia Sertifikasi Guru Rayon 139 Universitas PGRI Semarang
Rustono. dasar-dasar Pragmatik. UPT MKU UNNES, Halaman 14-66
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran di SD yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warganegara serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berdasarkan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic copentence).
Learning OutcomesMahasiswa sebagai calon guru kelas SD mampu mnguasai tentang konsep-konsep dasar kewarganegaraan sebagai subtansi kajian untuk mendukung dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan baik kecerdasan intelektual, emosional, spiritual maupun sosial serta partisipasi warga negara yang bertanggung jawab kepada Ketuhanan Yang Mahas Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
ReferencesUdin S Winataputra, dkk. Materi dan Pembelajaran PKn SD, Penerbit Universitas Terbuka, Cetakan terbaru
A.T Soegito, dkk, Pendidikan Pancasila, UPT MKU UNNES, Cetakan terbaru
CST Kansil, Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Indonesia, PN Balai Pustaka, cetakan terbaru
Bahan Ajar PLPG Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2016, Panitia Sertifikasi Guru Rayon 139 Universitas PGRI Semarang
Rustono. dasar-dasar Pragmatik. UPT MKU UNNES, Halaman 14-66
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran di SD yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warganegara serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berdasarkan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic copentence).
Learning OutcomesMahasiswa sebagai calon guru kelas SD mampu mnguasai tentang konsep-konsep dasar kewarganegaraan sebagai subtansi kajian untuk mendukung dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan baik kecerdasan intelektual, emosional, spiritual maupun sosial serta partisipasi warga negara yang bertanggung jawab kepada Ketuhanan Yang Mahas Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
ReferencesUdin S Winataputra, dkk. Materi dan Pembelajaran PKn SD, Penerbit Universitas Terbuka, Cetakan terbaru
A.T Soegito, dkk, Pendidikan Pancasila, UPT MKU UNNES, Cetakan terbaru
CST Kansil, Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Indonesia, PN Balai Pustaka, cetakan terbaru
Bahan Ajar PLPG Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2016, Panitia Sertifikasi Guru Rayon 139 Universitas PGRI Semarang
Rustono. dasar-dasar Pragmatik. UPT MKU UNNES, Halaman 14-66
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang materi dan proses pembelajaran di SD yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan dan partisipasi warganegara serta memfasilitasi guru kelas SD untuk mampu membelajarkan PKn berdasarkan pada pendekatan kemampuan dasar kewarganegaraan (civic copentence).
Learning OutcomesMahasiswa sebagai calon guru kelas SD mampu mnguasai tentang konsep-konsep dasar kewarganegaraan sebagai subtansi kajian untuk mendukung dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang berorientasi pada pengembangan kecerdasan baik kecerdasan intelektual, emosional, spiritual maupun sosial serta partisipasi warga negara yang bertanggung jawab kepada Ketuhanan Yang Mahas Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
ReferencesUdin S Winataputra, dkk. Materi dan Pembelajaran PKn SD, Penerbit Universitas Terbuka, Cetakan terbaru
A.T Soegito, dkk, Pendidikan Pancasila, UPT MKU UNNES, Cetakan terbaru
CST Kansil, Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Indonesia, PN Balai Pustaka, cetakan terbaru
Bahan Ajar PLPG Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2016, Panitia Sertifikasi Guru Rayon 139 Universitas PGRI Semarang
Rustono. dasar-dasar Pragmatik. UPT MKU UNNES, Halaman 14-66
Details ...
Konsep dasar PKn, meliputi pengertian PKN, Pancasila, Hukum dan sistem peradilan, Demokrasi, Politik, HAM dan Globalisasi
Learning OutcomesMata Kuliah ini memberikan pengetahuan, pemahaman dan penghayatan tentang konsep dasar PKn, meliputi pengertian PKN, Pancasila, Hukum dan sistem peradilan, Demokrasi, Politik, HAM dan Globalisasi, sehingga mampu mengimplementasikan dalam proses belajar mengajar.
References- Soegito,AT, dkk, 2002,Pendidikan Pancasila , UPT MKU UNNES.2012
- Sapriya, 2012,Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.
- Udin S Winataputra,dkk. 2007,Materi Dan Pembelajaran PKn SD, Penerbit Universitas Terbuka.
- Rustopo, 2015, Kaitan Kewarganegaraan Indonesia Dalam Konteks Kewarganegaraan Dunia dan Memerankan Warganegara Dalam Kehidupan
Masyarakat Indonesia yang Pluralistik, Modul, Unpubliahed
5……….., 2003, Buku Ajar Hukum Dan Hak Asasi Manusia, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Unpublished
Details ...
Konsep dasar PKn, meliputi pengertian PKN, Pancasila, Hukum dan sistem peradilan, Demokrasi, Politik, HAM dan Globalisasi
Learning OutcomesMata Kuliah ini memberikan pengetahuan, pemahaman dan penghayatan tentang konsep dasar PKn, meliputi pengertian PKN, Pancasila, Hukum dan sistem peradilan, Demokrasi, Politik, HAM dan Globalisasi, sehingga mampu mengimplementasikan dalam proses belajar mengajar.
References- Soegito,AT, dkk, 2002,Pendidikan Pancasila , UPT MKU UNNES.2012
- Sapriya, 2012,Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.
- Udin S Winataputra,dkk. 2007,Materi Dan Pembelajaran PKn SD, Penerbit Universitas Terbuka.
- Rustopo, 2015, Kaitan Kewarganegaraan Indonesia Dalam Konteks Kewarganegaraan Dunia dan Memerankan Warganegara Dalam Kehidupan
Masyarakat Indonesia yang Pluralistik, Modul, Unpubliahed
5……….., 2003, Buku Ajar Hukum Dan Hak Asasi Manusia, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Unpublished
Details ...
Konsep dasar PKn, meliputi pengertian PKN, Pancasila, Hukum dan sistem peradilan, Demokrasi, Politik, HAM dan Globalisasi
Learning OutcomesMata Kuliah ini memberikan pengetahuan, pemahaman dan penghayatan tentang konsep dasar PKn, meliputi pengertian PKN, Pancasila, Hukum dan sistem peradilan, Demokrasi, Politik, HAM dan Globalisasi, sehingga mampu mengimplementasikan dalam proses belajar mengajar.
References- Soegito,AT, dkk, 2002,Pendidikan Pancasila , UPT MKU UNNES.2012
- Sapriya, 2012,Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.
- Udin S Winataputra,dkk. 2007,Materi Dan Pembelajaran PKn SD, Penerbit Universitas Terbuka.
- Rustopo, 2015, Kaitan Kewarganegaraan Indonesia Dalam Konteks Kewarganegaraan Dunia dan Memerankan Warganegara Dalam Kehidupan
Masyarakat Indonesia yang Pluralistik, Modul, Unpubliahed
5……….., 2003, Buku Ajar Hukum Dan Hak Asasi Manusia, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Unpublished
Details ...
Konsep dasar PKn, meliputi pengertian PKN, Pancasila, Hukum dan sistem peradilan, Demokrasi, Politik, HAM dan Globalisasi
Learning OutcomesMata Kuliah ini memberikan pengetahuan, pemahaman dan penghayatan tentang konsep dasar PKn, meliputi pengertian PKN, Pancasila, Hukum dan sistem peradilan, Demokrasi, Politik, HAM dan Globalisasi, sehingga mampu mengimplementasikan dalam proses belajar mengajar.
References- Soegito,AT, dkk, 2002,Pendidikan Pancasila , UPT MKU UNNES.2012
- Sapriya, 2012,Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.
- Udin S Winataputra,dkk. 2007,Materi Dan Pembelajaran PKn SD, Penerbit Universitas Terbuka.
- Rustopo, 2015, Kaitan Kewarganegaraan Indonesia Dalam Konteks Kewarganegaraan Dunia dan Memerankan Warganegara Dalam Kehidupan
Masyarakat Indonesia yang Pluralistik, Modul, Unpubliahed
5……….., 2003, Buku Ajar Hukum Dan Hak Asasi Manusia, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Unpublished
Details ...
Konsep dasar PKn, meliputi pengertian PKN, Pancasila, Hukum dan sistem peradilan, Demokrasi, Politik, HAM dan Globalisasi
Learning OutcomesMata Kuliah ini memberikan pengetahuan, pemahaman dan penghayatan tentang konsep dasar PKn, meliputi pengertian PKN, Pancasila, Hukum dan sistem peradilan, Demokrasi, Politik, HAM dan Globalisasi, sehingga mampu mengimplementasikan dalam proses belajar mengajar.
References- Soegito,AT, dkk, 2002,Pendidikan Pancasila , UPT MKU UNNES.2012
- Sapriya, 2012,Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.
- Udin S Winataputra,dkk. 2007,Materi Dan Pembelajaran PKn SD, Penerbit Universitas Terbuka.
- Rustopo, 2015, Kaitan Kewarganegaraan Indonesia Dalam Konteks Kewarganegaraan Dunia dan Memerankan Warganegara Dalam Kehidupan
Masyarakat Indonesia yang Pluralistik, Modul, Unpubliahed
5……….., 2003, Buku Ajar Hukum Dan Hak Asasi Manusia, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Unpublished
Details ...