Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Indonesia, Curriculum : 2015


Courser in EnglishCOMPETENCE OF INDONESIAN LANGUAGE SKILLS AND LITERATURE
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS49 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

.Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

..Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa
 
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

.Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

..Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa
 
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

.Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

..Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa
 
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

.Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

..Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa
 
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

.Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

..Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa
 
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

.Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

..Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa
 
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

.Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

..Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa
 
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

.Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

..Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa
 
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

.Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

..Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa
 
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

.Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

..Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa
 
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

.Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

..Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

  1. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.
  2. Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa
  3. Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa
  4. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa
 
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berkenaan dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbahasa dan bersastra Indonesia untuk menginformasikan, baik pengetahuan maupun gagasan imajinatif. Isi pokok mata kuliah ini adalah empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu (a) kemampuan menyimak, (b) kemampuan berbicara, (c) kemampuan membaca, dan (d) kemampuan menulis baik dalam bidang kajian bahasa Indonesia maupun apresiasi sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan bersastra Indonesia secara terpadu

References

Isah Cahyani. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menyimak. Bandung: Angkasa.

Henry Guntur Tarigan. 2008. Berbicara Bandung: Angkasa

Henry Guntur Tarigan. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa


Details ...