Courser in English | Numeral Learning in Elementary School |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 39 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi
bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
CPL KU 1
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai
dengan bidang keahliannnya.
SIKAP:
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
KETRAMPILAM UMUM:
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang
sesuai dengan bidang keahliannya
KETRAMPULAN KHUSUS:
Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.
PENGETAHUAN:
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi
bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
CPL KU 1
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai
dengan bidang keahliannnya.
SIKAP:
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
KETRAMPILAM UMUM:
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang
sesuai dengan bidang keahliannya
KETRAMPULAN KHUSUS:
Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.
PENGETAHUAN:
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi
bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
CPL KU 1
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai
dengan bidang keahliannnya.
SIKAP:
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
KETRAMPILAM UMUM:
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang
sesuai dengan bidang keahliannya
KETRAMPULAN KHUSUS:
Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.
PENGETAHUAN:
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi
bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
CPL KU 1
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai
dengan bidang keahliannnya.
SIKAP:
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
KETRAMPILAM UMUM:
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang
sesuai dengan bidang keahliannya
KETRAMPULAN KHUSUS:
Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.
PENGETAHUAN:
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi
bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
CPL KU 1
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai
dengan bidang keahliannnya.
SIKAP:
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
KETRAMPILAM UMUM:
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang
sesuai dengan bidang keahliannya
KETRAMPULAN KHUSUS:
Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.
PENGETAHUAN:
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi
bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
CPL KU 1
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai
dengan bidang keahliannnya.
SIKAP:
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
KETRAMPILAM UMUM:
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang
sesuai dengan bidang keahliannya
KETRAMPULAN KHUSUS:
Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.
PENGETAHUAN:
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi
bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
CPL KU 1
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai
dengan bidang keahliannnya.
SIKAP:
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
KETRAMPILAM UMUM:
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang
sesuai dengan bidang keahliannya
KETRAMPULAN KHUSUS:
Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.
PENGETAHUAN:
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi
bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
CPL KU 1
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai
dengan bidang keahliannnya.
SIKAP:
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
KETRAMPILAM UMUM:
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang
sesuai dengan bidang keahliannya
KETRAMPULAN KHUSUS:
Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.
PENGETAHUAN:
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi
bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
CPL KU 1
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai
dengan bidang keahliannnya.
SIKAP:
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
KETRAMPILAM UMUM:
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang
sesuai dengan bidang keahliannya
KETRAMPULAN KHUSUS:
Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.
PENGETAHUAN:
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi
bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
CPL KU 1
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai
dengan bidang keahliannnya.
SIKAP:
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
KETRAMPILAM UMUM:
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang
sesuai dengan bidang keahliannya
KETRAMPULAN KHUSUS:
Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.
PENGETAHUAN:
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi
bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
CPL KU 1
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai
dengan bidang keahliannnya.
SIKAP:
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
KETRAMPILAM UMUM:
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang
sesuai dengan bidang keahliannya
KETRAMPULAN KHUSUS:
Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.
PENGETAHUAN:
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi
bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
CPL KU 1
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai
dengan bidang keahliannnya.
SIKAP:
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
KETRAMPILAM UMUM:
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut
secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang
sesuai dengan bidang keahliannya
KETRAMPULAN KHUSUS:
Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.
PENGETAHUAN:
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...