Courser in English | Numeral Learning in Elementary School |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 39 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
Learning Outcomes
CPL KU 1 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya. |
|
||
SIKAP:
KETRAMPILAM UMUM:
KETRAMPULAN KHUSUS:
PENGETAHUAN:
|
|
||
CP-MK |
|
||
CP-MK 1 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan. |
|
|
CP-MK 2 |
Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. |
|
|
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
Learning Outcomes
CPL KU 1 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya. |
|
||
SIKAP:
KETRAMPILAM UMUM:
KETRAMPULAN KHUSUS:
PENGETAHUAN:
|
|
||
CP-MK |
|
||
CP-MK 1 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan. |
|
|
CP-MK 2 |
Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. |
|
|
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika pembelajaran materi bilangan di Sekolah Dasar/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI, dan praktik mengajar materi bilangan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mendesain pembelajaran pada materi bilangan di SD.
References-
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika pembelajaran materi bilangan di Sekolah Dasar/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI, dan praktik mengajar materi bilangan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mendesain pembelajaran pada materi bilangan di SD.
References-
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika pembelajaran materi bilangan di Sekolah Dasar/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI, dan praktik mengajar materi bilangan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mendesain pembelajaran pada materi bilangan di SD.
References-
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika pembelajaran materi bilangan di Sekolah Dasar/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI, dan praktik mengajar materi bilangan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mendesain pembelajaran pada materi bilangan di SD
References-
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika pembelajaran materi bilangan di Sekolah Dasar/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI, dan praktik mengajar materi bilangan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mendesain pembelajaran pada materi bilangan di SD
References-
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika pembelajaran materi bilangan di Sekolah Dasar/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI, dan praktik mengajar materi bilangan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mendesain pembelajaran pada materi bilangan di SD
References-
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika pembelajaran materi bilangan di Sekolah Dasar/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI, dan praktik mengajar materi bilangan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mendesain pembelajaran pada materi bilangan di SD
References-
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika pembelajaran materi bilangan di Sekolah Dasar/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI, dan praktik mengajar materi bilangan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mendesain pembelajaran pada materi bilangan di SD
- Hakekat Matematika, Objek Matematika
- Kurikulum Bilangan di SD sesuai kurikulum 2013 (Permendikbud)
- Kemahiran matematika
- Learning Obstacle
- Learning Trajectory
- Perangkat Pembelajaran, Desain Pembelajaran, Instrumen Pembelajaran
- Media Pembelajaran, Peraga Pembelajaran
Buku-Buku Pelajaran SD tentang bilangan baik KTSP maupun K13
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI, dan praktik mengajar materi bilangan
Learning OutcomesMahasiswa mampu mendesain pembelajaran pada materi bilangan di SD/MI
References1. Buku guru SD kurikulum 2013
2. Buku siswa SD kurikulum 2013
3. Sukirman. 2006. Pengantar teori Bilangan. Yogya : HANGAR KREATOR.
4. Rasiman. 1998. Ilmu Bilangan. Semarang : IKIP PGRI Semarang
5. Prabawanto Sufyani, Piji Rahayu. 2006. Bilangan. Bandung : UPI PRESS
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika pembelajaran materi bilangan di Sekolah Dasar/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI, dan praktik mengajar materi bilangan
Learning OutcomesMahasiswa mampu mendesain pembelajaran pada materi bilangan di SD/MI.
References-
Details ...